9 Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri Dengan Mudah!

Tak sedikit yang mengalami kendala dan mencari cara mengatasi hotspot mati sendiri. Hotspot merupakan fitur yang sangat berguna untuk dimanfaatkan dalam mengakses internet di berbagai perangkat tanpa menggunakan data seluler.

Namun terkadang, fitur ini bisa saja mati secara tiba-tiba tanpa diketahui apa penyebabnya. Tapi sekarang anda tidak perlu lagi khawatir, berikut dalam artikel ini kami akan menjelaskan dengan lengkap, mulai dari penyebab hingga cara mengatasi hotspot mati sendiri.

Sekilas mengenai Hotspot

sekilas mengenai Hotspot
Sekilas mengenai Hotspot

Hotspot adalah sebuah fitur pada perangkat seperti ponsel, laptop, tablet, atau perangkat lain yang mendukung WiFi, yang memungkinkan untuk dapat terhubung ke internet melalui jaringan nirkabel.

Penggunaan Hotspot memungkinkan akses ke internet tanpa perlu menggunakan koneksi data seluler. Cara penggunaan Hotspot pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mengaktifkan Wifi pada perangkat mereka, mencari dan memilih jaringan hotspot yang tersedia, dan memasukkan kata sandi jika diperlukan.

Penyebab Hotspot Mati Sendiri

Penyebab Hotspot Mati Sendiri
Penyebab Hotspot Mati Sendiri

Memahami penyebab hotspot mati sendiri tentu akan membantu anda agar lebih mudah dan cepat mendapatkan solusi atau cara mengatasi yang tepat.

Oleh karena itu, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab kenapa hotspot mati sendiri:

  • Masalah jaringan

Penyebab yang pertama adalah karena masalah jaringan. Perlu diketahui bahwa penggunaan fitur hotspot bergantung pada kondisi sinyal. Ketika jaringan dalam perangkat pemilik hotspot tersebut tidak stabil atau bahkan mungkin tidak ada jaringan sama sekali, maka fitur hotspot bisa saja akan mati dengan sendirinya.

  • Mode pesawat diaktifkan

Mode pesawat merupakan salah satu fitur dalam perangkat yang memungkinkan untuk memutus atau mematikan secara otomatis semua fitur dalam HP, termasuk fitur Hotspot. Seperti namanya, fitur ini biasanya digunakan ketika seseorang akan melakukan perjalanan lewat udara.

  • Pengaturan hotspot oleh pengguna

Penyebab hotspot mati sendiri yang berikutnya adalah karena adanya pengaturan hotspot oleh pengguna. Pengaturan yang dimaksud disini ada dua, yaitu:

  1. Pengaturan batas penggunaan data, yang mana pemilik hotspot membatasi data pada satuan MB ataupun GB tertentu, yang membuat hotspot akan mati sendiri secara otomatis, apabila penggunanya telah mencapai batas yang ditentukan oleh pemilik hotspot.
  2. Ada juga opsi pengaturan hotspot lainnya, misalnya seperti: opsi matikan hotspot secara otomatis setelah tidak ada lagi perangkat yang tersambung dalam batas yang telah ditentukan (sesuai dengan yang dibuat oleh pengguna). Nah, bisa jadi opsi pengaturan ini diaktifkan dalam perangkat kamu yang menyalurkan hotspot, sehingga mati sendiri ketika hotspot tidak digunakan dalam beberapa waktu tertentu.
  • Baterai lemah

Penyebab Hotspot Mati Sendiri
Penyebab Hotspot Mati Sendiri

Kondisi baterai perangkat yang lemah juga dapat menyebabkan hotspot mati dengan sendirinya. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa, hotspot merupakan fitur yang boros dalam pemakaian baterai. Oleh karena itu, ketika baterai sudah akan habis, maka sistem dalam perangkat mungkin akan mematikan secara otomatis beberapa fitur dalam ponsel yang memakan banyak daya.

  • Kuota internet habis

Kuota internet yang telah habis tentu akan membuat Hotspot mati sendiri. Hal itu terjadi karena tidak ada lagi kuota yang dapat dibagikan ke perangkat lain yang tersambung. Itulah mengapa penting untuk mengecek terlebih dahulu ketersediaan kuota sebelum membagikan Hotspot pada orang lain.

  • Panas berlebih/ Overheat

Ketika menyalakan hotspot, tentu kamu sering mendapati ponsel kamu menjadi panas. Hal ini memang terjadi hampir pada semua perangkat tanpa terkecuali. Nah, apabila perangkat kamu sudah terlalu panas, maka sistem mungkin akan mematikan hotspot secara otomatis untuk mencegah kerusakan perangkat.

  • Masalah perangkat

Penyebab yang terakhir kenapa hotspot mati sendiri adalah masalah perangkat pada bagian sistem operasinya. Kondisi ini umumnya terjadi karena sistem operasi yang sudah kadaluarsa (butuh pembaharuan/ update).

Baca Juga :  3 Cara Membersihkan Nama Di OJK agar Tidak Masuk Daftar Hitam

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri
Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab hotspot mati sendiri, selanjutnya kami akan menunjukkan bagaimana cara mengatasi hotspot mati sendiri.

Nah, jika kamu mengalami kendala terkait hotspot mati dengan sendirinya dalam perangkat kamu, maka cobalah beberapa upaya mengatasi seperti dibawah ini:

1. Periksa Pengaturan Hotspot

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri
Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Langkah pertama, silahkan periksa bagian pengaturan hotspot dalam perangkat anda. Pastikan tidak ada pembatasan penggunaan data. Nonaktifkan juga opsi pengaturan hotspot mati sendiri apabila tidak digunakan dalam beberapa waktu tertentu.

Atau jika anda ingin tetap mengaktifkan pengaturan ini, maka kami sarankan agar anda menaikkan jumlah batas data maupun waktu untuk hotspot mati sendiri.

2. Periksa Jaringan

Cara mengatasi hotspot mati sendiri yang selanjutnya adalah memeriksa jaringan dalam ponsel. Pastikan jaringan atau sinyal dalam perangkat anda stabil, agar hotspot dapat menyalurkan kuota internet ke perangkat yang terhubung tanpa gangguan dan hambatan.

3. Matikan Mode Pesawat

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, fitur mode pesawat merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mematikan semua fitur dalam ponsel secara keseluruhan dengan otomatis. Oleh karena itu, periksa dan pastikan fitur mode pesawat (airplane mode) dalam perangkat anda dalam keadaan mati.

4. Matikan Hotspot untuk Beberapa Saat, Lalu Hidupkan Kembali

Jika kemungkinan penyebabnya adalah karena perangkat yang sudah overheat atau panas berlebih, maka cara mengatasinya cukup mudah! Cobalah matikan fitur hotspot dalam beberapa saat, lalu hidupkan kembali setelah suhunya sudah menurun.

5. Periksa Ketersediaan Kuota Internet

Cara mengatasi hotspot mati sendiri yang selanjutnya adalah memeriksa ketersediaan kuota internet. Pastikan kuota internet masih ada.

Jika ternyata kuota internet anda sudah habis, maka anda perlu mengisi kembali kuota. Mau kuota internet dengan harga paling murah? Yuk dapatkan hanya di aplikasi Mocipay!

Baca Juga :  Wajib Tahu! Inilah 8+ Cara Cek HP Realme Bekas dengan Mudah!

6. Pastikan Baterai Masih Banyak

Langkah berikutnya, pastikan baterai perangkat yang menyalurkan hotspot masih ada. Isi ulang baterai perangkat jika sudah dalam posisi lowbat/ baterai hampir habis.

7. Restart Ponsel

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri
Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Merestart ponsel juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi hotspot mati sendiri. Kadang-kadang bug sistem maupun masalah-masalah dalam perangkat, termasuk hotspot dapat teratasi dengan mudah hanya dengan melakukan restart.

8. Memperbarui Perangkat Lunak

Cara mengatasi hotspot mati sendiri yang terakhir adalah memperbarui sistem operasi/ perangkat lunak yang terpasang dalam perangkat. Pastikan anda menggunakan sistem operasi yang terbaru, agar ponsel dapat menjalankan semua fitur didalamnya secara optimal.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri
Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri

Setelah mengetahui sejumlah penyebab dan cara mengatasi hotspot mati sendiri, sekarang anda memiliki pemahaman untuk menangani permasalahan seperti ini. Dengan demikian, anda bisa kembali menikmati koneksi internet yang stabil dan lancar melalui hotspot WiFi.

Artikel Menarik Lainnya