Waspada! Kulit Juga Bisa Dehidrasi, Ini Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi Secara Alami

Cara mengatasi kulit dehidrasi secara alami

Sedang bingung mencari cara mengatasi kulit dehidrasi secara alami? Sebelum mencari tahu caranya, pastikan dulu bahwa kulitmu memang dehidrasi, bukan sekadar kering. Memang apa perbedaan kulit dehidrasi dan kering?

Kalau kamu masih belum bisa membedakan apakah kulitmu dehidrasi atau kering maka simak penjelasan di bawah hingga selesai!

Kulit Kering vs Dehidrasi

Banyak orang yang tidak tahu perbedaan kulit kering dan kulit dehidrasi bahkan bagi orang-orang dengan tipe kulit kering itu sendiri.

Kulit kering adalah keadaan kulit kekurangan minyak/sebum. Oleh karena itu terdapat jenis/tipe kulit kering.

Sementara itu, kulit dehidrasi merupakan keadaan kulit kekurangan air. Kulit yang sehat adalah yang mengandung 30% air.

Seseorang dengan jenis kulit berminyak tidak mungkin memiliki kulit kering. Namun, sangat mungkin memiliki kulit dehidrasi.

Bahkan, produksi minyak berlebih dapat menjadi salah satu tanda kulit mengalami dehidrasi karena saking tidak lembapnya wajah maka produksi minyak meningkat agar kulit menjadi lembap.

Sementara ketika kadar air pada kulit tercukupi maka produktivitas minyak pada tubuh tidak akan meningkat secara berlebih.

Baca Juga : 8 Langkah Mengatasi Wajah Kering dan Kusam

Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi

1. Kulit Terasa Kering dan Kasar

Kulit yang kering belum tentu terasa kasar. Namun, ketika kulit kering terasa kasar maka itu merupakan salah satu ciri kulit dehidrasi.

Baca Juga :  Skin Care Aja Nggak Cukup! Kamu Perlu Konsumsi Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Bentuk kasar tersebut biasanya berupa permukaan kulit berubah menjadi putih. Pada kaki dan betis warna putih tersebut akan seperti sisik.

Sementara pada wajah, warna putih biasanya muncul di sekitar bibir dan dagu seperti bekas air liur. 

2. Kulit Pecah-Pecah

Ketika tingkat dehidrasi parah, kulit yang kasar akan mulai mengelupas sehingga pecah-pecah.

Fenomena ini seringnya terjadi pada telapak kaki. Namun, tidak menutup kemungkinan kulit wajah juga bisa pecah-pecah. 

3. Kulit Kemarahan dan Gatal

Kulit yang mulai pecah meskipun belum parah akan terasa gatal hingga berwarna kemerahan.

Ketika Kamu mengaplikasikan  skincare pada bagian kulit yang kemerahan tersebut maka akan terasa perih. Bahkan jika skincare yang Kamu gunakan adalah serum maupun pelembap yang biasanya memberikan kesegaran pada wajah maka sensasinya bisa berubah menjadi perih. 

4. Bekas Gatal Menghitam

Ketika kulit mulai membaik maka bekas gatal tersebut akan menghitam, terutama di sudut-sudut bibir.

Bahan Alami untuk Kulit Dehidrasi

Untuk mengatasi kulit dehidrasi kamu tidak bisa hanya mencuci wajah maupun berendam pada air dingin. Berikut beberapa langkah alami agar kulit terhidrasi:

1. Konsumsi Air Mineral Minimal 1 Liter Sehari

Supaya kadar air di dalam kulit meningkat maka kamu harus rutin mengonsumsi air mineral/air putih setidaknya 1  liter sehari.

Jika alat minummu tidak ada indikator untuk mengukur jumlah air maka kamu bisa minum menggunakan gelas belimbing (memiliki kapasitas 200 ml) .

2. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang dapat melembapkan kulit dan menyembuhkan luka. Cara menghidrasi kulit menggunakan lidah buaya adalah:

  • Potong 1 daun lidah buaya
  • Cuci bersih
  • Belah dua secara vertikal
  • Usapkan bagian daging/gel lidah buaya ke kulit tubuh maupun wajah yang dehidrasi.
  • Lakukan secara rutin setidaknya 2 kali sehari
Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Wajah Gatal dan Merah Karena Kosmetik Selain ke Dokter

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Penghidrasi

Selain mengonsumsi air mineral, kamu juga perlu mengonsumsi buah-buahan yang dapat menghidrasi kulit, yaitu buah-buahan yang mengandung banyak serat dan air di antaranya adalah:

  • Pepaya
  • Timun
  • Semangka
  • Bengkoang

Selain dikonsumsi, buah dan sayur tersebut juga dapat dijadikan masker maupun lulur. Kamu bisa menghaluskannya menggunakan mesin penghalus maupun mengancurkannya menggunakan sendok hingga airnya keluar. Lalu usapkan pada kulit yang dehidrasi.

Gunakan Skincare untuk Kulit Dehidrasi

Menyembuhkan kulit dehidrasi menggunakan bahan-bahan alami akan memakan proses yang lama. Jika kamu sudah sangat frustasi dengan keadaan kulitmu maka kamu juga perlu menggunakan skincare untuk kulit dehidrasi.

Kamu dapat menggunakan serum wajah dan serum badan maupun pelembap dan body lotion yang mengandung bahan-bahan berikut:

1. Niacinamide

Niacinamide adalah bahan aktif yang saat ini banyak digunakan pada berbagai macam skincare dan bodycare mulai dari serum hingga lotion.

Fungsi utamanya adalah untuk mencerahkan dan menghilangkan jerawat. Akan tetapi ia juga mampu membuat kulit terasa terhidrasi.

Niacinamide akan memberikan efek glowing, kulit akan terasa kenyal dan licin setelah menggunakannya. 

2. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid merupakan bahan aktif yang memang digunakan pada skincare dan body care yang tujuannya untuk melembapkan kulit.

Perbedaannya dengan niacinamide adalah konsentrasi atau teksturnya lebih cair benar-benar mirip air. Ia juga lebih cepat menyerap dibandingkan niacinamide.

Setelah kamu memakai skincare/body care yang mengandung hyaluronic acid maka kulit akan tampak kesat meskipun terasa segar. 

3. Kolagen

Kolagen berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit sehingga kulit akan terasa halus. Ia dapat menghilangkan garis-garis pada kulit yang pecah.

Artikel Lainnya : 11 Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli dan Palsu Bagi Kesehatan

Baca Juga :  Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Menghilangkan Jerawat Mendem

Apabila setelah seminggu melakukan cara mengatasi kulit dehidrasi secara alami di atas kulitmu belum juga membaik maka segera periksakan diri ke dokter kulit/dokter kecantikan.

 

Share :

Leave a Comment