9 Cara Mencari Orang Lewat Foto: Cepat dan Mudah!

Dalam era digital saat ini, teknologi telah menghadirkan cara mencari orang lewat foto yang memungkinkan orang-orang untuk dapat menemukan seseorang dengan mudah dan cepat, bahkan walau pun sebelumnya belum pernah bertemu secara face to face atau saling mengenal satu sama lain.

Dalam beberapa situasi, mencari orang lewat foto sering kali dilakukan, misalnya seperti ketika terjerat ke dalam kasus penipuan, orang hilang, atau saat hanya ingin sekedar mencari informasi/ kepoin seseorang. Nah dalam artikel ini, secara khusus kami akan menyajikan beberapa cara mencari orang lewat foto. Yuk silahkan lihat selengkapnya dibawah ini.

Cara Mencari Orang Lewat Foto

Cara Mencari Orang Lewat Foto
Cara Mencari Orang Lewat Foto

Kemudahan teknologi saat ini telah memberikan peluang bagi orang-orang untuk dapat melakukan berbagai hal tanpa ribet. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi digital saat ini adalah seperti dalam hal pencarian orang, yang mana sudah bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan foto orang yang sedang dicari.

Tak jarang ditemui orang, atau bahkan kita sendiri juga sering kali ingin mencari tentang bagaimana cara mencari orang lewat foto dengan mudah dan cepat. Pencarian orang lewat foto biasanya dapat dipicu oleh berbagai tujuan, diantaranya seperti terkait kasus penipuan, orang hilang, atau bisa juga hanya ingin mengetahui identitas seseorang.

Lalu bagaimanakah cara mencari orang lewat foto? Jangan khawatir, disini kami akan menunjukkan beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menemukan orang dengan menggunakan foto.

1. Cara mencari orang lewat foto melalui Google Images

Cara pertama yang paling mudah untuk menemukan orang lewat foto yaitu lewat Google images. Mengapa dikatakan mudah? Karena Google merupakan sebuah aplikasi bawaan dalam setiap ponsel. Jadi dengan menggunakan cara ini, anda tidak perlu harus mendownload aplikasi atau mengunjungi situs tertentu.

Baca Juga :  4 Cara Membuka Hp Xiaomi Yang Lupa Kata Sandi Dengan Panggilan Darurat
Cara Mencari Orang Lewat Foto melalui Google
Cara Mencari Orang Lewat Foto melalui Google

Berikut beberapa langkah-langkah dalam cara mencari orang lewat foto melalui Google images:

  1. Silahkan buka Google dalam ponsel anda
  2. Klik ikon kamera di kotak pencarian
  3. Masukkan foto orang yang sedang anda cari
  4. Tunggu dalam beberapa saat, Google akan mencoba mencocokkan gambar tersebut dengan gambar yang ada di internet
  5. Terakhir, anda tinggal mencocokkan gambar yang ada di hasil pencarian gambar dengan foto yang sedang anda cari.

2. Cara mencari orang lewat foto via situs

Lanjut ke cara yang kedua, ada juga cara mencari orang lewat foto dengan melalui situs web. Cara ini juga tak kalah mudah dari cara sebelumnya. Disini anda hanya cukup mengandalkan koneksi internet dan browsing, tanpa mendownload aplikasi pihak ketiga.

Tanpa basa-basi, mari perhatikanlah dibawah ini cara mencari orang lewat foto melalui situs web:

  1. Yang pertama anda perlu membuka browsing dalam ponsel anda
  2. Pada kolom pencarian, ketiklah tineye.com
  3. Klik “Upload” untuk memasukkan foto orang yang ingin anda cari
  4. Atau bisa juga dengan memasukkan URL fotonya saja
  5. Situs tineye akan memberikan hasil yang cocok dengan foto unggahan anda tersebut.

3. Gunakan aplikasi pengenalan wajah

Menggunakan aplikasi pengenalan wajah juga patut dipertimbangkan untuk mencari orang lewat foto. Di era digital yang semakin berkembang pesat, kini ada banyak aplikasi canggih yang diciptakan oleh manusia, termasuk salah satunya aplikasi untuk mencari orang lewat foto.

Ada beberapa aplikasi terbaik yang dapat digunakan sebagai alat pengenalan wajah. Untuk dapat memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan keinginan anda, maka perhatikanlah terlebih dahulu deskripsi dari masing-masing aplikasi di bawah ini.

  • Yandex

Aplikasi Yandex cukup handal dijadikan sebagai salah satu cara mencari orang lewat foto. Aplikasi ini memiliki fitur utama dalam pencarian gambar/ foto disertai dengan informasi terkait tentang gambar yang ditampilkan.

Baca Juga :  Cara Jadi Agen Diamond ML Murah Pasti Untung Besar 100%

Adapun cara menggunakan aplikasi Yandex adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, anda perlu memasang aplikasi Yandex terlebih dahulu dalam perangkat anda melalui layanan penyedia aplikasi seluler seperti Play store
  2. Jika sudah berhasil terpasang, silahkan langsung saja buka aplikasinya
  3. Pilih “Tab gambar” pada kolom pencarian
  4. Klik ikon kamera untuk mengupload foto orang yang hendak anda cari
  5. Dalam beberapa saat, Yandex akan menampilkan hasil yang relevan dengan gambar yang anda masukkan.
  • FindFace

Findface adalah sebuah aplikasi pengenalan wajah yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mencari gambar seseorang di internet. Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan mengidentifikasi orang berdasarkan foto dalam media sosialnya.

Langkah dalam melakukan cara ini tidaklah jauh berbeda dengan cara pada aplikasi sebelumnya. Hanya saja terdapat kelemahan dari aplikasi ini yaitu, pencarian akan gagal (tidak menampakkan hasil) jika orang yang sedang anda cari belum pernah mengunggah foto seperti foto yang anda masukkan pada kolom pencarian tadi.

  • PimEyes

Cara Mencari Orang Lewat Foto melalui aplikasi PimEyes
Sumber: www.guru99.com

Selain Yandex dan Findface, ada juga aplikasi terbaik lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pencarian orang lewat foto. Aplikasi tersebut bernama PimEyes, salah satu aplikasi yang menyediakan layanan pengenalan wajah online dan telah terhubung dengan berbagai jejaring sosial media. Ini akan memudahkan anda untuk menemukan orang hanya dengan mengandalkan foto.

4. Cara mencari orang lewat foto melalui sosial media

Anda juga bisa mencari orang lewat foto melalui jejaring sosial media seperti Facebook, Instagram, dan yang lainnya. Caranya yaitu anda cukup mengupload foto orang yang sedang anda cari di beranda sosmed anda, dengan menambahkan keterangan bahwa anda sedang mencari orang yang ada dalam foto tersebut.

Nantinya akan ada saja orang yang memberikan informasi mengenai orang tersebut lewat kolom komentar. Di era yang semakin terhubung saat ini, mencari orang lewat foto memang bukanlah menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Dengan banyaknya sosial media yang dapat dimanfaatkan, membuat orang-orang dengan mudah dapat saling terhubung walaupun belum pernah bertemu secara langsung.

Namun perlu diingat satu hal bahwa, cara ini lebih di sarankan jika pencarian anda terhadap seseorang tersebut bersifat serius atau terkait dengan kepentingan pribadi. Sebut saja contohnya salah satunya ketika orang tersebut menipu anda. Hindari menyebarkan foto orang secara sembarangan, karena itu akan berdampak buruk pada anda sendiri.

Baca Juga :  6 Cara Menambahkan Audio Dari Whatsapp Ke Capcut

5. Menggunakan layanan pencari orang profesional

Cara mencari orang lewat foto yang terakhir yaitu dengan menggunakan layanan pencari orang profesional. Jika pencarian anda berkaitan dengan hal-hal serius, maka anda mungkin patut mempertimbangkan layanan profesional yang menyediakan pencarian orang berdasarkan gambar. Orang yang profesional di bidang nya akan memiliki sejuta cara untuk menemukan orang yang sedang anda cari.

Bagaimana Melacak Keberadaan Seseorang?

Cara Melacak Keberadaan Seseorang
Cara Melacak Keberadaan Seseorang

Setelah mengetahui sejumlah cara mencari orang lewat foto yang telah kami jelaskan diatas, anda mungkin akan bertanya bagaimana cara melacak keberadaan seseorang. Nah, jika anda sudah berhasil menemukan informasi tentang orang yang sedang anda cari, selanjutnya kami akan memberikan anda sebuah rahasia untuk dapat juga melacak keberadaan orang tersebut.

Langsung saja, dibawah ini kami urutkan sejumlah langkah-langkah untuk mencari keberadaan seseorang dengan mudah:

  1. Pastikanlah terlebih dahulu anda sudah menemukan informasi tentang orang yang sedang anda cari, terutama nomor Handphone nya
  2. Jika sudah, silahkan buka “Google Maps
  3. Pilih menu “Option
  4. Lalu masuk ke menu “Friend list
  5. Pilih opsi “Add Friend” dan tambahkan nomor ponsel orang yang ingin anda cari keberadaannya
  6. Dalam beberapa saat, Google Maps akan secara otomatis menampilkan posisi atau keberadaan orang tersebut.

Namun ada kelemahan dari cara ini yaitu, pelacakan akan gagal jika orang yang anda lacak tersebut tidak mengaktifkan lokasi atau GPS di ponselnya.

Akhir Kata

Cara Mencari Orang Lewat Foto
Cara Mencari Orang Lewat Foto

Dari banyaknya cara mencari orang lewat foto diatas, kita sendiri bisa melihat bahwa menemukan seseorang di zaman yang sudah semakin maju saat ini bukan lagi menjadi sebuah perkara yang sulit untuk diatasi. Namun, perlu diingat bahwa langkah dalam mencari orang lewat foto ini harus selalu dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan dengan menghormati privasi individu.

Artikel Menarik Lainnya