3 Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Hingga saat ini masih banyak instagram user yang belum mengetahui cara melihat video Instagram yang tidak tersimpan di galeri, padahal cara menemukanya sangat mudah.

Belakangan ini banyak penikmat aplikasi jejaring sosial instagram yang mencari cara melihat video yang tidak tersimpan di galeri ponsel mereka, tujuanya untuk menayangkan keseruan dan mengoleksi kembali kenangan tersebut.

Lantas, apakah ada opsi untuk melihat video yang tidak tersimpan otomatis di dalam galeri anda? Tentu saja, kini pengguna dapat melihat foto bahkan video tersebut dengan mudah.

Sekilas Tentang Instagram

Instagram
Instagram

Instagram adalah aplikasi yang difungsikan untuk berbagai foto dan video dalam jejaring sosial. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengambil foto dan video, kemudian menggunakan efek sebelum akhirnya diunggah dan dibagikan secara online.

Sebagai salah satu aplikasi media sosial tertua, instagram memiliki banyak fitur sejak resmi diluncurkan. Maka tidak heran instagram menjadi tempat untuk content creator dan influencer berkarya. Kini instagram dimanfaatkan sebagai ladang bisnis brand-brand untuk mengembangkan dirinya.

Sebelum lebih jauh membahas cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri, anda perlu memahami apa saja fitur unggul instagram yang berhasil menggaet puluhan juta pengguna di Indonesia.

  • Instagram stories untuk berbagi cerita dengan waktu penayangan 1×24 jam.
  • Instagram live video untuk stream video secara real time.
  • Instagram hastag untuk menghubungkan konten yang senada dengan label atau tag tertentu.
  • Instagram Tv agar pengguna dapat berkreasi dan menciptakan video dengan durasi panjang.
  • Instagram ADS adalah konten berbayar untuk segmen tertentu
  • Instagram analytics yang berfungsi untuk melihat aktivitas seperti kunjungan akun, konten dan informasi tentang followers.

Kenapa Tidak Bisa Melihat Video Instagram ?

Tidak sedikit pengguna instagram yang bingung kenapa mereka tidak bisa melihat video instagram yang sudah dibagikan sebelumnya, hal ini memang perlu anda ketahui sebelum membahas cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri nantinya.

Pada dasarnya pengguna bisa mengambil video pada durasi tertentu, setelah melewati tahap editing video tersebut dapat diunggah langsung di story maupun feed instagram mereka.

Baca Juga :  9 Cara Tukar Poin Tri Lewat SMS Tanpa Kuota Terbaru 2024

Meskipun cara mengambil dan berbagai video di instagram sangat mudah, masih banyak pengguna yang belum memahami kenapa video tidak tersimpan di galeri.

Perlu dipahami jika penggguna tidak bisa melihat kembali video karena konten tersebut tidak tersimpan di galeri. Sekarang, instagram membekali pengguna dengan fitur simpan otomatis ke galeri. Nah, jika anda tidak mengaktifkan fitur tersebut maka video tidak muncul di galeri secara otomatis.

Jika ingin melihat atau mengoleksinya, anda harus menyimpanya sendiri atau menggunakan bantuan aplikasi ketiga. Akan tetapi pengguna masih bisa melihat kembali video dalam lingkup stories, yakni arsip cerita instagram. Jika sudah memahami alasan tidak bisa melihat video di ig, mari berlanjut pada cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri.

Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Berbicara tentang cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri, anda perlu login instagram kembali untuk melihat postingan yang dibagikan sebelumnya.

Cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri
Cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri

Untuk melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri anda perlu mengenal fitur arsip yang dikembangkan instagram. Arsip memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto, video dan cerita tanpa harus menghapusnya.

Namun sebelum berlanjut mengetahui cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri, anda perlu memahami arsip story, postingan dan siaran langsung sedikit berbeda. Adapun arsip instagram akan otomatis tersimpan setelah masa penayangan (1x24jam), sedangkan arsip postingan dan ig tv harus diatur terlebih dahulu.

Jadi, semua video yang bersumber dari story bisa anda lihat kembali. Berbeda dengan postingan atau ig tv yang tidak diarsipkan dahulu, maka kalian tidak bisa melihatnya kembali kecuali reels atau postingan itu masih ada atau tidak dihapus.

Bacaan menarik untuk anda 5 Cara Beli Koin TikTok Murah Pakai Pulsa, Codashop & Situs Resmi

Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Your Activity

Cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri dalam lingkup story sangat mudah dilakukan. Seperti yang sudah kami jabarkan sebelumnya, semua cerita yang anda bagikan akan otomatis masuk kedalam arsip setelah masa penayangan habis.

Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Your Activity
Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Your Activity

Adapun portingan dan siaran langsung harus diatur sebelumnya ya sobat. Berikut tahapan yang dapat anda ikuti untuk melihat kembali video maupun foto yang sudah anda bagikan sebelumnya:

  1. Buka aplikasi instagram
  2. Selanjutnya klik tiga garis sejajar lalu pilih aktivitas anda
  3. Klik diarsiapkan
  4. Adapun arsip instagram yang bisa ditampilkan kembali adalah arsip cerita, postingan dan siaran langsung
  5. Sekarang pilih salah satu diantaranya untuk melihat video yang tidak tersimpan di galeri
  6. Jika ingin menyimpannya, buka dan tekan tiga titik tiga lalu pilih simpan/unduh video.
Baca Juga :  Cara Top Up FF Pakai Pulsa Axis Terbaru 2024

Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Saved

Tidak hanya melalui fitur arsip, pengguna instagram bisa juga melihat video reels yang tidak tersimpan melalui fitur saved. Namun, pastikan anda sudah menyimpan video reels sebelumnya. Adapun tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan adalah:

  1. Masuk kedalam aplikasi instagram
  2. Klik tiga garis sejajar di pojok kanan atas lalu pilih disimpan
  3. Akan ditampilkan semua postingan yang anda simpan sebelumnya, termasuk unggahan sendiri
  4. Berbeda dengan arsip, video pada fitur saved tidak bisa disimpan ke galeri ponsel anda.

Cara Melihat Video Instagram yang Sudah Dihapus

Cara Melihat Video Instagram yang Sudah Dihapus
Cara Melihat Video Instagram yang Sudah Dihapus

Cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri bisa anda lihat jika potingan baru saja dihapus. Instagram sendiri  menyediakan wadah untuk menyimpan unggahan sementara selama 30 hari. Anda bisa memulihkan atau menghapusnya secara permanen, berikut tahapanya:

  1. Buka aplikasi instagram lalu masuk kedalam akun anda
  2. Klik garis tiga sejajar untuk menemukan aktivitas anda
  3. Pilih baru-baru ini dihapus pada kategori konten yang dihapus dan diarsipkan
  4. Akan ditampilkan semua postingan yang dihapus dalam kurun waktu 30 hari

Cara Agar Postingan Tersimpan Otomatis di Galeri

Cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri tidak lagi anda butuhkan setelah mengaktifkan fitur simpan otomatis. Jika sebelumnya anda tidak mengaktifkanya, tidak perlu heran apabila video tidak tersimpan otomatis di galeri. Berikut tahapan mengaktifkan fitur simpan otomatis akun instagram:

  • Buka aplikasi instagram lalu masuk kedalam akun yang ingin anda ubah pengaturan penyimpanan otomatisnya
  • Klik tiga garis sejajar, pilih pengaturan
  • Pilih akun lalu gulir kebawah untuk menemukan postingan asli
  • Akan ditampilkan beberapa opsi postingan asli, gulir kesamping untuk mengaktifkan fitur simpan postingan asli, simpan foto dan video yang diposting.
  • Unggahan instagram anda akan tersimpan otomatis setelah mengaktifkan fitur ini.

Cara Menyimpan Cerita dan Reels Otomatis ke Galeri

Cara Menyimpan Cerita Otomatis ke Galeri
Cara Menyimpan Cerita Otomatis ke Galeri

Jika cara diatas untuk menyimpan postingan ke galeri, anda bisa mencoba opsi menyimpan foto dan video cerita instagram. Memang, pengguna bisa menyimpan video atau foto secara manual, namun fitur otomatis membantu mempercepatnya. Tanpa berlama-lama, berikut tahapan yang perlu anda lakukan:

  • Buka aplikasi instagram dan tetap di beranda
  • Klik tambah cerita seperti biasanya, kemudian klik ikon pengaturan pada pojok kanan layar
  • Pilih cerita lalu aktifkan simpan cerita ke galeri
  • Selesai, video atau foto cerita instagram akan terekan dan tersimpan secara otomatis.
Baca Juga :  Cara Menggunakan Bonus Dadakan Di Lazada 2024

Pengguna bisa juga menyimpan reels otomatis dengan langkah-langkah dibawah:

  1. Buka kembali aplikasi instagram lalu klik ikon tambah (+)
  2. Klik ikon pengaturan lalu pilih reels
  3. Aktifkaan simpan reels ke perangkat
  4. Semua reels akan tersimpan otomatis di galeri anda sejak mengaktifkan fitur ini.
Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Deskripsi
Gunakan Fitur “Tersimpan” di Profil Pengguna Buka profil pengguna Instagram yang memposting video yang ingin Anda lihat. Ketuk ikon yang terlihat seperti “bookmark” atau “ribbon” di bawah postingan. Anda akan menemukan video yang tidak tersimpan di galeri Anda di dalam koleksi “Tersimpan”.
Gunakan Fitur “Lanjutkan Menonton” Jika Anda telah menonton video di Instagram sebelumnya dan ingin melihatnya lagi, Anda bisa menggunakan fitur “Lanjutkan Menonton”. Buka aplikasi Instagram, ketuk ikon profil Anda, dan pilih opsi “Lanjutkan Menonton” untuk melihat video yang belum tersimpan di galeri.
Cek Riwayat Aktivitas Anda Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon hati di bagian bawah layar untuk masuk ke “Aktivitas”. Di sini, Anda bisa melihat riwayat aktivitas Anda, termasuk video yang Anda suka dan komentar yang Anda tinggalkan. Cari video yang ingin Anda lihat kembali di bagian “Video Disukai”.
Gunakan Fitur “Unduhan Data” Instagram Anda bisa menggunakan fitur “Unduhan Data” di Instagram untuk mengunduh arsip data Anda, termasuk video yang telah Anda tonton atau unggah. Buka Pengaturan akun Anda di Instagram, pilih “Privasi dan Keamanan”, lalu gulir ke bawah dan pilih “Unduhan Data”.
Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menyimpan video dari Instagram yang tidak tersimpan di galeri Anda. Namun, harap berhati-hati saat menggunakan aplikasi pihak ketiga dan pastikan untuk menghindari aplikasi yang dapat membahayakan privasi Anda.

Akhir Kata

cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri
cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri

Cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri ternyata mudah dilakukan. Karena pada dasarnya instagram telah merangkum aktivitas penggunanya, sehingga video atau foto yang tidak tersimpan mudah ditemukan.

Selebihnya anda dapat mengaktifkan fitur simpan otomatis cerita, postingan dan reels agar bisa melihat konten di galeri ponsel. Semoga penjelasan diatas bermanfaat, sampai bertemu di topik selanjutnya!

Artikel Menarik Lainnya