Skin Care Aja Nggak Cukup! Kamu Perlu Konsumsi Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Makanan penghilang jerawat dan bekasnya

Jerawat maupun bekasnya tidak kunjung hilang meskipun sudah rutin menggunakan berbagai macam skincare? Kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan penghilang jerawat dan bekasnya.

Tahukah kamu kenapa orang Jepang dan Korea, baik laki-laki maupun perempuan,  memiliki kulit yang terlihat cerah dan bersih? Faktor utamanya adalah makanan. Orang-orang Jepang gemar mengkonsumsi makanan segar yang mengandung sedikit garam apalagi MSG. 

Skincare mereka gunakan untuk mempertahankan kesehatan kulit. Jadi, jika kamu ingin terbebas dari jerawat dan bekasnya maka konsumsilah makanan-makanan berikut. 

9 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya yang Bisa Kamu Coba

1. Lemon

Air lemon yang masih segar, bukan yang mengandung pengawet, merupakan astringent alami yang berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran di wajah baik debu dan polusi yang masuk ke pori-pori maupun untuk membersihkan make up. 

Selain untuk membersihkan kotoran, air lemon juga mampu membuat kulit menjadi kencang, mengurangi minyak berlebih, dan mencerahkan kulit sehingga mampu menyamarkan bekas jerawat.

⇒ Manfaat Lemon:

  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Mencegah radikal bebas
  • Mencerahkan noda bekas jerawat

2. Segala Macam Buah Beri

Buah berry (strawberry, blueberry, raspberry, blackberry, dan sebagainya) meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan lemon, tetapi kandungan vitamin C-nya juga melimpah, tidak kalah dari lemon. 

Buah berry juga kaya akan vitamin C, buah beri juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sendiri merupakan elektron atau sel yang tidak berpasangan dengan molekul lain karena tidak berpasangan maka ia dapat dengan mudah “menggandeng molekul” lain yang semestinya tidak berpasangan dengannya sehingga dapat menimbulkan reaksi negatif pada tubuh, termasuk kulit. 

Baca Juga :  Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Menghilangkan Jerawat Mendem

Selain itu buah beri dapat mengontrol kadar gula darah. Apa hubungannya dengan jerawat?  Gula dapat memicu pertumbuhan jerawat sehingga jika kadar gula darah tinggi maka akan membuat jerawat semakin sulit hilang. 

Manfaat Buah Beri:

  • Mengurangi kolesterol
  • Mengontrol gula darah
  • Mengurangi risiko diabetes

3. Ubi Jalar

Ubi jalar atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama sweet potato selain mengenyangkan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan kulit karena mengandung retinol.

Jika kamu merupakan pengguna serum wajah pasti sudah tidak asing dengan serum retinol. Di dalam dunia kecantikan, retinol terkenal untuk mencegah penuaan dini dengan menghilangkan kerutan di wajah. 

Namun, ada hal yang belum diketahui banyak orang: retinol juga dapat menghilangkan jerawat

Jadi, daripada membeli serum retinol yang harganya cenderung lebih mahal dibandingkan niacinamide, lebih baik mengonsumsi ubi jalar. Namun, ingat! Ubi jalar harus direbus atau dipanggang, jangan digoreng! Akan percuma jika kamu mengonsumsi ubi jalar dengan cara digoreng.

4. Labu

Labu siam merupakan bahan pokok pembuatan sayur lodeh/sayur bobor. Namun, labu yang dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya bukan labu siam, melainkan labu biasa yang kerap digunakan untuk ornamen pesta halloween. 

Labu mampu menghilangkan jerawat karena mengandung alpha hydroxy acids yang merupakan bahan utama serum-serum exfoliator yang akan mengangkat sel kulit mati serta untuk menjaga keseimbangan pH kulit. 

Orang Indonesia sangat jarang membuat makanan dari labu jenisi ini. Jika kamu bingung bagaimana cara mengkonsumsinya maka kamu bisa mengolahnya menjadi:

  • Bubur
  • Menggunakannya sebagai campuran pembuatan roti maupun kue 
  • Jus labu dengan campuran bubuk vanila, cuka apel, dan gula

5. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung berbagai macam vitamin di antaranya adalah vitamin A, C, K, dan vitamin B. Di samping itu, di dalam pepaya juga terdapat potasium, magnesium, dan kalsium. 

Baca Juga :  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Beras Ala Wanita Jepang

Kandungan vitamin yang sangat banyak sudah pasti menjadikan pepaya bermanfaat bagi kulit. Ia dapat melembapkan kulit, mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, menyamarkan bekas jerawat, dan mencegah munculnya jerawat. 

6. Legumes

Legumes adalah keluarga kacang di antaranya adalah buncis, kacang polong, dan lentil yang memiliki glikemik rendah. 

Glikemik sendiri merupakan respons karbohidrat pada makanan yang berubah menjadi gula darah. Glikemik rendah artinya suatu makanan akan berubah menjadi gula darah dalam jumlah yang sedikit sehingga dapat mencegah pertumbuhan jerawat. 

7. Bunga Kol

Salah satu kandungan bunga kol adalah amino acid berjenis histidine yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV matahari yang dapat membuat bekas jerawat semakin menghitam. 

Di samping asam amino, bunga kol mentah juga mengandung banyak serat, vitamin B6; C; dan K, dan magnesium. 

8. Salmon

Tidak suka buah dan sayur? Tenang! Terdapat makanan yang masuk dalam kategori lauk-pauk yang dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya, yaitu daging salmon karena mengandung omega-3, protein, vitamin B, dan antioksidan. 

⇒ Manfaat Salmon:

  • Melindungi kulit dari sinar matahari
  • Mengurangi risiko kanker kulit dan flek hitam

9. Kale

Kale adalah sayur yang masih satu keluarga dengan kubis, sawi, dan bunga kol. Kale mengandung vitamin A, B-6, C, dan K.

⇒ Manfaat Kale:

  • Mengurangi hiperpigmentasi sehingga bekas jerawat dapat memudar
  • Meningkatkan kekenyalan kulit
  • Memperbaiki tekstur kulit akibat jerawat

Baca Juga : 6 Penyebab Jerawat Punggung dan Dada yang Bisa Terjadi Pada Siapapun

Ingat, mengkonsumsi makanan penghilang jerawat dan bekasnya harus diimbangi dengan penggunaan skin care agar hasilnya maksimal. 

Share :

Leave a Comment