9 Cara Mengatasi Wajah Gatal dan Merah Karena Kosmetik Selain ke Dokter

Cara mengatasi wajah gatal dan merah karena kosmetik

Wajah manusia bukan hanya bisa alergi terhadap skincare, wajah juga bisa alergi kosmetik yang ditandai dengan rasa gatal dan kulit kemerahan. Lalu, bagaimana cara mengatasi wajah gatal dan merah karena kosmetik?

Cara Menghilangkan Gatal di Wajah Akibat Kosmetik

Untuk menghilangkan rasa gatal di wajah yang disebabkan alergi kosmetik maka kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut.

1. Cari Tahu Kosmetik Penyebab Gatal

Pertama-tama, cari tahu kosmetik apa yang menyebabkan rasa gatal. Kemudian baca komposisinya. 

Bandingkan komposisi kosmetik tersebut dengan kosmetik lain yang kamu gunakan, tetapi tidak menyebabkan alergi. 

Jika terdapat bahan yang berbeda dari kosmetik-kosmetik lain maka bisa jadi bahan tersebut yang menyebabkan wajahmu alergi maka untuk seterusnya hindari kosmetik yang mengandung bahan tersebut. 

2. Sementara Berhenti Menggunakan Kosmetik

Untuk sementara berhenti menggunakan kosmetik baik kosmetik yang menyebabkan wajahmu gatal maupun kosmetik lain. Berhenti hingga wajahmu benar-benar sembuh. 

3. Kompres Air Dingin

Kompres bagian wajah yang gatal dengan air dingin untuk mengurangi rasa gatal. Terkadang, rasa gatal akan disertai dengan rasa panas. Oleh karena itu disarankan untuk mengompres wajah dengan air dingin, bukan air hangat. 

Baca Juga :  Waspada! Kulit Juga Bisa Dehidrasi, Ini Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi Secara Alami

4. Cuci Wajah dengan Belerang

Jika rasa gatal tidak segera membaik maka cuci wajah dengan belerang. Kamu dapat mencampurkan belerang bubuk dengan air hangat maupun menggunakan sabun belerang. 

Belerang dapat membuat wajah sangat kering sehingga gunakan pada bagian yang gatal saja. Jangan gunakan pada seluruh wajah. 

5. Cuci Wajah dengan Garam Mandi

Selain menggunakan belerang, kamu dapat menghilangkan rasa gatal menggunakan garam khusus untuk mandi. Larutkan garam pada air dingin lalu cuci wajah menggunakan air garam tersebut. 

6. Oleskan Krim/Salep untuk Gatal

Menjelang tidur kamu perlu mengoleskan krim maupun salep untuk rasa gatal seperti Salep 99 maupun Caladine lotion. 

7. Pastikan Wajah Selalu Lembap

Pastikan wajahmu selalu lembap karena wajah yang kering terkadang akan terasa gatal. Tentu hal tersebut akan membuat rasa gatal akibat kosmetik bertambah parah.

Oleh karena itu pastikan wajahmu lembap. Akan tetapi sebaiknya hindari penggunaan serum. Gunakan krim maupun gel pelembap yang mengandung gentle formula. Jangan yang mengandung zat aktif seperti hyaluronic acid. 

8. Selalu Cuci Tangan

Setiap kali akan menyentuh wajah, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Jika perlu, cuci tangan menggunakan sabun antiseptic. 

9. Konsumsi Obat Oral

Terakhir, konsumsi obat oral untuk gatal yang banyak tersedia di apotek seperti CTM sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan obat atau petunjuk dari petugas apotek. 

Apabila seluruh langkah di atas masih tidak berhasil untuk mengatasi rasa gatal, segera hubungi dokter umum maupun dokter kulit. 

Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Akibat Alergi Kosmetik

Setelah rasa gatal teratasi, saatnya mengatasi bekas merah akibat kosmetik. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menyamarkan noda merah tersebut. 

Baca Juga :  7 Krim untuk Kaki Pecah-Pecah Terbaik Mulai 20 Ribuan

1. Oleskan Minyak Zaitun

Oleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang kemerahan. Jika bisa gunakan minyak zaitun yang diproduksi sebagai minyak goreng bukan sebagai kosmetik untuk menghindari zat-zat kimia tambahan yang bisa jadi justru mengembalikan rasa gatal tersebut. 

2. Gunakan Aloe Vera Gel

Jika kesulitan mencari minyak zaitun, kamu dapat menggunakan aloe vera gel. Akan lebih baik lagi jika menggunakan aloe vera asli yang telah dicuci bersih. 

3. Gunakan Krim Penghilang Bekas Jerawat

Supaya bekas kemerahan cepat pudar maka kamu dapat menggunakan krim maupun gel penghilang bekas jerawat dari brand skincare ternama. Jangan coba-coba menggunakan penghilang jerawat dari brand yang namanya belum pernah kamu dengar sama sekali/baru pertama kali kamu dengar!

4. Gunakan Masker Pencerah Wajah

Jika bekas kemerahan masih belum hilang kamu dapat menggunakan masker pencerah wajah. Sebaiknya gunakan masker yang berbentuk clay/krim agar hanya digunakan pada bagian yang kemerahan. 

5. Gunakan Sunscreen

Bintik merah bisa bertambah parah ketika terpapar sinar matahari, jadi jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen ketika akan beraktivitas di luar ruangan. 

Hindari Kosmetik dengan Kandungan Ini

Setelah wajahmu membaik hindari kosmetik dengan kandungan berikut:

1. Merkuri

Merkuri adalah raksa sejenis metal yang dapat menyebabkan kanker kulit hingga kerusakan saraf. 

2. Retinoic acid

Retinoic acid atau retinol sebenarnya bahan yang tidak berbahaya apabila kadarnya di bawah sampai dengan 1%. Namun, jika terlalu banyak dapat membuat kulit terkelupas. 

3. Kloroform

Kloroform merupakan bahan yang digunakan sebagai anestesi, campuran pestisida, pewarna buatan, dan pembuatan teflon. 

4. Hidroquinon

Hidrokuinon adalah zat yang digunakan untuk memutihkan area kulit yang lebih gelap dibandingkan kulit lainnya. Namun, tidak untuk meratakan warna kulit. 

Baca Juga :  6 Penyebab Jerawat Punggung dan Dada yang Bisa Terjadi Pada Siapapun

Hidroquinon merupakan zat yang kuat. Tidak semua orang cocok menggunakannya. Meski demikian, sebaiknya kamu menghindari kosmetik dari bahan ini. 

5. Timbal

Timbal merupakan bahan logam seperti halnya merkuri sehingga berbahaya apabila sampai masuk ke tubuh manusia. 

Artikel Lainnya : Review NBS Skincare Ultimate: Testimoni, Aroma, & Perbedaan NBS Asli dan Palsu

Apabila dalam jangka waktu satu bulan cara mengatasi wajah gatal dan merah karena kosmetik belum membuahkan hasil maka segera hubungi dokter. 

Share :

Leave a Comment