4 Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Untuk memudahkan akses akun secara personal cara beralih ke akun pribadi Instagram semakin di cari pengguna, khususnya mereka yang tidak lagi memanfaatkan instagram untuk memasarkan produk dan tujuan berbisnis yang lain.

Instagram memberikan kebebasan bagi pengguna jika ingin beralih meningkatkan akun, baik dari akun pribadi ke akun profesional (bisnis dan kreator) dan sebaliknya. Hal inipun bisa dilakukan secara langsung tanpa harus menghubungi pihak bantuan Instagram.

Bagi anda yang ingin menggunakan Instagram dalam fitur yang sederhana, menggunakan akun pribadi adalah pilihan yang tepat. Bagaimana cara beralih ke akun pribadi Instagram? Simak dan pahami melalui halaman ini!

Apa itu Akun Pribadi dan Akun Bisnis Instagram?

Apa itu Akun Pribadi dan Akun Bisnis Instagram?
Apa itu Akun Pribadi dan Akun Bisnis Instagram?

Instagram termasuk dalam aplikasi media sosial ter populer hingga saat ini. Didalamnya terdapat berbagai aktivitas pengguna dengan menggunakan akun sebagai identitas mereka. Didalam Instagram terdapat dua jenis akun yaitu akun pribadi dan profesional (bisnis dan kreator). Apa itu akun pribadi dan bisnis dan perbedaannya? Sebelum membahas cara beralih ke akun pribadi Instagram, ketahui dahulu yuk!

Akun Instagram pribadi merupakan akun pengguna yang dioperasikan secara pribadi/perseorangan seperti  berbagi foto atau video. Sedangkan akun bisnis Instagram sebaliknya, akun bisnis memungkinkan pengguna memasarkan barang atau bisnis tertentu.

Ketika ingin memasarkan produk kepada warga Instagram, tentu menggunakan Instagram pribadi tidaklah direkomendasikan dan begitupun sebaliknya. Instagram membebaskan anda memilih menggunakan Instagram pribadi ataupun bisnis, sesuai tujuan awal membuka akun.

Perbedaan Akun Pribadi dan Akun Bisnis Instagram

Akun pribadi dan bisnis memiliki perbedaan yang signifikan namun keduanya sama-sama bisa diakses secara gratis. Perbedaan kepemilikan akun Instagram dapat kita lihat melalui fitur dan tujuan keduanya. Berikut yang menjadi perbedaan akun Instagram pribadi dan bisnis.

Perbedaan Akun Pribadi Akun  Bisnis
Tujuan utama Akun pribadi atau akun biasa digunakan untuk keperluan pribadi. Akun bisnis digunakan menawarkan produk dan memasarkan brand secara online guna meningkatkan penjualan.
Informasi profil akun Pada akun pribadi hanya menampilkan beberapa informasi tambahan seperti nama dan email. Untuk tujuan berbisnis, Instagram telah melegkapi kategori bisnis dan alamat perusahaan pada akun bisnis. Dengan begitu pengguna dapat membaca dan memahami infrormasi bisnis anda.
Komunikasi tambahan Untuk berkomunikasi, pengguna akun biasa dapat memanfaatkan direct message (DM). Fitur “contact” sebagai dukungan Instagram dalam memulai karirmu. Dengan adanya opsi ini kamu dapat terhubung dengan pengguna yang lain melalui telepon dan email.
Akses fitur tambahan Pengguna akun pribadi dapat mengaktifkan fitur private untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat akun mereka. Sesuai ketentuan Instagram, pada akun bisnis kamu tidak dapat mengaktifkan fitur private. Semua pengguna Instagram dapat menjangkau konten-konten yang ada pada akun anda.
Instagram shopping Karena dikelola personal, Instagram tidak memfasilitasi fitur shopping pada akun pribadi. Fitur “view shop” pada akun Instagram bisnis dapat memudahkan konsumen berbelanja dan meningkatkan angka penjualan anda.
Insight Pada akun pribadi Instagram yang sudah diperbaharui terakhir kali, Instagram tak lagi memberikan fasilitas Insight untuk akun pribadi. Insight pada akun bisnis memberikan data audiens, jumlah reaksi, dan mengetahui konten yang paling banyak disukai.
Fitur ad tools Akun instagram pribadi belum dapat mempromosikan postinganya. Jika ingin, mereka harus upgrade akun ke profesional terlebih dahulu. Fitur ad tolls pada akun biasa memungkinkan anda mempromosikan postingan tertentu untuk menjangkau lebih banyak pengguna.
Baca Juga :  2 Cara Melihat Bio WA Yang Disembunyikan Terbaru 2024

Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Perlu anda ketahui cara beralih ke akun pribadi Instagram sama halnya ketika menggunakan akun profesional sebelumnya. Jadi, akun Instagram bisnis atau akun profesional adalah akun pribadi Instagram yang ditingkatkan.

Namun karena berbagai alasan, cara beralih ke akun pribadi Instagram di cari tau pengguna karena akun ini memudahkan kita mengakses Instagram dan fiturnya yang lebih sederhana. Ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk mengubah akun profesional ke akun pribadi, berikut diantaranya.

1. Buka Aplikasi Instagram

Cara beralih ke akun pribadi Instagram di awali dengan membuka aplikasi dan akun yang akan diperbaharui. Jika sudah membuka aplikasi, pergi ke akun Instagram bisnis anda dengan memilih foto profil/akun di pojok kanan bawah.

2. Pergi ke Menu Pengaturan dan Privasi

Pada akun yang akan dikelola, anda bisa memilih menu pengaturan. Klik tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar, akan ditampilkan beberapa menu seperti pengaturan dan privasi, aktivitas anda, arsip dan sebagainya. Lanjutkan cara beralih ke akun pribadi Instagram dengan memilih opsi pengaturan dan privasi.

Pergi ke menu pengaturan dan pivasi
Pergi ke menu pengaturan dan pivasi

3. Beralih ke Akun Pribadi

Setelah masuk ke menu pengaturan dan privasi, pilih fitur dan kontrol bisnis. Nah, untuk dapat beralih ke akun Instagram pribadi pilih ubah jenis akun seperti pada gambar dibawah. Setelahnya akan ditampilkan dua opsi perubahan, yaitu beralih ke akun pribadi atau akun kreator.

Beralih ke akun pribadi
Beralih ke akun pribadi

4. Konfirmasi dan Selesai

Lanjutkan cara beralih ke akun pribadi Instagram dengan memilih akun pribadi. Setelah itu akan ditampilkan opsi untuk mengonfirmasi perubahan akun, ketuk pada “Beralih ke akun pribadi” dan anda dapat mengelola akun secara pribadi.

Baca Juga :  3 Cara Daftar Paket Combo Sakti Telkomsel 75 Ribu
Konfirmasi dan selesai
Konfirmasi dan selesai

Itulah keempat cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis atau profesional. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana sebelum mengonfirmasi perubahan dalam mengelola akun.

Bacaan menarik untuk anda 3 Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Kenapa Tidak Bisa Beralih ke Akun Pribadi Instagram?

Cara beralih ke akun pribadi Instagram memang sangat mudah namun belum tentu dapat dilakukan semua orang, mengapa? Terdapat beberapa alasan mengapa akun bisnis tidak dapat diubah menjadi akun pribadi anda, diantaranya:

  • Koneksi internet tidak stabil. Untuk beralih ke akun pribadi Instagram sebenarnya sangat mudah, namun memerlukan koneksi yang stabil. Periksa dan pastikan internet yang kamu gunakan cukup kuat, gunakan wifi jika memungkinkan.
  • Versi Instagram yang digunakan. Beberapa fitur Instagram termasuk kategori baru, sehingga saat beralih akan muncul pesan error. Biasanya hal ini dapat diselesaikan setelah memperbaharui aplikasi untuk mendapatkan versi terbaru.
  • Error Instagram yang berimbas pada penggunaan akun tertentu seperti tidak bisa beralih dan menggunakan fitur didalamnya. Anda bisa mencoba logout lalu login akun Instagram atau hubungi tim dukungan untuk mengetahui kendala lebih spesifik.

Cara Beralih Akun Bisnis ke Akun Kreator Instagram

Selain akun pribadi dan bisnis di Instagram, ada juga kepemilikan akun untuk pribadi atau komunitas tertentu melalui konten seni, fashion, dan gaya hidup. Data analitik yang ditampilkan untuk akun kreator berupa interaksi dan jangkauan sebuah konten.

Akun ini menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin dikenal secara luas di Instagram. Untuk beralih ke akun kreator cukup mudah, sama seperti cara beralih ke akun pribadi Instagram yang kita bahas sebelumnya.

  • Buka Instagram lalu pergi ke akun di pojok kanan bawah
  • Setelah itu klik tiga garis di pojok kanan, pilih pengaturan dan privasi
  • Agar dapat beralih dari akun bisnis menjadi akun kreator, klik opsi fitur dan kontrol bisnis
  • Lalu pilih ubah jenis akun > beralih ke akun kreator > beralih
  • Selesai, anda dapat mengoperasikan Instagram menggunakan akun kreator.
Baca Juga :  4 Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita

Sama halnya ketika beralih akun menjadi kreator, anda dapat mengalihkan akun kreator menjadi pribadi, bisnis menjadi pribadi dan sebaliknya. Cukup pastikan anda sudah siap mengelola akun sesuai dengan fitur didalamnya.

Akhir Kata

Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram
Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Untuk cara beralih ke akun pribadi Instagram sebenarnya mudah, karena aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap untuk kebutuhan tersebut. Anda hanya perlu menemukan fitur dan kontrol bisnis pada pengaturan dan privasi sebelum mengonfirmasi perubahan akun Instagram.

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay