8 Langkah Mengatasi Wajah Kering dan Kusam

Cara mengatasi wajah kering dan kusam

Memiliki wajah yang kering mungkin sedikit menguntungkan karena jarang muncul jerawat. Namun, percayalah memiliki wajah kering juga tidak enak karena kulit terasa kasar dan seperti ditarik. Apalagi jika wajah kusam. Permasalahan yang dihadapi menjadi double.

Jika kamu sedang berhadapan dengan masalah tersebut kamu dapat mengatasi wajah kering dan kusam menggunakan langkah-langkah berikut. 

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi kulit yang kering dan kusam, kamu perlu mencari tahu apa penyebabnya karena setelah mengetahui penyebabnya kamu dapat memutuskan apa solusi yang harus dilakukan. 

1. Jarang Minum Air Mineral

Jarang minum air putih akan membuat tubuh dehidrasi, tetapi tidak serta-merta membuat kulit kering. Ketika kering dapat menjadi salah satu pertanda bahwa tubuhmu sedang dehidrasi. 

Masalahnya, kulit kering akibat kurang minum air putih biasanya terjadi pada bagian dagu dan pojok-pojok mulut. Kulit sekitar area tersebut akan terasa kasar hingga berwarna putih seperti bekas air liur. 

Jika ini terjadi di pagi hari saat kamu akan berhadapan dengan banyak orang, tentu akan menjadi masalah serius karena kamu akan dianggap tidak menjaga kebersihan. 

Solusi:

Perbanyak minum air putih setidaknya 1,5 liter sehari

2. Mengonsumsi Minuman Penyebab Dehidrasi

Kondisi wajah kering akan diperparah apabila kamu sering mengonsumsi minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti minuman bersoda dan minuman yang mengandung banyak kafein. 

Baca Juga :  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Beras Ala Wanita Jepang

Jika kamu pecinta kopi dan teh yang setiap hari wajib meminumnya maka mengonsumsi sebanyak 1 cangkir/gelas sehari tidak masalah. Namun, jika dalam sehari kamu minum lebih dari 1 gelas maka dapat menyebabkan tubuh dehidrasi sehingga kulit wajah terasa kering. 

Solusi:

Mengurangi porsi minuman penyebab dehidrasi atau mengeimbanginya dengan cara minum air putih setiap selesai minum minuman penyebab dehidrasi

3. Kandungan Face Wash

Face wash merupakan skincare yang paling banyak menyebabkan kulit wajah terasa kering. Biasanya face wash yang menyebabkan kulit kering merupakan face wash untuk kulit berminyak maupun berjerawat

Solusi:

Satu-satunya solusi untuk mengatasi kulit kering karena face wash adalah berganti ke face wash lain. Jika kamu menggunakan pelembap tetapi tetap menggunakan face wash yang sama maka pelembap tersebut akan sia-sia.

4. Tidak Cocok dengan Skincare Tertentu

Ketika kamu tidak cocok dengan serum, pelembap maupun sunscreen maka kulit bisa menjadi kusam. 

Kusam di sini bukan lantas kulitmu yang tadinya putih menjadi sawo matang. Kulit tetap akan putih, tetapi terlihat tidak bersinar sebagaimana pakaian putih yang berubah menjadi abu-abu. Kulit kuning langsat dan sawo matang juga bisa terlihat kusam. 

⇒ Solusi:

Berhenti menggunakan skincare yang kamu menurutmu menyebabkan kulit kusam

Baca Juga : 10 Skincare Penghilang Bruntusan Murah di Bawah 50 Ribu

5. Terpapar AC Selama Berjam-jam

Angin dari AC dapat menyebabkan kulitmu terasa kering. Jika kamu setiap hari terpapar AC lebih dari 5 jam maka kulitmu akan mudah terasa kering. 

Solusi: 

  • Jangan lupa gunakan pelembap di pagi hari, reapply di siang hari, dan gunakan lagi menjelang tidur. 
  • Jangan tidur pada ruangan ber-AC saat malam hari
Baca Juga :  7 Resep Lulur Pemutih Kulit Alami untuk Badan

6. Jarang Menggunakan Pelembap 

Jika selama ini kamu hanya menggunakan face wash dan sunscreen maka jangan heran kenapa kulitmu terasa kering. Mulai sekarang selalu gunakan pelembap di pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

Sebelum menggunakan pelembap, kamu juga perlu mengaplikasikan serum yang mengandung hyaluronic acid maupun niacinamide. 

7. Salah Menggunakan Basic Skincare

Salah menggunakan basic skincare dapat menyebabkan kulit kusam. Urutan basic skincare yang benar adalah:

  • Double cleansing : Bersihkan wajah menggunakan milk maupun oil cleanser. Kemudian cuci wajah menggunakan facial wash.
  • Serum : Gunakan serum yang dapat mencerahkan dan melembapkan wajah. Jika serum pencerah dan serum pelembap terdiri dari 2 serum berbeda maka kamu bisa melayernya dengan urutan serum yang paling cair terlebih dahulu. 
  • Pelembap : Setelah serum terserap (sekitar 30 detik) gunakan krim maupun gel pelembap
  • Sunscreen : Saat pagi hari, aplikasikan sunscreen 1 menit setelah menggunakan pelembap

Coba pastikan apakah urutan basic skincare-mu sudah benar atau belum. Jika belum maka segera perbaiki sesuai dengan urutan di atas

8. Penggunaan Serum Eksfoliator Berlebih

Serum eksfoliator rata-rata mengandung AHA dan BHA yang dapat membuat kulit terasa kesat. Itulah kenapa brand-brand serum AHA-BHA selalu menyarankan penggunanya untuk menggunakan pelembap usai menggunakan serum eksfoliator tersebut. 

Selain itu, serum ini hanya bisa digunakan seminggu maksimal 2 kali. Bila kamu menggunakannya lebih dari 2 kali maka kulitmu akan kering bahkan dehidrasi. Jika kulitmu dehidrasi maka bisa mengelupas. Eksfoliasi yang seharusnya menghaluskan kulit wajah justru merusak skin barrier. 

Solusi:

Untuk sementara berhenti menggunakan serum eksfoliator selama satu bulan lebih. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap. 

Baca Juga : 4 Prosedur Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang dengan Cepat

Baca Juga :  7 Krim untuk Kaki Pecah-Pecah Terbaik Mulai 20 Ribuan

Di antara cara mengatasi wajah kering dan kusam di atas solusi utamanya adalah membuat wajah tetap terhidrasi dengan cara menggunakan serum yang melembabkan dan krim/gel pelembap 2x sehari. 

Share :

Leave a Comment