Wajib Tahu! Ini 3 Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram

Cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram salah satu penelusuran populer terkait aplikasi media sosial Instagram belakangan ini. Melalui fitur ini, kamu akan menerima pemberitahuan setiap kali pengikut atau pengguna yang lain mengambil tangkapan layar atas obrolan dan cerita yang dibagikan.

Ini bukan sekadar mengetahui siapa saja yang peduli sekaligus tertarik dengan apa yang kamu bagikan di laman media sosial, namun fitur notifikasi screenshot akan membantu mengurangi penjiplakan karya atau posting ulang konten sebagai milik pribadi tanpa persetujuan anda.

Fitur ini memiliki cara kerja yang kompleks, sehingga cocok digunakan oleh siapa saja khususnya mereka yang peduli tentang nilai sebuah konten dan privasi. Oleh karena itu, silahkan lihat dan perhatikan cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram di bawah ini.

Sekilas Tentang Fitur Notifikasi Screenshot Instagram

Instagram salah satu platform media sosial yang memiliki perkembangan dari waktu ke waktu melalui fiturnya. Aplikasi ini dirancang agar pengguna bisa berbagi keseharian melalui foto dan video kepada khalayak ramai untuk membangun koneksi.

Sekilas Tentang Fitur Notifikasi Screenshot Instagram
Sekilas Tentang Fitur Notifikasi Screenshot Instagram

Aplikasi Instagram memiliki berbagai macam fitur yang cukup menarik perhatian, kamu bisa berbagi keseharian di menu cerita, berbagi reels, mengunggah foto dan video dan akan ditampilkan di feed aplikasi.

Setelah fitur menyembunyikan suka dan menjadwalkan postingan, kini muncul fitur notifikasi screenshot yang bisa diatur sendiri oleh pengguna untuk tujuan tertentu. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui apa itu fitur notifikasi sebelum kita lebih jauh membahas cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram.

Jadi, fitur notifikasi screenshot Instagram memungkinkan penggunanya mengetahui siapa saja yang sudah mengambil tangkapan layar (screenshot) cerita maupun direct message (DM).

Seperti yang kita ketahui, siapa saja bisa mengambil tangkapan layar untuk segala sesuatu yang muncul di pintasan mereka namun hal ini sangat menyalahi jika digunakan untuk kepentingan diri sendiri dan merugikan pihak lain. Oleh karena itu, Instagram memberikan terobosan baru berupa fitur notifikasi screenshot agar penggunanya lebih aman dan nyaman berbagi keseharian melalui platform ini.

Kenapa Fitur Notifikasi Screenshot Instagram Dibutuhkan?

Sebelum lebih jauh membahas cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram, tentu kamu akan menggali alasan fitur ini dimunculkan. Sebenarnya pada penjabaran diatas kamu mengetahui bahwa notifikasi Instagram sangat membantu kita menjaga privasi dan penyebaran konten tanpa persetujuan.

Di era digitalisasi seperti sekarang, banyak orang yang menekuni dan memantapkan Instagram sebagai sumber penghasilan. Hal ini kerap dimanfaatkan beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab untuk memperoleh keuntungan, seperti mengambil gambar suatu produk dan menjualnya kembali.

Bukan itu saja, popularitas seseorang seringkali digunakan untuk tujuan tertentu dan menambah ketenaran. Karena itu mereka tidak segan-segan mengambil tangkapan layar cerita atau percakapan instagram tanpa persetujuan kamu. Alasan tersebut menjadi pemicu untuk mencari tau cara mengaktifkan notifikasi screenshot instagram.

Alasan Lainnya Penjelasan
Perlindungan Privasi Fitur notifikasi screenshot membantu melindungi privasi pengguna dengan memberikan pemberitahuan jika seseorang mencoba menyimpan gambar atau video yang mereka unggah. Ini memberi pengguna kesadaran tentang siapa yang menyimpan konten mereka.
Pencegahan Penyebaran Konten yang Tidak Diinginkan Dengan notifikasi screenshot, pengguna dapat lebih baik memantau dan mengendalikan siapa yang menyimpan dan membagikan konten mereka. Hal ini dapat membantu dalam mencegah penyebaran konten yang tidak diinginkan atau yang tidak sesuai.
Transparansi dan Keamanan Fitur notifikasi membuat pengguna merasa lebih aman di platform. Mereka tahu ketika ada orang yang mencoba menyimpan gambar atau video mereka, yang dapat mencegah penyalahgunaan atau pelecehan potensial.
Melindungi Hak Cipta Bagi pengguna yang mengunggah konten yang dilindungi hak cipta, notifikasi screenshot dapat membantu dalam mendokumentasikan upaya potensial untuk menyalin atau menyebarluaskan konten tanpa izin.
Kontrol Lebih Besar Notifikasi screenshot memberikan pengguna lebih banyak kendali atas bagaimana konten mereka digunakan. Mereka dapat memilih untuk berbagi konten secara pribadi atau melalui pesan langsung alih-alih membiarkannya tersedia untuk umum.
Baca Juga :  Cara Edit Warna Baju Di Canva Terbaru 2024, Cocok Untuk Pemula

Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram

Cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram bisa dilakukan oleh siapapun. Kamu hanya perlu mengotak atik fitur yang sudah ada dan memastikan aplikasi yang sedang berjalan dalam versi terbaru.

Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram
Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram

Ada tiga cara mengaktifkan notifikasi screenshot instagram yang bisa kamu lakukan, yakni untuk unggahan dan pesan secara keseluruhan, lalu untuk cerita dan pesan saja. Silahkan pilih salah satu opsi yang menurut kamu relevan untuk digunakan.

1. Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram di Menu Cerita

Pertama, kamu bisa mengaktifkan notifikasi screenshot di menu cerita. Ini memudahkan kamu untuk mengetahui siapa saja yang sangat tertarik dan intens memantau keseharian yang kamu posting.

Cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram di menu cerita sangatlah mudah. Jika kamu tertarik menggunakanya, berikut tahapan-tahapan yang bisa dilakukan.

  • Pertama silahkan buka aplikasi Instagram kamu
  • Klik menu profil di halaman utama
  • Setelah itu klik ikon garis tiga di pojok kanan atas lalu pilih pengaturan dan privasi
  • Gulir kebawah untuk menemukan opsi notifikasi
  • Pada menu ini kamu bisa memilih postingan, cerita, dan komentar
  • Beri checklist di menu cerita untuk mengaktifkan notifikasi screenshot di menu ini.
  • Selesai, Instagram akan mengirimkan notifikasi jika orang lain mengambil gambar atas cerita anda.

2. Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram Direct Message

Jika diatas cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram di menu cerita, seperti yang kami sampaikan sebelumnya kamu bisa mengaktifkan fitur ini di obrolan ataupun direct message.

Sama halnya dengan fitur cerita, mengaktifkan notifikasi screenshot instagram direct message akan menampilkan siapa saja yang mengambil tangkapan layar obrolan kalian. Ini akan meminimalisir penyebaran pesan ataupun file-file yang bersifat pribadi. Dibawah ini adalah cara untuk mengaktifkanya.

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Instagram anda
  • Klik untuk membuka DM atau direct message di pojok kanan atas
  • Setelah itu pilih salah satu akun yang ingin dikirimi pesan lalu klik kamera disebelah ikon buat pesan
  • Setelah itu ambil foto yang ingin dikirimkan lalu klik allow replay dan secara otomatis view once akan digunakan
  • Setelah itu, kamu bisa mengirim foto tersebut
  • Jika lawan bicara mengambil screenshot percakapan maka kamu akan menerima notifikasinya.
Baca Juga :  Indosat Gangguan Hari Ini: Ketahui 10 Penyebab Lengkap Cara Mengatasinya Dengan Mudah

3. Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram Keseluruhan

Terakhir, cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram secara keseluruhan. Ini akan membantu kamu mengetahui apa yang sedang terjadi dalam lingkup instagram, karena pihak instagram akan mengirimi notifikasi screenshot secara langsung. Tanpa berlama-lama, ini tahapan-tahapan yang bisa kamu gunakan.

  • Buka aplikasi Instagram lalu masuk ke menu profil
  • Setelah itu klik ikon garis tiga di pojok kanan atas untuk menemukan pengaturan dan privasi
  • Pada menu ini kamu bisa memilih menu notifikasi lalu pilih keseluruhan
  • Lakukan cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram dengan cara memberi checklist pada opsi yang tersedia
  • Akhir dengan mengatur settingan lainya lalu klik accept

Setelah mengatur notifikasi screenshot Instagram secara keseluruhan, maka kamu akan menerima pemberitahuan tangkapan layar cerita, DM, dan postingan yang lain.

Cara Screenshot Instagram Tanpa Ketahuan

Cara Screenshot Instagram Tanpa Ketahuan
Cara Screenshot Instagram Tanpa Ketahuan

Bagaimana cara mengambil tangkapan layar pengguna yang sudah mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram? Ya, jika ada cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram maka opsi mengambil gambar tanpa diketahui sangat diperlukan.

Meskipun ada opsi mengambil tangkapan layar tanpa diketahui pemilik foto ataupun konten tertentu, baiknya kamu mengambil tangkapan layar atas pesetujuan pengguna atau setidaknya menggunakan foto bukan untuk kepentingan komersil.

  • Mengaktifkan Mode Pesawat

Untuk mengambil tangkapan layar cerita maupun direct message tanpa diketahui pemiliknya kamu bisa mengaktifkan mode pesawat saat proses pengambilan gambar. Dengan begitu smartphonemu kamu tidak terhubung dengan internet maka Instagram tidak akan mendeteksi bahwasanya anda melakukan perintah untuk mengambil tangkapan layar.

  • Akses Web Instagram

Selanjutnya kamu bisa mengakses Instagram web untuk mengambil tangkapan layar tanpa diketahui pemiliknya. Cara ini bisa kamu lakukan di PC atau smarphone masing-masing. Jadi, login Instagram web dan mengambil gambar maka pengguna tersebut tidak akan menerima notifikasi dari aktivitas tangkap layar yang dilakukan.

  • Gunakan Perekam Layar

Cara terakhir, kamu bisa memanfaatkan fitur perekam layar yang biasanya sudah dibekali di masing-masing smartphone. Aktifkan perekam layar lalu buka aplikasi Instagram, cari akun dan buka DM atau cerita yang ingin di screenshot.

Setelah konten yang diinginkan sudah terekam, matikan perekam layar. Selanjutnya putar rekaman layar lalu screenshot pada bagian tertentu. Dengan begitu kamu berhasil mengambil gambar tanpa diketahui pemilik konten.

Fitur Instagram Terbaru dan Cara Menggunakanya

Fitur Instagram Terbaru dan Cara Menggunakanya
Fitur Instagram Terbaru dan Cara Menggunakanya

Selain mengetahui cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram, ternyata ada beberapa fitur terbaru yang wajib kamu coba. Ini akan memberikan kita kemudahan dalam mengelola postingan dan waktu mengakses Instagram.

Fitur Instagram Notes

Instagram baru saja meluncurkan fitur terbarunya yaitu Instagram notes. Fitur ini berfungsi untuk membagikan pemikiran ataupun quotes singkat maksimal 60 karakter. Ini akan membantu penggunanya mengekspresikan diri saat itu juga.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Dana Hibah Dari Timur Tengah

Lalu bagaimana cara menggunakan Instagram notes? Dibawah ini panduan-panduan yang bisa kamu ikuti:

  • Buka aplikasi intagram, buka DM atau direct message
  • Setelah itu klik “tambahkan catatan” yang terletak di bagian sudut kiri atas
  • Ketikkan pesan yang ingin dibagikan, pastikan kamu menulis tidak lebih dari 60 karakter
  • Setelah itu pilih bagikan dengan pengikut atau teman dekat
  • Konfirmasi pengiriman dengan klik bagikan.

Fitur Menjadwalkan Postingan

Selain Instagram notes, ada fitur terbaru dari meta yang disebut schedule post. Ini memungkinkan siapa saja menjadwalkan waktu untuk memosting konten. Ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin konsisten memosting namun memiliki jadwal yang padat.

  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik ikon (+) untuk mengunggah gambar ataupun video
  • Setelah itu tambahkan efek maupun caption
  • Ketika di menu postingan, klik pengaturan lanjutan
  • Klik untuk mengaktifkan opsi jadwalkan lalu pilih tanggal dan waktu
  • Ketuk selesai setelah memilih waktu posting
  • Tekan panah kembali lalu bagikan postingan seperti biasa. Nantinya konten akan ditayangkan berdasarkan waktu yang diatur.

Fitur untuk Menyematkan Postingan

Pin postingan salah satu fitur Instagram yang memungkinkan pengguna memindahkan dan menandai suatu unggahan di posisi teratas. Fitur ini digunakan untuk menonjolkan unggahan tertentu setiap kali orang lain mengunjungi akun anda. Berikut cara menyematkan postingan Instagram:

  • Buka aplikasi instagram lalu masuk ke menu profil
  • Pada menu profil temukan salah satu postingan yang akan disematkan
  • Klik untuk membuka unggahan tersebut
  • Lanjutkan dengan klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih sematkan ke profil anda
  • Selesai, postingan berhasil di sematkan

Fitur Menyembunyikan Jumlah Suka

Banyak orang berupaya untuk mendapatkan suka dan tanggapan di Instagram namun ada juga yang ingin menyembunyikanya dari pengikut. Untuk kamu yang teramat menjaga privasi termasuk jumlah suka, berikut tahapan untuk melakukanya.

  • Buka aplikasi Instagram
  • Pergi ke profil pengguna lalu buka postingan yang jumlah sukanya akan disembunyikan
  • Setelah itu klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas lalu klik sembunyikan jumlah suka
  • Jumlah suka postinga tersebut telah disembunyikan.

Fitur Activity

Fitur terbaru yang dihadirkan Instagram bernama Activity yang bertugas untuk mencatat waktu anda login dan menjelajah di Instagram. Melalui data yang ditampilkan, kamu bisa menganalisis dan mengelola waktu menggunakan aplikasi setiap hari.

  • Masuk ke Instagram lalu klik menu profil
  • Setelah itu klik garis tiga sejajar di pojok kanan atas lantas klik aktivitas anda
  • Pada menu ini silahkan klik waktu dihabiskan untuk melihat total waktu di Instagram.

Akhir Kata

Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram
Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram

Itulah beberapa cara mengaktifkan notifikasi screenshot Instagram untuk mengetahui siapa saja yang mengambil tangkapan layar unggahan dan direct message pengguna. Silahkan atur notifikasi screenshot untuk mengetahui lebih spesifik siapa yang terlibat dan memantau aktivitas instagram kamu dan menonaktifkanya bila ingin.

Semoga informasi Beadaily paparkan bermanfaat. Jika ada kesalahan penulisan maupun komentar yang membangun, pembaca boleh hubungi kami melalui kolom komentar. Sekian.

Artikel Menarik Lainnya