9 Cara Agar Instagram Tidak Bisa Dicari Orang Lain untuk Privasi!

Beberapa cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain dapat dilakukan demi meningkatkan keamanan privasi. Instagram sendiri merupakan salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh warganet. Baik dari usia muda sampai usia tua, bahkan lembaga penting pun sudah bisa dijumpai di Instagram.

Namun media sosial tersebut kerap kali dijadikan sasaran kejahatan siber. Hal ini menyebabkan beberapa pengguna Instagram menjadi waspada dan memperhatikan keamanan privasinya di media sosial tersebut.

Alasan dan Cara Agar Instagram Tidak Bisa Dicari Orang Lain

Alasan dan Cara Agar Instagram Tidak Bisa Dicari Orang Lain
Alasan dan Cara Agar Instagram Tidak Bisa Dicari Orang Lain

Bukan lagi rahasia umum jika di Instagram kita dapat melihat banyak unggahan konten berupa foto dan video. Unggahan konten tersebut hampir bisa dilihat oleh seluruh pengguna di seluruh dunia. Bahkan dengan kecanggihan teknologi sekarang, akun yang diprivasi pun sudah bisa ditembus.

Begitu pula dengan unggahan konten berupa foto dan video kita yang dapat dilihat oleh seluruh pengguna Instagram. Atas dasar itulah kejahatan siber merajalela dan kita bisa saja menjadi korban selanjutnya.

Contoh kasus yang paling umum dijumpai adalah penyalahgunaan foto dan video diri yang diedit menjadi hal yang tidak senonoh. Tentunya hal tersebut sangat merugikan apalagi jika sudah tersebar luas.

Sebagian pengguna Instagram lainnya merasa tidak nyaman ketika akunnya ditemukan bahkan berhasil dikenali oleh orang lain, baik oleh orang yang kenali di dunia nyata maupun tidak dikenalinya. Sebagian pengguna lainnya pun telah memperhatikan privasinya dengan alasan tertentu.

Ada yang memilih untuk bermain Instagram secara diam-diam dengan menggunakan nama pengguna yang tidak dikenali. Tapi hal ini juga sering gagal karena bisa muncul di rekomendasi teman. Meski begitu, ada cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain.

1. Menghapus Akun Facebook Dari Akun Instagram

Menghapus Akun Facebook Dari Akun Instagram
Menghapus Akun Facebook Dari Akun Instagram

Cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain yang pertama yaitu menghapus tautan akun Facebook dari akun Instagram. Akun Instagram yang bertautan dengan akun Facebook biasanya digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mendaftar Instagram atau masuk ke akun Instagram.

Dengan begitu akan mempermudah pengguna Facebook menemukan akun Instagram kita melalui tab Pencarian.

Cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain yaitu dengan menghapus tautan kedua akun tersebut. Dengan menghapus tautan, orang lain tidak akan mudah menemukan akun Instagram kita.

Langkahnya sebagai berikut:

  • Buka profil pada Instagram
  • Kemudian pilih garis tiga di pojok kanan atas profil Instagram
  • Selanjutnya pilih ‘Setelan dan Privasi
  • Setelah itu pilih opsi ‘Pusat Akun
  • Lalu pilih ‘Akun
  • Terakhir pilih tombol ‘Hapus‘ sejalan dengan akun Facebook
Baca Juga :  5 Cara Melihat Kembali View Once Di Whatsapp, Mudah dan Tanpa Aplikasi Tambahan!

Cara ini dapat dilakukan dari Aplikasi Facebook, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, Log in ke akun Facebook yang dimiliki
  • Kemudian masuk ke menu ‘Pengaturan‘ di Facebook
  • Selanjutnya pilih ‘Pengaturan Halaman
  • Lalu pilih fitur ‘Instagram
  • Setelahnya pilih ‘Putuskan Hubungan Instagram
  • Kemudian klik ‘Putuskan
  • Terakhir pilih ‘Putuskan Hubungan‘ pada pop up yang muncul

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, akun Instagram kita sudah tidak lagi terhubung dengan akun Facebook sehingga tidak akan mudah dicari oleh orang lain.

2. Mengubah Akun Instagram Menjadi Private

Mengubah Akun Instagram Menjadi Private
Mengubah Akun Instagram Menjadi Private

Selanjutnya cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain yaitu mengubah akun menjadi private. Mengubah menjadi private menjadi cara yang paling mudah dilakukan karena unggahan foto dan video akun Instagram yang diprivasi hanya dapat dilihat oleh pengikut kita saja.

Dengan melakukan pengubahan akun menjadi private, orang lain tidak akan mudah mencari akun Instagram kita sehingga unggahan konten berupa foto dan video kita tetap terjaga dari orang lain. Akun privat hanya akan memunculkan nama dan foto profil saja saat dicari orang lain.

Jika ingin melihat isi akun Instagram kita, mereka harus meminta untuk mengikuti kita. Mereka baru bisa melihat setelah kita menyetujuinya permintaan mengikuti. Namun jika Anda tidak mengonfirmasi permintaan mengikuti mereka, maka mereka juga tidak bisa berbuat apa-apa.

Nah, untuk cara mengubah akun agar menjadi privat adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan pada Instagram
  • Kemudian pilih menu ‘Privasi
  • Lalu pilih opsi ‘Akun Pribadi‘ pada bagian atas.

Setelah melakukan cara tersebut, akun kita otomatis akan menjadi private.  Kita juga bisa mengubah akun menjadi terlihat oleh publik kapan saja dengan cara tersebut.

3. Hapus Nomor Telepon Dari Instagram

Hapus Nomor Telepon Dari Instagram
Hapus Nomor Telepon Dari Instagram

Cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain berikutnya yaitu menghapus nomor telepon dari Instagram. Nomor telepon yang terdaftar di akun Instagram kita akan menghubungkan ke daftar kontak. Oleh karena itulah menghapus nomor telepon menjadi salah satu cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain.

Namun perlu diingat bahwa dengan menghapus nomor ini, kita sudah tidak bisa lagi melakukan otentifikasi dua arah. Untuk mengatasinya kita dapat melakukan verifikasi email untuk memudahkan pengguna ketika lupa akun atau sandinya karena Instagram membutuhkan setidaknya satu alamat terverifikasi untuk mengingatnya.

Cara menghapus nomor telepon dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka profil pada Instagram
  • Kemudian klik ‘Edit Profil
  • Selanjutnya pilih ‘Pengaturan Privasi dan Pribadi
  • Lalu pilih ‘Nomor Telepon
  • Setelah itu silahkan pilih Hapus
Baca Juga :  Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Reels Kita di Instagram 2024

Dengan menghapus nomor telepon dan menggantinya dengan alamat email yang terverifikasi dapat memudahkan agar akun Instagram kita tidak ditemukan oleh orang lain.

4. Matikan Sinkronisasi Kontak

Matikan sinkronisasi kontak menjadi cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain selanjutnya. Pilihan sinkronisasi kontak digunakan saat menyiapkan akun saat pertama kali dibuat.

Untuk mematikan sinkronisasi kontak dapat melakukan langkah berikut ini:

  • Buka ‘Pengaturan
  • Kemudian pilih ‘Akun
  • Selanjutnya pilih ‘Sinkronisasi Kontak
  • Setelahnya pilih nonaktifkan pada ‘Hubungan Kontak

Dengan mematikan sinkronisasi kontak, cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain terbukti ampuh sehingga privasi kita tetap terjaga.

5. Nonaktifkan Fitur Tampilkan Status Aktivitas

Nonaktifkan Fitur Tampilkan Status Aktivitas
Nonaktifkan Fitur Tampilkan Status Aktivitas

Cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain selanjutnya yaitu membuat aktivitas akun tidak terlihat oleh pengguna lain dengan menonaktifkan fitur Tampilkan Status Aktivitas. Fitur tersebut dapat memperlihatkan pengguna Instagram sedang aktif oleh pengguna lain ditandai dengan ada titik hijau pada bagian direct message.

Fitur tersebut bisa membantu kita memantau akun pengguna lain sedang online. Namun perlu diingat jika kita mematikan fitur tersebut maka kita tidak bisa melihat status aktivitas pengguna lain.

Adapun langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur tersebut sebagai berikut:

  • Buka profil Instagram
  • Kemudian klik garis tiga di pojok kanan atas
  • Selanjutnya pilih ‘Pengaturan
  • Setelah itu pilih ‘Privasi
  • Kemudian pilih ‘Aktivitas Status
  • Terakhir pilih nonaktifkan pada ‘Tampilkan Status Aktivitas

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, akun Instagram kita tidak akan mudah dicari oleh orang lain. Apalagi jika dipadukan dengan mengaktifkan privasi akun dan pasang foto profil yang bukan identitas Anda.

6. Cegah Pencarian Akun Yang Mirip

Cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan cegah pencarian akun yang mirip. Hal tersebut dapat mencegah agar orang lain tidak dapat menemukan akun Instagram kita.

Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Instagram pada desktop
  • Masukkan tautan com/accounts/edit/
  • Selanjutnya hilangkan ceklis pada ‘Similiar Account Suggestion‘.

Langkah tersebut dapat digunakan sebagai cara agar akun Instagram kita tidak bisa dicari orang lain sehingga kita bisa bebas mengunggah konten berupa foto dan video tanpa khawatir penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

7. Blokir Akun

Cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain yang terakhir ialah dengan blokir akun. Cara ini dapat dilakukan jika merasa diuntit atau mengetahui ada orang lain yang mencari tahu akun kita.

Baca Juga :  Cara Pinjam Pulsa Telkomsel 5 Ribu: Mudah dan Praktis!

Dengan memblokir akun, akun tersebut tidak dapat menemukan bahkan mengirimi pesan ke akun Instagram kita. Saat memblokir akun, Instagram akan menawarkan fitur blokir akun lain yang mungkin dimiliki atau dibuat di masa mendatang.

Saat memblokir akun pengguna lain, mereka jadi tidak akan diberi notifikasi kalau kita telah memblokirnya. Namun jika dirasa mengganggu, kita bisa memblokir dan melaporkan akun tersebut agar diproses oleh Instagram.

Adapun cara untuk memblokir akun ialah sebagai berikut:

  • Buka profil akun yang akan diblokir
  • Tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas akun
  • Pilih ‘Blokir
  • Klik ‘Blokir’ jika ingin memblokir saja dan klik ‘Blokir dan Laporkan‘ jika ingin melaporkan akun tersebut juga.

Setelah melakukan langkah di atas, Instagram kita tidak bisa dicari lagi oleh orang lain. Cara ini berlaku jika ada akun yang terbukti jail dan mengganggu Anda dan juga orang lain. Dengan begitu privasi Anda jadi lebih terjaga dan tetap merasa nyaman dalam menjelajahi dunia maya.

8. Nonaktifkan Tandai Foto

Ada cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain yaitu dengan menonaktifkan foto yang ditandai oleh akun pengguna lain pada akun kita sebelum diunggah oleh pengguna lain. Biasanya orang bisa menemukan akun kita karena nama akun Anda menempel di foto unggahan orang lain.

Nah, adapun cara menonaktifkannya sangatlah mudah. Yakni sebagai berikut:

  • Buka Profil Instagram
  • Kemudian pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas akun
  • Selanjutnya klik ‘Pengaturan
  • Setelahnya pilih ‘Penyebutan dan Tanda
  • Kemudian pilih ‘Setujui Tanda Secara Otomatis
  • Lalu pilih nonaktifkan pada ‘Setujui Tanda Secara Otomatis

9. Deactive Akun

Cara terakhir yang bisa kami sarankan adalah dengan melakukan deactive akun atau menonaktifkan akun Instagram Anda untuk sementara waktu. Cara ini bisa membuat akun Anda tidak bisa ditemukan oleh siapapun, bahkan oleh pengikut Anda sekalipun.

Mirip dengan hapus akun, tapi sebenarnya akun Anda masih utuh. Hanya tidak bisa Anda gunakan sebelum mengaktifkannya lagi nanti. Cara ini akan sangat berguna untuk Anda yang butuh waktu jeda dari media sosial. Langkah-langkah deactive sendiri adalah sebagai berikut:

  • Log In akun melalui browser
  • Klik Profil, lalu pilih ‘Edit Profil
  • Scroll ke bawah dan pilih ‘Nonaktifkan Sementara Akun Saya
Cara Agar Instagram Tidak Bisa Dicari Orang Lain
Cara Agar Instagram Tidak Bisa Dicari Orang Lain

Demikian 9 cara agar Instagram tidak bisa dicari orang lain. Namun perlu diingat bahwa tidak semua cara ini dapat maksimal dalam mencegah agar akun kita tidak bisa dicari orang lain. Alangkah baiknya kita tetap menjaga keamanan privasi agar tidak menjadi korban kejahatan siber dengan tidak mengunggah konten berupa foto maupun video yang berisi identitas pribadi.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay