Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Wajah Alergi Skincare

cara mengatasi wajah alergi skincare

Bukan hanya makanan yang dapat menyebabkan alergi, skincare yang semestinya untuk merawat kulit agar menjadi lebih baik juga dapat menyebabkan alergi. Kenapa skincare dapat menyebabkan alergi, apa gejala dan bagaimana cara mengatasi wajah alergi skincare?

Penyebab Wajah Alergi Skincare

Kandungan di dalam skincare dapat menyebabkan seseorang alergi sekalipun skincare tersebut merupakan brand besar dengan harga yang mahal. Beberapa kandungan yang sering menyebabkan wajah alergi terhadap skincare adalah:

  • Parfum/Pewangi
  • Pewarna
  • Bahan yang terlalu keras untuk kulit sensitif, Contoh: Retinol di atas 1%, Niacinamide di atas 10%

Selain kandungan di dalam skincare tersebut, keadaan kulit juga dapat menyebabkan alergi skincare. Misalkan, terdapat luka terbuka, memiliki autoimun, salah memilih skincare yang tidak sesuai untuk jenis kulit.

Baca Juga : Review NBS Skincare Ultimate: Testimoni, Aroma, & Perbedaan NBS Asli dan Palsu

Gejala  Wajah Alergi Skincare

Tanda atau gejala alergi skincare pada setiap orang akan berbeda-beda, beberapa orang bisa hanya mengalami satu gejala, ada pula yang mengalami beberapa gejala sekaligus. Berikut tanda-tanda wajah alergi skincare.

1. Kulit Terasa Panas

Gejala awal wajah alergi terhadap skincare adalah kulit terasa panas setelah menggunakan skincare.

Beberapa skincare dengna kandungan keras seperti retinol dapat menyebabkan rasa panas sesaat, tetapi 5-10 menit setelahnya kulit akan membaik. Apabila rasa panas tidak kunjung hilang maka sangat mungkin Kamu alergi terhadap skincare.

Baca Juga :  7 Krim untuk Kaki Pecah-Pecah Terbaik Mulai 20 Ribuan

2. Kulit Gatal dan Kemerahan

Gejala kedua adalah kulit wajah terasa gatal padahal sebelum menggunakan skincare baik-baik saja. Selain gatal, wajah menjadi kemerahan.

3. Kulit Kering Hingga Menyebabkan Gatal

Alergi skincare dapat menyebabkan kulit wajah benar-benar terasa kering. Bagian yang kering akan terasa kasar dan menimbulkan rasa gatal.

4. Muncul Bruntusan dan Jerawat

Jika awalnya Kamu tidak pernah bruntusan maupun jerawatan kemudian tiba-tiba setelah menggunakan skincare jadi jerawatan maka dapat dipastikan Kamu alergi terhadap skincare tertentu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Garam

Cara Mengatasi Wajah Alergi Skincare

1. Puasa Skincare

Langkah pertama adalah puasa skincare. Berhenti menggunakan skincare yang menyebabkan alergi dan skincare lainnya.

2. Bersihkan Wajah dengan Air Hangat dan Dingin

Untuk sementara berhenti menggunakan toner maupun facial wash. Sebagai gantinya, cuci wajah dengan air hangat. Usap menggunakan kapas agar kotoran terangkat. Lalu bilas menggunakan air dingin (air es) agar pori-pori tertutup.

3. Gunakan Aloevera Gel

Apabila jenis kulit Kamu kering maka ganti pelembap yang biasa Kamu gunakan dengan Gel Aloevera.

Menggunakan Gel Aloevera juga diperlukan apabila gejala alergi skincare yang Kamu alami adalah kulit terasa panas dan gatal karena Aloevera akan mendinginkan wajah.

4. Perbanyak Minum Air

Apabila yang menyebabkan wajah alergi adalah moisturizer Kamu maka perbanyak minum air mineral selama puasa skincare agar kulit tetap terhidrasi.

5. Gunakan Acne Gel

Bila gejala alergi yang Kamu alami adalah muncul jerawat maka gunakan Acne Gel hanya pada bagian yang berjerawat.

6. Sementara Jangan Gunakan Masker Mulut

Bila saat ini Kamu masih menggunakan masker mulut untuk bepergian, untuk sementara berhenti menggunakannya apalagi bila masker berupa masker medis.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang dengan Cepat

Tujuannya untuk mencegah kulit wajah terkontaminasi. Selain itu usahakan jangan menyentuh wajah tanpa mencuci tangan.

7. Minum Obat Gatal

Jika gejala yang Kamu alami adalah kulit wajah terasa gatal maka Kamu dapat meminum obat anti gatal yang banyak tersedia di apotek.

Artikel Lainnya : 11 Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli dan Palsu Bagi Kesehatan

Apabila setelah menggunakan ke-7 cara mengatasi wajah alergi skincare di atas, selama dua minggu keadaan kulit masih belum membaik, segera periksakan diri ke dokter kulit.

Apabila Kamu kesulitan mencari dokter kulit maka dapat memeriksakan diri ke dokter umum terlebih dahulu kemudian meminta rujukan. Semoga bermanfaat..

Share :

Leave a Comment