3 Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama

Punya kuota malam yang berlebih tapi tidak tahu cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama alhasil kuota hangus begitu saja ? Untuk kamu yang sering begadang mungkin kuota tersebut tidak akan sia-sia, tetapi untuk orang yang tidak pernah begadang, mereka pasti merasa rugi. Apa sih gunanya kuota malam? Nah, pastinya selalu ada gunanya dan ditujukan bagi orang yang mungkin sering insom.

Tetapi sebagian provider membuat Kuota malam itu sebagai penarik bagi penggunanya. Contohnya mereka mengeluarkan paket internet 10GB tetapi ada lagi pembagiannya diantaranya 5GB kuota malam dan 5GB lagi kuota utama (akses 24 jam). Bagi orang yang masih awam pada sistem pembelian paket internet pastinya hanya melihat 10GB tanpa melihat pembagian kuota tersebut. Alhasil kuota malam akan terbuang sia-sia.

Tapi tenang, disini akan dibahas Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama dan kuota kamu tidak akan hangus sia-sia lagi.

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama

Melihat perkembangan penggunaan smartphone yang kian meningkat setiap tahun dan penggunaan smartphone ini tidak lepas dari kuota internet. Oleh sebab itu, pengguna smartphone akan semakin banyak dalam membutuhkan kuota internet untuk kebutuhan pekerjaan, hiburan, mencari informasi dan lainnya.

Setiap provider juga selalu upgrade produk dan paket yang ditawarkan kepada pengguna smartphone tersebut. Mulai dari paket nominal kecil dengan masa aktif beberapa hari hingga nominal besar dengan masa aktif yang ditentukan oleh provider masing-masing guna untuk menarik perhatian penggunanya.

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama
Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama

Dalam hal ini provider juga memberikan penawaran bonus atau daya tarik untuk membuat pengguna membeli paket yang ditawarkan. Kuota malam ini di tawarkan juga bagaimana pengguna tertarik sementara ujung nya akan terbuang sia-sia. Sering sekali kita melihat ada paket nominal 10GB dan bonus kuota nya 5GB, Siapa yang tidak tertarik dengan hal ini ? Tetapi sebagian pengguna tidak melihat pembagian kuota nya, sementara kuota bonus yang ditawarkan hanya bisa di gunakan pada jam malam mulai dari jam 01.00-06.00 AM.

Siapa yang akan tahan setiap hari tidak tidur agar kuota malam bisa digunakan? Jawabannya tidak semua orang, untuk kaum muda mungkin sebagian tahan karena begadang adalah suatu kebiasaan mereka. Nah, apakah setiap pembelian paket kuota malam akan terbuang begitu saja?  Sebenarnya ada khusus kuota utama yang bisa di akses 24 jam tetapi harga akan lebih mahal dari kuota yang memiliki kuota malam.

Agar kuota malam bisa digunakan kembali, simak dengan jelas berikut ini adalah cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama.

Baca Juga :  10+ Cara Mempercepat Kode Verifikasi WA Yang Lama Terbaru 2024

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama dengan Setting Waktu

Cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama yang pertama adalah dengan mengatur waktu di handphone milik kamu. Cara nya sangat mudah kamu hanya perlu memundurkan pengaturan waktu yang ada di daerah yang kamu tinggal. Ini akan membuat waktu kuota malam bisa kamu gunakan padahal waktu nya sebenarnya sudah habis. Berikut ini adalah cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama dengan setting waktu:

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama
Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama
  1. Buka pengaturan (setting) Hp kamu
  2. Lalu pilih pengaturan tanggal dan waktu
  3. Lalu non aktifkan pengaturan otomatis tanggal dan waktu atau zona waktu
  4. Selanjutnya pilih Negara untuk menentukan zona waktu yang baru
  5. Kamu harus memilih zona waktu yang lebih lambat dari Indonesia agar waktu kuota malam bisa tetap digunakan

Cara ini sangat mudah yang membuat ponsel kamu mengira waktu nya masih malam sementara sudah pagi. Contoh yang bisa kamu ikuti saat mengubah zona waktu, Jika kamu tinggal di jakarta dengan zpna waktu GMT+7 (lebih dari tujuh jam), untuk zona baru kamu harus setting dengan memilih waktu yang lebih lambat misalnya GMT-7 agar kuota malam berlaku dan bisa digunakan kembali.

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama dengan Aplikasi VPN

Selain melindungi privasi dari public , Aplikasi VPN juga bisa memanipulasi zona waktu dari publik sehingga waktu yang seharusnya malam bisa diubah menjadi siang. Dengan demikian kuota yang seharusnya malam kamu bisa gunakan di siang hari. Baiklah, berikut ini adalah cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama dengan aplikasi VPN:

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi VPN yang bisa di akses di Hp
  2. Selanjutnya pilih Negara yang zona waktu nya lebih lambat dari kota yang kamu tempati
  3. Klik tab to connect setelah memilih Negara

Jika VPN sudah aktif, Kuota malam berhasil diubah ke Kuota siang, silahkan akses internet dengan kuota malam seperti biasa kamu lakukan. Pastikan kembali kuota siang harus nol agar kuota malam bisa digunakan.

Saat menggunakan aplikasi VPN kamu harus berhati-hati, Jika tidak data pribadi bisa kena hacker oleh orang lain. Hindari penggunaan VPN di tempat umum yang menggunakan wifi yang tidak memiliki sandi (terbuka untuk semua orang).

Baca Juga :  8 Cara Memindahkan WhatsApp Ke HP Yang Baru Tanpa Menghilangkan Chat

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama dengan Aplikasi Anonytun

Aplikasi Anonytun adalah salah satu aplikasi yang memiliki kemampuan khusus yang didalamnya terdapat fitur SSL yang bisa mengubah kuota malam menjadi kuota utama. Sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan kamu sudah mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di wilayah yang kamu tempati. Karena beberapa Negara mengatur hukum penggunaan VPN yang mengharuskan pengguna memahami batasan-batasan sebelum menggunakan aplikasi ini.

Nah, dengan aplikasi anonytun kamu juga bisa mengubah kuota malam menjadi kuota utama, tetapi hal ini tidak diharapkan oleh operator kuota masing-masing . Jika kamu sudah mematuhi aturan dan ketentuan yang ada kalian bisa coba dengan cara berikut ini :

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama
Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama
  1. Download terlebih dahulu aplikasi anonytun
  2. Lalu masuk ke aplikasi dan pilih menu stealth setting
  3. Di menu stealth setting aktifkan stealth tunnel , Connection protocol pilih SSL dan bagian conncetion port 443
  4. Selanjutnya ON (aktifkan) Custom TCP dan Advanced SSL setting lalu save
  5. Pada tampilan baru ON kan spoof SNI host dan spoof host port
  6. Selanjutnya di bagian spoof host masukan alamat website sesuai operator yang kamu gunakan, misalnya kamu menggunakan operator XL silahkan masukkan https://www.xl.co.id dan dibagian spoof port nya masukkan 443
  7. Nah , setelah itu kembali ke menu utama dari aplikasi tersebut dan klik titik 3 di bagian atas , lalu pilih VPN setting lalu aktifkan
  8. Klik tombol save. Terakhir silahkan kembali ke menu Utama lalu pilih negara dan klik Connect.
  9. Tunggu beberapa saat hingga anonytun terkoneksi

Dengan demikian kuota malam sudah berhasil diubah menjadi kuota utama dan bisa kamu gunakan akses internet kembali di siang hari. Kedepannya Kuota malam kamu tidak akan terbuang sia-sia, karna cara ini akan membantu kamu mengubah kuota malam menjadi kuota utama.

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Menghubungi Operator

Cara yang ke empat adalah menghubungi operator untuk mengubah kuota malam menjadi kuota utama. Kamu bisa langsung berbicara dan meminta agar kuota malam diubah menjadi kuota utama. Cara ini tidak dijamin untuk berhasil karena mereka sudah menentukan pembagian kuota saat membuat nya, tetapi tidak salah mencoba karena itu tergantung kebijakan dari masing-masing operator.

Tips Memilih Kuota Internet Yang Sesuai Untuk Kebutuhan Penjelasan
Perkirakan Kebutuhan Anda Pertama-tama, evaluasi seberapa sering Anda menggunakan internet dan untuk keperluan apa. Apakah Anda hanya menggunakan internet untuk browsing ringan, media sosial, streaming video, atau keperluan bisnis? Ini akan membantu Anda menentukan seberapa besar kuota yang Anda butuhkan.
Periksa Riwayat Penggunaan Periksa riwayat penggunaan internet Anda pada bulan-bulan sebelumnya. Ini dapat memberi Anda gambaran tentang seberapa besar kuota yang Anda perlukan. Jika Anda selalu melebihi kuota bulanan, pertimbangkan untuk meningkatkan kuota Anda.
Pilih Penyedia dan Paket yang Tepat Setiap penyedia internet menawarkan berbagai paket dengan kuota yang berbeda. Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk membandingkan penawaran dari berbagai penyedia untuk menemukan yang paling sesuai.
Monitor Penggunaan Anda Banyak ponsel memiliki fitur pemantauan penggunaan data yang memungkinkan Anda melihat berapa banyak data yang Anda gunakan. Gunakan fitur ini untuk memantau penggunaan Anda dan memastikan Anda tidak melebihi kuota.
Batasi Aktivitas Berat Hindari mengunduh file besar atau melakukan streaming video berkualitas tinggi ketika Anda sedang berada di luar jaringan WiFi. Aktivitas ini dapat menghabiskan kuota dengan cepat. Jika perlu, atur kualitas video menjadi rendah untuk menghemat kuota.
Baca Juga :  20+ Cara Internet Gratis Seumur Hidup Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama
Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama

Paket internet sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi seseorang. Karna sebagian besar masyarat sudah menggunakan internet sebagai alat bekerja, hiburan, mencari informasi, berkomunikasi, dan lainnya. Jadi kuota akan di gunakan seefisien mungkin. Nah, ketika kuota malam tidak terpakai dengan segala cara akan di lakukan agar bisa di gunakan kembali.

Diatas sudah kita bahas cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama agar kuota yang sebelumnya terbuang menjadi bisa kamu gunakan. Cara ini juga akan menghemat biaya kamu dalam pembelian kuota internet. Untung nya cara diatas berlaku ke semua operator seperti Indosat, Telkomsel, Tri, XL, Axis, Smartfren sesuaikan saja sama operator yang kamu gunakan. Pastikan saat masukkan website operator nya tidak salah agar proses dalam mengubah kuota malam berhasil.

Sebelum melakukan cara diatas , pastikan kamu sudah baca syarat dan ketentuan masing-masing cara nya diatas agar tidak ada kesalahan saat menggunakannya, berhati-hati lah jangan sampai data akun atau Hp kamu kena hacker oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Silahkan pilih cara diatas yang  menurut kamu paling mudah ya. Demikianlah artikel ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu agar kuota malam kamu tidak terbuang lagi.

Artikel Menarik Lainnya