Inilah 6 Cara Mengirim Cerpen Ke Kompas yang Benar Agar Naskah Diterima dan Terbit

Inilah 6 Cara Mengirim Cerpen ke Kompas yang Benar Agar Naskah Diterima dan Terbit – Cara mengirim cerpen ke Kompas, umumnya menjadi opsi paling tepat bagi seseorang yang ingin mengirimkan hasil karya tulisan fiksi ke publik serta mendapatkan pundi-pundi rupiah yang menguntungkan. Jika Anda termasuk salah satunya, maka sebaiknya kenali terlebih dahulu informasi seputar tips pengiriman cerpen ke redaksi Kompas tersebut dengan benar. Dengan demikian, maka naskah cerpen Anda nantinya akan diterima dan diterbitkan oleh redaksi Kompas.

Bagaimana Cara Mengirim Cerpen ke Kompas yang Benar?

Bagaimana Cara Mengirim Cerpen ke Kompas yang Benar?
Bagaimana Cara Mengirim Cerpen ke Kompas yang Benar?

Istilah cerpen (cerita pendek), sering kali dikatakan sebagai salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa, yang mana berisikan suatu kisah dengan jumlah panjang tidak lebih dari 10 ribu kata. Meskipun sama-sama ditulis dalam bentuk cerita, namun cerpen dan novel memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yakni terletak pada pengangkatan konflik di dalamnya. Dimana pada cerpen biasanya hanya memuat satu konflik dan penyelesaian saja, sedangkan pada novel biasanya memuat beberapa konflik di dalamnya.

Rata-rata sebagian besar orang yang hobi menulis cerita fiksi seperti halnya cerpen, umumnya memiliki keinginan agar hasil karya tulisannya dapat diterbitkan di media massa. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, agar hasil karya tulisan tersebut bisa dikenal luas oleh masyarakat dan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah menguntungkan di dalamnya. Terlebih lagi, saat ini juga sudah banyak sekali kita temukan redaksi online yang menerima naskah cerpen, termasuk halnya redaksi Kompas.

Baca Juga: Daftar Harga Keratin Rambut di Salon Terbaru 2024

Bagi Anda yang mungkin ada rencana mengirim naskah cerpen ke redaksi Kompas, sebaiknya kenali dulu beberapa cara mengirim cerpen ke Kompas dan syarat pengiriman naskah yang harus dipenuhi. Sehingga, hal ini akan memudahkan naskah cerpen Anda diterima dan diterbitkan di media Kompas. Namun sebelum kita mengulas mengenai tips mengirim naskah cerpen ke redaksi Kompas dan beberapa persyaratannya, sebaiknya Anda kenali dulu mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan cerpen di bawah ini.

Kelebihan Cerpen Kekurangan Cerpen
Cerpen menawarkan jalan cerita yang terbilang singkat, sehingga hal inilah yang membuat para pembaca tidak merasa bosan. Memiliki narasi yang panjang, khususnya pada cerpen yang dirasa kurang menarik, sehingga akan membuat pembaca merasa jenuh dan melelahkan.
Cerpen biasanya menggunakan sistem penokohan secara langsung dan terarah, sehingga akan dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca. Biasanya terdapat cerpen yang tidak diselingi dengan percakapan, sehingga membuat para pembaca sering kali merasa bosan.
Cerpen memiliki konflik cerita yang terbilang lebih sederhana.
Jumlah kata pada cerpen relatif lebih singkat dan ringkas, sehingga dapat dibaca sekali duduk tanpa harus memakan banyak waktu.
Baca Juga :  4 Cara Mencari Balasan Anda Di Instagram Pribadi dan Pengguna Lain

Apabila Anda di rumah memiliki banyak naskah cerpen yang menganggur, maka tidak ada salahnya untuk dikirimkan ke redaksi media online seperti halnya Kompas. Dalam pengiriman naskah cerpen ke redaksi Kompas, umumnya ada beberapa tips dan persyaratan penting yang harus Anda ketahui dan pahami dengan baik, sehingga naskah tersebut bisa diterima dan diterbitkan di Kompas. Beberapa tips cara mengirim cerpen ke Kompas yang perlu Anda lakukan, di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Siapkan Naskah Cerpen yang Akan Dikirimkan ke Redaksi Kompas

Tips cara mengirim cerpen ke Kompas yang pertama, yakni Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu naskah cerpen yang akan dikirimkan ke redaksi Kompas. Umumnya, hampir sebagian besar redaksi cerpen online memberikan kebebasan bagi para penulis untuk mengirimkan naskah cerpen dengan berbagai jenis dan tema. Yakni mulai dari jenis cerpen realistik, cerpen fantasi, cerpen komedi, cerpen romantis, cerpen misteri dan lain sebagainya.

Apabila Anda memiliki banyak kumpulan cerpen dengan berbagai jenis dan tema yang pernah ditulis, maka bisa memilih salah satu cerpen yang kira-kira layak untuk dikirimkan ketika menerapkan cara mengirim cerpen ke Kompas. Meskipun Anda tidak tahu bagaimana penilaian kelayakan cerpen yang ditetapkan di redaksi Kompas, namun Anda bisa memperhatikan kelayakan cerpen yang akan dikirimkan dari beberapa hal. Baik itu dari keunikan cerita yang dibuat, penggunaan bahasa yang digunakan, pemilihan font dalam cerita dan berbagai hal penting lainnya.

2. Buat File Naskah Cerpen Menjadi Format PDF / Word

Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian besar redaksi media online biasanya akan menerima pengiriman naskah cerpen dalam bentuk format PDF ataupun format Word. Sehingga mengenai cara mengirim cerpen ke Kompas yang penting untuk Anda lakukan disini, yakni pastikan cerpen yang dibuat sudah berbentuk format PDF ataupun format Word. Dengan mengirimkan naskah cerpen sesuai format yang ditetapkan pihak redaksi, maka akan memudahkan pihak redaksi untuk melakukan penilaian terhadap kelayakan naskah cerpen yang Anda kirimkan tersebut.

Jika cerpen Anda masih berbentuk tulisan manual / ditulis dalam media kertas, maka perlu menyalin cerita tersebut dalam format Word ataupun PDF dengan memanfaatkan software pendukung di dalamnya. Adapun saat mengetik cerita dalam format Word, pastikan Anda melakukan pengecekan ulang pada cerita tersebut agar tidak terjadi kesalahan tanda baca, huruf dan lain-lain. Dengan demikian, maka Anda bisa melanjutkan langkah-langkah pengiriman naskah cerpen ke redaksi Kompas tahap berikutnya.

Baca Juga :  Cara Top Up FF Pakai Pulsa Axis Terbaru 2024

3. Menyimpan File Naskah Cerpen ke Google Drive / Google Document

Selain membuat file naskah cerpen dalam bentuk format PDF dan Word, cara mengirim cerpen ke Kompas yang juga perlu Anda perhatikan selanjutnya yakni mengenai proses penyimpanannya. Anda perlu tahu, bahwa penyimpanan file naskah cerpen yang umum digunakan, biasanya menggunakan fitur Google Document ataupun Google Drive. Ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni untuk memudahkan dalam proses pengiriman naskah cerpen ke redaksi Kompas nantinya.

Terlebih lagi, proses cara mengirim cerpen ke Kompas sendiri nantinya akan dilakukan melalui alamat email pengguna. Sehingga untuk mempermudah pengiriman naskah cerpen ke redaksi Kompas, pastikan Anda menyimpan file tersebut ke Google Document ataupun ke Google Drive yang memang sudah ditetapkan sebelumnya.

4. Buka Aplikasi Email di Perangkat yang Dimiliki

Setelah Anda melakukan tiga tips cara mengirim cerpen ke Kompas di atas tadi, maka selanjutnya tinggal membuka aplikasi email di perangkat yang dimiliki. Baik itu di perangkat ponsel, laptop ataupun PC sesuai yang Anda miliki di rumah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu masuk ke halaman email di perangkat yang Anda gunakan, kemudian masukkan alamat email tujuan pengiriman naskah file cerpen tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengirimkan naskah cerpen ke redaksi Kompas online, maka silahkan masukkan saja alamat email tujuan redaksi Kompas di redaksi.cerpen@kompas.com. Selain alamat tujuan pengiriman naskah cerpen, Anda juga perlu untuk menambahkan subjek email berupa Cerpen. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, agar pengiriman naskah cerpen ke redaksi Kompas tidak terabaikan dan bisa langsung dibaca oleh pihak redaksi tersebut.

5. Kirim Naskah Cerpen ke Redaksi Kompas Lewat Email

Cara mengirim cerpen ke Kompas selanjutnya, Anda tinggal mengirimkan saja naskah cerpen yang sudah dipilih ke alamat email tujuan redaksi Kompas tersebut. Terkait cara pengiriman naskah cerpen ke redaksi Kompas sendiri, sebenarnya sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri di perangkat mobile ataupun perangkat desktop yang Anda miliki di rumah. Namun agar Anda lebih paham mengenai tata caranya, maka bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Langkah pertama, buka aplikasi email / Gmail di perangkat yang Anda miliki.
  • Setelah itu, akan muncul kotak baru sebagai tempat Anda mengirim pesan.
  • Kemudian, Anda tinggal tuliskan saja alamat email tujuan seperti halnya redaksi.cerpen@kompas.com di bagian menu “Kepada”.
  • Selanjutnya, Anda isikan juga bagian “Subjek” email dengan keterangan “Artikel Cerpen” dan tulis informasi penting lainnya di bagian isi pesan.
  • Jika sudah selesai, maka Anda tinggal klik ikon bergambar klip untuk mengunggah naskah cerpen yang akan dikirimkan ke redaksi Kompas.
  • Langkah terakhir, Anda tinggal klik saja bagian tombol menu “Kirim” untuk mengirimkan naskah cerpen ke redaksi Kompas.
Baca Juga :  10 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Dengan Mudah

6. Masukkan Informasi Identitas dan Kontak Penulis Naskah Cerpen

Adapun hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam proses cara mengirim cerpen ke Kompas, yakni pastikan Anda sudah memasukkan informasi identitas dan kontak penulis naskah cerpen. Yang mana, informasi identitas dan kontak penulis naskah cerpen ini bisa Anda cantumkan di bagian isi pesan email. Dalam hal ini, Anda bisa menuliskan mengenai nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor HP yang masih aktif, nomor rekening bank dan berbagai informasi penting lainnya yang diperlukan.

Perlu Anda ketahui, bahwa penulisan informasi identitas dan kontak penulis naskah cerpen ini sangat penting untuk Anda lakukan. Dikarenakan jika nantinya naskah cerpen Anda berhasil diterima dan diterbitkan oleh pihak Kompas, maka pihak redaksi tersebut akan lebih mudah menghubungi Anda untuk pencairan fee cerpen. Sehingga, Anda akan memperoleh bayaran dari naskah cerpen yang berhasil diterbitkan di redaksi Kompas.

Syarat & Ketentuan Pengiriman Naskah Cerpen di Kompas

Syarat & Ketentuan Pengiriman Naskah Cerpen di Kompas
Syarat & Ketentuan Pengiriman Naskah Cerpen di Kompas

Tidak hanya memperhatikan beberapa cara mengirim cerpen ke Kompas yang sudah dijelaskan di atas tadi, Anda juga perlu mengetahui seputar berbagai persyaratan dan ketentuan dalam pengiriman naskah cerpen di redaksi Kompas tersebut. Hal ini dilakukan, agar naskah cerpen yang Anda kirimkan nantinya sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak redaksi Kompas, sehingga peluang naskah cerpen diterima dan diterbitkan terbuka lebar. Beberapa syarat & ketentuan pengiriman naskah cerpen di redaksi Kompas, di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Pastikan cerpen yang Anda tulis sudah dalam bentuk file Word.
  • Cerpen yang dikirimkan, usahakan memiliki panjang maksimal sebanyak 10.000 kata.
  • Penulis cerpen wajib melampirkan informasi identitas berupa nama lengkap, alamat, nomor HP aktif dan nomor rekening bank pribadi di bagian bawah naskah cerpen.
  • Proses pengiriman naskah cerpen dilakukan ke alamat redaksi kompas seperti halnya redaksi.cerpen@kompas.com.
  • Khusus untuk bagian “Subjek” ditulis dalam pengiriman email berupa ‘Artikel Cerpen”. Dan di bagian badan email, Anda juga bisa menyertakan informasi mengenai identitas penulis naskah cerpen.
Cara Mengirim Cerpen Ke Kompas
Cara Mengirim Cerpen Ke Kompas

Demikianlah tadi informasi penting bagi Anda seputar tata cara mengirim cerpen ke Kompas yang bisa dilakukan dengan mudah. Dengan menerapkan tata cara pengiriman naskah cerpen satu ini, maka akan memudahkan hasil karya tulisan Anda dimuat di media online dan dikenal luas oleh publik. Bahkan hasil karya cerpen yang berhasil dimuat di Kompas, juga akan memberikan Anda keuntungan berupa fee yang menguntungkan.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay