Mudah! Begini Cara Mengaktifkan Kartu SmartFren Yang Sudah Mati

Apakah kartu Smartfren yang sudah mati bisa diaktifkan kembali? Simak cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati dibawah ini. Ada banyak alasan yang membuat pengguna Smartfren ingin mengaktifkan kartunya kembali, diantaranya yaitu untuk melakukan panggilan menggunakan nomor tersebut.

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menghubungi Customer Service Smartfren. Lantas bagaimana caranya ? Simak tuntas artikel ini, karena kami akan menjelaskan panduan lengkap seputar cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati hingga cara memperpanjang masa aktifnya.

Kenapa Kartu Smartfren Bisa Mati ?

Cara Mengaktifkan Kartu SmartFren Yang Sudah Mati
Cara Mengaktifkan Kartu SmartFren Yang Sudah Mati

Setiap kartu dari operator seluler memiliki masa aktif selama periode tertentu. Begitur juga dengan Smrtfre, masa aktif kartu baru Smartfren umumnya berlaku selama 1-12 bulan. Jika pengguna tidak melakukan pengisian ulang pulsa pada kartu maka masa aktif yang berlaku bisa menjadi lebih cepat berakhir bahkan memasuki status masa tenggang.

Masa tenggang merupakan batas waktu yang diberikan provider kepada pengguna kartu seluler untuk mengisi ulang pulsa sehingga kartu tidak mati. Biasanya masa tenggang ini berlangsung selama 30 hari. Layanan kartu seluler juga masih dapat menerima pesan seperti dari orang lain SMS dan telepon. Akan tetapi tidak dapat melakukan panggilan atau SMS keluar karena tidak memiliki pulsa.

Cara Mengetahui Kartu Smartfren Masih Aktif Atau Tidak

Cara yang paling umum untuk mengatahui bahwa kartu Smartfren sudah tidak aktif ialah ketika kalian mengalami tanda-tanda seperti dibawah ini:

  • Nomor Smartfren tidak bisa melakukan panggilan dan juga pengiriman SMS
  • Kartu Smartfren tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet
  • Perangkat yang digunakan tidak dapat menangkap jaringan atau sinyal Smartfren

Selain tanda-tanda diatas, untuk memastikan status kartu Smartfren yang digunakan masih aktif atau tidak, lakukan pengecekan ulang dengan langkah-langkah dibawah ini.

Baca Juga :  4 Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Kode dial *999#

Setiap provider memiliki kode dial yang bisa digunakan untuk mengecek masa aktif kartu penggunanya. Tak terkecuali Smartfren, penggunanya dapat mengecek masa aktif kartu melalui kode dial *999#. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengetik ketik *999# lalu Call atau panggil nomor tersebut. Tunggu balasan SMS yang berisi tentang masa berlaku kartu Smartfren serta berapa banyak sisa pulsa yang dimiliki.

Panggilan Telepon

Selain kode dial, kalian juga dapat mengetahui masa aktif kartu melalui panggilan telepon. Caranya, lakukan panggilan ke nomor 999 seperti memanggil kontak biasa, setelah panggilan tersambung, selanjutnya ikuti petunjuk untuk dapat mengetahui berapa lama lagi masa aktif, tekan opsi nomor 1 dan kemudian kalian akan mendapatkan informasi pulsa beserta masa aktifnya.

SMS

Masih dengan nomor yang sama, yaitu 999. Buat pesan baru, lalu ketik CEK dan kirimkan ke 999. Selanjutnya tunggu balasan SMS yang akan berisi berapa lama masa berlaku kartu Smartfren yang sedang dicek.

MySmartfren App

Cara mengetahui masa aktif kartu Smartfren berikutnya ialah melalui Aplikasi MySmartfren. Silahkan download aplikasi MySmartfren lalu login kan akun menggunakan nomor yang ingin di cek. Info masa aktif pulsa Smartfren tersebut nantinya akan tampil di dashboard aplikasi tersebut.

Website

Jika kalian tidak bisa mendownload aplikasi MySmartfren, maka solusinya ialah dengan mengakses situs resmi Smartfren. Jika belum memiliki akun untuk login, silahkan buat akun dengan menggunakan nomor smartfren yang akan dicek. Jika sudah masuk, selanjutnya kamu dapat melihat masa aktif kartu beserta informasi lainnya seputar kartu Smartfren tersebut.

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren Yang Sudah Mati

Cara Mengaktifkan Kartu SmartFren Yang Sudah Mati
Cara Mengaktifkan Kartu SmartFren Yang Sudah Mati

Memang ada cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati, namun untuk melakukan cara tersebut ada beberapa syarat yang harus dilengkapi, meliputi :

  • Nomor Smartfren masih tersedia
  • Menunjukkan SIM card Smartfren
  • KTP dan kartu keluarga atas nama pemilik nomor Smartfren saat registrasi
  • Biaya pembelian kartu Pascabayar
  • Tidak lebih dari 3 bulan setelah masa tenggang
Baca Juga :  11 Cara Mendapatkan Nomor Amerika Gratis Untuk Whatsapp

Jika syarat diatas telah terpenuhi, maka cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati pun bisa dilangsungkan. Bagaimana caranya ?? Simak penjelasan berikut ini.

Call Center Smartfren

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati hanya bisa dilakukan oleh layanan servis Smartfren. Kalian bisa menghubungi Customer Service Smartfren melalui aplikasi WhatsApp. Berikut panduannya :

  • Hubungi WhatsApp CS Smartfren yang sesuai dengan daerah kalian tinggal
  • Konfirmasikan kendala ingin mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati
  • Berikan informasi yang data diri atau syarat yang telah dipersiapkan sebelumnya kepda CS
  • Selanjutkan ikuti arahan dari CS Smartfren untuk menyelesaikan proses pengaktifan kartu Smartfren.

Selain melalui WhatsApp, silahkan kalian juga bisa coba menghubungi CS pada nomor 0889 777 01 777 ataupun melalui email di [email protected].

Kunjungi Gerai Smartfren

Apabila alamat tempat tinggal kalian tidak jauh dari cabang gerai Smartfren, akan lebih baik untuk berkunjung ke gerai langsung. Kalian bisa lebih mudah memahami arahan yang diberikan oleh CS.

Berikut cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati melalui gerai Smartfren :

  • Pastikan membawa syarat pengaktifan kartu yangtelah disiapkan sebelumnya
  • Kunjungi gerai Smartfren terdekat diwilayah kalian, kemudian ambil antrian bagian layanan Customer Service.
  • Saat giliran tiba, kalian hanya akan diminta untuk mengisi formulir identitas pemohon. Selanjutnya, tunjukkan persyaratan untuk aktivasi nomor Smartfren, seperti KTP dan lain sebagainya.
  • Setelah semua persyaratan dan formulir dicek oleh petugas Customer Service, maka kalian hanya perlu menunggu arahan selanjutnya.
  • Customer Service Smartfren akan langsung melakukan proses aktivasi ulang atau re-aktivasi nomor Smartfren yang sudah mati.

Kalian dapat mengetahui alamat dan juga kontak WhatsApp Smartfren setiap kota dengan cara klik Disini. Setelah cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati selesai diterapkan, maka pembagian masa tenggang kartu Smartfren akan terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. One Way Block, pada 30 hari pertama setelah masa aktif Smartfren habis kamu tidak akan bisa melakukan panggilan telepon ataupun mengirim pesan dari nomor tersebut namun masih bisa menerima telepon atau pesan masuk. Selain itu, kalian juga tidak bisa mengakses internet, dan lain-lain.
  2. Two Way Block, masa tenggang 30 hari ini setelah masa tenggang One Way Block, kalian tidak bisa menelepon atau mengirim pesan bahkan juga tidak bisa menerima telepon atau pesan masuk, akses internet juga tidak bisa digunakan.
Baca Juga :  6 Cara Menambahkan Audio Dari Whatsapp Ke Capcut

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren

Setelah mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati, kamu juga wajib tahu cara memperpanjang masa aktifnya agar tidak mati lagi. Cara memperpanjang masa aktif kartu Smartfren ialah dengan melakukan pengisian ulang pulsa kartu Smartfren.

Berikut daftar pengisian pulsa kartu Smartfren beserta jumlah penambahan masa aktif yang didapatkan.

Jumlah Pulsa Penambahan Masa Aktif
Rp5.000 7 Hari
Rp10.000 15 Hari
Rp20.000 30 Hari
Rp25.000 30 Hari
Rp50.000 60 Hari
Rp60.000 75 Hari
Rp100.000 120 Hari
Rp150.000 150 Hari
Rp200.000 150 Hari
Rp300.000 180 Hari
Rp500.000 240 Hari
Rp1.000.000 360 Hari

Pembelian pulsa Smartfren bisa dilakukan melalui Aplikasi Top Up Mocipay dan aplikasi Mitra Top Up. Kalian bisa membeli pulsa Smartfren dengan harga murah di aplikasi tersebut. Selain pulsa, kalian juga dapat melakukan pembelian paket internet, pembayaran tagihan, top up game, serta pengisian ulang dompet digital.

Penutup

Cara Mengaktifkan Kartu SmartFren Yang Sudah Mati
Cara Mengaktifkan Kartu SmartFren Yang Sudah Mati

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang sudah mati cukup mudah, karena diselesaikan melalui CS Smartfren nya langsung. Kalian hanya perlu menghubungi atau mengunjungi gerai Smartfren untuk mengatasinya.

Untuk menghindari kendala seperti ini lagi, sebaiknya lakukan pengecekan masa aktif kartu secara rutin dengan cara mengakses *995# pada kode dial ponsel yang digunakan.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay