4 Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang berlangganan PDAM tentunya harus mengetahui cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir. Oleh karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai cara untuk mengecek tagihan PDAM

Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir
Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Mengetahui cara untuk mengecek tagihan PDAM sangat penting sebab dengan mengetahui hal tersebut bisa membuat Anda bisa mempersiapkan dana yang digunakan untuk melakukan pembayaran PDAM. Jadi Anda nantinya tidak terkejut ketika tagihan datang dan jumlah pembayarannya ternyata jauh lebih banyak dari yang Anda perkirakan.

Selain itu, dengan mengetahui cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir bisa membuat Anda memantau pengeluaran bulanan. Jadi, ketika mengetahui tagihan PDAM selalu bertambah banyak setiap bulannya Anda bisa mengatur penggunaan air agar pembayaran bisa turun kembali. Dengan begitu pengeluaran bulanan akan tetap stabil dan tidak mengancam kondisi finansial Anda.

Nah, untuk cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir sebenarnya ada beberapa cara dan sangat mudah untuk dilakukan. Adapun cara untuk cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Melalui Aplikasi

Melalui Aplikasi
Melalui Aplikasi

Cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir yang pertama adalah dengan melalui aplikasi yang telah disediakan oleh pihak PDAM. Cara ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, namun memiliki satu kekurangan. Karena jika Anda menggunakan cara ini, maka Anda harus memastikan bahwa ruang penyimpanan ponsel Anda masih cukup.

Sebab, aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak kecil sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup. Bagi Anda yang memiliki ponsel dengan kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas tentunya cara ini bukan pilihan yang tepat. Sebab selain akan menghabiskan ruang penyimpanan, aplikasi ini juga berpotensi membuat kinerja ponsel melambat.

Meskipun begitu, bagi Anda yang memiliki ponsel dengan ruang penyimpanan besar, tidak ada salahnya mencoba cara ini. Hal ini karena cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir menggunakan aplikasi cukup mudah, sebab desain antarmuka dari aplikasi ini cukup sederhana. Sehingga, meskipun baru pertama kali menggunakan aplikasi ini orang tidak akan kebingungan.

Nah, bagi yang berminat mencoba mengecek tagihan PDAM menggunakan aplikasi tentunya harus mengetahui langkah-langkahnya. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan pada cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir menggunakan adalah sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi informasi pelanggan PDAM melalui Play Store atau App Store.
  • Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi info pelanggan PDAM di ponsel silakan buka aplikasi tersebut
  • Kemudian masuk pada menu utama aplikasi tersebut untuk bisa mendapatkan informasi mengenai tagihan.
  • Setelah masuk ke menu utama info pelanggan, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor pelanggan Anda. Masukkan nomor tersebut dengan benar agar tagihan yang muncul adalah tagihan milik Anda dan tidak tertukar dengan milik pelanggan lainnya.
  • Kemudian Anda masukkan daerah dari PDAM yang selama ini Anda gunakan.
  • Terakhir Anda hanya perlu menekan tombol submit dan secara otomatis informasi mengenai PDAM yang digunakan termasuk juga jumlah tagihan nya akan muncul secara otomatis. Jika ingin menyimpannya informasi tersebut silakan lakukan screenshot.

2. Melalui ATM

Melalui ATM
Melalui ATM

Cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui ATM. Bagi Anda yang memiliki ATM cara ini bisa menjadi alternatif untuk mengecek tagihan PDAM yang layak untuk dicoba, sebab cara ini tidak sulit untuk dilakukan.

Baca Juga :  5 Download Video Shopee Tanpa Watermark

Akan tetapi yang perlu Anda ingat, setiap bank memiliki cara yang berbeda untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM ini. Karena itu, Anda harus memahami cara melakukan pengecekan tagihan PDAM sesuai dengan layanan bank yang Anda gunakan. Nah, adapun cara untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM sesuai dengan layanan bank adalah sebagai berikut:

  • BRI

Jika Anda ingin melakukan pengecekan tagihan PDAM melalui BRI ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM melalui ATM BRI adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silakan masukkan kartu BRI pada mesin ATM .
  2. Selanjutnya pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada mesin ATM.
  3. Lalu berikutnya silakan masukkan PIN. Pastikan Anda memasukkannya dengan benar sebab jika Anda sampai salah memasukkan PIN hingga 3 kali akan membuat kartu ATM menjadi terblokir.
  4. Setelah halaman utama ditampilkan, silakan Anda pilih menu pembayaran.
  5. Pada menu pembayaran nanti silakan Anda pilih opsi PAM/PDAM.
  6. Kemudian masukkan kode dari PDAM yang Anda gunakan.
  7. Selanjutnya ketikan nomor pelanggan milik Anda.
  8. Terakhir Anda hanya perlu melakukan konfirmasi dan secara otomatis informasi mengenai PDAM yang sedang Anda gunakan termasuk juga informasi mengenai akan muncul.
  • BCA

Sebenarnya cara untuk melakukan pengecekan pembayaran PDAM melalui ATM BCA tidak terlalu berbeda dengan pengecekan tagihan PDAM melalui ATM BRI. Nah, adapun untuk cara mengecek tagihan PDAM menggunakan ATM BCA adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masukkan kartu BCA pada mesin ATM .
  2. Lalu pilih bahasa yang ingin digunakan pada mesin ATM.
  3. Berikutnya silakan masukkan PIN dengan benar.
  4. Setelah itu, Anda harus memilih menu pembayaran.
  5. Lalu kemudian silakan pilih opsi lain-lain
  6. Berikutnya masukkan kode dari PDAM yang Anda gunakan.
  7. Selanjutnya ketikan 7 digit nomor pelanggan milik Anda.
  8. Terakhir lakukan konfirmasi dan secara otomatis informasi tagihan nya PDAM akan muncul.
  • BNI

Cara melakukan pengecekan tagihan PDAM melalui ATM BNI juga cukup mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang menggunakan layanan dari bank BNI dan ingin melakukan pengecekan tagihan PDAM, silakan ikuti langkah-langkan di bawah ini:

  1. Pertama Anda harus memasukkan kartu BNI di mesin ATM yang.
  2. Selanjutnya pilih bahasa yang ingin Anda pakai di mesin ATM.
  3. Berikutnya silakan masukkan PIN milik Anda dengan benar.
  4. Kemudian Anda harus memilih menu pembayaran.
  5. Setelah itu silakan pilih PDAM/Air Minum.
  6. Berikutnya pilih PDAM yang Anda gunakan.
  7. Lalu cari kode dari PDAM tersebut.
  8. Kemudian Anda pilih menu entri.
  9. Selanjutnya ketikan nomor pelanggan milik Anda.
  10. Terakhir konfirmasi dan secara otomatis informasi tagihannya PDAM akan muncul. Jika informasi yang ditampilkan sudah sesuai silakan pilih ya.
Baca Juga :  10 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Dengan Mudah

Baca juga: Daftar Menu dan Harga Nasi Goreng Solaria Terbaru 2023

3. Melalui Website Resmi

Cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui website resmi dari PDAM. Cara ini bisa dikatakan yang paling mudah dan juga menjadi favorit banyak orang. Hal ini wajar saja, sebab cara ini tidak mengharuskan Anda mengunduh aplikasi yang bisa menghabiskan memori ponsel.

Karena itu, bagi Anda yang memiliki ponsel dengan ruang penyimpanan terbatas cara ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Kelebihan lain dari cara pengecekan tagihan PDAM dengan cara ini adalah bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun selama Anda memiliki akses internet. Jika tidak memiliki akses internet maka Anda tidak akan bisa menggunakan cara ini.

Untuk bisa melakukan pengecekan dengan cara ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Adapun langkah dalam cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir melalui website adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka browser seperti Opera Mini dan Chrome yang ada di ponsel Anda.
  • Selanjutnya setelah Anda masuk ke halaman utama mesin pencarian, silakan ketikan alamat PDAM pada kolom yang disediakan.
  • Berikutnya klik cari agar mesin pencarian bisa memunculkan halaman dari website
  • Setelah masuk ke halaman utama dari website PDAM, silakan cari fitur tagihan. Nah, biasanya fitur tagihan ini pada umumnya berada di sebelah atas.
  • Kemudian masukkan nomor pelanggan PDAM milik Anda pada kolom yang disediakan.
  • Setelah itu silakan pilih bulan dan juga tahun yang ingin Anda periksa tagihannya.
  • Terakhir Anda hanya perlu menekan tombol tampilkan tagihan, maka secara otomatis sistem akan menampilkan informasi terkait tagihan PDAM.
Baca Juga :  Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron Melalui 8 Urutan Langkah

4. Melalui Marketplace

Melalui Marketplace
Melalui Marketplace

Cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melalui e-commerce. Perlu Anda ketahui, ada beberapa aplikasi e-commerce yang memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan pengecekan sekaligus pembayaran PDAM.

Nah, layanan dari e-commerce tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pengecekan sekaligus pembayaran PDAM. Adapun aplikasi e-commerce yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM adalah sebagai berikut:

  • Shopee

Marketplace pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM adalah Shopee. Untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Adapun cara untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM dengan menggunakan Shopee adalah seperti di bawah ini:

  1. Pertama Anda harus membuka aplikasi Shopee yang ada di ponsel Anda. Jika belum memiliki aplikasi ini silakan Anda mengunduhnya terlebih dahulu di App Store atau Playstore.
  2. Selanjutnya silakan cari menu pembayaran.
  3. Jika sudah masuk ke menu pembayaran silakan pilih opsi tagihan PDAM.
  4. Berikutnya Anda harus memasukkan nomor pelanggan.
  5. Lalu Anda hanya perlu memilih tempat PDAM yang bisa digunakan
  6. Setelah Anda memilih tempat PDAM, silakan klik bayar. Nanti secara otomatis informasi mengenai tagihan PDAM yang Anda minta akan muncul.
  7. Jika ingin melanjutkan pembayaran tagihan PDAM, Anda hanya perlu melakukan mengonfirmasi.
  8. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan PIN dari akun Shopee Anda.
  • Tokopedia

Marketplace berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM adalah Tokopedia. Cara untuk melakukan pengecekan melalui Tokopedia tidak sulit dan hampir sama dengan pengecekan tagihan PDAM melalui Shopee. Adapun cara untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM adalah Tokopedia adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Tokopedia yang ada di ponsel.
  2. Berikutnya silakan cari menu pembayaran.
  3. Jika sudah masuk ke menu pembayaran silakan pilih opsi tagihan PDAM.
  4. Selanjutnya Anda harus memasukkan nomor pelanggan.
  5. Kemudian Anda hanya perlu memilih tempat PDAM yang bisa digunakan
  6. Setelah Anda memilih tempat PDAM, silakan klik bayar, maka secara otomatis informasi mengenai tagihan PDAM yang Anda minta akan muncul.
Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir
Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Nah, itulah tadi informasi mengenai cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir yang perlu Anda. Semoga informasi mengenai cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir yang kami sampaikan di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya