16 Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen Dengan Aplikasi

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi merupakan trik yang sangat disarankan di era digital ini. Chat WhatsApp menjadi perihal yang penting untuk masalah-masalah dan bukti pribadi ke depan nya.

Kamu enggak perlu panik lagi kalau chat WA kamu terhapus, karena panik itu hanya akan menambah masalah. Chat WA yang terhapus bisa saja disebabkan karena WhatsApp belum di-update dan terjadi error di aplikasi WhatsApp.

Umumnya aplikasi WhatsApp digunakan untuk mengirim pesan dan telepon. Sebagai platform sosial media yang banyak digunakan, WhatsApp juga menyediakan fitur lainnya seperti video call, grup, komunitas, dan berbagi foto atau video.

Namun, masih ada beberapa fitur penting seperti menyimpan pesan WhatsApp yang sudah lama. Di mana pengguna dapat memulihkan pesan WA yang terhapus melalui pencadangan data. Namun apakah hal tersebut dapat mengembalikan pesan WA yang terhapus?

Simak terus cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi di bawah ini.

Apakah Bisa Mengembalikan Chat WA Yang Sudah Lama Dihapus?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang populer di seluruh dunia. Tidak heran, pengguna sering menghapus chat penting baik itu di sengaja dan tidak sengaja.

Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, kamu dapat memulainya dengan membuka fitur cadangan oleh WhatsApp.

Dikutip melalui laman resmi WhatsApp.com menyatakan bahwa aplikasi ini otomatis melakukan pencadangan chat setiap hari di pukul 2 pagi.

Selain itu kamu juga bisa mencadangkan chat secara manual kapan saja. Tips ini akan menyimpan seluruh chat WhatsApp anda, apabila anda menghapus chat sebelum dicadangkan maka chat yang terhapus tidak akan disimpan atau dicadangkan oleh WhatsApp.

Kamu tidak perlu khawatir, walaupun chat WA kamu dihapus sebelum dicadangkan kamu tinggal ikuti cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen dengan aplikasi berikut ini.

Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen Dengan Aplikasi

Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen Dengan Aplikasi
Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen Dengan Aplikasi

Di era digital ini banyak sekali rekomendasi terbaru yang harus dicobain untuk kebutuhan social media anda. Termasuk aplikasi yang dapat mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus.

Lantas aplikasi apa yang bisa mengembalikan chat WA yang terhapus? Mengembalikan pesan WA yang terhapus permanen dengan aplikasi adalah hal yang mudah.

Berikut rekomendasi aplikasi yang dapat mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus permanen.

Baca juga tips dan Cara Gampang Pinjam Pulsa Telkomsel 100 Ribu.

1. iMyFone ChatBack

1. iMyFone ChatBack
1. iMyFone ChatBack

Aplikasi iMyFone ChatBack mampu mengembalikan seluruh pesan WA yg terhapus karena ponsel tiba-tiba di instal ulang atau tanpa cadangan WA (backup).

Pesan WhatsApp yang terhapus dapat dipulihkan kembali melalui penyimpan internal smartphone yang terhubung dengan WhatsApp.

Ikuti cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi iMyFone ChatsBack di Android berikut ini:

  1. Download iMyFone ChatsBack di laptop atau pc.
  2. Instal dan buka aplikasi sampai muncul menu utama.
  3. Hubungkan smartpone anda ke komputer.
  4. Buka menu Recover WhatsApp Data from Device Storage.
  5. Menu di atas berfungsi untuk membuka data yang terhapus di internal.
  6. Klik dan pilih backup data dengan Google Drive.
  7. Silahkan tunggu sampai aplikasi berhasil melakukan pemindaian.
  8. Konfirmasi kode aplikasi ChatsBack melalui OTP via SMS.
  9. Setelah itu, klik Preview Chat untuk mengembalikan data.
  10. Pilih Recover to Device untuk mengembalikan pesan WA.
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Showcase Teh Pucuk

2. Dr. Fone

2. Dr. Fone
2. Dr. Fone

Dr fone adalah aplikasi dengan segudang fitur pemindaian data yang telah terhapus, salah satunya adalah fitur transfer pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Aplikasi ini mengklaim bahwa dapat mencadangkan semua pesan WA ke komputer atau laptop.

Selain itu kamu juga dapat melakukan transfer pesan WA via aplikasi melalui ponsel Android ke iPhone atau sebaliknya.

Berikut cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi Dr. Fone.

  1. Download Dr. Fone.
  2. Instal dan pasang aplikasi.
  3. Buka dan login dengan akun Google di Dr.Fone
  4. Sambungkan ponsel pintar kamu ke komputer.
  5. Klik menu Transfer WhatsApp dan lanjut Transfer pesan WhatsApp.
  6. Jika ponsel sudah terhubung, klik Transfer.
  7. Tunggu proses pemindaian pesan selesai.
  8. Jika sudah, Buka kembali aplikasi WhatsApp di ponsel anda.
  9. Restart atau mulai ulang ponsel anda.
  10. Buka WA anda dan cek obrolan yang sudah ditransfer.

3. Google Drive

3. Google Drive
3. Google Drive

Secara umum, semua daftar obrolan di WhatsApp yang sudah dihapus permanen dapat dikembalikan seperti semula, tapi dengan syarat kamu sudah backup semua obrolan tersebut.

Semua media WhatsApp akan dicadangkan otomatis melalui aplikasi Google Drive, oleh karena itu anda tidak boleh menonaktifkan backup chat di aplikasi WhatsApp.

Pencadangan ini dapat kamu aktifkan berdasarkan waktu tertentu, seperti harian, mingguan, dan bulanan. Disarankan untuk cadangkan semua obrolan termasuk media dengan memilih harian.

Di bawah ini cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi Google Drive di ponsel Android:

  1. Silahkan uninstal aplikasi WhatsApp.
  2. Download kembali WhatsApp, dan login nomor telepon.
  3. Silahkan anda klik Pulihkan setelah memasukan nomor telepon.
  4. Hal ini akan membantu anda mengembalikan chat dari Google Drive.
  5. Tunggu proses sampai selesai.

Pengguna Instagram wajib tahu Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri.

4. WAMR Undelete Messages

4. WAMR Undelete Messages
4. WAMR Undelete Messages

WAMR merupakan pilihan keempat sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terlanjur dihapus oleh pengirim.

Aplikasi WAMR dapat memulihkan pesan, pesan media yang dihapus, gambar, video, voice note, GIF, stiker, dan audio. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat mengunduh Status WhatsApp orang lain.

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi WAMR sama dengan beberapa aplikasi pemulih pesan di atas. Yakni dengan membackup pesan berdasarkan notifikasi yang diterima.

Hal ini memang sudah umum diketahui oleh banyak pengguna, karena pesan yang dikirim lewat WhatsApp akan selalu di enkripsi, sehingga WAMR tidak akan memiliki akses. Fitur tersebut juga berlaku saat ingin mengembalikan media foto atau video yang sudah dihapus oleh pengirimnya.

5. WhatsRemoved+

5. WhatsRemoved+
5. WhatsRemoved+

Aplikasi WhatsRemoved+ merupakan platform yang dapat memonitor notifikasi folder agar anda dapat melihat kembali file yang dihapus, termasuk pesan WhatsApp.

Development Colors, adalah pengembang WhatsRemoved+, mereka mengklaim cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi ini hanya mendeteksi pesan yang telah dihapus di WhatsApp.

WhatsRemoved+ tentu lebih aman dan tidak berbahaya untuk ponsel yang kamu gunakan. Aplikasi WhatsRemoved+ ini juga dapat kamu gunakan untuk aplikasi perpesanan lainnya, jadi bukan cuman untuk WhatsApp saja.

Baca juga tutorial social media WA lainnya yakni Cara Mendapatkan Nomor Amerika Gratis Untuk Whatsapp.

6. Restory

6. Restory
6. Restory

Restory adalah salah satu aplikasi yang menawarkan fitur untuk membaca pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh pengirim secara permanen dan baru saja terlihat.

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi Restory yaitu dengan membaca notifikasi dan memberitahu pesan yang dihapus oleh pengirim lewat notifikasi.

Selain memberitahu anda membaca kembali pesan yang dihapus, Aplikasi ini juga dapat memulihkan media WA sepert gambar, video, dan suara yang telah dihapus pengirim.

Baca Juga :  5 Cara Beli Paket By U Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis

Jadi dengan aplikasi ini anda tidak akan kehilangan beberapa pesan yang telah di kirim kan oleh mantan, selingkuhan, hingga istri simpanan.

7. Restore

7. Restore
7. Restore

Aplikasi Restore adalah platform dengan fitur (restore) pesan yang sudah dihapus permanen oleh pengirim atau yang dihapus dengan sengaja di WhatsApp.

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi Restore mirip dengan aplikasi  WhatsRemoved+, yaitu melakukan scan ulang pesan yang diubah atau dihapus.

Aplikasi ini akan mendeteksi pesan yang dihapus, setelah itu aplikasi ini akan mengirim notifikasi untuk kamu dari isi pesan yang dihapus tersebut, baik itu pesan, gambar, video, dan voice note.

8. WhatsDeleted

8. WhatsDeleted
8. WhatsDeleted

WhatsDeleted adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat kembali pesan yang dihapus oleh pengirim, mulai dari pesan chat pribadi atau grup.

Keunggulan dari aplikasi WhatsDeleted fitur notifikasi dihapus yang dikirim cepat, kamu tidak akan ketinggalan isi pesan yang telah dihapus.

Selain itu, Aplikasi WhatsDeleted sudah mendukung semua jenis file pesan termasuk  teks, gambar, video, suara voice note, GIF, hingga stiker.

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi WhatsDeleted yakni dengan memantau notifikasi perangkat yang akan ditampilkan pesan-pesan yang telah dihapus.

Keunggulan lainnya dengan adanya preview yang dapat digunakan untuk menampilkan gambar atau video langsung.

Selain itu, tersedia juga fitur Status Downloader yang memudahkan kamu men-download Status WhatsApp orang lain hanya dengan sekali klik.

9. WA-Recovery

9. WA-Recovery
9. WA-Recovery

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi WA-Recovery adalah rekomendasi yang mudah, yakni dengan melihat isi pesan yang dihapus dengan cara instan.

Aplikasi WA-Recovery juga dapat membantu kamu mengekspor sekaligus mengembalikan isi chat yang tanpa sengaja terhapus, sehingga semua obrolan nya hilang tanpa disengaja.

Cara kerja aplikasi ini ialah dengan menganalisa ulang isi memori perangkat untuk memulihkan pesan-pesan yang tanpa sengaja kamu hapus, setelah itu akan ditampilkan pada file backup.

10. WhatsDelete

10. WhatsDelete
10. WhatsDelete

WhatsDelete adalah aplikasi yang menawarkan fungsi utama untuk mengembalikan pesan yang dihapus permanen oleh kontak yang anda simpan di WhatsApp.

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi ini adalah dengan mendeteksi semua pesan yang terhapus dan dihapus.

Menariknya lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur privasi yaitu membaca pesan tanpa harus mengubah status pesan terlihat jadi centang biru di perangkat pengirim.

Itulah aplikasi yang dapat mengembalikan pesan yang dihapus permanen di WhatsApp, baik itu pengirim dan penerima.

Bagaimana Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Tanpa Dicadangkan?

Apakah chat yang telah di hapus di WhatsApp bisa di ekspor? Chat WhatsApp yang dihapus tidak akan bisa diekspor sewaktu pencadangan WhatsApp.

Biasanya chat yang sudah dihapus masih memiliki file yang tertinggal di folder Android WhatsApp.

Beberapa cara umum di bawah ini segera mungkin bisa mengembalikan pesan WA anda yang dihapus permanen.

  • Memanfaatkan Cadangan Lokal

Chat di WA anda tidak sempat di backup chat? Jangan risau, masih ada alternatif lainnya.

Selain cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi di atas, kamu bisa memanfaatkan backup cadangan lokal dalam device ponsel.

Cara khusus untuk smartphone Android. Untuk memanfaatkan cadangan lokal, siapkan SD card dan laptop atau komputer. Ikuti caranya di bawah:

  1. Install aplikasi manajer file.
  2. Telusuri data WhatsApp.
  3. Cek melalui penyimpanan internal ponsel.
  4. Tambahkan folder database ke ponsel.
  5. Salin semua data tersebut kedalam folder database yang kamu buat.
  6. Install WhatsApp dan login menggunakan nomor telepon.
  7. Klik Pulihkan untuk memulihkan chat dari cadangan lokal.
  8. Tunggu proses pemulihan sampai selesai.
  9. Silahkan anda cek kembali riwayat pesan yang terlampir.
  10. Jika belum kembali, backup ulang file WhatsApp anda.
  • Cek Pesan Lama Pada File Manager

Cara kedua sebenarnya mirip dengan cara pertama tadi, masih tetap menggunakan aplikasi File Manager.

Untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus permanen, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi manajer file.
  2. Buka penyimpanan internal atau SD card
  3. Silahkan klik WhatsApp.
  4. Klik lagi file Database WhatsApp.
  5. Selanjutnya ubah nama file cadangan menjadi:
  6. msgstore.db.crypt12.
  7. Untuk pesan WA lama isi protokol crypt9 atau crypt10.
  8. Nomor ekstensi crypt tidak perlu anda ubah.
  9. Lepas aplikasi WhatsApp atau uninstall.
  10. Install kembali dan login nomor mu.
  • Mengembalikan Chat WhatsApp Tanpa File Backup

Bagaimana cara menemukan cadangan Whatsapp lama saya di Google Drive, tanpa file backup?

Baca Juga :  Cara Mengatasi Daftar Shopee Paylater Gagal Terus

Satu cara lagi yaitu dengan memanfaatkan penyimpanan internal HP default yang telah dicadangkan otomatis.

Umumnya, chat ini hanya disimpan selama 1 minggu. Jadi, jika ingin mengembalikan chat WA yang terhapus, pastikan tidak lebih dari satu minggu.

  1. Buka aplikasi File Manager.
  2. Klik file WhatsApp Database Folder.
  3. Buka menu folder msgstore.db.crypt12.
  4. Ganti folder menjadi msgstore_BACKUP.db.crypt12.
  5. Akan muncul file backup yang dapat dipilih.
  6. Ditandai dengan format msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12.
  7. Cek dan pilah file terbaru dan ubah menjadi msgstore.db.crypt12.
  8. Login akun Google Drive dan hapus file backup WA yang tersimpan.
  9. Otomatis aplikasi mengembalikan backup pada penyimpanan lokal.
  10. Uninstall WA dan install kembali seperti biasa.
  11. Masuk ke akun WA lalu pilih Restore Pulihkan Chat, Next.
  12. Selesai.

Bagaimana Cara Melihat Pesan WhatsApp Yang Telah Dihapus Di iPhone?

Cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi android sebelumnya adalah trik paling simple.

Namun untuk pengguna iPhone ada beberapa langkah yang berbeda, ikuti cara di memulihkan chat yang terhapus di iPhone berikut ini.

Pulihkan Pesan Via iCloud

Apakah pengguna iPhone dapat mengembalikan chat yang sudah dihapus permanent? Khusus iPhone,  Apple menyediakan iCloud berfungsi untuk mencadangkan (Backup) data dan file.

Untuk anda pengguna iPhone, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu masih dapat mengembalikan seluruh obrolan jika pesan sudah dicadangkan menggunakan iCloud.

Begini cara mengembalikan pesan WA lewat iCloud di iPhone.

  • Hapus aplikasi whatsapp.
  • Install kembali dan login seperti biasa.
  • Klik Restore atau Pulihkan Chat.
  • ICloud akan menemukan file pesan di iCloud
  • Otomatis, chat akan kembali seperti semula.

Baca artikel menarik tentang Cara Melihat Kembali View Once Di Whatsapp, Mudah dan Tanpa Aplikasi Tambahan.

Instal MiniTool Mobile Recovery (iOS)

Selain icloud, masih tersedia juga aplikasi khusus iOS, yaitu MiniTool Mobile Recovery.

Di klaim aplikasi dapat memulihkan dan mengekspor seluruh percakapan WA pada iPhone yang sudah terhapus.

  • Download MiniTool Mobile Recovery.
  • Hubungkan iPhone ke komputer.
  • Buka MiniTool Mobile Recovery untuk iOS.
  • Klik Scan untuk melanjutkan proses pemulihan.
  • Tunggu sampai sistem berhasil memproses.

Restore Lewat iTunes

Cara terakhir untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus permanen di iPhone, dengan memanfaatkan perangkat lunak iTunes.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memindai pesan WA yang sudah terhapus.

  • Pilih iPhone di iTunes.
  • Centang fitur Summary.
  • Kemudian klik Back Up Now.
  • Secara otomatis iTunes akan menjalankan backup.
  • Kamu bisa membuka pesan, jika proses sudah selesai.

Smartphone anda rusak dan file WhatsApp belum dicadangkan? Ikuti Cara Memindahkan Whatsapp Dari Hp Yang Rusak Terbaru.

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen Dengan Aplikasi
Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Permanen Dengan Aplikasi

Itulah beberapa cara mengembalikan chat Wa yang terhapus permanen dengan aplikasi, langkah-langkah di atas menawarkan anda cara yang mudah. Yaitu dengan mengekspor dan memulihkan obrolan whatsapp melalui pencadangan yang telah dilakukan. Pesan WA yang sudah dihapus permanen tidak akan dapat dilihat kembali, jika data sudah dicadangkan pun belum tentu menghasilkan obrolan yang dihapus.

Artikel Menarik Lainnya