Sering Beraktivitas Outdoor? Ini Cara Agar Kulit Tetap Putih Walau Terkena Sinar Matahari

Cara agar kulit tetap putih walau terkena sinar matahari

Cara agar kulit tetap putih walau terkena sinar matahari merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh kamu yang sering melakukan aktivitas outdoor. 

Kulit orang-orang kaukasia (orang Barat) dan orang-orang Asia Timur jika terpapar sinar matahari terlalu lama maka akan memerah, bukan menghitam. 

Kulit orang Indonesia ada yang seperti itu, tetapi mayoritas kulit orang Indonesia akan menjadi cokelat hingga hitam ketika terlalu lama terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, jika kamu sering melakukan kegiatan outdoor kamu perlu melakukan langkah-langkah berikut agar kulit tetap putih. 

Cara Menjaga Kulit Tetap Putih

1. Selalu Gunakan Sunblock dan Sunscreen SPF 45

Kunci utama agar kulit tetap putih meskipun terkena sinar matahari adalah menggunakan sunblock pada badan dan sunscreen pada wajah. 

Pilih sunblock dan sunscreen minimal SPF 45 dan PA+++. Gunakan setidaknya 15 menit sebelum bepergian. Akan lebih baik 25 menit sebelumnya agar sunblock dan  sunscreen benar-benar terserap oleh kulit. 

Pastikan saat menggunakan sunblock dan sunscreen kulit dalam keadaan kering/tidak terkena air. Terakhir sunblock dan sunscreen wajib digunakan paling akhir setelah menggunakan berbagai skincare lain. 

Untuk sunscreen, jika kamu akan menggunakan make up maka penggunaannya sebelum make up dan setelah menggunakan serum dan moisturizer. 

Baca Juga :  7 Resep Lulur Pemutih Kulit Alami untuk Badan

2. Pilih Sunblock/Sunscreen Waterproof

Jika kamu akan melakukan kegiatan outdoor yang bersentuhan dengan air terutama berenang dan diving maka wajib menggunakan sunblock dan sunscreen yang waterproof. 

Ketika kamu berenang dan diving mungkin tidak akan terasa terlalu panas karena kamu berada di dalam air. Namun, setelah kamu selesai melakukan aktivitas tersebut, keesokan harinya warna kulitmu akan menggelap. 

Bahkan, jika kamu menggunakan pakaian panjang, tetapi bagian kaki dan tangan tidak tertutup maka tangan dan kaki dijamin akan belang. 

3. Reapply Sunscreen/Sunblock Setelah 4 Jam

Tidak sedikit orang-orang yang merasa bahwa menggunakan sunscreen dan sunblock tidak mempan, padahal sudah menggunakan yang SPF dan PA-nya tinggi.

Penggunaan sunscreen dan sunblock ber-SPF dan PA tinggi bisa tidak efektif karena tidak mengoleskan ulang sunscreen/sunblock setelah 4 jam. 

Setelah lebih dari 4 jam, fungsi sunscreen dan sunblock akan berkurang. Oleh karena itu kamu wajib menggunakan kembali, terutama bagi kamu yang berkegiatan secara outdoor. 

4. Jangan Lupakan Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Jika kamu sering bepergian menggunakan sepeda motor seorang diri maka jangan lupa untuk selalu menggunakan sarung tangan dan kaos kaki. 

Sunblock akan mengurangi dampak bahaya dari UVA dan UVB, tetapi tidak benar-benar akan mencegah kulitmu berubah menjadi gelap maka kamu tetap perlu menggunakan sarung tangan dan kaos kaki. 

5. Double Cleansing Adalah Kunci

Untuk urusan kulit wajah jangan pernah lupakan double cleansing agar seluruh kotoran akibat terpapar sinar matahari bersih menyeluruh hingga ke pori-pori. 

Double cleansing adalah pembersihan wajah menggunakan milk cleanser/cleanser oil dilanjutkan menggunakan facial wash/foam. 

6. Gunakan Aloe Vera Gel Saat Malam Hari 

Ketika cuaca panas berada di puncaknya kamu bisa mengalami sunburn sehingga kulitmu kemerahan hingga mengelupas. Kamu dapat mengatasinya dengan cara mengoleskan aloe vera gel untuk menghentikan peradangan pada kulit. 

Baca Juga :  Waspada! Kulit Juga Bisa Dehidrasi, Ini Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi Secara Alami

Berapa lama pemulihan kulit terbakar matahari? Tergantung seberapa parah sunburn yang kamu alami. Jika tidak segera pulih maka kamu dapat menghubungi dokter kulit. 

7. Gunakan Body Lotion Pagi dan Malam Hari

Banyak orang yang hanya menggunakan body lotion di pagi hari. Padahal ketika malam hari kulit justru melakukan proses regenerasi sehingga malam hari adalah saat yang tepat untuk menggunakan body lotion. 

Saat pagi hari, gunakan body lotion yang melembapkan dan melindungi kulit dari sinar matahari. Malamnya, gunakan body lotion yang akan bekerja untuk mencerahkan kulit. 

8. Selalu Gunakan Body Scrub

Supaya kulitmu tetap putih maka selalu gunakan body scrub saat mandi. Jika tidak sempat  maka kamu dapat menggunakan tiap mandi sore/malam saja. 

9. Rutin Melakukan Eksfoliasi Setiap Minggu

Kulit yang kerap terpapar sinar matahari lama kelamaan akan mati. Oleh karenanya kamu perlu melakukan eksfoliasi seminggu sekali. Kamu dapat melakukan eksfoliasi menggunakan serum peeling AHA BHA maupun menggunakan face scrub. 

10. Gunakan Lulur dan Masker

Selain menggunakan body scrub setiap hari saat mandi, kamu juga perlu menggunakan lulur badan seminggu sekali. 

Begitu pula dengan wajah, meskipun sudah melakukan eksfoliasi seminggu sekali, kamu juga perlu menggunakan masker seminggu sekali. 

Ketika kamu menggunakan lulur badan maka kamu tidak perlu mandi menggunakan body scrub. Pun sama halnya dengan masker, gunakan saat kamu tidak melakukan eksfoliasi pada wajah.

Artikel Lainnya: Skincare Meratakan Warna Kulit, Bikin Kamu Makin Percaya Diri

Cara agar kulit tetap putih walau terkena sinar matahari di atas juga perlu dilakukan olehmu yang bekerja secara indoor tetapi berada di area kerja yang semi terbuka/memiliki banyak pintu dan jendela kaca karena sinar matahari sangat mudah masuk ke ruangan seperti itu.

Baca Juga :  7 Krim untuk Kaki Pecah-Pecah Terbaik Mulai 20 Ribuan
Share :

Leave a Comment