3 Cara Mengembalikan Akun IG yang Dihapus Permanen

Bagaimana cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen? Hal ini seringkali dilontarkan warga Instagram setelah akun mereka terhapus permanen karena melanggar kebijakan dari platform ini, seperti melakukan spam like atau following berlebihan.

Akun dihapus permanen berarti tidak sementara waktu kemungkinan tidak bisa dipulihkan. Namun melalui halaman ini tim Beadaily memberikan tips dan cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen. Jadi, kembalikan akun anda setelah tuntas membaca halaman ini!

Penyebab Akun IG Dihapus Permanen

Penyebab Akun IG Dihapus Permanen
Penyebab Akun IG Dihapus Permanen

Ketahui terlebih dahulu apa saja alasan akun dihapus permanen sebelum membahas solusinya. Secara umum, akun terhapus permanen karena aktivitas yang melanggar kebijakan Instagram seperti melakukan spam, menjual barang ilegal dan aktivitas online yang mengancam orang lain. Mari selidiki lebih lanjut sebelum membahas cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen.

  • Melanggar Kebijakan Instagram

Untuk menjaga kemanan aktivitas user Instagram akan memblokir akun pengguna yang melanggar kebijakan mereka. Ini dapat mencakup pelanggaran seperti konten yang melanggar hak cipta, perilaku tidak etis, menjual produk ilegal atau aktivitas lain yang sekiranya merugikan pengguna lain.

Perlu anda ketahui Meta akan menindak tegas pengguna yang melanggar kebijakan tersebut. Selain menjaga kenyamanan pengguna yang lain, hal ini bertujuan menjaga integritas platform sebagai salah satu aplikasi sosial media terpopuler.

  • Permintaan Menutup Akun

Selain penutupan akun oleh Instagram, pengguna dapat juga mengajukan untuk menghapus akun mereka. Satu atau dua orang mungkin merasa tidak nyaman dan ingin menghentikan penggunaan media sosial sehingga menutup akun permanen. Penutupan akun ini juga didukung Instagram dengan adanya fitur “penonaktifkan atau penghapusan akun” di aplikasi.

Baca Juga :  7 Cara Convert Pulsa Ke DANA Rate Tinggi, Minimal Convert 30 Ribu

Cara Mengembalikan Akun IG yang Dihapus Permanen

Jika akun Instagram telah dihapus atau hilang, ternyata ada cara untuk mengembalikannya. Namun pastikan proses pemulihan akun belum memasuki waktu lebih dari 30 hari setelah akun dihapus. Berikut cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen untuk anda coba:

1. Mengembalikan Akun yang Dihapus Melalui Menu Privasi

Cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen (bukan oleh pihak Instagram) bisa anda lakukan di login akun Instagram. Adapun ketentuan akun terhapus tidak melebihi waktu 30 hari sejak tanggal menghapus akun. Untuk mengembalikan akun di menu privasi berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

  • Pertama buka aplikasi Instagram
  • Lalu lakukan login menggunakan nama pengguna dan kata sandi
  • Saat proses login akan muncul pop up “ingin terus menggunakan akun ini? pada layar hp
  • Untuk mengambalikan akun Instagram yang dihapus permanen pilih “biarkan akun”
  • Selesai, anda dapat mengoperasikan akun kembali

2. Mengajukan Banding

Cara Mengembalikan Akun IG yang Dihapus Permanen -Ajukan Banding
Ajukan Banding

Kedua, cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen dengan mengajukan banding. Jika anda merasa tidak melakukan pelanggaran maka sebaiknya pulihkan akun secepat mungkin. Di bawah ini langkah-langkah untuk mengembalikan akun Instagram yang sudah dihapus:

  • Buka aplikasi Instagram anda
  • Lalu login menggunakan nomor telepon dan kata sandi
  • Akan muncul halaman berisi ” your account has been disabled for violating our term” yang berarti akun dinonaktifkan pihak Instagram sendiri
  • Untuk mengajukan banding klik tombol appeal
  • Isi form banding dan ajukan
  • Instagram akan meninjau formulir banding dan memulihkan akun jika memang  tidak melakukan pelanggaran berat.

3. Menghubungi pihak Instagram

Menghubungi pihak Instagram salah satu cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen. Selain mengajukan banding, Instagram memliki kontak pengajuan yang membantu anda mengatasi masalah akun yang dihapus permanen. Berikut daftar kontak yang dapat anda hubungi untuk menyelesaikan masalah akun ataupun hal lain yang berhubungan dengan platform ini:

Baca Juga :  Cara Belanja Di Tokopedia 0 Rupiah, Pengguna Baru Tanpa Minimal Pembelian

Jangan lupa sertakan nama pengguna agar pihak Instagram dapat meninjau akun lebih mudah. Biasanya pemulihan akun setelah menghubungi pihak Instagram membutuhkan waktu yang berbeda-beda, namun pada umumnya pengajuan anda akan diproses 3×24 jam.

Berapa Lama Proses Pemulihan Akun Setelah Banding?

Setelah mengetahui cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen, mungkin anda akan mencari berapa lama akun dikembalikan setelah banding. Instagram tidak memberikan waktu pasti untuk pemulihan akun karena setiap kasus berbeda, bahkan beberapa akun tidak bisa dikembalikan karena indikasi berat.

Jika mengajukan banding, Instagram akan meninjau selama 2×24 jam bahkan lebih. Sebaiknya bersabar dan terus memantau notifikasi aplikasi Instagram untuk mendapatkan pembaharuan mengenai status permohonan anda.

Banding melalui aplikasi lebih efektif dibandingkan menghubungi kontak Instagram. Tidak sedikit yang berpendapat pengajuan mereka lebih lama ditanggapi jika menghubungi melalui email. Jika anda dalam masalah yang sama, gunakan kedua cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen diatas.

Bacaan menarik tentang Instagram: 4 Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Tips Mencegah Akun Instagram Terhapus Permanen

Tips Mencegah Akun Instagram Terhapus Permanen
Tips Mencegah Akun Instagram Terhapus Permanen

Saat mencari tau cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen, penting anda ketahui juga langkah mengoperasikan Instagram dengan baik untuk menghindari masalah yang sama kedepannya. Jika ingin menghapus akun pribadi permanen lakukan pertimbangan matang karena pemulihan hanya bisa dilakukan jika waktu penutupan belum mencapai batas waktu yang ditentukan.

Sama halnya untuk akun yang dihapus permanen oleh Instagram sendiri, perlu perhatian khusus dan pastikan akun anda sesuai ketentuan berikut:

  • Mengikuti Pedoman Komunitas

Pastikan konten yang anda bagikan sesuai pedoman komunitas Instagram. Sebaiknya hindari pelanggaran hak cipta, penyontekan konten atau tindakan lain. Instagram akan membatasi akun jika terdeteksi melakukan tindakan yang tidak sesuai. Maka dari itu, pastikan konten dan aktivitas Instagram aman sesuai pedoman mereka.

  • Menjaga Aktivitas Online

Perhatikan akun anda, jangan lakukan aktivitas yang sama berulang-ulang karena Instagram akan mendeteksi sebagai spam. Beberapa contoh aktivitas yang dapat dianggap spam seperti melakukan unfollow/follow dalam jumlah besar di waktu singkat,  like dan komentar berlebihan serta duplikasi konten.

  • Hindai layanan Otomatis

Meskipun layanan bot dapat menambah pengikut dan jangkauan konten sebaiknya hindari penggunaannya karena dapat menyebabkan penangguhan atau penghapusan akun. Jika ingin dikenal secara luas di Instagram mulailah berevolusi dan menghasilkan konten-konten berkualitas.

  • Hindari Penggunaan Konten Tidak Pantas

Bukan tidak jarang Instagram menghapus akun karena mengunggah konten tidak pantas berbaur kekerasan dan pornografi. Pengguna yang lain dapat melaporkan konten dan apapun yang anda bagikan sehingga Instagram menghapus akun. Oleh karena itu, pastikan konten yang anda bagikan tidak melanggar ketentuan layanan mereka.

Penutup

Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM
Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM

Dengan memahami cara mengembalikan akun IG yang dihapus permanen anda bisa memulai proses pemulihan akun sekarang. Berikan waktu Instagram meninjau data banding yang di unggah dan cek notifikasi secara berkala ya sobat. Setelah pulih pastikan anda mengikuti pedoman komunitas agar tidak ada kendala saat menggunakan aplikasi ini. Terima kasih.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Artikel Menarik Lainnya