Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali Dalam Sehari? Cek Jawabannya!

Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari ? Pertanyaan ini sering muncul bagi pelanggan PLN yang memiliki kWh meter dengan sistem pengisian token. Sebab tak jarang token listrik habis padahal baru saja diisi karena kebutuhan listrik yang dikeluarkan sangat besar.

PT PLN sebagai penyedia layanan listrik negara menyediakan sistem listrik dalam 2 layanan yaitu listrik pascabayar dengan pembayaran bulanan dan listrik prabayar dengan  pulsa/token sebelum menggunakan listrik.

Token listrik biasanya berupa 20 digit kode numerik yang harus dimasukkan ke dalam meteran listrik prabayar agar listrik bisa difungsikan. Isi ulang token listrik merupakan hal yang wajib dilakukan bagi pelanggan PLN apabila token yang dimiliki sudah habis, dan Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari ? mari disimak terus yaaa…

Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali
Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali dalam Sehari?

Perbedaan Listrik PLN Pascabayar dan Prabayar

Sebelum membahas tentang Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari, ada baiknya kita mengetahui beberapa perbedaan Listrik PLN Pascabayar dan Prabayar, diantaranya :

PLN Pascabayar PLN Prabayar
Cara Pembayaran Pelanggan menggunakan listrik terlebih dahulu dan membayar tagihan setiap bulan. Pelanggan membeli token listrik terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan listrik.
Penggunaan Daya Menetapkan batas daya minimal dan maksimal, biasanya mulai dari 900 VA hingga 6600 VA. Daya yang bisa digunakan biasanya lebih rendah, mulai dari 450 VA hingga 2200 VA.
Tarif Tarif listrik pascabayar umumnya lebih mahal. Tarif listrik prabayar biasanya lebih murah dan lebih hemat.
Administrasi Memerlukan administrasi yang lebih kompleks karena harus mengurus pembayaran tagihan setiap bulan. Lebih sederhana karena pelanggan hanya perlu membeli token listrik sesuai kebutuhan.
Kontrol Penggunaan Penggunaan listrik biasanya lebih sulit untuk dipantau karena pelanggan baru mengetahui total penggunaannya setelah menerima tagihan. Memudahkan pengguna untuk mengontrol penggunaan listrik mereka karena mereka dapat melihat berapa banyak listrik yang tersisa.

 

Kelebihan dan Kekurangan Listrik PLN Pascabayar dan Prabayar

Listrik PLN Pascabayar dan Prabayar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sebelum membahas tentang Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari, mari kita simak dahulu kelebihan dan kekurangan Listrik PLN Pascabayar dan Prabayar. diantaranya :

Kelebihan Kekurangan
PLN Pascabayar Tidak perlu memikirkan pulsa listrik habis, sehingga lebih praktis. Tarif listrik biasanya lebih tinggi.
Tidak perlu melakukan pengecekan meter listrik secara berkala. Penggunaan listrik sulit di kontrol karena pengguna baru mengetahui jumlah penggunaan setelah menerima tagihan.
Tidak perlu memasukkan kode token. Dapat berakibat pada pemakaian listrik yang boros jika tidak hati-hati.
Cocok untuk penggunaan listrik dengan daya tinggi. Ada denda jika telat bayar.
PLN Prabayar Tarif listrik biasanya lebih murah. Jika pulsa habis, listrik langsung mati.
Penggunaan listrik bisa lebih terkontrol karena pengguna bisa melihat sisa pulsa listrik. Pengguna harus membeli token dan memasukkan kode token secara berkala.
Tidak ada denda jika pulsa habis. Tidak cocok untuk penggunaan listrik dengan daya tinggi.
Proses pembayaran lebih fleksibel, bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan. Ada kemungkinan kesalahan saat memasukkan kode token.
Baca Juga :  5 Solusi Lazada PayLater Tidak Tersedia untuk Order Ini

 

Cara Isi Ulang Token Listrik

Cara isi ulang token listrik  sangat mudah dilakukan, namun beberapa orang khususnya yang baru pertama kali menggunakan listrik token tentu saja akan merasa bingung bagaimana cara mengisinya.

Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali
Cara Isi Ulang Token Listrik

Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari ? Sebelum masuk ke pembahasan ada baiknya kita mengetahui langkah-langkah untuk mengisi ulang token listrik dengan mudah, yakni diantaranya :

  • Siapkan Nomor Meteran/ID Pelanggan dan uang tunai sesuai dengan nominal yang ingin diisi ulang.
  • Cari gerai resmi atau agen resmi PLN terdekat, seperti minimarket atau kios listrik.
  • Berikan Nomor Meteran/ID Pelanggan kepada petugas yang melayani pembelian kamu.
  • Sampaikan kepada petugas berapa jumlah token yang ingin diisi ulang ke dalam Nomor Meteran/ID Pelanggan.
  • Tunggu beberapa saat hingga petugas menyelesaikan proses transaksi dan petugas akan memberikan ID Pelanggan baru yang berisi jumlah kredit, sesuai dengan uang yang dibayarkan.
  • Masukkan ID Pelanggan baru kedalam meteran listrik rumah kamu.
  • Maka secara otomatis, token listrik akan bertambah. Untuk memastikan nya kamu bisa cek jumlahnya di meteran listrik.

Namun saat ini banyak sekali alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengisi ulang listrik prabayar dirumah. Seperti melalui m-banking, aplikasi pihak ketiga seperti Mocipay dan Mitra Top Up dan masih banyak lagi.

Nominal Pembelian Token Listrik

Dalam pengisian token listrik terdapat nominal pembelian yang telah ditentukan langsung dari pihak PLN. Sistem ini diterapkan dengan segala kemudahan yang bisa dirasakan langsung oleh pelanggan PLN. Jadi kamu tidak perlu mempertanyakan lagi untuk nominal pembelian token listrik kepada petugas PLN.

Berikut adalah nominal pengisian token dan jumlah kWh listrik prabayar yang bisa kamu beli, diantaranya :

Baca Juga :  Cara Beli Koin TikTok Pakai Pulsa Telkomsel dan Cek Sisa Saldonya dengan Mudah
Nominal Jumlah kWh
1.000.000 659,7 kWh
500.000 328,9 kWh
250.000 132.3 kWh
100.000 66,2 kWh
50.000 33.1 kWh
20.000 13,2 kWh

 

Apakah Bisa Isi Token Listrik 2 Kali Sehari

Pembelian token listrik adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari di rumah. Namun, sering sekali muncul pertanyaan mengenai Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari ?

Jawabannya adalah Bisa, dan  tidak ada batasan maksimum untuk jumlah transaksi pembelian token listrik per hari, termasuk 2 kali sehari atau bahkan lebih sering. Namun, perlu diketahui meskipun tidak memiliki batas maksimum jumlah pengisian tetapi sistem token ini memiliki limit jumlah kWh dalam pengisiannya.

Oleh sebab itu kita harus mengetahui limit kWh pada meteran listrik kita agar dapat menyesuaikan penggunaan listrik dengan pengisian token listrik yang kita lakukan. Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari , kamu juga harus mengetahui penyebab token listrik gagal di masukkan.

Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan?

Sering kali ketika ingin mengisi token listrik namun gagal untuk memasukkan kode token. Hal tersebut memiliki beberapa alasan, diantaranya :

Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan?
Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan?
Penyebab Penjelasan
Kode Token Salah Kode token listrik yang dimasukkan salah bisa menjadi alasan utama gagalnya proses pengisian token. Pastikan kode yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan yang diterima.
Meteran Listrik Rusak Jika meteran listrik Anda rusak atau mengalami kerusakan, tentu saja hal ini akan mengakibatkan token tidak bisa dimasukkan.
Token Sudah Pernah Dimasukkan Jika token sudah pernah dimasukkan sebelumnya, maka Anda tidak bisa memasukkan token yang sama lagi.
Masalah Pada Sistem PLN Terkadang, bisa juga terjadi masalah pada sistem PLN itu sendiri sehingga proses pengisian token menjadi gagal. Jika ini yang terjadi, biasanya PLN akan segera memperbaiki masalah ini.
Over limit kWh Pastikan pengisian token listrik yang anda lakukan dalam sebulan ini tidak melebihi batas maksimal kWh yang ditentukan sesuai dengan daya meteran listrik milik anda

 

Mengetahui Limit pengisian kWh meter

Limit KwH adalah batasan maksimum pembelian token listrik PLN setiap bulannya hanya 720 jam sesuai daya yang dimiliki pelanggan.

Untuk menghitung batas maksimal pembelian setiap bulannya adalah sebagai berikut:

Batas Maksimum kWh= 720 jam x Golongan Daya
Harga Maksimum Pembelian = Batas Maksimum kWh x Harga kWh*

*Harga kWh = cek tarif PLN yang sedang berlaku. Cek tarif listrik juga bisa dilihat di web PLN.

Baca Juga :  5 Cara Salin Tautan Di Tiktok Dapat Uang Dengan Mudah

Contoh:

Berapa limit kWh pada meteran listrik daya 900watt?

Batas Maksimum kWh = 720 jam x (900/1000) = 648 kWh
Harga Maksimum Pembelian = 648 kWh x Rp 1.352 = Rp 876.096

Maka dari itu dalam 1 bulan, pengguna meteren listrik dengan daya 900watt hanya dapat mengisi token dengan jumlah 648 kWh atau Rp Rp 876.096.

Rekomendasi Aplikasi Pembelian Token Listrik Murah

Bagi kamu yang ingin membeli token listrik murah, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain harganya yang murah kamu juga tidak perlu repot untuk keluar rumah saat ingin mengisi token listrik, dan Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari ? kemi merekomendasikan aplikasi Mocipay dan aplikasi Mitra Top Up.

Selain token listrik, aplikasi tersebut juga menjual banyak produk digital seperti pulsa, paket internet, top up game, pembayaran tagihan dan lain sebagainya. Untuk harga token listrik yang diberikan pada aplikasi Mocipay dan aplikasi Mitra Top Up dapat dilihat berikut ini :

Nominal  Harga Normal  Harga Promo
Token PLN 20.000 Rp 22,000 Rp 20,247
Token PLN 50.000 Rp 52,000 Rp 50,297
Token PLN 100.000 Rp 102,000 Rp 100,297
Token PLN 200.000 Rp 202,000 Rp 200,297
Token PLN 500.000 Rp 502,000 Rp 500,500
Token PLN 1.000.000 Rp 1,002,000 Rp 1,000,517

Cukup murah kan? Langsung saja download aplikasi Mocipay dan aplikasi Mitra Top Up hanya di Playstore.

Nama Aplikasi Mocipay
Rating 4.6
Ukuran 4,9 MB
Link Playstore com.mocipay.app
Nama Aplikasi Mocipay
Rating 4.6
Ukuran 4,9 MB
Link Playstore com.mitratopup.app

Baca Juga : 9 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Terbaru 

Penutup

Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali
Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali

PT PLN sebagai penyedia layanan listrik negara menyediakan sistem listrik dalam 2 layanan yaitu listrik pascabayar dengan pembayaran bulanan dan listrik prabayar dengan  pulsa/token sebelum menggunakan listrik.

Pertanyaan tentang Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari sudah terjawab di pembahasan di atas, tidak ada batasan maksimum untuk jumlah transaksi pembelian token listrik per hari, termasuk 2 kali sehari atau bahkan lebih sering. namun pengisian token memiliki limit kWh atau batas maksimum pengisian kWh perbulan. Sehingga pelanggan perlu mengetahui limit kWh dari meteran listrik yang dimiliki.

Demikian pembahasan tentang Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari. Semoga artikel ini bermanfaat khusus nya bagi pembaca yang sedang mencari info tentang Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali  Dalam Sehari. Terima Kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya