6 Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual Dan Otomatis Terbaru

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual sangat penting diketahui untuk menemukan saluran televisi yang mungkin tidak terdeteksi secara otomatis oleh perangkat, sehingga meningkatkan jumlah saluran yang dapat diakses.

Untuk mencari siaran TV digital secara manual dapat dilakukan dengan mengakses menu Pengaturan dan menunggu hingga saluran terdeteksi dengan baik. Namun, pastikan antena terpasang dengan baik ke port antena pada televisi.

Sekilas Tentang Siaran TV Digital

Siaran TV Digital adalah penyiaran konten televisi menggunakan sinyal digital, yang menggantikan sistem penyiaran alalog tradisional. Dalam siaran TV digital, sinyal audio dan video dikodekan menjadi format digital yang memberikan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Keuntungan utama siaran TV digital yaitu resolusi gambar yang lebih tinggi, suara berkualitas tinggi, dan lebih sedikit gangguan pada televisi dan sinyal.

Selain itu, siaran TV digital memungkinkan untuk penyiaran saluran tambahan dalam satu frekuensi, yang disebut multi-channeling. Ini memberikan lebih banyak pilihan channel pada pengguna.

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual
Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual

Cara mencari siaran TV digital secara manual dapat dilakukan dengan mencari frekuensi atau saluran yang terhubung ke antena. Metode ini sangat efektif dilakukan, terutama jika saluran yang dipasang dapat terhubung dengan baik.

Adapun langkah-langkah cara mencari siaran TV digital secara manual silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini.

1. Pastikan TV Mendukung Saluran Digital

Langkah pertama, untuk mencari siaran TV digital secara manual pastikan TV yang digunakan mendukung saluran digital dengan memastikan detail spesisifikasi produk. Saat pertama kali membeli TV digital akan disertai buku panduan terkait detail produk. Silahkan cek detailnya dengan menekan tombol “Input” atau “Source” pada remote TV.

2. Masuk ke Menu Pengaturan

Masuk ke menu pengaturan pada layar televisi. Cara mencari siaran TV digital secara manual dapat dilakukan dengan mengakses settings yang tertera pada layar dan pilih opsi Programs.

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Orang Yang Membisukan Status WA Kita Dengan Mudah

Pada menu Programs ini akan muncul beragam menu yang akan membantu kamu menemukan siaran televisi digital secara manual. Kamu bisa menekan semua menu untuk menemukan siaran yang tepat.

3. Temukan Pencarian Manual

Cara mencari siaran TV digital secara manual selanjutnya yaitu dengan mencari saluran televisi yang berkaitan dengan pencarian atau pemindaian siaran TV di pengaturan. Biasanya menu yang ditampilkan ada “Temukan pencarian Manual”, “Pencarian Saluran”, atau “pencarian Manual”.

Menu ini bisa berubah-ubah tergantung merek atau model televisi digital yang digunakan saat ini. Jadi, penting bagi kamu untuk memperhatikannya agar cara mencari siaran TV digital secara manual ini berhasil dilakukan.

4. Pilih Frekuensi atau Saluran

Berikutnya silahkan memilih frekuensi atau saluran tertentu untuk memulai pencarian siaran televisi digital. Ini akan semakin baik jika kamu mengetahui frekuensi atau kanal yang digunakan oleh stasiun TV digital pada wilah kamu saat ini.

Apabila tidak mengetahui frekuensinya, cara mencari siaran TV digital secara manual melalui metode ini bisa dilewatkan dan mulai pencarian tanpa memilih frekuensi atau saluran tertentu.

5. Mulai Pencarian Manual

Jika sudah memilih frekuensi atau saluran, silahkan gunakan tombol pada  untuk memulai pencarian manual dengan menekan OK atau Enter. Otomatis TV digital akan memulai pencairan secara manual.

Proses ini bisanya memerlukan waktu beberapa menit, terantung pada perangkat yang digunakan dan saluran yang ingin dioptimalkan.

6. Simpan Saluran yang Digunakan

Setelalah pencarian selesai dan saluran ditemukan, cara mencari siaran TV digital secara manual terakhir yaitu dengan menyimpan saluran ke dalam daftar favorit atau kanal TV untuk memudahkan akses.

Pastikan kamu sudah cek kekuatan sinyal, agar cara mencari siaran TV digital secara manual dapat dipastikan siaran yang ditampilkan memiliki kualitas terbaik dan tidak buram.

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Otomatis

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Otomatis
Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Otomatis

Selain cara mencari siaran TV digital secara manual diatas, kamu juga bisa mencari siaran televisi secara otomatis. Tentu metode ini akan lebih mudah dan efektif dilakukan, pasalnya kamu tidak perlu mencari frekuensi atau saluran yang dapat terhubung ke antena.

Berikut cara mencari siaran TV digital secara otomatis dengan mudah dan praktis

  • Pastikan antena terpasang dengan baik ke port antena pada televisi.
  • Masuk ke menu atau Settings menggunakan remote control TV.
  • Pada menu Pengaturan, silahkan cari Pencarian Saluran atau Pencarian Antena.
  • Setelah itu, pilih Pencarian Otomatis atau Pencarian Saluran Otomatis.
  • Konfirmasi saluran televisi dengan mengklik mulai proses pencarian.
  • Otomatis televisi mulai memindai saluran-saluran yang tersedia.
  • Biarkan proses pencarian terselesaikan.
  • Jika proses pencarian selesai, televisi akan menampilkan daftar saluran TV digital yang berhasil ditemukan.
  • Apabila terdapat saluran yang ingin ditetapkan sebagai favorit, silahkan klik Simpan atau Tambahkan ke Daftar Favorit.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Daftar Shopee Paylater Gagal Terus

Bagaiman Cara Mengembalikan Siaran TV Digital yang Hilang?

Cara Mengembalikan Siaran TV Digital yang Hilang
Cara Mengembalikan Siaran TV Digital yang Hilang

Nah, bagaimana jika ternyata siaran televisi digital yang dicari secara manual dan otomatis tersebut hilang? Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengembalikan siaran TV digital tersebut dengan mudah hanya dengan memastikan antena terpasang dengan benar.

Adapun langkah-langkah cara mengembalikan siaran TV digital yang hilang, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Cari Ulang Siaran TV Digital

Siaran televisi digital bisa hilang biasanya disebabkan oleh pencarian yang belum tersimpan di perangkat TV digital atau perangkat STB. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan pencarian ulang siaran televisi baik di perangkat TV digital maupun TV analog biasa dengan STB.

Berikut caranya :

  • Masuk ke Pengaturan TV atau Pengaturan STB.
  • Buka opsi pengaturan channel atau broadcasting.
  • Klik opsi Auto Scan, Auto Tuning, atau Pencarian Otomatis.
  • Otomatis perangkat TV digital akan mencari siaran .
  • Tunggu hingga pencarian selesai dan daftar siaran akan muncul.

Pastikan Kabel Antena Terpasang dengan Benar

Apabila channel siaran TV digital hilang tiba-tiba, silahkan cek kabel antena yang digunakan apakah kabel antena penangkap sinyal telah terpasang dengan benar di port atau lubang colokan yang tersedia pada perangkat televisi.

Tak sampai disana saja, pastikan kabel antena yang digunakan juga tidak rusak dan port di TV tidak kotor agar televisi digital mampu menerima sinyal dengan baik.

Cek Jangkauan Sinyal Siaran TV Digital

Channel siaran TV digital hilang juga bisa disebabkan karena sinyal di wiliyah tempat tinggal oengguna lemah. Untuk memastikannya, silahkan cek jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia.

Untuk cek jangkauan sinyal siaran TV digital kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga melalui cara ini :

  • Install atau Unduh aplikasi SinyalTVDigital melalui Play Store.
  • Izinkan akses fitur lokasi pada aplikasi.
  • Klik ikon bidik untuk memulai pemindaian sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah tempat pengguna.
  • Setelah berhasil dipindai, akan muncul informasi lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau wilayah tersebut.
  • Silahkan klik “see mux detail” untuk melihat detail informasi sinyal TV digital yang tersedia.
  • Informasi ini mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, atau frekuensi / channel.
  • Klik menu Galeri apabila ingin menampilkan siaran TV digital yang bisa diakses pada lokasi keberadaan pengguna saat ini.
Baca Juga :  4 Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Arahkan dan Letakkan Antena dengan Tepat

Salah satu kemampuan aplikasi SinyalTVDigitl yaitu memiliki peta yang berisi informasi atau legenda kekuatan sinyal siaran TV digital di sebuah wilayah keberadaan pengguna.

Apabila wilayah tersebut memiliki sinyal yang kuat, biasanya akan ditandai dengan warna merah pada peta. Apabila muncul ikon berwarna hijau atau kuning, itu artinya kekuatan sinyal sedang. Sementara, jika ikon berwarna abu-abu atau biru, itu artinya sinyal lemah dan lambat.

Jika channel siaran TV digital hilang tiba-tiba, cobalah untuk mengubah arah antena ke tempat dengan kondisi sinyal digital yang lebih kuat, sesuai informasi yang ditujukan pada peta aplikasi SinyalTVDigital.

Cara Mencari Siaran TV yang Hilang di Set Top Box

Penggunaan TV analog membutuhkan perangkat lain, seperti set top box. Tanpa perangkat tersebut, tampilan gambar TV analog tidak akan jernih. Adapun kendala yang sering terjadi yaitu siaran TV hilang. Untuk mencari siaran TV yang hilang di set top box, ikuti panduan dibawah ini.

  • Lakukan pencarian ulang siran TV digital.
  • Pastikan kabel antena terpasang dengan benar ke lubang colokan.
  • Cek jangkauan sinyal siaran TV digital melalui aplikasi Sinyal TVDigital.
  • Arahkan dan letakkan antena diposisi yang tepat untuk mendapatkan sinyal yang kuat.
  • Cari channel set top box, melalui beberapa langkah mudah berikut :
  • Nyaakan TV dan pastikan kabel AV STB telah tersambung.
  • Move ke Mode AV.
  • Nyalakan STB dan klik menu STB yang terdapat di remote.
  • Pilih menu pencarian saluran dan klik pencarian otomatis.
  • Tunggu hingga pencarian berhasil menemukan saluran.
  • Terakhir, klik Simpan.

Postingan Menarik Lainnya : 7 Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster: Semut TV Langsung Hilang

Akhir Kata

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual
Cara Mencari Siaran TV Digital

Itulah cara mencari siaran TV digital secara manual dan otomatis yang bisa kamu coba. Pastikan antena terpasang dengan baik ke port antena pada televisi agar channel yang dicari dapat terdeteksi dengan baik. Untuk memudahkan kamu melakukan cara mencari siaran TV digital secara manual, gunakan remote control sesuai spesifikasi TV digital yang dimiliki.

Selamat Mencoba!

Artikel Menarik Lainnya