Bagaimana Caranya Menghilangkan Bau Pete di Mulut? Ini 11 Langkah yang Perlu Dicoba!

Bagaimana Caranya Menghilangkan Bau Pete di Mulut

Banyak orang tidak suka pete bukan karena rasanya yang tidak enak, tetapi karena baunya sulit dihilangkan. Bahkan, bagi orang-orang yang sudah sering mengonsumsi pete, menghilangkan bau pete tetap menjadi tantangan besar. Lalu bagaimana caranya menghilangkan bau pete di mulut?

Berikut Beadaily bagikan tips untuk menghilangkan bau pete di mulut yang bisa kamu coba. Pilih yang menurut kamu paling mudah dan efektif yaa.

11 Langkah Menghilangkan Bau Pete di Mulut

1. Gosok Gigi

Hal pertama yang harus kamu lakukan sudah pasti menggosok gigi. Berkumurlah sebelum menggosok gigi.

Kemudian gosok seluruh permukaan gigi hingga benar-benar bersih. Gunakan pasta gigi yang banyak. Dokter gigi hanya menyarankan pasta gigi sebesar biji jagung. 

Namun, itu dalam penggunaan sehari-hari. Ingat, kamu gosok gigi untuk menghilangkan bau pete dari mulutmu maka harus menggunakan banyak pasta gigi agar napasmu segar.  Setelah selesai gosok gigi, berkumurlah berulang kali. 

2. Bersihkan Lidah

Menggosok gigi saja tidak cukup. Kamu juga harus membersihkan lidahmu. Bukan dengan cara disikat menggunakan sikat gigi, melainkan menggunakan bagian belakang kepala sikat gigi.

Jika bagian belakang kepala sikat gigi milikmu terdapat permukaan yang tidak rata, artinya kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan lidah. 

Namun, jika permukaannya rata dan halus maka kamu perlu membeli tongue scraper. Gosok lidah sekali, lalu bersihkan tongue scraper.  Ulangi sebanyak 3 kali. Kemudian berkumur lagi.

Baca Juga :  Cara Import Kosmetik dari Luar Negeri: Pengajuan Izin Impor dan Biaya Pajak Impor Kosmetik

3. Kumur-Kumur Menggunakan Obat Kumur

Berkumurlah sekali lagi. Kali ini menggunakan obat kumur. Sebaiknya gunakan obat kumur antiseptik agar kuman penyebab bau mulut mati. Apalagi jika gigimu berlubang maka sangat penting menggunakan obat kumur antiseptik. 

4. Kunyah Permen Karet

Langkah di atas masih akan menyisakan bau pete pada mulut. Selanjutnya, kamu dapat menghilangkan bau tersebut dengan cara mengunyah permen karet. 

Kunyahlah permen karet hingga rasa permen karet menjadi benar-benar hambar. Jika bau pete masih belum hilang, ambil permen karet baru, kunyah lagi hingga hambar. 

5. Minum Air Putih yang Banyak

Setelah mengunyah permen karet, semestinya bau pete sudah hilang. Namun, jika aromanya masih cukup tajam maka minum air putih sebanyak-banyaknya. 

Tujuan minum air putih bukan sekadar menghilangkan aroma pete yang menempel pada dinding maupun langit-langit mulut, tetapi juga berfungsi untuk menghilangkan aroma pete dari dalam perut.

Faktanya, bau mulut bukan hanya disebabkan karena belum gosok gigi serta terdapat gigi berlubang. 

Pencernaan yang tidak bersih dapat menyebabkan bau mulut karena gas di dalam pencernaan dapat keluar melalui kerongkongan lalu diteruskan ke mulut. 

Oleh karena itu kamu juga perlu menetralisir bau pete di dalam perutmu dengan cara banyak minum air putih. 

6. Buang Air Kecil

Setelah banyak minum air putih, buanglah air kecil untuk membuang aroma pete dari perutmu. Ketika membuang air kecil, aroma kencingmu juga akan bau pete yang menyengat. 

Tiga jam kemudian, minum air putih lalu buanglah air kecil lagi. Jika bau pete sudah tidak terlalu menyengat berarti bau pete pada pencernaanmu sudah mulai menghilang. Artinya, mulutmu juga akan terasa segar kembali. 

Baca Juga :  20 Rumah Sakit Terbaik Di Jakarta

7. Nginang

Nginang merupakan kegiatan mengunyah daun sirih mentah. Orangtua zaman dahulu banyak yang sering melakukannya agar gigi kuat, tidak mudah berlubang, dan mulut beraroma segar. 

Kamu bisa mencoba cara ini. Ambil 1-2 daun sirih yang telah dicuci bersih. Kunyah sedikit demi sedikit. Selama proses mengunyah mulutmu akan menghasilkan ludah. Ketika merasa ludah sudah banyak maka muntahkanlah ludah tersebut.

Jangan kaget, ludahmu akan berwarna merah. Itu bukan darah, melainkan warna dari daun sirih. Lakukan hingga daun sirih habis. Kemudian berkumurlah dengan air hangat suam-suam kuku. 

8. Minum Kopi Beraroma Tajam

Jika kamu pecinta kopi maka minumlah kopi beraroma tajam. Minum kopi bertujuan untuk menutup aroma pete dengan aroma kopi tersebut. Namun, cara ini harus kamu lakukan setelah serangkaian cara di atas telah kamu terapkan. 

Berbicara mengenai kopi beraroma tajam, mungkin secara otomatis kamu langsung terpikirkan jenis white coffee. Kamu tidak harus minum white coffee, pilihlah kopi beraroma tajam yang paling kamu sukai.  

9. Bersendawa dan Buang Air Besar

Sadarkah kamu? Ketika bersendawa terkadang rasa makanan yang terakhir kita makan akan kembali terasa. Hal itu terjadi karena ketika bersendawa gas di dalam perut akan keluar melalui mulut. 

Jika setelah melakukan seluruh langkah di atas termasuk minum kopi, tetapi bau pete masih tersisa maka cobalah untuk bersendawa agar gas di dalam perutmu yang masih beraroma pete keluar.

Memaksakan diri untuk bersendawa bukan hal mudah. Bila kamu tidak juga berhasil bersendawa maka coba untuk buang air besar. Gas yang keluar selama buang air besar kemungkinan akan lebih banyak sehingga perutmu akan lebih bersih. 

Baca Juga :  Gambar Peta Indonesia Simple Beserta Namanya

10. Gunakan Parfum Mulut

Jika bau pete sudah sangat samar maka kamu dapat menggunakan parfum mulut. Semprotkan parfum mulut sebanyak 2-3 semprot saja. 

11. Minum Soda

Langkah ini bersifat opsional apabila seluruh langkah di atas masih tidak berhasil untukmu. 

Minum soda dapat menghilangkan rasa dan bau pete pada mulutmu. Selain itu, setelah minum soda kamu akan bersendawa dengan sendirinya sehingga gas di dalam perut akan keluar dengan mudah. 

Penutup

Pertanyaan bagaimana caranya menghilangkan bau pete di mulut? sudah terjawab. Kini, kamu tidak perlu takut untuk makan pete. Namun, sebaiknya makanlah pete ketika berada di rumah dan bukan saat hendak bepergian agar bisa segera melakukan langkah-langkah di atas.

Artikel Menarik Lainnya