3 Cara Membersihkan Nama Di OJK agar Tidak Masuk Daftar Hitam

Punya skor kredit jelek di BI checking bisa berdampak buruk saat mengajukan cicilan ke penyedia pinjaman baru. Maka cara membersihkan nama di OJK perlu diketahui untuk menghapus catatan debitur yang sering menunggak bahkan belum melunasi cicilan-cicilan sebelumnya.

Sebelum nasabah masuk ke dalam daftar blacklist, terlebih dahulu skor kredit akan turun jika menunggak pembayaran pinjaman. Penilaian ini membawa dampak buruk bagi anda terutama saat mengajukan kredit di masa depan karena dinilai tidak berpotensi mengembalikan pinjaman dan bunga-bunganya. Untuk itulah perlu membersihkan nama di SLIK OJK seperti yang kita bahas di halaman ini.

Apa Itu BI Checking dan Fungsinya?

Seiring perkembangan zaman maka bertambah pula layanan pinjaman dan paylater di Indonesia. Hal ini didasari kebutuhan dan latar belakang finansial masyarakat yang berbeda-beda, dan menjadikan pinjaman tunai sebagai solusinya.

Apa Itu BI Checking dan Fungsinya?
Apa Itu BI Checking dan Fungsinya?

Namun sebagai seorang debitur yang ingin mengajukan pinjaman harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu termasuk kemampuan pinjam yang sesuai dengan finansial. Hal ini merujuk pada nominal pinjam dan kemampuan membayar yang sesuai untuk menghindari skor kredit menurun.

Banyak masyarakat kesulitan membuat pinjaman baru karena tidak memahami BI checking dan cara kerjanya. Maka sebelum lebih lanjut membahas cara membersihkan nama di OJK mari ketahui dahulu apa itu BI checking dan fungsinya.

Jadi, BI checking adalah proses pengecekan yang dilakukan oleh Bank Indonesia terhadap catatan kredit seseorang. BI checking bertujuan untuk memastikan apakah seseorang memiliki catatan kredit yang baik atau buruk. BI checking juga sebagai alat mengukur risiko dalam memberi pinjaman kepada individu tersebut.

Rincian Skor Berdasarkan BI Checking

Sebelum dan setelah anda melunasi semua pinjaman maka BI checking akan terbentuk sesuai kriteria yang ditetapkan. BI checking diberikan dalam bentuk skor, berikut rinciannya:

  1. Skor 1 untuk nasabah yang kreditnya lancar. Artinya anda sebagai debitur melaksanakan kewajiban membayar cicilan tepat waktu setiap bulan.
  2. Skor 2 untuk kredit dalam perhatian khusus. Berarti debitur memiliki catatan menunggak 1-90 hari
  3. Skor 3 untuk debitur yang tidak lancar di waktu yang lebih panjang. Ini berarti anda pernah menunggak pembayaran 91-120 hari
  4. Skor 4 kredit diragukan yang artinya debitur tidak membayar cicilan setelah 121-180 jatuh tempo
  5. Skor 5 untuk debitur macet dan ditunggak lebih dari 180 hari.
Baca Juga :  10+ Distributor Alat Pancing Terbesar Di Indonesia

Lima skor kredit diatas akan muncul sesuai kemampuan membayar anda selaku debitur. Jika berada di skor 3-5, kemungkinan besarnya pihak penyedia layanan kredit tidak memberikan akses pinjaman kepada anda. BI checking juga hanya terbentuk dari bank atau lembaga yang sudah di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Cek Skor Kredit Online di SLIK OJK

Cara Cek Skor Kredit Online di SLIK OJK
Cara Cek Skor Kredit Online di SLIK OJK

Untuk mengetahui cara membersihkan nama di OJK tentu saja anda harus memeriksa skor kredit sebagai tolak ukur nasabah dalam melunasi tagihannya. Terdapat syarat untuk melakukan pengecekan di SLIK OJK untuk perseorangan yaitu KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA. Berikut langkah-langkah untuk cek kredit skor melalui ponsel anda:

  • Pergi ke lama idebku.ojk.go.id
  • Klik tombol pendaftaran di halaman utama
  • Lalu masukkan data yang diminta, mulai dari jenis debitur, identitas debitur, kewarganegaraan, nomor indentitas dan kode captcha untuk masuk ke halaman selanjutnya
  • Unggah foto identitas, foto dengan identitas dan foto diri sendiri lalu klik selanjutnya
  • Beri checklist pada keterangan data yang disampaikan benar dan tunduk pada syarat ketentuan di OJK.
  • Tekan tombol ajukan permohonan
  • Nomor pendaftaran anda akan diberikan dengan begitu permohonan sedang dalam proses
  • Untuk memeriksa jawaban dari OJK dapat diketahui di “status layanan” dengan menginput nomor pendaftaran yang diterbitkan OJK
  • Selesai, kini anda sudah mengetahui skor kredit yang diberikan oleh bank atau lembaga penyedia jasa keuangan yang digunakan sebelumnya.

Cara Membersihkan Nama di OJK

Ketika informasi riwayat kredit telah tersimpan ke Sistem Informasi Debitur maka lembaga keuangan dan bank akan berbagi informasi kredit saat seseorang mengajukan pinjaman tunai, kartu kredit, atau kredit kendaraan bermotor.

Cara Membersihkan Nama di OJK
Cara Membersihkan Nama di OJK

Jadi, rincian skor kredit dari BI checking akan mempengaruhi peluang dalam mengajukan pinjaman baru. Ketika kredit skor anda rendah, lembaga keuangan cenderung enggan memberikan pinjaman karena dianggap berpotensi merugikan. Pada tahap inilah cara membersihkan nama di OJK paling banyak ditelusuri.

Disebut BI checking dapat menjadi syarat saat penerimaan karyawan. Meskipun sangat jarang, perusahaan mungkin memeriksa riwayat kredit anda untuk mengetahui rekam jejak pinjaman atau sebagai pertimbangan lanjut. Jika anda memiliki masalah kredit sebelumnya dan ingin memutihkan nya, cara membersihkan nama di OJK berikut dapat dilakukan.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Terlebih Dahulu

1. Melunasi Tunggakan

Cara membersihkan nama di OJK dimulai dengan melunasi tunggakan yang ada. Jika anda masih memiliki tunggakan di salah satu bank atau lembaga pinjaman sebaiknya lunasi terlebih dahulu sebelum mengajukan yang baru.

Daftar hitam atau skor kredit menurun hanya bisa diputihkan setelah tunggakan bersih. Jika anda berada di skor 5 debitur macet di tunggak lebih dari 180 hari dan belum dilunasi sampai saat ini, data berada dalam daftar blacklist oleh OJK. Silahkan jangkau bank dan layanan keuangan untuk membereskan semua tunggakan sebelum lanjut ke cara membersihkan nama di OJK berikutnya.

2. Hubungi Penyedia Layanan

Lalu cara membersihkan nama di OJK setelah melunasi tunggakan yakni menghubungi penyedia layanan kredit. Sebetulnya tahap ini tidak terlalu dibutuhkan karena anda bisa memantau perubahan pelunasan melalui smartphone. Lembaga pinjaman biasanya memiliki aplikasi dan alternatif lain supaya penggunanya dengan mudah mendapat informasi dan perubahan secara online.

Jika tagihan sudah lunas nama anda tidak lagi masuk daftar hitam, namun kembali lagi sesuai ketentuan lembaga tersebut. Untuk pemutihan lebih cepat kamu bisa berkonsultasi dengan customer service dan meminta bantuan untuk pemulihan skor kredit.

3. Memantau Skor Kredit di SLIK OJK

Cara membersihkan nama di OJK tahap berikutnya adalah memantau skor kredit di SLIK OJK. Jika kewajiban sudah dipenuhi, anda bisa memantau perubahan data dan skor kredit di BI checking. Lembaga akan melaporkan pelunasan tagihan dalam beberapa hari kedepan dan memperbaharui skor kredit anda.

Selambat-lambatnya skor kredit akan diperbaharui 30 hari sejak tanggal pelunasan. Jika data belum berubah, anda bisa menghubungi lembaga pemberi pinjaman untuk mengonfirmasi ulang data kredit dan bukti pelunasan nya.

Itulah tiga cara membersihkan nama di OJK yang dapat kamu lakukan untuk membereskan catatan kredit buruk di BI checking. Mungkin cara membersihkan nama di OJK membutuhkan waktu yang lebih lama, maka anda perlu memahami tips aman supaya skor kredit tetap terjaga selama memanfaatkan layanan pinjaman tunai ataupun paylater.

Tips Agar BI Checking Tetap Aman

Tips Agar BI Checking Tetap Aman
Tips Agar BI Checking Tetap Aman

Meskipun ada cara membersihkan nama di OJK, anda harus memahami setiap langkahnya cukup berat dan berpotensi merugikan ke depan nya. Mengapa demikian? Bukan tidak mungkin seseorang membuat pinjaman di dua lembaga atau lebih dan tercatat sebagai kredit macet sehingga pemutihan nama sangat sulit dilakukan.

Disamping itu, cara membersihkan nama di OJK lebih merepotkan. Jika anda berencana membuat pinjaman baru setelah pemutihan nama di OJK, ini beberapa hal dasar yang perlu dipertimbangkan:

  • Meminjam untuk Kebutuhan bukan Gaya Hidup

Terkadang pinjaman dibentuk bukan untuk memenuhi kebutuhan melainkan gaya hidup. Sebaiknya pertimbangkan sebelum memanfaatkan layanan pinjaman tunai ataupun paylater, lakukan jika mendesak atau anda benar-benar membutuhkan untuk sehari-hari.

Baca Juga :  Penyebab DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan dan Solusinya

Bacaan menarik untuk anda 10 Cara Mengatasi BRImo Terblokir Tanpa Harus Ke Bank

  • Pahami Kemampuan Membayar

Banyak debitur tidak memahami kemampuan membayarnya sehingga terjerat hutang. Kemampuan membayar dapat di analisa sesuai penghasilan dalam kurun waktu tertentu sesuai tenor pinjaman yang dibuat. Jika pemasukan lebih besar dari kebutuhan dan cicilan, masalah kredit macet tidak akan timbul.

  • Perhatikan Syarat dan Bunga

Selain nilai pinjaman yang sesuai kemampuan bayar, perhatikan juga syarat dan bunga yang berlaku. Dengan banyaknya lembaga pinjaman online di Indonesia anda bisa memilih yang terbaik dari segi syarat, bunga, dan biaya layanan. Disamping itu, lembaga penyedia kredit harus diawasi OJK agar semua data dan transaksi terproteksi.

  • Pilih Tenor yang Sesuai

Pilihlah tenor pinjaman yang sesuai kemampuan finansial untuk menghindari beban berlebihan yang berimbas kredit macet. Setiap lembaga kredit atau paylater menyediakan limit transaksi yang berbeda-beda dan begitupun dengan tenor pelunasan nya.

Biasanya pelunasan pinjaman bisa dilakukan setelah 30 hari, 3 kali cicilan, 6 kali cicilan, 9 kali cicilan, dan 12 kali cicilan. Pertimbangan ini sesuai nilai pinjaman dan cicilan yang wajib dibayarkan setiap bulan.

  • Pertimbangkan Alternatif Lain

Cara membersihkan nama di OJK tidak perlu anda lakukan jika mempertimbangkan segala bentuk alternatif. Pinjaman dari keluarga atau teman dekat dapat dicoba untuk menghindari bunga dan masalah BI checking.

Penutup

Cara Membersihkan Nama di OJK
Cara Membersihkan Nama di OJK

Cara membersihkan nama di OJK atau pemutihan dari riwayat kredit macet hanya dapat dilakukan dengan melunasi tanggung jawab yang tertunda. Pemutihan BI checking membantu mempermudah anda mengakses pinjaman di masa depan, karena itu pastikan perilaku kredit sesuai pedoman dari layanan yang digunakan. Terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya