Wajib Tahu! Inilah 8+ Cara Cek HP Realme Bekas dengan Mudah!

Penting untuk mengetahui bagaimana cara cek HP realme bekas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan HP Realme bekas yang akan anda beli masih dapat berfungsi dengan baik tanpa ada suatu kerusakan apapun.

Kadang-kadang di latar belakangi oleh keadaan ekonomi yang kurang memadai, banyak orang yang akhirnya memilih untuk membeli HP bekas saja. Karena harganya tentu akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli ponsel baru.

Namun sebelum membeli HP bekas khususnya HP Realme, pastikan anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara cek HP Realme bekas. Nah dalam artikel ini, Beadaily akan menyebut dan menjelaskan sejumlah cara cek HP Realme bekas yang wajib anda ketahui. Yuk cari tau dan simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Cek HP Realme Bekas

Membeli barang elekronik bekas, termasuk salah satunya HP tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan! Khususnya dalam pembelian HP bekas dari merk Realme, ada beberapa cara cek HP Realme bekas yang perlu kamu pahami. Diantaranya kami sebutkan dibawah ini:

Cara Cek HP Realme Bekas
Cara Cek HP Realme Bekas

1. Lihat tampilan fisik HP

Cara cek HP Realme bekas yang pertama dapat kamu mulai dengan melihat tampilan fisik ponselnya terlebih dahulu. Perhatikanlah body HP secara keseluruhan, terutama pada bagian layar, apakah masih mulus atau terdapat goresan, retak, titik hitam, pecah, bergaris, ataupun tanda kerusakan lainnya.

Jangan ragu untuk bertanya pada pemilik, apakah layar HP dan LCD nya masih original atau sudah pernah diganti. LCD yang pernah diganti biasanya akan terlihat dari kecerahan layarnya yang tampak usang atau tidak secerah layar HP dengan LCD yang masih original.

2. Periksa Keaslian HP melalui kartu garansi dan nomor IMEI

Jika uji fisik HP sudah lolos, lanjut ke cara cek HP Realme bekas yang berikutnya yakni memeriksa keaslian HP Realme dengan melihat kartu garansi. Namun, banyak pengguna HP yang tidak menyimpan kartu garansi dengan baik.

Jangan khawatir, karena anda juga bisa mengecek keaslian HP yaitu dengan melihat nomor IMEI ponsel. Cara melihat nomor IMEI HP Realme, dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Buka menu telepon di ponsel
  2. Tekan *#06#
  3. Maka layar akan menampilkan IMEI ponsel
  4. Silahkan cocok kan nomor IMEI yang ditampilkan dengan yang tercetak pada segel di bagian belakang HP atau kotak kemasan (jika ada)
Baca Juga :  5 Cara Aktifkan Hotspot Di Iphone Dengan Mudah

3. Test pengisian daya

Cara Cek HP Realme Bekas
Sumber: studio.mrngroup.co/ Cara Cek HP Realme Bekas

Baterai merupakan nyawa ponsel. Memastikan port pengisian tidak bermasalah adalah langkah yang sangat penting untuk dilakukan ketika mengecek HP Realme bekas. Silahkan lakukan test pada pengisian daya, lalu periksalah apakah pengisian dapat terhubung, apakah kabel charger bisa tersambung dengan baik atau justru terputus-putus, dan lihat apakah baterai bisa bertambah dengan cepat.

4. Pastikan HP tersebut bukan kredit

Saat ini, membeli HP saat kondisi financial sedang tidak mendukung bukan lagi menjadi suatu masalah besar. Karena sekarang, ada banyak toko penjualan HP yang menawarkan berbagai kemudahan bagi konsumen, termasuk salah satunya adalah memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk bisa membeli HP dengan cara kredit.

Namun sangat disayangkan sekali, ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melunasi cicilan dan malah menjual kembali HP tersebut pada orang lain. Oleh karena itu, ketika anda hendak membeli HP Realme bekas, pastikan lah HP tersebut sudah lunas dengan meminta faktur atau nota pembelian pada pemilik HP.

5. Test respon tombol

Cara cek HP Realme bekas yang selanjutnya adalah mengetes bagaimana respon tombol. Pastikan semua tombol pada ponsel masih berfungsi dengan baik dan normal. Lakukan test pada tombol ON dan tombol volume (Up dan Down) yang merupakan salah satu komponen utama dalam menjalankan fungsi HP.

6. Test responsivitas dan performa HP secara keseluruhan

Cara Cek HP Realme Bekas
Sumber: idntimes.com

Lakukan test responsivitas dan performa HP secara keseluruhan. Caranya yaitu dengan menjalankan beberapa aplikasi, terutama aplikasi game dan lakukan juga browsing. Lalu lihatlah, apakah ponsel bisa merespon dengan cepat atau justru sebaliknya (lemot)

Jangan lupa untuk melakukan juga test pada performa kamera (pastikan masih jernih), speaker (pastikan suaranya tidak pecah dan nyaring), dan pada berbagai sensor lainnya untuk memastikan semua komponen ponsel masih dapat berfungsi dengan baik dan normal.

7. Test slot kartu SIM dan memori penyimpanan HP

Terakhir, untuk cek HP Realme bekas yaitu dengan memeriksa pada slot kartu SIM dan memori penyimpanan apakah masih dapat berfungsi dengan baik. Pastikan kartu SIM dapat terbaca serta bisa menangkap sinyal dengan baik. Hal ini penting, karena fungsi HP dapat dijalankan bergantung pada kartu SIM, baik untuk bertelepon ataupun untuk mengakses internet.

Cara Cek HP Realme Bekas dengan Mudah dan Cepat Menggunakan Kode Rahasia!

Tak perlu repot dan capek untuk mengecek HP Realme bekas, karena ada cara mudah dan cepat yang bisa anda lakukan untuk mengecek kondisi ponsel secara keseluruhan, yaitu dengan menggunakan kode rahasia.

Baca Juga :  Dijamin Jitu! 12 Cara Jadi Reseller Top Up Game Yang Sukses!

Berikut kami tampilkan berbagai kode rahasia untuk mengecek kondisi dan performa HP Realme bekas:

Kode Rahasia untuk Cek HP Realme Bekas Fungsi
*#807# Enginering test mode
*#06# Cek nomor IMEI HP Realme
*#*#2664#*#* Test layar sentuh ponsel
*#99# Cek kecerahan lampu layar
*#803# Test jaringan dan WiFi
*#*#0673#*#* Test audio perangkat
*#802# Untuk menjalankan mode engineering secara otomatis
*#805# Cek hardware bluetooth
*#900# Untuk uji intensitas warna RGB pada fotografi
*#888# Cek versi hardware secara keseluruhan
*#6776# Menampilkan informasi detail mesin ponsel
*#*#526#*#* Untuk menguji wireless LAN
*#*#1111#*#* Periksa versi FTA sotfware
*#*#0588#*#*  Cek sensor proximity
*#*#3264#*#* Menampilkan seri RAM yang digunakan
*#*#4636#*#* Untuk menampilkan statistik telepon dan baterai
*#*#0842#*#* Cek vibrasi dan lampu latar
*#*#0673#*#* Untuk tes GPS
*#8778# Reset kembali ke pengaturan pabrik

Panduan untuk Membeli HP Realme agar Tidak Menyesal

Tips membeli HP Realme Bekas
Sumber: promediateknologi.id

Selain membagikan tentang bagaimana cara cek HP Realme bekas, dalam artikel ini kami juga akan menjelaskan panduan untuk membeli HP Realme bekas agar tidak berujung pada penyesalan.

Berikut beberapa panduan membeli HP Realme bekas agar tidak menyesal:

Panduan dalam pembelian HP Realme bekas Keterangan singkat
Tentukan HP bekas yang akan diambil sesuai dengan kebutuhan dan budget Langkah pertama adalah memahami kebutuhan anda. Apakah anda menginginkan HP dengan performa tinggi atau yang biasa-biasa saja. Sesuaikan dengan budget yang anda miliki.
Cek kondisi fisik ponsel Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya pada cara cek HP Realme bekas, langkah pertama dimulai dengan memeriksa tampilan luar (fisik ponsel). Pastikan semuanya mulus, tidak lecet, dan masih original.
Uji semua fungsi HP Jika bagian fisik sudah meyakinkan, lanjutlah dengan melakukan uji test terhadap fungsi HP secara keseluruhan, seperti performa penggunaan (pastikan layar responsif), kamera, speaker, kartu SIM, dan komponen lainnya dapat berfungsi dengan baik dan normal.
Periksa keaslian perangkat dengan memeriksa nomot IMEI HP Pastikan perangkat yang akan anda beli merupakan produk yang original. Caranya dengan memeriksa nomor IMEI dengan melakukan panggilan ke *#06#. Cocokkan nomor IMEI yang tertera pada hasil yang ditampilkan dengan yang tercetak di casing belakang ponsel.
Ketahui riwayat pemakaian ponsel Tanyakan dan pastikan pada pemilik atau penjual ponsel, apakah sebelumnya ponsel pernah mengalami masalah atau pernah diperbaiki. Misalnya seperti layar pecah (ganti LCD).
Baca Juga :  5 Cara Menghapus Akun DANA Premium Dengan Mudah Dan Praktis!

Dimana dan Bagaimana Cara Mendapatkan HP Realme Bekas yang Bagus

Nah, setelah anda mengetahui sejumlah cara cek HP Realme bekas beserta panduan pembeliannya, berikutnya yang perlu anda pahami adalah dimana dan bagaimana cara mendapatkan HP Realme bekas yang bagus.

Untuk mendapatkan HP Realme yang bagus, anda dapat melakukan pembelian dari beberapa sumber, diantaranya yaitu dari pemakaian pribadi, dari Marketplace dan toko jual beli HP bekas.

  • Pemakaian pribadi

Tempat pembelian HP Realme bekas yang paling direkomendasikan adalah dari pemakaian pribadi. Anda bisa membeli HP dari teman atau orang-orang yang anda kenal. Dengan mengetahui siapa pemilik sebelumnya, anda bisa menilai sendiri bagaimana kira-kira kepedulian orang tersebut dalam hal perawatan HP. Membeli HP dari pemakaian pribadi juga bisa memberikan anda kesempatan yang lebih leluasa untuk bernegosiasi.

  • Marketplace

Taukah anda? Bahwa saat ini anda sudah bisa dengan mudah mendapatkan barang elektronik bekas apapun dari Marketplace, terutama pada marketplace di Facebook. Cara ini bahkan lebih mudah dan menguntungkan karna tersedia berbagai pilihan dengan lengkap.

Sayangnya pada cara ini, kadang-kadang setelah berjumpa dengan penjual, deskripsi yang tampil pada marketplace tidak sesuai dengan kondisi HP yang sebenarnya. Selain itu, dengan membeli HP melalui marketplace anda tidak akan kenal dengan penjual tersebut, sehingga jika dalam waktu dekat terjadi kerusakan pada HP, anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk meminta pertanggung jawaban penjual.

  • Toko jual beli HP bekas

Tempat terakhir untuk membeli HP Realme bekas adalah dari toko atau pusat jual beli HP bekas. Dari satu sisi, cara ini cukup menguntungkan karna tersedia beberapa pilihan dibandingkan dengan jika anda membeli dari pemakaian pribadi.

Selain itu, membeli HP bekas dari toko biasanya memberikan jaminan atau garansi selama sebulan. Sayangnya harga HP bekas ditoko cenderung lebih mahal. Hal yang paling ditakutkan lagi adalah kondisi HP yang mungkin sudah di preteli oleh teknisi sehingga sangat tidak menjanjikan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Akhir Kata

Cara Cek HP Realme Bekas
Cara Cek HP Realme Bekas

Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada ponsel dengan teliti terlebih dahulu merupakan hal penting yang wajib harus dilakukan ketika ingin membeli HP bekas. Pastikan barang yang anda beli, ke depan nya dapat bertahan lama digunakan.

Dengan mengikuti beberapa cara cek HP Realme bekas seperti yang kami tampilkan dalam artikel ini, akan membantu anda untuk menemukan ponsel Realme bekas dengan kualitas yang masih terjaga.

Artikel Menarik Lainnya