8 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Tanpa Perlu Service

Mengetahui Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air dapat membantu kamu memulihkan fungsi speaker menghemat biaya perbaikan yang mahal.

Secara umum, untuk mengatasi speaker handphone yang kemasukan air dapat dilakukan melalui beberapa metode, yakni dengan memasukkan perangkat ke dalam beras atau mengeringkan menggunakan hairdryer. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur atau aplikasi khusus yang berfungsi untuk membersihkan partikel yang ada di dalam speaker, seperti aplikasi Speaker Cleaner.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Saat speaker handphone kemasukan air, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan agar air yang masuk ke dalam speaker tersebut kering atau keluar dari dalam perangkat tersebut.

Karena ada banyak risiko yang terjadi apabila air mengendap di dalam speaker, contohnya saja suara yang dihasilkan oleh ponsel tersebut tidak jelas dan cenderung pecah. Adapun beberapa cara mengatasi speaker hp kemasukan air yaitu sebagai berikut.

1. Segera Matikan Perangkat

Segera Matikan Perangkat
Segera Matikan Perangkat

Cara mengatasi speaker hp kemasukan air pertama yaitu mematikan perangkat yang digunakan dan keluarkan kartu SIM dan memori yang terdapat di dalam smartphone. Selanjutnya, arahkan Hp ke bagian tertentu agar air yang ada di dalam speaker bisa keluar.

Kamu bisa menggunakan kain bersih atau kapas untuk membantu mengeringkan air dan menggunakan kipas angin agar air cepat kering. Pastikan tidak menyalakan perangkat selama sirkuit ponsel masih basah.

2. Masukkan HP Kedalam Beras

Masukkan HP Kedalam Beras 
Masukkan HP Kedalam Beras

Metode umum yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasi speaker hp kemasukan air yaitu memasukkan ke dalam beras.

Baca Juga :  Cara Mencairkan Limit Home Credit

Meskipun terlihat tidak meyakinkan, namun metode ini sangat efektif dilakukan karena beras mampu menyerap kelembapan yang ada pada speaker. Tetapi pastikan semua bagian ponsel tertutupi oleh beras.

Cara mengatasi speaker hp kemasukan air menggunakan beras ini bisa dilakukan selama 24 jam untuk memastikan bagian yang basah sudah mengering sepenuhnya.

3. Gunakan Kain Microfiber

Gunakan Kain Microfiber 
Gunakan Kain Microfiber

Kain Microfiber merupakan salah satu metode praktis yang diklaim mampu mengatasi speaker hp kemasukan air. Karena kain ini mampu menyerap air dengan cepat dan memiliki tekstur halus.

Sebelum membersihkan bagian speaker, pastikan untuk melepas bagian kartu SIM, memori, atau baterai (jika baterai lepas pasang).

Selanjutnya keringkan bagian yang basah dan hindari mengisi data saat perangkat masih berair untuk menghindari korslet yang akan merusak perangkat.

4. Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Menggunakan HairDryer

Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Menggunakan HairDryer
Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Menggunakan HairDryer

Hairdryer merupakan alat pengering rambut yang menghantarkan energi listrik menjadi energi panas. Faktanya, alat ini sampai sekarang banyak digunakan untuk mengatasi speaker Hp yang kemasukan air dan telah terbukti sangat membantu.

Untuk cara mengatasi speaker hp kemasukan air menggunakan hairdryer, berikut langkahnya :

  • Copot kartu SIM, memori, dan baterai.
  • Atur suhu yang tidak terlalu panas.
  • Arahkan hairdryer kebagian yang terkena air.

Cara mengatasi speaker hp kemasukan air menggunakan alat ini bisa di lakukan dalam waktu kurang lebih 10 – 15 menit tergantung seberapa banyak air yang masuk ke dalam speaker Hp.

5. Manfaatkan Silica Gel 

Manfaatkan Silica Gel 
Manfaatkan Silica Gel

Silica Gel semacam kantong kecil berisi butiran transparan di dalamnya yang biasa ditemukan pada kotak sepatu atau tas baru. Siapa sangka, ternyata benda ini dapat mengatasi speaker Hp yang kemasukan air.

Baca Juga :  5 Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet, Semua Operator

Untuk caranya sendiri cukup mudah, berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Letakkan ponsel yang sudah dilepas kartu SIM, memori, dan baterai ke dalam wadah.
  • Setelah itu, masukkan beberapa kantong silica gel ke dalam dan tutup wadah dengan rapat.
  • Biarkan selama beberapa jam hingga seluruh kelembapan pada ponsel dan speaker Hp diserap oleh benda tersebut.
  • Apabila ponsel masih lembab dan air masih ada di dalam speaker, ganti silica gel dengan yang baru.

6. Gunakan Fitur Pembersih Air dari HP

Beberapa ponsel canggih kini sudah dilengkapi dengan fitur khusus yang dapat menghilangkan partikel pada speaker, seperti air.

Cara kerjanya adalah dengan menghasilkan suara tinggi dan volume yang keras. Sehingga partikel seperti air dan debu dapat keluar. Untuk menemukan fitur tersebut, kamu bisa mengakses menu pengaturan.

Saat fitur tersebut dijalankan, maka partikel yang ada di dalam speaker tersebut akan terdeteksi dan disarankan pengguna untuk tetap menggunakan bantuan kain untuk mengeringkannya.

7. Menggunakan Aplikasi Speaker Cleaner

Speaker Cleaner adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan setiap pengguna untuk membersihkan partikel yang ada di dalam speaker.

Aplikasi ini dikatakan sangat ampuh untuk mengeluarkan air dari dalam speaker hanya dengan setel volume paling tinggi dan pastikan speaker menghadap ke bawah.

Biasanya speaker akan kembali normal dalam beberapa menit. Tetapi jika air sudah masuk terlalu dalam, kamu perlu mengulangi proses ini hingga beberapa waktu agar air keluar sepenuhnya dari dalam speaker.

8. Membawa ke Pusat Service Hp

Membawa ke Pusat Service Hp
Membawa ke Pusat Service Hp

Apabila sudah melakukan semua cara mengatasi speaker hp kemasukan air diatas, namun tidak ada perubahan, maka alternatif terakhir yaitu membawa ponsel yang dimiliki ke pusat service.

Baca Juga :  Convert Pulsa Ke Dana Minimal 5 Ribu

Terutama jika kerusakannya sudah cukup parah dalam jangka waktu cukup lama. Karena air dengan kandungan asam tinggi seperti air hujan akan membuat perangkat mengalami korasi sehingga sulit untuk dibersihkan.

Selain itu, membawa perangkat ke orang yang lebih ahli dibidang ini akan membantu kamu mengatasi masalah yang akan terjadi dan kerusakan pada ponsel bisa segera diatasi.

Artikel Menarik Lainnya : Penyebab Kenapa Keyboard Hp Lemot dan Solusi Mengatasinya

Penutup

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Nah, itulah beberapa cara mengatasi speaker Hp kemasukan air yang sangat efektif untuk dicoba dan telah terbukti dapat membantu. Namun penting untuk diketahui, cara diatas hanya berlaku untuk speaker yang tidak mengalami kerusakan berat seperti air yang telah masuk ke terlalu banyak kedalam. Karena jika hal tersebut terjadi, solusi yang dapat dilakukan hanya membawa ke pusat service.

Artikel Menarik Lainnya