7 Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster: Semut TV Langsung Hilang

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster solusi praktis yang harus diketahui terutama jika ingin menghemat biaya pembelian dan pemasangan perangkat tambahan.

Selain itu, ini juga bermanfaat untuk memastikan TV dapat menangkap sinyal secara alami tanpa memerlukan penguat sinyal tambahan, seperti booster.

Agar TV jernih tanpa booster ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu memastikan kabel terpasang dengan benar dan tidak mencuat keluar. Untuk informasi selengkapnya, silahkan ikuti pembahasan pada artikel ini sampai selesai ya!

Apa Fungsi Booster pada Antena TV?

Apa Fungsi Booster pada Antena TV
Apa Fungsi Booster pada Antena TV

Booster TV antena TV memiliki beragam manfaat yang menguntungkan untuk tontonan kamu dirumah. Karena menggunakan booter TV di rumah bisa menangkap sinyam menjadi lebih kuat, sehingga gambar TV tidak kabur.

Adapun fungsi booster pada tv yaitu untuk mengurangi adanya gangguan dan interferensi yang membuat sinyal menjadi kurang bagus. Masalah ini bisa membuat gambar TV menjadi putus-putus bahkan berkedip-kedip.

  • Menggunakan booster bisa memperkuat sinyal dan pengguna juga bisa menikmati tayangan tv tanpa adanya gangguan.
  • Membantu jangkauan tangkapan sinyal pada tv menjadi lebih luas.
  • Mudah dipasang dan bisa digunakan secara langsung.
  • Tayangan tv menjadi lebih berkualitas.

Penyebab Tampilan Gambar TV Tidak Jernih

Sebelum mengulik lebih lanjut terkait cara agar TV jernih tanpa booster, berikut akan dibahas beberapa faktor penyebab tampilan gambar televisi yang digunakan berkedip-kedip dan tidak jernih.

Posisi Antena Salah

Tak heran sampai saat ini banyak orang yang mencari cara agar TV jernih tanpa antena tanpa memperhatikan faktor penyebab dari gambar menjadi buruk. Faktor penyebab gambar TV tidak jernih adalah posisi antena yang tidak benar.

Akibat dari hal tersebut, kualitas sinyal yang berikan akan menjadi lebih buruk. Seperti pada prinsipnyam semakin tinggi posisi antena maka semakin mudah menemukan sinyal. Jadi pastikan antena tidak berada dalam posisi yang rendah.

Antena Sudah Usang

Usia antena juga mempengaruhi kemampuannya untuk menangkap sinyal. Apabila antena yang digunakan sudah tua dan usang, sebaiknya ganti dengan antena baru agar kualitas gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan tidak berkedip-kedip.

Baca Juga :  5 Cara Memindahkan WhatsApp Dari Android Ke Iphone Terbaru

Salah Pilih Antena

Secara umum, antena hadir dalam berbagai variasi dan tipe, yakni tipe digital dan juga antena analog atau standar. Apabila antena yang digunakan tidak sesuai, gambar dan suara televisi yang dihasilkan menjadi tidak jernih.

Apakah TV Bisa Jernih Tanpa Menggunakan Booster?

Bagi pengguna antena TV digital, pertanyaan “Apakah TV bisa jernih tanpa menggunakan booster?” hal yang wajib diketahui.

Jadi, gambar tv bisa jernih tanpa menggunakan booster. Karena kualitas gambar tergantung pada beberapa faktor seperti resolusi sumber gambar, kualitas sinyal, pengaturan gambar, dan kondisi layar TV itu sendiri.

Apabila kamu menggunakan sumber kualitas tinggi, seperti sinyal digital atau koneksi HDMI, serta mengatur pengaturan gambar dengan benar, tampilan gambar di TV akan lebih jernih tanpa menggunakan booster sinyal tambahan.

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster
Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster

Terdapat beberapa cara agar TV tanpa booster yang bisa kamu coba, salah satunya adalah dengan mengecek peletakan kondisi pada kabel. Untuk mengetahui cara lain membuat TV yang buram menjadi jernih tanpa booster, simak informasi penjelasan dibawah ini selengkapnya.

1. Cek Kondisi Kabel

Cara agar TV jernih tanpa booster pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan memastikan kondisi kabel terpasang dengan benar ke televisi.

Pasalnya, jika terdapat kabel yang longgar yang mencuat keluar, maka tampilan gambar akan kabur seperti semut dan suara yang keluar tidak jelas.

Apabila kabel mencuat, itu artinya kabel harus diganti dengan yang baru. Karena kondisi kabel yang mencuat menandakan ada bagian kabel yang rusak.

2. Lapisi Antena dengan Kertas Timah atau Alumanium Foil

Lapisi Antena dengan Kertas Timah atau Alumanium Foil
Lapisi Antena dengan Kertas Timah atau Alumanium Foil

Biasanya, logam yang ada di sekitar antena bisa mengganggu penangkapan sinyal. Tetapi hal ini tidak berlaku apabila logam disatukan dengan antena. Cara agar TV jernih tanpa booster hanya perlu membukus antena dengan kertas timah.

Hal ini dikarenakan kertas timah atau aluminium foil diklaim mampu memperkuat daya tangkap sinyal pada antena. Pelapisan antena dengan kertas timah memiliki sifat konduktivitas yang efektif menangkap gelombang elektromagnetik.

Dengan hal ini, cara agar TV jernih tanpa booster akan membuat kemampuan antena untuk menangkap sinyal siaran menjadi lebih kuat sehingga kualitas gambar dan suara yang diperoleh semakin jelas.

3. Arahkan Antena ke Pemancaran Terdekat

Arahkan Antena ke Pemancaran Terdekat
Arahkan Antena ke Pemancaran Terdekat

Jika dibandingkan dengan antena indoor, memilih antena outdoor akan menjadi pilihan tepat dalam hal daya tangkap sinyal. Karena antena outdoor tidak memiliki banyak elemen penghalang yang akan menghambat masuknya sinyal.

Meski tidak secara otomatis membuat tampilan TV menjadi jernih, namun ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan gambar di TV menjadi jernih :

  • Posisikan antena pada ketinggian yang optimal,
  • Semakin tinggi posisi antena makin mudah menangkap sinyal.
  • Pasang antena pada ketinggian 3 – 7 meter.
  • Arahkan antena ke stasiun pemancar terdekat.
Baca Juga :  7 Cara Agar Pemilik WIFI Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya Mudah

4. Bersihkan Antena

Memastikan antena tetap bersih dan bebas dari kotoran debu termasuk sebuah cara agar TV jernih tanpa booster. Karena seiring waktu penggunaannya, kemungkinan antena televisi yang dimiliki menjadi kotor berdebu atau berkarat akibat proses oksidasi.

Akibat dari hal tersebut akan berpengaruh pada kemampuan antena menangkap sinyal. Jadi, cara agar tv jernih tanpa booster, bersihkan antena secara berkala dari debu dan gunakan semprot penghilang karat jika diperlukan.

5. Jauhkan Antena dari Logam

Banyak pengguna antena mengklaim bahwa, antena TV indoor kurang mampu menayangkan gambar dan suara televisi yang berkualitas sehingga memerlukan bantuan booster.

Tanpa disadari, hasil tangkapan sinyal dari antena indoor terganggu akibat letaknya yang berdekatan dengan unsur logam yang ada di dalam rumah. Seperti besi, akan dengan mudah mengintervensi tangkapan sinyal dari antena.

Jadi, cara agar tv jernih tanpa booster, sebaiknya jauhkan antena dengan benda yang mengandung unsur logam agar gambar dan suara televisi menjadi lebih jernih.

6. Gunakan Dua Antena

Cara agar TV jernih tanpa booster terakhir juga dapat dilakukan dengan menggunakan 2 antena sekaligus. Pasalnya, tidak semua stasiun pemancar berada pada lokasi dengan arah yang sama.

Jadi, solusi yang bisa diambil yaitu menggunakan dua antena pada satu televisi. Nah, kedua antena ini digabunkan dengan alat UHF Digital Antena Mixer.

Apakah Arah Antena Berpengaruh pada TV Digital?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya terkait cara agar TV jernih tanpa booster diperlukan beberapa tindakan seperti peletakan antena. Jadi posisi antena mempengaruhi kualitas sinyal digital yang akan di dapatakan.

Jika arah antena terlalu jauh dari posisi pemancar sinyal, kemungkinan antena akan kesulitan menangkap sinyal digital secara maksimal. Keterbatasan jangkauan sinyal juga dapat menyebabkan sinyak TV digital tidak stabil.

Jadi, kamu perlu memastikan letak antena sudah memungkinkan untuk menangkap sinyal pemancar dengan baik. Pastikan jarak antara antena dan TV tidak terhalang apa pun, seperti lemari atau tembok.

Baca Juga :  10 Cara Mengetahui HP Disadap: Waspadai Ciri-Ciri Ini!

Tips Agar Gambar TV Jernih dan Tajam

Selain beberapa cara agar TV jernih tanpa booster diatas, ada tips dan trik mudah yang bisa kamu coba pada antena televisi agar gambar yang dihasilkan menjadi jernih dan tajam dibawah ini.

  • Periksa Kabel dan Sinyal – Pastikan kabel antara tv dan sumber gambar, seperti dekoder kabel, pemutaran DVD, atau perangkat streaming terhubung dengan baik dan tidak rusak. Karena sinyal yang lemah atau kabel yang rusak dapat menyebabkan gambar menjadi buram atau terdistorsi.
  • Bersihkan Layar Secara Teratur – Gunakan kain mikrofiber yang lembut dan bersih untuk membersihkan debu dan sidik jari dari layar tv. Hindari menggunakan cairan pembersih yang keras, cukup gunakan air atau larutan pembersih khusus TV jika diperlukan.
  • Gunakan Sumber Sinyal Berkualitas – Pastikan kamu menggunakan sumber sinyal yang berkualitas tinggi, seperti sinyal digital atau kabel HDMI, untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam dan jernih.
  • Hindari Tumpukan Objek – Hindari menumpuk objek di depan atau disektiar TV, karena hal ini dapat menghalangi sinyal dan menyebabkan gangguan pada gambar.
  • Sesuaikan Pengaturan Gambar – Gunakan pengaturan gambar pada TV yang direkomendasikan untuk mengoptimalkan kecerahan, kontraks, ketajaman, dan warna. Karena setiap TV memiliki pengaturan yang berbeda.

Rekomendasi Merk Antena TV yang Bagus dan Terbaik

Antena adalah alat yang sulit dipisahkan dari sebuah televisi. Untuk menyaksikan siaran televisi yang jernih dan jelas, kamu harus memiliki antena yang bagus.

Antena hadir dalam berbagai variasi dan tipe, yakni tipe digital dan juga antena analog atau standar. Sebagai alat yang banyak dibutuhkan, berikut beberapa rekomendasi merk antena TV yang bagus.

  • Toyosaki
  • PF
  • Intra
  • PX
  • Arashi
  • Krisbow UVR-AV209
  • Sanex
  • Aoki
  • Advance
  • Taffware

Postingan Menarik Lainnya : 7 Cara Mengembalikan Suara TV Digital Yang Hilang

Kesimpulan

Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster
Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster

Itulah beberapa cara agar TV jernih tanpa booster yang bisa kamu coba. Meski semua cara diatas dapat membantu, namun dalam beberapa kasus penggunaan booster sangat diperlukan. Karena ketika sinyal TV lemah atau terputus dan kamu berada di daerah dengan sinyal yang buruk, penggunaan booster sinyal mungkin diperlukan untuk memperkuat sinyal televisi dan memastikan kualitas gambar menjadi lebih optimal dan jernih.

Artikel Menarik Lainnya