Simak! 11 Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli dan Palsu Bagi Kesehatan

Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli — Baik dulu dan sekarang, bedak merupakan salah satu riasan wajib yang harus diterapkan pada wajah wanita. Bedak sendiri ada beberapa macam, ada yang berbentuk bubuk dan cream. Salah satu bedak cream yang terkenal adalah Cream Collagen.

Cream Collagen dipercaya mampu memutihkan dan meremajakan kulit, tetapi tahukah Kamu bahwa terdapat efek samping Memakai Cream Collagen asli bagi kesehatan, maka oleh sebab itu. Disini Beadaily akan mengulas dan mambahas tuntas akan bahaya cream collagen palsu bagi tubuh. Berikut ulasannya.

11 Efek Samping Cream Collagen Asli BPOM

Buat kamu yang penasaran tentang efek samping Cream Collagen seperti apa di kulit wajah, serta tubuh. Silahkan lanjut baca artikel berikut dibawah ini.

efek samping cream collagen

1. Mual dan Muntah

Efek samping Cream Collagen yang pertama disini mual dan bisa mengakibatkan muntah-muntah. Tidak hanya kontipasi, kadar kalsium tinggi yang terkandung dalam Cream Collagen juga berpotensi membuat penggunanya mual-mual sampai muntah.

Efek samping ini bisa terjadi pada Cream Collagen asli maupun palsu. Cream Collagen palsu lebih beresiko bagi kesehatan, karena terdapat kandungan senyawa lain yang tidak diketahui namanya.

2. Kulit Wajah Terasa Nyeri

kulit wajah terasa nyeri
kulit wajah terasa nyeri

Efek samping cream collagen asli yang kedua yakni kulit wajah terasa nyeri. Hati-hati dalam memilih Cream Collagen karena cream palsunya bisa membuat wajah mengalami iritasi disertai panas, gatal, nyeri kulit, kemerahan, dan masalah kulit lainnya.

Hal ini disebabkan karena cream palsu banyak mengandung bahan keras yang tidak pasti komposisinya.

3. Gatal-Gatal Hingga Bengkak

Efek Samping Cream Collagen yang ketiga pada umum disebabkan oleh ketidaktahuan cara penggunaan bedak yang baik. Pada dasarnya, efek samping ini tidak disebabkan oleh bahan yang terkandung dalam bedak.

Karena itu, Kamu harus memperhatikan cara penggunaan yang terpampang di kotak atau botol kemasan bedak cream Collagen.

Baca Juga :  7 Resep Lulur Pemutih Kulit Alami untuk Badan

4. Alergi

wajah alergi kosmetik
wajah alergi kosmetik

Efek samping memakai cream collagen siang malam ke empat yakni bisa menimbulkan alergi. Hal ini biasanya muncul pada cream collagen palsu dengan kandungan aneh di dalamnya, bisa terdapat mercuri atau bahan berbahaya lainnya.

Kandungan dalam cream collagen asli palsu akan memicu reaksi sistem kekebalan tubuh sehingga muncul alergi pada kulit. Reaksi alergi pun bermacam-macam, seperti ruam kulit, gata-gatal, kulit terasa panas, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wajah Alergi Skincare

5. Wajah Terasa Kaku

Pemakaian bedak yang salah serta bahan di dalamnya yang tidak cocok dengan kulit, dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam. Tidak hanya itu, kulit wajah juga terasa kaku seperti sedang menggunakan masker yang terbuat dari karet keras.

Efek samping memakai Cream Collagen palsu ini bisa saja membuat wajah kita kehilangan kelenturannya, dan lebih parahnya lagi bisa membuat penampilan wajah Kamu menjadi tidak menarik di pandang.

6. Kulit Kering

Kulit kering menjadi salah satu efek samping Cream Collagen asli yang kerap terjadi, tetapi hanya sebagian wajah saja yang terkena masalah kulit kering.

Area kering tersebut akan semakin kering tergantung dari seberapa banyak bedak yang diaplikasikan pada kulit. Hal ini akan menyebabkan wajah tidak berseri lagi dan mengganggu penampilan, bahkan bisa meninggalkan bekas di sebagian wajah apabila kasusnya sangat berat.

7. Tumbuh Jerawat

tumbuh jerawat di wajah
jerawat di wajah

Efek samping efek samping memakai Cream Collagen palsu ke tujuh yakni menimbulkan jerawat diwajah. Memang hal satu ini sangat fatal untuk sebagian besar wanita, karena jerawat dapat meninggalkan bekas hitam pada wajah.

Efek samping ini cukup beragam, ada yang terkena jerawat ringan, sedang, bahkan jerawat meradang. Apabila Kamu terkena jerawat atau muncul tanda-tanda akan tumbuhnya jerawat, segera hentikan pemakaian cream.

Jerawat biasanya timbul akibat ketidak cocokan terhadap kulit dan cream. Hal tersebut terjadi karena di dalam cream terkandung bahan-bahan yang tidak selaras dengan kulit wajah.

Sebagai saran, gunakan produk bedak yang sudah mendapat regulasi atau sertifikat uji coba kelulusan dari BPOM yang sudah terjamin cocok untuk mayoritas kulit wanita Indonesia dengan minim bahan berbahaya.

8. Iritas yang Mengakibatkan Kulit Terbakar

Efek samping Cream Collagen asli selanjutnya disini bisa mengakibatkan Iritas di kulit wajah, kerap hadir dengan sensasi kulit terbakar yang diakibatkan oleh kandungan berbahaya dalam Cream Callogen.

Biasanya hal ini timbul di karenakan Cream Collagen yang dipakai tersebut bisa saja palsu, atau KW. Untuk itu ada baiknya Kamu menghentikan pemakain cream tersebut sesegera mungkin.

Baca Juga :  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dengan Beras Ala Wanita Jepang

9. Kulit Terkelupas

kulit wajah yang terkelupas
kulit wajah yang terkelupas

Hidrokuinon bersama Merkuri merupakan kandungan senyawa yang terkandung dalam Cream Collagen palsu yang dapat mengakibatkan kulit terkelupas secara tiba-tiba.

Tidak hanya itu, kandungan senyawa tersebut juga bisa mengakibatkan alergi, bercak-bercak hitam, ruam kulit, bahkan mengakibatkan penyakit di luar kulit seperti kerusakaan pada otak. 

10. Wajah Sakit Saat di Sentuh

Efek samping cream Collagen asli ke sepuluh disini mempunyai tanda-tanda sederhana, yakni bila wajah kamu disentuh secara perlahan saja maka kamu secara otomatis akan merasakan denyutan nyeri, baik di pipi, rahang bawah, hingga di dekat telinga kamu akan merasakan nyeri yang tak kunjung reda.

11. Cerah Sementara

Nah, untuk yang terakhir yang bisa kamu ambil dari efek samping memakai cream collagen siang malam palsu yakni wajah kamu cerah sementara saja. Hal ini sangat wajar timbul bila kamu memakai banyak sekali produk palsu, dan bukan dalam aspek cream collagen saja, melainkan semua produk palsu intinya seperti itu.

Sebab produk palsu sudah dibarengi oleh kandungan Hidrokuinon dan merkuri, kedua kandungan diatas memang kegunaan nya untuk memutihkan kulit wajah, memang sih Hidrokuinon menurut FDA pada tahun 1982, kadar hidrokuinon di bawah 2% masih dianggap aman saja.

Akan tetapi pada akhirnya FDA sempat mencabut pertanyaan ini pada 2006 setelah beberapa penelitian menunjukkan bahwa hidrokuinon dapat menyebabkan penyakit hati dan ginjal pada tikus lab. (Sumber diambil dari hellosehatcom)

Kesimpulan

Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli
Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli
Cara Mengatasi Kulit Wajah Rusak Akibat Cream Collagen Penjelasan
Hentikan penggunaan Hentikan penggunaan cream yang menyebabkan efek samping pada kulit wajah anda jika ada tanda-tanda iritasi atau kerusakan kulit
Bilas dengan air bersih Bersihkan wajah dengan lembut menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa cream collagen dan mengurangi iritasi.
Gunakan produk perawatan kulit lembut Pilih produk perawatan kulit yang lembut dan bebas dari bahan-bahan berpotensi iritasi, seperti sabun wajah hypoallergenic dan lainnya
Hindari paparan matahari langsung Hindari paparan sinar matahari langsung karena kulit yang rusak akibat efek samping cream collagen lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV. 
Minum air yang cukup Pastikan anda terhidrasi dengan baik dengan minum cukuo air, ini membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam
Gunakan pelembap yang cocok Gunakan pelembap yang cocok untuk kulit sensitif atau rusak.
Konsultasi dengan dokter Jika efek samping berlanjut atau parah, segera konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi.
Pertimbangkan terapi perawatan kulit Dalam beberapa kasus, terapi perawatan kulit seperti peeling kimia atau perawatan laser mungkin diperlukan untuk mengatasi kerusakan kulit yang lebih serius
Patuhi sistem perawatan kulit yang sehat Patuhi rutinitas perawatan kulit yang sehat termasuk membersihkan, menghidrasi dan melindungi kulit dari faktor-faktor yang dapat merusak
Sabar dalam proses pemulihan Pemulihan kulit dapat memakan waktu jadi bersabarlah dan hindari penggunaan produk atau tindakan yang dapat memperburuk kondisi kulit
Baca Juga :  Skincare Meratakan Warna Kulit, Bikin Kamu Makin Percaya Diri

Untuk kesimpulan dari pembahasan mengenai efek samping memakai Cream Collagen siang malam, menurut saya dan banyak orang adalah ketika Kamu ingin membeli Cream Collagen yang asli maka belilah langsung ke toko nya.

Dan usahakan produk yang kamu beli tersebut harus terdaftar di BPOM, guna menghindari produk palsu abal-abal tersebut.

Lalu bila kamu terpaksa untuk membeli online, maka tidak ada salahnya sebelum membeli harap cek ulasan, dan bintang setiap produk yang akan Kamu beli. Supaya alasannya kamu terhindar dari produk palsu alias KW. Intinya jadilah pembeli yang bijak dan pintar dalam menentukan suatu hal, oke.

Mungkin sekian dulu penyampaian dari Beadaily tentang efek samping cream collagen asli. Semoga penyampaian diatas bisa bermanfaat bagi Kamu yaa.. See you next time, bye-bye…

Artikel Menarik Lainnya