9 Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah, umumnya menjadi informasi penting yang banyak diburu oleh kalangan masyarakat ketika mendapati permasalahan pada token listrik di rumah. Apabila Anda termasuk salah satunya, maka tidak ada salahnya untuk menyimak detail informasi di artikel berikut. Yang mana, disini akan kita jelaskan secara lengkap mengenai beberapa faktor penyebab token listrik yang bermasalah dan tips mengatasinya dengan mudah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Penyebab dan Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah
Penyebab dan Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti Anda pernah mengalami permasalahan dimana token listrik yang sudah dilakukan pengisian ulang tetap berwarna merah, bukan? Padahal pada kondisi yang normal, token listrik yang sudah dilakukan ulang, seharusnya akan ditandai dengan lampu berwarna hijau. Oleh karena itu jika Anda mendapati permasalahan ini, maka sebaiknya perlu mencari tahu apa saja faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah tersebut.

Permasalahan yang terjadi pada token listrik yang berwarna merah meskipun sudah dilakukan pengisian ulang ini, umumnya sering disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak disadari oleh sebagian orang. Akan tetapi sebelum kita membahas mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu seputar kelebihan dan kekurangan dari penggunaan token listrik di rumah. Sebab meskipun token listrik paling banyak diminati kalangan masyarakat saat ini, namun sumber listrik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum seseorang menggunakannya di rumah.

Kelebihan Token Listrik Kekurangan Token Listrik
Tidak memiliki beban listrik bulanan / minimal penggunaan listrik seperti listrik pascabayar. Biaya listrik untuk kategori 450 watt dan 900 watt, biasanya lebih mahal dibandingkan listrik pascabayar.
Terbuat dari teknologi yang lebih canggih. Jika pulsa listrik sudah habis, pengguna tidak bisa menggunakan listrik sampai pengisian pulsa dilakukan.
Memberikan jaminan privasi yang lebih baik.
Dikenal sebagai meteran listrik pintar yang sudah terkontrol dengan baik.
Pengguna bisa melakukan pengisian pulsa token listrik sesuai keinginan, tanpa terikat dengan waktu.
Biaya pemasangan token listrik lebih terjangkau.
Pembelian pulsa token listrik, umumnya dapat dilakukan di berbagai tempat khusus penyedia token listrik.
Token listrik sudah dilengkapi dengan indikator, yang mana dapat menunjukkan instalasi yang dilakukan di rumah sudah benar atau justru sebaliknya.
Baca Juga :  5 Cara Beli Koin TikTok Murah Pakai Pulsa, Codashop & Situs Resmi

Terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan token listrik di atas, Anda sendiri tentunya penasaran mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah, bukan? Oleh karena itulah, di bawah ini akan kita jelaskan secara detail mengenai beberapa faktor penyebab dan tips mengatasi permasalahan tersebut, agar Anda bisa tetap menggunakan listrik dengan nyaman di rumah.

1. Faktor-faktor Penyebab Token Listrik Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Faktor-faktor Penyebab Token Listrik Sudah Diisi Tapi Masih Merah
Faktor-faktor Penyebab Token Listrik Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Mengenai penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah, disini akan kita jelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa faktor penyebab terjadinya permasalahan pada token listrik tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa permasalahan token listrik yang sudah diisi tapi masih merah, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya yakni sebagai berikut

  • Terjadi Kesalahan Saat Menginput Nomor Token

Salah satu faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah, yakni biasanya disebabkan karena adanya kesalahan dari diri pengguna. Dimana, pengguna biasanya sering kali melakukan kesalahan dalam memasukkan nomor token di dalamnya. pada saat Anda melakukan pengisian pulsa token listrik, biasanya Anda akan mendapatkan kode / nomor token yang perlu dimasukkan ke token listrik tersebut.

Nomor token yang dimasukkan ini, nantinya akan memudahkan Anda dalam menggunakan listrik untuk kebutuhan sehari-hari. Adapun nomor token listrik sendiri, biasanya terdiri dari 20 digit angka yang harus Anda masukkan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan input.

  • Token Listrik Sedang Gangguan / Error

Apabila Anda sudah melakukan pengisian pulsa, akan tetapi lampu indikator token listrik masih berwarna merah, maka dipastikan hal ini disebabkan karena token listrik yang sedang gangguan / error. Masalah token listrik yang gangguan ini, biasanya disebabkan karena beberapa kondisi yang memang sering terjadi di dalamnya. Entah itu karena sistem PLN yang sedang bermasalah, masalah perangkat dalam maupun perangkat luar token dan lain sebagainya.

Ketika Anda mendapati masalah ini pada token listrik, maka dipastikan akan menyebabkan permasalahan utama. Yang mana, Anda akan sulit menggunakan token listrik tersebut untuk kebutuhan sehari-hari dan mengganggu aktivitas pekerjaan sehari-hari.

  • Adanya Kerusakan Pada Token Listrik

Faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah lainnya yang perlu Anda ketahui, yakni terjadi kerusakan pada komponen token listrik tersebut. Masalah kerusakan pada token listrik satu ini, biasanya juga disebabkan oleh banyak hal yang sebagian pengguna tidak mengetahuinya. Baik itu karena masalah kerusakan pada kWh meteran, atau bisa juga pada lampu token listrik tersebut.

Kondisi tersebut, akhirnya menyebabkan warna lampu token listrik akan tetap berwarna merah dan tidak berubah menjadi hijau. Meskipun dalam hal ini, Anda sendiri dikatakan sudah melakukan pengisian pulsa listrik sekalipun.

  • Pemakaian Listrik yang Berlebihan

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa ternyata pengisian pulsa token listrik yang berlebihan alias overlimit, juga akan menyebabkan permasalahan pada lampu token listrik berwarna merah. Padahal dalam hal ini dikatakan, bahwa pengisian pulsa token listrik sendiri memiliki batasan tersendiri, yakni selama 1 bulan. Apabila Anda melakukan pengisian pulsa token listrik dengan batas maksimal dalam 1 bulan, maka dipastikan token listrik akan gagal alias error.

Sistem pengisian pulsa yang ditetapkan oleh PLN ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni agar pengguna dapat menggunakan listrik dalam batas yang wajar. Dengan penggunaan listrik yang sesuai batasan yang ditetapkan, maka pengguna akan dapat lebih hemat listrik.

  • Masalah Instalasi Listrik yang Buruk

Adapun mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah selanjutnya, yakni disebabkan karena masalah instalasi listrik yang buruk. Dimana, instalasi listrik yang buruk biasanya akan menyebabkan berbagai permasalahan, termasuk gangguan token listrik itu sendiri. Alhasil, kondisi inilah yang menyebabkan Anda tidak bisa menggunakan listrik seperti biasanya.

Baca Juga :  Kenapa Tidak Bisa Pinjam Pulsa Indosat? 5 Penyebab dan Solusinya

Anda perlu tahu, bahwa masalah instalasi listrik yang buruk tidak hanya menyebabkan permasalahan lampu token berwarna merah saja, akan tetapi juga menimbulkan dampak besar. Yang mana, hal ini akan menyebabkan risiko membahayakan seperti korsleting listrik yang mengakibatkan kebakaran.

Baca Juga: Cara Setting Alarm Token Listrik Semua Merk Dengan Mudah

2. Solusi Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Solusi Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah
Solusi Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Jika tadi kita sudah membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah dari sisi faktor penyebab, maka selanjutnya akan kita bahas mengenai sejumlah tips dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dalam mengatasi permasalahan token listrik yang gangguan / error, khususnya mengenai lampu token listrik yang tetap berwarna merah meski sudah dilakukan pengisian ulang, umumnya bisa Anda atasi dengan beberapa tips berikut.

  • Pastikan Memasukkan Nomor Token dengan Benar

    Pastikan Memasukkan Nomor Token dengan Benar
    Pastikan Memasukkan Nomor Token dengan Benar

Melihat faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah yang perlu Anda lakukan pertama, yakni pastikan untuk memasukkan nomor token dengan benar. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan agar angka yang dimasukkan sudah sesuai dengan struk / bukti pembelian token pulsa listrik yang dilakukan.

Sebelum menekan tombol “Enter”, Anda perlu cek dulu nomor digit token listrik tersebut. Kendati demikian, Anda perlu ingat bahwa solusi ini hanya berlaku pada batas 3 kali saja. Sehingga jika Anda sudah melebihi batas yang ditetapkan, maka token listrik Anda akan diblokir.

  • Lakukan Reset Token Listrik

Cara mengatasi masalah token listrik yang berwarna merah berikut, yakni dengan melakukan reset token listrik. Dalam melakukan reset ini, Anda bisa menerapkan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, silahkan Anda matikan token listrik Anda dan biarkan selama 15 menit.
  2. Setelah itu, Anda hidupkan kembali token listrik Anda.
  3. Jika sudah, Anda hanya perlu memasukkan kode reset token listrik yakni 00 dan lihat perubahan yang terjadi.
  • Cek Fungsi Meteran Listrik

Terkait penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah selanjutnya, yaitu Anda perlu mengecek fungsi dari meteran listrik tersebut. Disini, Anda hanya perlu mengecek pembacaan meteran dan pastikan angkanya sudah sesuai dengan penggunaan listrik sebenarnya. Jika Anda mendapati angka yang tidak sesuai dengan penggunaan listrik, maka bisa jadi kondisi meteran listrik bermasalah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda tidak perlu khawatir lantaran bisa menghubungi pihak teknisi listrik tersebut. Yang mana, disini bisa melakukan perbaikan ataupun dengan mengganti meteran listrik yang rusak.

  • Periksa Penggunaan Listrik

Cara mengatasi masalah token listrik dengan lampu yang masih berwarna merah meskipun sudah dilakukan pengisian ulang, yakni Anda bisa memeriksa penggunaan listrik tersebut. Apalagi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa permasalahan token listrik ini terjadi karena penggunaan listrik yang berlebihan. Oleh karena itulah, disini Anda perlu mengecek dan mengatur pengguna daya listrik di rumah.

Baca Juga :  2 Cara Melihat Bio WA Yang Disembunyikan Terbaru 2024

Dalam hal ini, Anda perlu memastikan agar tidak ada perangkat elektronik yang bekerja secara berlebihan atau menyala terus menerus tanpa henti. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar tidak ada peralatan yang dipakai agar penggunaan listrik jauh lebih hemat.

  • Menghubungi Pihak Petugas PLN

Apabila dari penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah di atas tidak juga membuahkan hasil, maka solusi alternatif paling tepat dalam mengatasi permasalahan ini yakni dengan menghubungi pihak petugas PLN. Mengenai hal ini, Anda bisa menghubungi pihak petugas PLN secara offline maupun online sesuai dengan keinginan.

Jika menghubungi secara offline, maka Anda tinggal mendatangi langsung kantor cabang PLN tersebut. Sementara jika Anda menghubungi secara online, maka tinggal menghubungi pihak PLN tersebut melalui nomor layanan telepon yang disediakan sesuai dengan tempat tinggal Anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah
Penyebab dan Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Nah, itulah tadi pembahasan penting yang perlu Anda ketahui seputar beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi token sudah diisi tapi masih merah, yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Dengan mengetahui faktor penyebab dan cara mengatasi permasalahan token listrik tersebut, maka Anda akan bisa menggunakan sumber listrik tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Artikel Menarik Lainnya