4 Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita

Menemukan aktivitas yang mencurigakan di akun Ig pribadi kamu? Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita langkah penting yang wajib diketahui untuk menjaga akun agar terhindar dari peretasan.

Instagram merupakan aplikasi populer di dunia yang telah banyak diakses untuk berbagi cerita, Meski platform ini memiliki fitur keamaanan yang ketat, namun penggunaan media sosial tidak terlepas dari kekurangan yang dapat merugikan pengguna.

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh media sosial Instagram ini adalah rentan mengalami peretasan sehingga membuka ruang privasi di dunia virtual.

Namun, ada solusi yang ditawarkan agar akun kembali pulih dan terhindar dari aktivitas tersebut. Penasaran dan ingin tahu bagaimana cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita ? Ikuti pembahasan pada artikel ini.

Sekilas Tentang Fitur Aktivitas Login Ig

Instagram merupakan aplikasi sosial media yang belakangan ini cukup populer karena banyak digunakan untuk berbagi momen keseharian pengguna.

Sebagai aplikasi yang dilindungi, Instagram memiliki fitur unggulan yaitu aktivitas login. Dimana fitur aktivitas login ini memungkinkan setiap pengguna untuk memantau setiap data login yang terkait dengan akun mereka.

Umumnya aktivitas login ini berisi informasi seperti waktu, lokasi, dan perangkat yang digunakan tersedia untuk dipelajari sehingga memungkinkan pengguna untuk mengenali aktivitas mencurigakan atau akses yang tidak diinginkan.

Manfaat Mengakses Fitur Aktivitas Login di Instagram

Sebelum memasuki pembahasan inti terkait cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita , sebaiknya kenali apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika memahami manfaat mengakses aktivitas login ini.

Adapun beberapa manfaat yang akan didaptkan, silahkan simak deskripsinya pada tabel dibawah ini.

Manfaat Mengakses Fitur Aktivitas Login Deskripsi
Deteksi Aktivitas Mencurigakan Memantau waktu, lokasi, dan perangkat login membantu mengidentifikasi dan mengantisipasi aktivitas yang mencurigakan.
Keamanan Akun Memberikan kontrol lebih terhadap akun dengan memungkinkan pengguna untuk memverifikasi setiap akses yang terkait dengan akun mereka.
Respons Cepat Terhadap Pelanggaran Memungkinkan pengguna untuk merespons dengan cepat terhadap aktivitas yang tidak dikenali atau mencurigakan dengan mengambil langkah keamanan tambahan.
Pengelolaan Akses Tertaut Memudahkan pengguna untuk mengelola dan mencabut akses tertaut dari perangkat atau aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak dikenali.
Privasi dan Transparansi Meningkatkan privasi pengguna dan memberikan transparansi terhadap penggunaan akun Instagram, sehingga pengguna dapar lebih sadar akan kemanan akun mereka.
Baca Juga :  Cara Mengubah Akun Facebook Menjadi Akun Profesional

Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita

Instagram menyediakan sejumlah fitur keaman untuk melindungi akun pengguna, salah satu fitur utamanya adalah kata sandi yang unik dan sulit ditebak.

Selain itu, instagram juga menawarkan otentikasi dua faktor (2FA), sebagai lapisan keamanan tambahan yang memerlukan kode verifikasi tambahan selain kata sandi sebelum melakukan login.

Meskipun demikian, mewaspadai adanya indikasi mencurigakan sangat penting sehingga kamu wajib tahu bagaimana cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita.

Jadi bagi kamu yang sedang mencari tahu cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita, berikut adalah beberapa cara dan langkah yang bisa kamu manfaatkan agar terhindar dari hacker.

1. Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui HP

Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui HP
Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui HP

Cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita pertama yang bisa kamu coba yaitu melalui akses data akun Instagram. Metode ini sangat mudah dilakukan, pasalnya hanya dengan memasukkan username dan password Ig maka kamu akan mengetahui pernagkat login.

Berikut adalah tahapan cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita melalui hp, yaitu :

  • Login ke akun Instagram kamu di perangkat hp.
  • Setelah berhasil, masuk ke menu Profil.
  • Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas dan pilih menu Pengaturan dan privasi.
  • Pilih opsi Pusat Akun.
  • Scroll kebawah, klik kata Sandi.
  • Lanjutkan dengan mengklik Tempat Anda Login dan pilih Akun Instagram.
  • Setelah itu akan muncul aktivitas login akun lengkap dengan informasi login dan nama perangkat.

Apabila tidak mengenali erangkat yang login di akun Instagram tersebut, segera

2. Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Lewat Laptop

Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Lewat Laptop
Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Lewat Laptop

Kamu juga bisa melihat aktivitas login melalui laptop atau PC yang kamu miliki. Untuk cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Silahkan login ke akun Instagram yang dimiliki di Laptop atau PC.
  • Pada halaman utama, klik ikon garis tiga atau more dipojok kiri bawah.
  • Di menu Accounts Center, pilih opsi Personal details.
  • Lalu klik Connected experiences.
  • Pilih opsi menu Logging in with accounts.
  • Klik profil akun Instgram.
  • Lanjutkan dengan mengklik See where you’re logged in
  • Akan tampil informasi akun lengkap dengan nama perangkatnya.
Baca Juga :  6 Cara Menambahkan Audio Dari Whatsapp Ke Capcut

3. Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui Email

Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui Email
Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui Email

Cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita juga bisa kamu ketahui melalui email tertaut. Namun untuk melakukan cara ini, pastikan kamu sudah menautrak email sebelumnya.

Adapun cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita melalui tautan email, ikuti panduan dibawah ini.

  • Di menu profil, klik ikon garis tiga yang ada di sisi sudut kanan.
  • Pilih opsi Pengaturan.
  • Lalu klik Keamanan.
  • Pilih opsi Email dari Instagram.
  • Akan tampil beberapa email terakhir dari instagram terkait keamanan.
  • Selanjutnya perhatikan tanggal, perangkat yang digunakan dan email yang dikirim.

4. Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui Autentikasi Dua Faktor

Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui Autentikasi Dua Faktor 
Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melalui Autentikasi Dua Faktor

Instagram juga menawarkan otentikasi dua faktor (2FA), sebagai lapisan keamanan tambahan yang memerlukan kode verifikasi tambahan selain kata sandi sebelum melakukan login.

Jadi, ketika ada perangkat lain yang mencoba login ke akun Instagram pribadi yang dimiliki maka akan muncul notifikasi melalui kode OTP yang dikirimkan dengan opsi yang telah dipilih orang tersebut.

Berikut adalah cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita melalui autentikasi dua faktor, yakni diantaranya :

  • Apabila ada orang yang ingin mencoba login, akan muncul notifikasi autentikasi dua faktor.
  • Biasanya ketika sudah mengaktifkan autentikasi dua faktor ini dan orang tersebut mencoba login akan muncul kode login melalui opsi yang dipilih, seperti lewat SMS, Whatsapp, da Metode tambahan (permintaan login).
  • Cek notifkasi melalui ketiga opsi tersebut.

Jika terdapat notifikasi permintaan login sebaiknya segera mengganti kata sandi dengan kode unik yang sulit ditebak untuk menjaga keamanan akun kamu.

Tips Menjaga Akun Instagram Agar Tidak Di Hack

Hacker merupakan seseorang ang memiliki skill pemogramannya mampu menerobos sistem keamanan akun atau perangkat dengan tujuan tertentu. Oleh karena itu, meski Instagram memiliki fitur keamanan, tidak menutup kemungkinan terjadi indikasi peretasan.

Umumnya, faktor yang mengakibatkan peretasan akun Ig yaitu password yang lemah. Jadi hindari menggunakan data login seperti tanggal lahir atau nama yang berhubungan dengan username.

Setelah memahami cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita diatas, kemungkinan ada aktivitas yang mencurigakan, silahkan terpakan tips menjaga akun Ig agar tidak di hack berikut ini.

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Instagram memiliki fitur keamanan untuk melindungi akun yang dimiliki, seperti fitur autentikasi dua faktor.

Dimana sistem ini mewajibkan pengguna melakukan dua langkah (2FA) verifikasi untuk masuk ke dalam akun. Biasanya autentikasi ini berupa password dan kode khusus yang dikirim melalu SMS, WA, dan email.

Baca Juga :  6+ Cara Menyembunyikan Aplikasi Di iPhone Paling Aman

Apabila ingin mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor ini, silahkan ikuti tutorial selengkapnya dibawah ini.

  • Masuk ke menu Profil dan klik Ikon tiga garis dipojok kanan atas.
  • Pilih opsi menu Pengaturan dan privasi.
  • Klik Pusat akun.
  • Pilih kata sandi dan keamanan.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Autentikasi dua faktor.
  • Pilih akun Instagram.
  • Aktifkan ketiga metode autentikasi dua faktor tersebut, seperti melalui Pesan teks (SMS), Whatsapp, atau email.

Hindari Login Menggunakan Aplikasi Mencurigakan

Untuk menjaga keamanan akun Instagram, sebaiknya hindari mengunakan aplikasi yang mencurigakan atau pihak ketiga yang tidak terpercaya.

Untuk itu, selalu gunakan aplikasi resmi untuk mendapatkan versi terbaru dengan keamanan yang diperbaharui secara berkala oleh developer tersebut.

Nah, cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita pada perangkat yang yang berbahaya, kamu bisa cek dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Login ke akun Instagram melalui browser laptop maupun PC.
  • Masuk ke menu Setting dan klik App dan Websites.
  • Cek daftar situs, aplikasi, atau game yang telah digunakan untuk akses ke akun Ig tersebut.
  • Jika terdapat situs yang mencurigakan, silahkan klik Revoke Access untuk mencabut akses atau View and edit untuk melakukan penyesuaian selanjutnya.

Gunakan Password yang Kuat dan Tidak Mudah Diketahui

Pasword merupakan data utama yang menjadi penentu pusat keamanan akun Instagram yang dimiliki. Karena faktor yang mengakibatkan peretasan akun Ig yaitu password yang lemah. Jadi hindari menggunakan data login seperti tanggal lahir atau nama yang berhubungan dengan username

Oleh sebab itu, hindari dan gunakan password yang kuat dan tidak mudah diretas. Kemudian pastikan autentikasi dua faktor diatas sudah diaktifkan.

Postingan Menarik Lainnya : 4 Cara Mencari Balasan Anda Di Instagram Pribadi dan Pengguna Lain

Akhir Kata

Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita
Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita

Keempat cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita diatas bisa kamu manfaatkan apabila menemukan aktivitas login yang mencurigakan di akun Instagram kamu.

Mengetahui apakah ada aktivitas yang mencurigakan diakun Ig yang dimiliki, sangat bermanfaat untuk menjaga dan terhindar dari indikasi peretasan akun.

Jika terdapat aktivitas yang mencurigakan, segera ganti username dan password Instagram yang lebih kuat dan sulit untuk ditebak.

Semoga informasi cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Artikel Menarik Lainnya