3 Cara Mengetahui Jawaban Google Form Paling Mudah

Cara mengetahui jawaban google form sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dengan beberapa metode yang akan kami jelaskan pada artikel ini. Mengetahui jawaban dari formulir yang telah dibuat dan dibagikan ke sejumlah responden akan memudahkan kamu dalam mengelola data yang terkumpul.

Dimana kuesioner yang dibuat dari Google Form bisa disebarkan secara online. Dengan begitu pembagian formulir lebih cepat dan praktis dari pada menyebarkannya secara manual.

Melalui Google form, responden juga dapat mengisi dengan cepat sehingga kamu bisa langsung mengelola jawabannya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui jawaban Google Form tersebut ? Simak artikel ini untuk mengetahui langkah-langkahnya!

Apa Itu Google Form ?

Cara Mengetahui Jawaban Google Form
Cara Mengetahui Jawaban Google Form

Google Form merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk memudahkan para penggunanya dalam mengisi formulir online seperti kuesioner, pendaftaran, ujian, dan lain-lain. Google form sangat memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan data.

Kamu dapat membuat pertanyaan atau pernyataan sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu juga dapat menentukan jenis jawaban yang bisa dipilih oleh responden.

Adanya pengaturan tersebut akan memudahkan pembuat formulir dalam membagikan dan mengolah data. Berikut beberapa fitur menarik yang bisa digunakan pada layanan Google form :

  • Menambahkan gambar, video, atau file lain ke dalam formulir.
  • Mengirim notifikasi email setiap ada jawaban baru yang masuk.
  • Mengubah tampilan formulir dengan berbagai tema dan warna yang bisa kamu pilih.
  • Menampilkan pertanyaan-pertanyaan berbeda tergantung jawaban sebelumnya.
  • Mengatur hak akses formulir, yaitu menentukan siapa saja yang bisa mengisi atau melihat formulir.
  • Membagikan formulir dengan mudah cepat kepada seluruh calon responden
Baca Juga :  7 Cara Transfer Shopeepay Ke Gopay Tanpa Biaya Admin, Sangat Mudah

Dengan adanya fitur menarik tersebut, kamu dapat membuat dan membagikan formulir pertanyaan dengan mudah keseluruh calon responden.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Form ?

Cara Mengetahui Jawaban Google Form
Cara Mengetahui Jawaban Google Form

Dengan kemudahan yang ditawarkan layanan ini, wajar saja jika banyak masyarakat yang ingin menggunakan layanan dalam pengumpulan data. Lantas, bagaimana cara menggunakan Google form ?

Buka Gmail, Lalu klik Gogle Apps

Silahkan login keperangkat, kemudian buka halaman Gmail. Klik ikon Google apps atau aplikasi Google yang berada di pojok kanan atas. Jika sulit menemukannya, kamu juga bisa membuka halaman form melalui menu yang sama pada Google Drive.

Pilih Google Form an buat Form baru

Kamu akan melihat beberapa fitur google, silahkan buka ikon Google Form. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara lain dengan melakukan pencarian dengan keyword Google Form pada Google Search. Selanjutnya klik pilihan “blank/kosong” untuk membuat form baru.

Tentukan nama dokumen dan nama form beserta deskripsinya

Untuk mempermudah menemukan form baru yang telah dibuat, sebaiknya tandai dengan memberikan nama dokumen form yang ada di pojok kanan atas. Kemudian, kamu bisa memberi nama/judul formulir beserta deskripsinya pada kolom pertama.

Membuat pertanyaan

Selanjutnya, setelah memebuat judul dan deskripsi, langkah yang harus dilakukan ialah membuat pertanyaan atau pernyataan yang ingin diajukan pada responden.

Atur bentuk jawaban

Atur bentuk jawaban pada kolom yang ada di samping kanan kolom pertanyaan. Ada beberapa pilihan jawaban mulai dari jawaban singkat, panjang, pilihan ganda/opsi, hingga pilihan kotak centang.

Menambah pertanyaan

Untuk menambah pertanyaan selanjutnya, kamu dapat memilih ikon (+) yang ada di samping kolom pertanyaan pertama. Selain itu, untuk bentuk jawaban seperti pilihan ganda/opsi, bisa ditambahkan dengan memilih tambahkan opsi.

Jika pertanyaan atau pernyataan yang kamu ajukan membutuhkan gambar sebagai pendukung, kamu dapat menambahkannya dengan memilih ikon yang ada di bawah tanda (+).

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Live Tiktok Yang Diblokir Permanen Melalui 10 Langkah Mudah

Menentukan pertanyaan yang wajib diisi

Jika menginginkan pertanyaan yang bersifat wajib untuk dijawab, kamu bisa mengaktifkan tombol “Wajib diisi/Required” pada pojok kanan bawah di setiap pertanyaan. Dengan begitu, calon responden yang mengisi formulir tidak bisa lanjut ke halaman berikutnya jika tidak menjawab pertanyaan tersebut.

Melakukan preview terhadap form yang telah dibuat

Setelah memasukkan semua poin pertanyaan, kamu dapat melakukan pratinjau terhadap formulir yang telah dibuat dengan mengklik ikon ‘mata’ yang ada di bagian pojok kanan atas. Nantinya, akan muncul halaman seperti formulir yang telah dibuat, tapi dari segi tampilan orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah tema atau warna dari tampilan formulir dengan memilih ikon palet cat.

Bagaimana Cara Mengetahui Jawaban Google Form ?

Cara Mengetahui Jawaban Google Form
Cara Mengetahui Jawaban Google Form

Setelah formulir dibagikan, tak perlu waktu lama kamu sudah bisa melihat jawaban responden pada google form. Cara mengetahui jawaban google form juga bisa dilakukan dengan beberapa metode, berikut penjelasannya.

Cara Mengetahui Jawaban Google Form Berdasarkan Responden

Layanan Googe Form memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengatur apakah responden bisa mengisi kuesioner sekali saja atau lebih dari sekali.

Jika kamu mengizinkan responden mengisi jawaban lebih dari sekali, kamu bisa melihat jawaban berdasarkan responden dengan cara berikut ini:

  • Buka menu formulir pad google Form
  • Di bagian atas formulir, klik Respons.
  • Lalu, klik Individu.
  • Untuk beralih di antara respons, klik Sebelumnya atau Berikutnya.

Meskipun begitu, umumnya formulir yang dibagikan hanya boleh diisi sekali saja.

Cara Mengetahui jawaban Google Form Dalam Bentuk Spreadsheet

Cara mengetahui jawaban google form dalam bentuk spreadsheet merupakan metode yang sering digunakan para peneliti yang akan mengolah data dari Google Form. Langkah-langkah yang ahrus dilakukan juga cukup mudah, yaitu :

  • Masuk ke akun google form
  • Buka formulir di Google Formulir.
  • Pada bagian atas formulir, klik Respons.
  • Di kanan atas, klik ‘Buat Spreadsheet Ekspor ke Google Spreadsheet‘ atau tekan tombol berlogo Spreadsheet dengan warna hijau.
Baca Juga :  5 Cara Beli Paket By U Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis

Fitur spreadsheet dapat ditemukan saat kamu membuka Google Drive. Melalui Spreadsheet, kamu bisa mengirim Spreadsheet menjadi file excel dengan mengeklik File pada Spreadsheet lalu pilih Download.

Cara Mengetahui jawaban Google Form Yang Sudah Diringkas

Selanjutnya kemudahan menggunakan Google form adalah mendapatkan jawaban yang sudah di ringkas. Kamu dapat melihat jawaban yang telah diakumulasikan dalam bentuk grafik dengan cara :

  • Buka formulir pada Google Form.
  • Di bagian atas formulir, klik Respons.
  • Terakhir, klik Ringkasan dan kamu akan melihat jawaban dari setiap responden dalam bentuk ringkasan.

Keunggulan Menggunakan Google Form

Beberapa kemudahan yang telah dijelaskan sebelumnya bisa dikatakan sebagai kelebihan dari layanan Google Form. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa kelebihan dari Google form :

Kelebihan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan Google Form:

Mudah digunakan

Seperti yang telah dibahas di atas, program ini sangat mudah digunakan dan terdapat banyak tutorial tentang penggunaannya. Namun jika masing bingung untuk memulainya, sobat bisa sekalian lihat video tutorialnya ya.

Dapat dibagikan dengan mudah

Karena yang formulir yang dibuat dalam bentuk file atau link, sehingga sangat mudah untuk dibagikan ke seluruh responden yang telah dipilih.

Penyajian data dari responden yang bervariasi

Data yang telah terkumpul dari responden dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti bentuk diagram, hingga dalam pola spreadsheet.

Bersifat open source

Terakhir, kelebihan yang bosa dlilihat dari Google Form ini ialah termasuk dalam sisi G-Suite, yaitu program yang bisa dimanfaatkan tanpa dipungut bayaran atau gratis. Dengan begitu pengguna dapat memanfaatkan Google form tanpa harus mengeluarkan biaya.

Penutup

Cara Mengetahui Jawaban Google Form
Cara Mengetahui Jawaban Google Form

Tak hanya dibidang pendidikan, Google form form juga sudah banyak digunakan dibidang penelitian untuk mendapatkan data responden dengan cepat. Hal ini membuktikan bahwa google form memang sangat membantu masyarakat dalam pengumpulan data.

Itulah beberapa cara mengetahui jawaban google form yang bisa kamu coba dengan mudah. Selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya