10 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop – Laptop sudah menjadi perangkat yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita menggunakan laptop sebagai alat untuk bekerja, belajar dan juga hiburan.

Untuk membuat laptop kita terlihat unik atau memberikan sedikit sentuhan pribadi, seringkali kita menempelkan beberapa stiker pada permukaannya. Namun, ketika kita ingin mengganti stiker atau memberikan penampilan baru pada laptop, seringkali bekas lem atau residu stiker sulit untuk di hilangkan.

Artikel ini akan memberikan panduan praktis tentang cara menghilangkan bekas stiker di laptop agar tampilan laptop kamu tetap bersih, seperti baru dan juga terawat.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop
Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop

Ada beberapa cara menghilangkan bekas stiker di laptop yang dapat kamu lakukan. Kamu tidak perlu khawatir, karena cara yang akan ami bahas menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk kamu temukan, karena sebagian bahan-bahan nya berasal dari yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa caranya:

Menggunakan Alkohol

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Alkohol
Alkohol (sumber: onemedstore.id)

Cara menghilangkan bekas stiker di laptop dapat juga menggunakan Alkohol dengan konsentrasi 70% atau lebih tinggi sangat efektif dalam menghapus residu stiker yang ada pada permukaan laptop.

Selain cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan Alkohol. Alkohol juga memiliki berbagai kegunaan lain baik secara medis, industri, maupun rumah tangga.

Berikut adalah beberapa kegunaan umum dari alkohol:

  1. Desinfektan: Alkohol sering digunakan sebagai desinfektan untuk membersihkan dan membunuh mikroorganisme pada permukaan kulit sebelum prosedur medis atau penyuntikan
  2. Pembersih: Alkohol juga dapat digunakan sebagai pembersih umum seperti permukaan dari noda, kotoran bahkan menghilangkan bekas stiker di laptop
  3. Pelarut: Alkohol juga digunakan sebagai pelarut dalam berbagai proses industri seperti produksi cat, tinta dan perekat
  4. Pendingin: Alkohol sering digunakan sebagai pendingin dalam mesin atau peralatan yang memerlukan suhu rendah
  5. Pengawet: Alkohol juga  dapat digunakan sebagai bahan pengawet dalam produk kosmetik, parfum atau obat-obatan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang merusak
  6. Campuran minuman: Alkohol juga biasanya ditemukan dalam minuman beralkohol yang di konsumsi oleh sebagian manusia.

Itulah beberapa kegunaan umum dari alkohol. Penting untuk diingat bahwa penggunaan alkohol harus dilakukan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat. Selalu perhatikan petunjuk penggunaan, keamanan, dan langkah-langkah pencegahan yang diberikan oleh produsen saat menggunakan alkohol.

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Menggunakan Alkohol

Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan alkohol antara lain sebagai berikut:

  • Pastikan laptop dalam kondisi mati dan terputus dari sumber daya listrik
  • Ambil beberapa kapas atau kain  lembut dengan sedikit alkohol
  • Basahi kapas atau kain lembut dengan sedikit alkohol
  • Tempel kan kapas atau kain lembut yang telah di basahi pada bekas stiker dan tekan perlahan-lahan. Biarkan alkohol meresap ke residu stiker selama beberapa detik
  • Gosok secara perlahan-lahan dalam gerakan melingkar untuk mengangkat residu stiker, Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak permukaan laptop
  • Ulangi langkah-langkah di atas jika diperlukan hingga bekas stiker hilang sepenuhnya
  • Setelah bekas stiker hilang, bersihkan permukaan laptop dengan kain bersih dan kering
  • Selesai.

Pastikan untuk menggunakan alkohol dengan bijak dan hindari mengaplikasikannya ke bagian yang sensitif seperti area pada logo atau tulisan yang dicetak langsung pada permukaan laptop. Selalu lakukan tes pada area kecil yang tidak terlihat terlebih dahulu untuk memastikan bahwa alkohol tidak merusak atau merusak permukaan laptop kamu yaa.

Menggunakan Nail Polish

Cara menghilangkan bekas stiker di laptop Menggunakan Nail Polish
Nail Polish (sumber: tokopedia.com)

Nail Polish adalah sebuah produk yang digunakan untuk melapisi dan menghias kuku. Biasanya, Nail Polish terdiri dari campuran pigmen, larutan pelarut dan bahan pengeras yang memberikan warna dan kilau pada kuku.

Bukan hanya itu, cara menghilangkan bekas stiker di laptop dapat juga menggunakan produk dari Nail Polish. Kandungan alkohol yang ada pada Nail Polish dapat mengangkat bekas lem dari stiker yang membandel dan menempel pada laptop kamu.

Baca Juga :  8 Cara Melihat Postingan IG Yang Di Private Tanpa Follow

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Menggunakan Nail Polish

Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan nail polish antara lain sebagai berikut:

  • Pastikan laptop dalam kondisi mati dan terputus dari sumber daya listrik
  • Ambil beberapa kapas atau kain  lembut dengan nail polish
  • Basahi kapas atau kain lembut dengan nail polish
  • Tempelkan kapas atau kain lembut yang telah di basahi pada bekas stiker dan tekan perlahan-lahan. Biarkan nail polish meresap ke residu stiker selama beberapa detik
  • Gosok secara perlahan-lahan dalam gerakan melingkar untuk mengangkat residu stiker, Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak permukaan laptop
  • Ulangi langkah-langkah di atas jika diperlukan hingga bekas stiker hilang sepenuhnya
  • Setelah bekas stiker hilang, bersihkan permukaan laptop dengan kain bersih dan kering
  • Selesai.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan Nail Polish dengan bijak dan hindari mengaplikasikannya ke bagian yang sensitif seperti area pada logo atau tulisan yang dicetak langsung pada permukaan laptop. Selalu lakukan tes pada area kecil yang tidak terlihat terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Nail Polish tidak merusak atau merusak permukaan laptop kamu yaa.

Baca artikel menarik disini: 6 Cara Menghilangkan Coretan di Foto Tanpa Aplikasi

Menggunakan Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Mudah Menggunakan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun (sumber: alodokter.com)

Minyak Zaitun adalah Minyak yang di ekstrak dari buah zaitun (Olea Europaea). Buah zaitun adalah buah yang tumbuh di pohon zaitun yang biasanya ditemukan di daerah Mediterania. Pada umumnya minyak zaitun digunakan selama ribuan tahun dan dihargai karena memiliki manfaat kesehatan dan kegunaannya dalam masakan.

Selain itu Minyak Zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan untuk cara menghilangkan bekas stiker di laptop lho. Lantas bagaimana cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan minyak zaitun?

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Menggunakan Minyak Zaitun

Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan minyak zaitun antara lain sebagai berikut:

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati dan terputus dari sumber daya listrik
  2. Ambil beberapa kapas atau kain  lembut dengan sedikit minyak zaitun
  3. Basahi kapas atau kain lembut dengan Minyak zaitun
  4. Tempel kan kapas atau kain lembut yang telah di basahi pada bekas stiker dan tekan perlahan-lahan. Biarkan minyak zaitun meresap ke residu stiker selama beberapa detik
  5. Gosok secara perlahan-lahan dalam gerakan melingkar untuk mengangkat residu stiker, Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak permukaan laptop
  6. Ulangi langkah-langkah di atas jika diperlukan hingga bekas stiker hilang sepenuhnya
  7. Setelah bekas stiker hilang, bersihkan permukaan laptop dengan kain bersih dan kering
  8. Selesai.

Pastikan untuk menggunakan Minyak Zaitun dengan bijak dan hindari mengaplikasikannya ke bagian yang sensitif seperti area pada logo atau tulisan yang dicetak langsung pada permukaan laptop. Selalu lakukan tes pada area kecil yang tidak terlihat terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Minyak Zaitun tidak merusak atau merusak permukaan laptop kamu yaa.

Untuk mendapatkan produk dari Minyak Zaitun, kamu dapat membelinya melalui toko online (marketplace) seperti Shopee, Tokopedia, Lazada atau toko online lainnya. Selain itu kamu juga bisa mendapatkannya pada toko offline seperti Apotik terdekat di wilayah mu

Menggunakan Body Scrub

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Mudah Menggunakan Body Scrub
Body Scrub (sumber: tokopedia.com)

Body Scrub adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk membersihkan dan mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan tubuh. Biasanya Body Scrub memiliki butiran-butiran halus atau partikel abrasif seperti gula, garam, biji-bijian atau bahan alami lainnya.

Bukan hanya dapat digunakan sebagai produk kecantikan dan perawatan, Body Scrub ternyata dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas stiker pada laptop. Body Scrub memiliki bahan yang kasar, sehingga jika di aplikasi kan pada bekas stiker maka dapat menggulung bekas residu atau bekas stiker pada saat di gosok kan ke area bagian laptop yang ada bekas stiker nya.

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Menggunakan Body Scrub

Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan body scrub antara lain sebagai berikut:

  • Ambil beberapa olesan body scrub dan tempel kan ke area yang ada bekas stiker nya
  • Lalu gosok secara perlahan-lahan dalam gerakan melingkar untuk mengangkat residu stiker, Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak permukaan laptop
  • Ulangi langkah-langkah di atas jika diperlukan hingga bekas stiker hilang sepenuhnya
  • Setelah bekas stiker hilang, bersihkan permukaan laptop
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Pancingan Di Harvest Moon Back To Nature

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Mudah Menggunakan Minyak Kayu Putih
Minyak Kayu Putih (sumber: klikindomaret.com)

Minyak Kayu Putih adalah minyak esensial yang di ekstraki dari daun dan ranting pohon kayu putih (Melaleuca Alternifolia). Pohon kayu putih adalah jenis tanaman yang awalnya berasal dari negara Australia. Minyak kayu putih memiliki aroma yang khas dan segar dengan sentuhan balsamik.

Pada umumnya, minyak kayu putih berguna sebagai minyak obat masuk angin. Namun, Minyak kayu putih ternyata memiliki banyak manfaat dan kegunaan lain salah satunya yaitu untuk cara menghilangkan bekas stiker di laptop.

Langkah-langkahnya cukup mudah, tuangkan saja beberapa tetes minyak kayu putih ke bagian bekas stiker di laptop, kemudian mulailah menggosok-gosok secsra perlahan menggunakan kain bekas yang lebut ataupun tisu.

Apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan bekas stiker?

Melansir dari situs web dan owner dari reydecal.id mengatakan bahwa membersihkan noda-noda stiker memang bisa menggunakan minyak kayu putih.

Menggunakan Tisu Basah

Tisu basah adalah sejenis tisu yang telah di basahi dengan cairan pembersih atau cairan yang mengandung bahan kimia yang pada umumnya  digunakan membersihkan permukaan yang kotor. Tisu basah biasanya di kemas dalam kemasan yang mudah dibawa dan mudah untuk digunakan.

Bukan hanya itu, cara menghilangkan bekas stiker di laptop dapat juga menggunakan Tisu Basah lho. Kamu juga mengambil beberapa lembar tisu basah, kemudian menggosokkannya ke laptop yang terdapat bekas stikernya.

Menggunakan Selai Kacang

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Mudah Menggunakan Selai Kacang
Selai Kacang

Selai Kacang adalah pasta atau selai yang terbuat dari kacang tanah. Kacang tanah diolah menjadi pasta yang halus dan kental dengan menambahkan bahan-bahan seperti minyak kacang, gula, garam dan kadang-kadang bahan campuran seperti pengemulsi atau stabilizer.

Cara menghilangkan bekas stiker di laptop dapat juga menggunakan selai kacang. Caranya cukup mudah, cukup mengoleskannya secara merata ke bagian laptop yang terdapat bekas stiker nya, diamkan beberapa saat dan mulailah menggosokannya secara perlahan-lahan menggunakan kain tebal dan menyerap, lalu bersihkan menggunakan kain basah yang bersih.

Menggunakan Minyak Goreng dan Campuran Baking Soda

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Mudah Menggunakan Minyak Goreng dan Campuran Baking Soda
Minyak Goreng dan Campuran Baking Soda

Bukan hanya digunakan sebagai campuran untuk membuat kue saja, ternyata minyak goreng dan campuran baking soda juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas stiker di laptop.

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Menggunakan Minyak Goreng dan Campuran Baking Soda

Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan minyak goreng dan campuran baking soda antara lain sebagai berikut:

  1. Campur kan minyak goreng dan baking soda secukupnya
  2. Jika sudah, oleskan ke bagian laptop yang terdapat bekas stiker nya
  3. Diamkan hingga beberapa saat
  4. Kemudian jika sudah mengering, kikis lah bagian laptop yang sudah di olesi menggunakan benda tipis dan keras seperti bekas kartu ATM yang tidak di pakai lagi, sarang kartu HP (hindari menggunakan benda tajam dan runcing agar tidak merusak permukaan atau body laptop kamu)
  5. Setelah bekas stiker hilang, bersihkan permukaan laptop dengan kain bersih dan kering
  6. Selesai.

Menggunakan Sabun Cairan Cuci Piring

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Mudah Menggunakan Sabun Cairan Cuci Piring
Sabun Cairan Cuci Piring (sumber: flexypack.com)

Sabun cuci piring adalah produk pembersih yang dirancang mencuci peralatan dapur terutama piring, gelas dan lat makan lainnya. Sabun cuci ping biasanya mengandung bahan-bahan seperti surfaktan, pengharum dan bahan tambahan lainnya yang membantu menghilangkan lemak, minyak, kotoran bahkan bekas stiker sekalipun yang menempel pada permukaan laptop.

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan sabun cuci piring, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Persiapkan sabun cuci piring, air hangat dan kain lembut atau spons
  • Bersihkan permukaan laptop dengan lap bersih dan kering untuk menghilangkan debu atau kotoran yang ada di sekitar bekas stiker
  • Campur sedikit sabun cuci piring dengan air hangat dalam mangkuk kecil atau wadah
  • Celupkan kain lembut atau spons ke dalam campuran sabung dan air hangat tersebut. Pastikan kain cukup basah, tetapi tidak terlalu basah sehingga tidak merembes ke dalam laptop
  • Tempel kan kain yang sudah di basahi pada bekas stiker laptop dan biarkan selama beberapa menit agar air sabun dapat meresap ke dalam stiker
  • Setelah beberapa menit, gosok perlahan bekas stiker dengan gerakan melingkar menggunakan kain yang sudah di basahi tadi (hindari menggosok terlalu keras untuk menghindari kerusakan pada permukaan laptop)
  • Setelah berhasil menghapus stiker, basuh permukaan laptop dengan menggunakan lap bersih yang di basahi dengan air biasa untuk menghilangkan residu sabun
  • Terakhir, lap kembali permukaan laptop dengan lap kering untuk mengeringkan sepenuhnya
  • Selesai.
Baca Juga :  8 Cara Dapat Saldo OVO Gratis Langsung Cair

Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati dan jangan menggores atau merusak permukaan laptop selama proses ini. Jika kamu merasa tidak yakin atau khawatir merusak laptop, lebih baik berkonsultasi dengan ahli perbaikan atau teknisi komputer yaa.

Menggunakan Kain Microfiber

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Laptop Dengan Mudah Menggunakan Kain Microfiber
Kain Microfiber

Cara menghilangkan bekas stiker di laptop yang terakhir adalah menggunakan kain Microfiber. Kain Microfiber adalah jenis kain yang terbuat dari serat sintetis yang sangat halus, biasanya terbuat dari poliester dan poliamida. Serat-serat ini di rancang untuk menjadi sangat halus dan rapat sehingga memiliki daya serap yang tinggi dan kemampuan pembersihan yang efektif.

Langkah-langkah Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Menggunakan Kain Microfiber

Untuk cara menghilangkan bekas stiker di laptop menggunakan kain Microfiber, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan kain microfiber yang bersih dan lembut
  2. Basahi kain dengan menggunakan air bersih
  3. Tempel kan kain microfiber yang sudah di basahi ke bekas stiker
  4. Gosok perlahan bekas stiker dengan gerakan melingkar menggunakan kain yang sudah di basahi tadi (hindari menggosok terlalu keras untuk menghindari kerusakan pada permukaan laptop)
  5. Jika bekas stiker belum terangkat sepenuhnya, kamu bisa menambahkan sedikit cairan yang telah disebutkan dari salah satu cara-cara diatas yaa
  6. Setelah bekas stiker terangkat, bersihkan sisa cairan menggunakan kain microfiber
  7. Terakhir, keringkan permukaan laptop dengan kain microfiber yang bersih dan kering untuk menghindari kelembapan yang berlebihan
  8. Selesai.

Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati dan jangan menggores atau merusak permukaan laptop selama proses ini. Jika kamu merasa tidak yakin atau khawatir merusak laptop, lebih baik berkonsultasi dengan ahli perbaikan atau teknisi komputer.

DISCLAIMER:

Jika anda merasa tidak yakin atau tidak memiliki keahlian yang cukup, disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis atau ahli dalam merawat dan membersihkan laptop. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasehat profesional, dan penggunaan informasi dalam artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna.

Tips Memilih Cara Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop

Tips Keterangan
Bahan Alami Gunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun atau cuka sari apel. Oleskan pada bekas stiker, biarkan beberapa menit, lalu gosok dengan kain lembut.
Alkohol Gunakan alkohol atau pembersih berbasis alkohol yang dapat menghilangkan residu lengket tanpa merusak permukaan laptop.
Kain Mikrofiber Gunakan kain mikrofiber untuk menggosok bekas stiker. Kain ini lembut dan tidak akan menggores permukaan laptop.
Pembersih Khusus Ada produk pembersih khusus yang dirancang untuk menghilangkan residu stiker dari permukaan elektronik. Pastikan untuk memilih produk yang aman untuk laptop.
Uji Coba Sebelum mengaplikasikan cara apapun, lakukan uji coba kecil di area yang tidak terlihat. Ini akan memastikan bahwa metode yang Anda pilih tidak merusak atau meninggalkan bekas pada laptop Anda.

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop
Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas stiker di laptop dengan mudah kamu ikuti. Cara menghilangkan bekas stiker di laptop sebenarnya bukanlah tugas yang sulit jika kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas dengan tepat. Selain itu jika ada sisa-sisa lem yang sulit untuk di hilangkan, kamu dapat mencoba menggunakan lem perekat semprot sebagai solusi tambahan.

Penting untuk diingat bahwa kamu harus berhati-hati saat melakukan proses penghilangan bekas stiker ini untuk menghindari kerusakan pada permukaan laptop. Selalu lakukan dengan gerapan yang lembut dan hindari penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak laptop kamu yaa, seperti benda tajam atau bahan kimia yang sangat keras.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat menghilangkan bekas stiker di laptop dengan sangat mudah dan menjaga tampilan laptop kamu tetap bersih dan terawat.

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya