Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Menghilangkan Jerawat Mendem

Cara menghilangkan jerawat mendem

Jerawat mendem adalah jenis jerawat yang sangat sulit dihilangkan. Butuh waktu lebih dari satu bulan untuk menghilangkan satu jerawat mendem. Kenapa jerawat jenis ini bisa muncul? Bagaimana cara menghilangkan jerawat mendem?

Penyebab Jerawat Mendem

Sebelum mencari cara untuk menghilangkan jerawat mendem, yuk pahami dulu apa yang menyebabkan jerawat mendem bisa muncul.

Kamu pasti sudah tahu bahwa penyebab jerawat secara umum adalah tersumbatnya pori-pori di bagian epidermis (permukaan) kulit karena kadar sebum (minyak alami dari tubuh) yang berlebih dan akibat kotoran-kotoran dari luar tubuh: makeup, polusi, dan debu.

Inilah yang perlu digaris bawahi: tersumbatnya pori-pori pada bagian epidermis.

Kulit, memiliki 3 lapis, yaitu epidermis (lapisan paling atas), dermis (lapisan tengah tempat keberadaan pembuluh darah, akar rambut-rambut halus pada kulit), dan hipodermis (lapisan paling bawah tempat keberadaan otot dan lemak)

Jerawat biasa seperti jerawat papula terjadi akibat kadar sebum pada epidermis berlebih. Menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncul benjolan yang terlihat dari luar.

Sementara jerawat mendem terjadi akibat sebum bukan hanya menumpuk pada lapisan epidermis, ia juga menumpuk hingga lapisan dermis hingga menutupi akar rambut-rambut halus.

Baca Juga :  Selamat Tinggal Noda di Wajah! Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Garam

Apabila diumpamakan dengan akar pohon maka “akar” jerawat mendem tertanam lebih dalam dibandingkan “akar” jerawat-jerawat lainnya.

Oleh karena itu, ketika kamu berusaha untuk memecahkannya maka jerawat tidak akan kempes karena jauh di dalam sana masih terdapat minyak yang menumpuk. Sementara pada jerawat biasa, jerawat akan kempis sehari-dua hari setelah kamu memecahkannya.

Ciri-Ciri Jerawat Mendem

Kamu mungkin merasa memiliki jerawat mendem, tetapi masih ragu untuk mengambil kesimpulan apakah jerawat tersebut benar jerawat mendem atau bukan. Maka, kamu perlu mengetahui ciri-ciri jerawat mendem.

  • Berukuran besar lebih dari 1 cm mirip bekas gigitan nyamuk
  • Tidak memiliki mata
  • Umumnya tidak berwarna merah, memiliki warna yang sama seperti kulit wajah lainnya
  • Terasa keras
  • Tidak hanya muncul di wajah seperti di pipi, bisa juga di telinga (daun telinga, triangular fossa, dan concha)
  • Jika dipegang terasa sakit
  • Jika dipecahkan/ditusuk maka tidak akan ada lemak berwarna putih kekuningan yang terangkat sebagaimana jerawat biasa
  • Tidak akan “matang”

Jenis Jerawat Mendem

Jerawat mendem ada dua jenis, yaitu Nodule dan Cyst. Nodule berisi minyak seperti dan kotoran sebagaimana jerawat lainnya. Sedangkan cyst mengandung nanah.

Umumnya, jenis jerawat mendem yang paling sering muncul adalah nodule. Namun, jika kamu mencoba memecahkannya dengan benda tajam maka tidak menutup kemungkinan nodule akan infeksi sehingga menjadi cyst.

Rangkaian Perawatan untuk Menghilangkan Jerawat Mendem 

Kunci utama untuk menghilangkan jerawat mendem adalah menjaga kebersihan dan kelembapan wajah dengan serangkaian langkah berikut:

1. Bersihkan Wajah Menggunakan Milk Cleanser Sebelum Mencuci Wajah

Sebelum mencuci wajah menggunakan facial wash, bersihkan wajah menggunakan milk cleanser. Hindari penggunaan oil cleanser.

Milk cleanser sebenarnya juga mengandung minyak, tetapi tidak sebanyak oil cleanser yang pada dasarnya 100% minyak.  

Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Wajah Gatal dan Merah Karena Kosmetik Selain ke Dokter

2. Cuci Wajah Menggunakan Face Wash untuk Kulit Berminyak

Daripada menggunakan face wash untuk kulit berjerawat sebaiknya gunakan facial wash untuk kulit berminyak karena penyebab utama jerawat mendem adalah kadar minyak maka kamu harus mengurangi kadar minyak di wajah dengan facial wash kulit berminyak.

3. Kompres Jerawat dengan Air Hangat

Kompres jerawat menggunakan air hangat, tujuannya untuk mencairkan minyak yang mengental dan membuka pori-pori agar minyak keluar. 

4. Gunakan Serum Vitamin C

Setelah jerawat dikompres menggunakan air hangat, segera teteskan serum vitamin C pada jerawat tersebut karena vitamin C dapat mengurangi kadar lemak.

Kamu harus segera meneteskan serum sebelum pori-pori mengecil agar serum dapat meresap dengan maksimal. Namun, pastikan kulit dalam keadaan kering. 

5. Hindari Penggunaan Make Up, Sunscreen, dan Krim

Hindari menggunakan make up, sunscreen, krim, dan skincare lainnya yang dapat menyumbat pori-pori. Lebih baik jangan gunakan sama sekali. Namun, jika sulit maka kurangi penggunaannya. 

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Buah yang Mengandung Vitamin C

Melakukan perawatan dari luar saja tidak cukup. Kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam dengan cara perbanyak konsumsi air putih dan buah yang kaya akan vitamin C seperti lemon.

Kamu dapat memakan buah secara langsung, menjadikannya sebagai jus atau mencampurnya sebagai bahan makanan lain. 

7. Sebelum Tidur, Pastikan Wajah Dalam Keadaan Bersih

Pastikan wajahmu dalam keadaan bersih saat akan tidur. Jangan sampai masih menggunakan make up. 

8. Setiap Kali Wajah Berkeringat, Segera Usap dengan Tisu Kering dan Bersih 

Keringat yang mengering dapat menyebabkan pori-pori tersumbat maka setiap kali wajah berkeringat, segera usap, jangan tunggu kering. 

9. Periksakan Diri ke Dermatologist/Dokter Kulit

Terakhir, periksakan diri ke dokter kulit karena jerawat mendem tidak bisa hilang  dengan sendirinya menggunakan skincare anti jerawat biasa. Kamu harus mendapatkan perawatan khusus dengan resep dari dokter.

Baca Juga :  6 Penyebab Jerawat Punggung dan Dada yang Bisa Terjadi Pada Siapapun

Baca Juga : Selamat Tinggal Noda di Wajah! Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Garam

Cara menghilangkan jerawat mendem tidak bisa secara instan sehingga kamu harus bersabar dan konsisten dalam menjalankan langkah-langkah di atas hingga jerawat hilang.

 

Share :

Leave a Comment