3 Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama Secara Permanen

Cara menghapus cerita di IG yang sudah lama tersimpan secara permanen, umumnya bisa dilakukan dengan mudah oleh sebagian besar pengguna Instagram, asalkan tahu tips dan triknya. Terlebih lagi, menghapus cerita di IG satu ini juga memiliki keuntungan tersendiri yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Bagi Anda di rumah yang penasaran mengenai cara menghapus cerita di Instagram dan apa saja keuntungan yang diperoleh, maka bisa menyimak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama Tersimpan Secara Permanen?

Bagaimana Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama Tersimpan Secara Permanen?
Bagaimana Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama Tersimpan Secara Permanen?

Pada dasarnya, Instagram (IG) hadir sebagai salah satu platform media sosial populer yang mengandalkan foto dan video pada konten-konten yang ditawarkan bagi para penggunanya. Dari sekian banyaknya fitur Instagram yang ditawarkan bagi pengguna, ada yang namanya fitur cerita atau dikenal dengan istilah fitur Story IG dengan dukungan efek, stiker, filter, GIF menarik dan lain-lain. Berbicara mengenai fitur cerita Instagram, terkadang tak sedikit pengguna yang ingin menghapus cerita yang sudah tersimpan lama di aplikasi tersebut.

Menghapus cerita di IG sendiri, umumnya terbilang sangat mudah dilakukan oleh pengguna, asalkan mereka tahu bagaimana tata cara menghapus cerita di IG yang sudah lama tersebut. Sebelum kita membahas mengenai tips menghapus cerita di IG, ada baiknya Anda mengetahui informasi seputar perbedaan di antara fitur Instagram Stories dan Instagram Reels satu ini. Yang mana, terkadang masih ada sebagian orang yang sulit membedakan antara kedua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Instagram tersebut.

Perbedaan Instagram Stories Vs Instagram Reels
Ketersediaan Waktu • Instagram Stories

Instagram Stories, biasanya akan langsung menghilang setelah 24 jam, kecuali jika pengguna menyimpannya di fitur sorotan Instagram.

• Instagram Reels

Instagram Reels, biasanya akan tetap berada di tab Reels dan di feed Instagram pengguna.

Durasi Video • Instagram Stories

Durasi maksimum video di Instagram Stories, yakni 15 detik dan untuk foto sekitar 7 detik.

• Instagram Reels

Durasi maksimum Instagram Reels sendiri, umumnya hampir sama dengan Instagram Stories, yakni 15 detik.

Penggunaan Hashtag • Instagram Stories

Pada Instagram Stories, pengguna yang ingin menggunakan hashtag harus mengetuk hashtag untuk melihat Story yang dimiliki tersebut.

• Instagram Reels

Pada Instagram Reels, saat hashtag dicari biasanya Reels akan muncul di bagian atas, lantaran adanya sistem algoritma di dalamnya untuk memastikan jangkauan maksimum.

Jangkauan • Instagram Stories

Rata-rata sebagian besar yang melihat Instagram Stories, yakni merupakan pengikut dari pengguna tersebut.

• Instagram Reels

Pada Instagram Reels, jangkauan lebih luas karena bisa dilihat oleh siapa saja tanpa harus menjadi pengikut dari pengguna di Instagram tersebut.

Fitur Penyimpanan • Instagram Stories

Pengguna tidak dapat menyimpan Instagram Stories milik orang lain.

• Instagram Reels

Pengguna bisa menyimpan Instagram Reels milik pengguna lain.

Halaman yang Dijelajahi • Instagram Stories

Umumnya, Instagram Stories sangat jarang ditampilkan di halaman jelajahi.

• Instagram Reels

Khusus untuk Instagram Reels, biasanya akan sering muncul di halaman jelajahi, sehingga menjadikannya lebih banyak ditonton pengguna Instagram lainnya.

Fitur Berbagi • Instagram Stories

Pengguna dapat membagikan Instagram Stories sebagai cerita, ataupun bisa juga dikirim ke pesan masuk pengguna Instagram lain, dan biasanya akan menghilang setelah 24 jam.

• Instagram Reels

Instagram Reels, bisa dibagikan ke semua pengguna Instagram dan tidak akan pernah hilang.

Alat Pengeditan • Instagram Stories

Alat pengeditan pada Instagram Stories biasanya berupa filter, tata letak yang berbeda dan efek kamera.

• Instagram Reels

Alat pengeditan pada Instagram Reels, biasanya lebih banyak seperti pengeditan audio, efek AR, pengatur waktu, menyejajarkan beberapa klip & foto, hitung mundur dan lain sebagainya.

Setelah tadi kita membahas mengenai perbedaan di antara Instagram Stories dan Instagram Reels, maka selanjutnya akan kita bahas mengenai beberapa cara menghapus cerita di IG yang sudah lama secara permanen dengan mudah. Disini, Anda dapat menghapus cerita di IG lewat perangkat ponsel Android, iPhone maupun lewat arsip cerita Instagram di dalamnya. Agar lebih paham mengenai tata cara menghapus cerita di Instagram, maka bisa Anda lihat di penjelasan berikut ini.

1. Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama di HP Android

Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama di HP Android
Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama di HP Android

Salah satu cara menghapus cerita di IG yang sudah lama secara permanen yang pertama, bisa Anda lakukan dengan menggunakan perangkat ponsel Android. Yang mana, cara menghapus cerita di Instagram melalui ponsel Android ini terbilang sangat mudah untuk Anda lakukan. Hal ini dikarenakan, Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah mudah dalam menghapus cerita di Instagram seperti berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan Anda buka cerita Instagram dengan mengetuk cerita di bagian atas Beranda.
  • Setelah itu, Anda tinggal ketuk bagian opsi “More Action Lainnya” yang ada di bagian kanan bawah foto ataupun video yang ingin Anda hapus.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu mengetuk saja opsi “Hapus”.
  • Nantinya, Anda akan melihat tampilan layar dengan beberapa pilihan sebagai berikut.
  • Pertama, Anda bisa mengetuk opsi “Hapus” dari keduanya apabila sebelumnya membagikan cerita ke Facebook, dan ingin menghapusnya dari Instagram maupun Facebook.
  • Kedua, Anda bisa mengetuk opsi “Hapus” dari Instagram saja, apabila hanya ingin menghapus cerita dari Instagram tersebut.

2. Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama di HP iPhone

Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama di HP iPhone
Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama di HP iPhone

Berikutnya, Anda juga bisa menerapkan tata cara menghapus cerita di IG yang sudah lama secara permanen dengan menggunakan perangkat ponsel iPhone. Bisa dikatakan, bahwa tata cara menghapus cerita Instagram di perangkat ponsel iPhone ini hampir sama dengan tata cara di perangkat ponsel Android. Namun jika Anda sendiri masih bingung dalam melakukannya, maka bisa menyimak langkah-langkah menghapus cerita di Instagram lewat HP iPhone berikut ini.

  • Tips cara menghapus cerita di IG yang sudah lama di perangkat ponsel iPhone yang pertama, yakni silahkan Anda buka cerita Instagram dengan memilih cerita yang terdapat di bagian atas Beranda aplikasi Instagram
  • Langkah berikutnya, Anda hanya perlu memilih bagian opsi “More Action Lainnya” yang terdapat di bagian kanan bawah foto ataupun video yang ingin Anda hapus secara permanen.
  • Jika sudah selesai, maka tinggal Anda lanjutkan saja dengan mengetuk opsi “Hapus”.
  • Setelah itu, Anda nantinya akan mendapatkan dua pilihan penghapusan cerita IG yang bisa dilihat seperti berikut ini.
  • Pilihan yang pertama, Anda bisa memilih opsi “Hapus” dari keduanya jika sebelumnya membagikan cerita ke media sosial Facebook, dan ingin menghapusnya dari Instagram maupun Facebook tersebut.
  • Dan untuk pilihan yang kedua, Anda bisa mengetuk opsi “Hapus” dari Instagram saja, jika hanya ingin menghapus cerita dari aplikasi Instagram saja.

3. Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama Lewat Arsip Cerita

Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama Lewat Arsip Cerita
Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama Lewat Arsip Cerita

Adapun untuk cara menghapus cerita di IG yang sudah lama selanjutnya, Anda bisa melakukannya melalui fitur arsip cerita. Dimana, Anda bisa menerapkan langkah-langkah penghapusan cerita di Instagram lewat arsip cerita dengan mudah. Untuk langkah-langkah menghapus cerita Instagram lewat arsip cerita, bisa Anda lihat penjelasan di bawah ini.

  • Cara menghapus cerita di IG yang sudah lama lewat arsip cerita yang pertama, yakni silahkan Anda buka terlebih dahulu aplikasi Instagram di perangkat ponsel Anda.
  • Setelah itu, Anda klik bagian foto profil yang ada di sebelah kanan bawah untuk membuka profil pengguna milik Anda.
  • Langkah berikutnya, Anda tinggal klik saja menu garis tiga di bagian kanan atas halaman, lalu pilih opsi “Your Activity / Aktivitas”.
  • Kemudian, Anda lanjutkan dengan menekan “Arsip” dan pilih cerita Instagram yang ingin Anda hapus.
  • Selanjutnya, Anda klik menu tiga titik horizontal (khusus untuk perangkat ponsel iPhone) atau titik vertikal (khusus untuk perangkat Android) yang ada di bagian kanan bawah laman aplikasi Instagram.
  • Terakhir, Anda tinggal klik opsi “Hapus” dan ketuk saja “Hapus” lagi untuk mengonfirmasi penghapusan cerita Instagram di arsip cerita tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Apa Saja Keuntungan Menghapus Story Instagram yang Sudah Lama?

Dari beberapa cara menghapus cerita di IG yang sudah lama yang sudah dijelaskan di atas, tentunya Anda penasaran bukan mengenai apa keuntungan dari menghapus cerita di Instagram satu ini? Umumnya, menghapus cerita di Instagram sendiri memiliki banyak sekali keuntungan yang tidak banyak pengguna ketahui, di antaranya yakni sebagai berikut.

1. Menjaga Privasi Pengguna

Salah satu keuntungan menghapus cerita di Instagram yang pertama, yakni dapat menjaga privasi pengguna Instagram itu sendiri. Dimana ketika seseorang memutuskan untuk menghapus cerita Instagram, maka mereka dapat mengontrol mana saja informasi pribadi yang bisa terlihat oleh pengguna Instagram lainnya. Dengan demikian, maka informasi pribadi di Instagram dapat dikontrol dengan baik dan bisa memberikan kenyamanan bagi para pengguna Instagram tersebut.

2. Menghilangkan Story IG yang Tidak Relevan

Tahukah Anda, bahwa alasan kenapa banyak orang ingin menghapus cerita di Instagram yang sudah lama tersimpan, yakni karena ada tujuan tersendiri di dalamnya. Dimana selain dapat menjaga privasi pengguna, menghapus cerita Instagram ini juga dapat membantu menghilangkan story IG yang dinilai sudah tidak relevan lagi. Ketika Anda menghapus cerita Instagram yang sudah tidak relevan, maka akan dapat menjaga akun Instagram tetap terlihat konsisten dan menarik di mata pengguna Instagram lain.

3. Menjaga Tampilan Halaman Akun IG Agar Terlihat Rapi

Keuntungan lain menghapus cerita Instagram yang sudah lama tersimpan di arsip, yakni dapat membantu menjaga tampilan halaman akun IG pengguna terlihat lebih rapi dan pastinya dapat terorganisir dengan baik. Dengan demikian, maka hal inilah yang nantinya dapat membantu meningkatkan pengalaman pengunjung untuk melihat profil Instagram Anda.

4. Dapat Meningkatkan Interaksi Pengguna

Adapun keuntungan lain dari menghapus cerita Instagram yang sudah lama tersimpan, yakni dapat membantu meningkatkan interaksi pengguna. Yang mana, Anda nantinya bisa lebih fokus untuk membuat cerita baru di Instagram agar lebih unik dan menarik. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan dapat membantu meningkatkan terjadinya interaksi dengan pengguna Instagram lain.

Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama
Cara Menghapus Cerita di IG yang Sudah Lama

Demikianlah tadi pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui dan pahami, yakni mengenai beberapa cara menghapus cerita di IG yang sudah lama tersimpan secara permanen. Dimana, Anda tidak hanya dapat menerapkan tata cara menghapus cerita Instagram dengan mudah, namun juga akan memperoleh banyak keuntungan di dalamnya.

Baca Juga :  Cara Beli Koin TikTok Pakai Pulsa Telkomsel dan Cek Sisa Saldonya dengan Mudah
Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay