77+ Daftar Nomor WA Bank Keliling Mingguan Terdekat

Nomor WA bank keliling memang cukup banyak dicari bagi sebagian orang yang membutuhkan informasi mengenai pinjaman, bunga, dan tenor nya. Bank keliling merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman atau angsuran. Bank keliling sendiri dapat diartikan sebagai hubungan utang-piutang antara peminjam (debitur) dan bank keliling (kreditur).

Bank keliling biasanya menawarkan pinjaman atau angsuran dengan cara mendatangi rumah-rumah masyarakat. Meskipun demikian, bank keliling juga harus mematuhi peraturan yang berlaku, seperti definisi bank menurut UU 10/199. Dalam artikel ini akan di ulas secara lengkap mengenai bank keliling dan siapa targetnya, perbedaannya dengan bank konvensional, syarat pinjaman, kelebihan dan kekurangannya, serta nomor WA / telepon bank keliling mingguan.

Sekilas Tentang Nomor WA Bank Keliling Mingguan

Sekilas Tentang Nomor WA Bank Keliling Mingguan
Sekilas Tentang Nomor WA Bank Keliling Mingguan

Bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman atau angsuran dari bank keliling, dapat mencari informasi nomor WA bank keliling terdekat melalui daftar yang tersedia. Dengan mengetahui nomor WA bank keliling terdekat, masyarakat dapat lebih mudah menghubungi bank keliling dan memperoleh informasi mengenai pinjaman atau angsuran yang ditawarkan. Lalu, sebenarnya siapa saja target debitur dari bank keliling ini?

  • Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),
  • Masyarakat kelas menengah ke bawah yang membutuhkan pinjaman atau angsuran dalam waktu cepat,
  • Pedagang kecil yang kekurangan modal, dan
  • Masyarakat yang tidak terbiasa dengan masalah administratif.

Perbedaan Bank Keliling dan Bank Konvensional

Perbedaan Bank Keliling dan Bank Konvensional
Perbedaan Bank Keliling dan Bank Konvensional

Bank keliling dan bank konvensional memiliki perbedaan dalam hal prinsip pelaksanaannya, tujuan, dan cara kerja. Berikut adalah perbedaan antara bank keliling dan bank konvensional:

Bank Keliling Bank Konvensional
Menawarkan pinjaman atau angsuran dengan cara mendatangi rumah-rumah masyarakat Menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip hukum formal negara
Tidak memiliki kantor cabang tetap Memiliki kantor cabang tetap
Rentenir berwujud bank keliling dapat mengeksploitasi masyarakat dengan bunga pinjaman yang tinggi sehingga berpotensi menimbulkan risiko hukum bagi peminjam Menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kredit, dan kartu kredit
Tidak memiliki jaminan yang pasti Memiliki jaminan yang pasti, seperti sertifikat rumah atau kendaraan bermotor

Syarat Pinjaman dan Angsuran di Bank Keliling

Syarat Pinjaman dan Angsuran di Bank Keliling
Syarat Pinjaman dan Angsuran di Bank Keliling

Syarat pinjaman dan angsuran di bank keliling dapat berbeda-beda tergantung pada lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman atau angsuran. Namun, masyarakat perlu memperhatikan risiko dan kewajiban yang mungkin timbul sebelum mengajukan pinjaman atau angsuran. Beberapa syarat yang umumnya diperlukan adalah:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  • Kartu Keluarga,
  • Bukti slip gaji
  • Bukti slip tagihan listrik,
  • Bukti menjadi anggota aktif koperasi (minimal 3 bulan)
  • Formulir untuk administrasi,
  • Jaminan yang diminta oleh koperasi.

Baca Juga: Rincian Tabel Angsuran Shopee Pinjam Terbaru 2024

Baca Juga :  Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan? Berikut 8 Solusinya!

Kelebihan dan Kekurangan Bank Keliling

Kelebihan dan Kekurangan Bank Keliling
Kelebihan dan Kekurangan Bank Keliling

Bank keliling mingguan merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman atau angsuran. Namun, terdapat kelebihan dan kekurangan dari bank keliling mingguan yang perlu diketahui oleh masyarakat sebelum mengajukan pinjaman atau angsuran. Artikel ini akan membahas secara lengkap kelebihan dan kekurangan dari bank keliling mingguan.

Kelebihan Bank Keliling

  1. Sebagai Alternatif Pembiayaan

Bank keliling dapat memberikan alternatif pembiayaan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Hal ini dapat membantu masyarakat yang kesulitan memperoleh pinjaman dari bank konvensional atau lembaga keuangan lainnya.

  1. Dana Tambahan untuk UMKM

Bank keliling juga dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh dana tambahan untuk menjalankan bisnis tertentu. Hal ini dapat membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya.

  1. Menyediakan Pinjaman dan Angsuran dari Rumah ke Rumah

Bank keliling juga dapat menyediakan pinjaman atau angsuran dengan cara mendatangi rumah-rumah masyarakat. Hal ini dapat memudahkan masyarakat yang kesulitan mengunjungi kantor bank atau lembaga keuangan lainnya.

  1. Menyediakan Pinjaman Cepat

Bank keliling juga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan uang dalam waktu cepat. Hal ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dana dalam waktu singkat.

  1. Solusi untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-Hari

Selain itu, bank keliling ini juga dapat menjadi solusi terbaik bagi masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini dapat membantu masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan.

  1. Memberikan Pinjaman Tanpa Jaminan

Bank keliling juga biasanya dapat memberikan pinjaman tanpa jaminan. Hal ini dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki jaminan yang cukup untuk mengajukan pinjaman.

  1. Menjadi Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Desa

Kelebihan bank keliling selanjutnya adalah menjadi strategi bertahan hidup masyarakat desa. Hal ini dapat membantu masyarakat desa yang kesulitan memperoleh pinjaman dari bank konvensional atau lembaga keuangan lainnya.

Kekurangan Bank Keliling

  1. Mengeksploitasi Masyarakat dengan Bunganya

Rentenir berwujud bank keliling dapat mengeksploitasi masyarakat dengan bunga pinjaman yang tinggi. Hal ini dapat menimbulkan risiko bagi masyarakat yang mengajukan pinjaman.

  1. Tidak Memiliki Kantor Cabang Tetap

Kekurangan bank keliling selanjutnya adalah tidak memiliki kantor cabang tetap. Hal ini dapat membuat masyarakat kesulitan dalam menghubungi bank keliling jika terjadi masalah.

  1. Tidak Memiliki Jaminan yang Pasti

Bank keliling juga tidak memiliki jaminan yang pasti. Hal ini dapat menimbulkan risiko bagi bank keliling jika terjadi wanprestasi dari peminjam.

  1. Biaya Administrasi yang Dibebankan Kepada Nasabah Tinggi

Selain itu, kekurangan bank keliling yaitu biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah bisa saja sangat tinggi. Hal ini dapat membuat pinjaman atau angsuran menjadi lebih mahal bagi masyarakat.

  1. Jaminan Kepada Nasabah yang Tidak Pasti

Kekurangan bank keliling mingguan yang terakhir adalah koperasi dapat meminta jaminan kepada nasabah jika dipandang perlu. Hal ini memang tidak pasti dan dapat menimbulkan risiko bagi nasabah jika tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman atau angsuran.

Daftar Nomor WA Bank Keliling

Daftar Nomor WA Bank Keliling
Daftar Nomor WA Bank Keliling

1. Nomor WA Bank Keliling di Jakarta

Walaupun Jakarta merupakan Ibu Kota Negara dan terkenal dengan gaya hidupnya yang cukup mewah, namun disisi lain juga memiliki masalah kesenjangan sosial. Banyak masyarakat Jakarta yang hidup bergantung pada pinjaman dari bank keliling. Berikut adalah daftar nomor WA atau telepon  bank keliling terdekat di kota Jakarta:

Nama Bank Keliling Alamat Lengkap Nomor WA / Telp
PT. BPR Anugerah Multi Dana

 

Jalan Bulungan No.15 RT.06/RW.06, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 08969266303
Koperasi Simpan Pinjam Surya Kencana Jalan H. Muchtar Raya No.14, RT.6/RW.8, Jakarta Pusat (021) 58907112
Credit Union Bina Seroja Jalan Arus No. 14 Cawang 13630,Jakarta Timur 081311218118
Koperasi Simpan Pinjam Intidana Jalan K.H. Mas Mansyur No.70, RT.5/RW.13, Tanah Abang, Jakarta Pusat 082165405123
Koperasi Simpan Pinjam Merpati Sejahtera Jl. Pertanian III No.26. Pasar Minggu, Jakarta Selatan 08111994288

2. Nomor WA Bank Keliling di Bandung

Bandung memang terkenal sebagai kota Kembang dan memiliki gaya hidup yang tidak jauh berbeda dengan Jakarta begitu juga dengan masalah kesenjangan sosial dan ketidaksetaraan ekonomi penduduknya. Dalam situasi ini, masyarakat Bandung banyak yang bergantung pada bantuan finansial dari berbagai jenis lembaga keuangan, termasuk bank keliling. Berikut adalah daftar nomor WA bank keliling terdekat di kota Bandung:

Nama Bank Keliling Alamat Lengkap Nomor WA / Telp
PT. Kemuning Persada Jalan Pasirluyu Barat No.16, Regol, Kota Bandung 081286457074
Koperasi Mingguan Dago Jalan Dago, Pusat Kota Bandung 083103207270
Koperasi Surya Makmur Mandiri Cigereleng Jalan BKR No.154, Cigereleng, Regol, Bandung 08112208086
Koperasi Rizky Abadi Jalan Cisaranten Kulon IV No.55, Arcamanik, Kota Bandung 087731099871

 

Koperasi Sejahtera Bersama Bandung Jalan Gatot Subroto No.252 – 254, Batununggal, Kota Bandung 02273514120
KSP Kopdit Rahastra Jalan Pahlawan No. 59C, Kota Bandung (022) 20454578
Koperasi Kredit Mekar Jaya Jalan Kebon Jayanti No.42, Kiaracondong, Kota Bandung (022) 7333003

3. Nomor WA Bank Keliling di Bekasi

Kesenjangan ekonomi ini menjadi faktor krusial yang membuat banyak orang di Bekasi membutuhkan bantuan dari berbagai lembaga keuangan, termasuk bank keliling. Bank keliling muncul sebagai solusi yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang terhambat oleh kendala geografis atau ekonomi dalam mengakses layanan perbankan. Berikut adalah daftar nomor WA atau telepon bank keliling terdekat di kota Bekasi:

Nama Bank Keliling Alamat Lengkap Nomor WA / Telp
Koperasi Simpan Pinjam Bekasi Jalan Insinyur H. Juanda No.35, RT.002/RW.021, Margahayu, Bekasi Timur 0218801346
Kospin Mandiri Mitra Solusi Rukan Sinpasa Commercial B-20, Summarecon, Margamulya, Bekasi Utara 085721418511
Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri Ruko Suncity Square, Jalan Mayor Madmuin Hasibuan, RT.004/RW.002, Marga Jaya, Bekasi Selatan (021) 22101860
Koperasi Simpan Pinjam Semarak Dana Rawa Lumbu, Blok E-45, Pengasinan, Bekasi (021) 8222821

4. Nomor WA Bank Keliling di Bogor

Di tengah kemegahan alamnya, Bogor juga menghadapi permasalahan kesenjangan sosial yang memengaruhi banyak warga. Kesenjangan sosial ini menjadi kendala serius yang mengharuskan banyak orang di Bogor mencari bantuan keuangan, terutama dari lembaga keuangan seperti bank keliling. Berikut adalah daftar nomor WA bank keliling terdekat di kota Bogor:

Nama Bank Keliling Alamat Lengkap Nomor WA / Telp
PT. BPR Gebu Kujang Kinantan Jalan Pemuda No.42 A, RT.002/RW.006, Tanah Sareal, Bogor (0251) 8358880
Koperasi Dana Pinjaman Mandiri Sejahtera ​Jl. KH. Abdullah bin Nuh, Ruko No.46C, RT.01/RW.11, Sindang Barang, Bogor 081998888328
Koperasi Kredit Daya Guna Jalan Pahlawan I, No.28, RT.04/RW.07, Bondongan, Bogor Selatan 085100675580
KSP Sejahtera Bersama Jalan Raya Pajajaran No.1, RT.02/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah 085251273747
Kospin Jasa Bogor Jalan Raya Pajajaran No.38, RT.01/RW.05, Bantarjati, Bogor Utara (0251) 8394482

5. Nomor Wa Bank Keliling di Medan

Medan, sebagai kota terbesar di Sumatera Utara, memiliki pesona budaya dan ekonomi yang kaya. Namun, dibalik kemegahannya, Medan juga menghadapi tantangan serius dalam bentuk kesenjangan sosial yang memengaruhi berbagai lapisan masyarakat, oleh karena itu bank keliling hadir sebagai solusinya. Berikut adalah daftar nomor WA atau telepon bank keliling terdekat di kota Medan:

Nama Bank Keliling Alamat Lengkap Nomor WA / Telp
Koperasi Simpan Pinjam Nasari Jalan Gatot Subroto No. 231-233 Medan 081346222533
Credit Union Mandiri Medan Jl. Mayjen Sutoyo lk.1, No.3, Tebing Tinggi, Sumatera Utara 085359136137
KSP Makmur Mandiri Jalan Yos Sudarso Km 12.5, No. 60B-C, Deli, Medan 06142064470
Koperasi Swadharma Jalan KL. Yos Sudarso, No.17, Tanjung Mulia, Deli, Kota Medan (061) 6624064

6. Nomor Wa Bank Keliling di Makassar

Bank keliling hadir sebagai alternatif bagi mereka yang terkendala oleh akses ke layanan perbankan yang terbatas, termasuk masyarakat Makassar dan sekitarnya yang mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Berikut adalah daftar nomor WA atau telepon bank keliling terdekat di kota Makassar:

Nama Bank Keliling Alamat Lengkap Nomor WA / Telp
Koperasi Nusantara Makassar Jalan Sultan Alauddin, No.78, Mannuruki, Tamalate, Kota Makassar 0819 0950 0099
Koperasi Panakkukang Ruko Diamond, No.7, Jl. A. P. Pettarani, Sulawesi Selatan 0812 4202 4100
Koperasi Simpan Pinjam Berkat Jalan Sultan Alauddin No.8/98, Pa’baeng-Baeng, Tamalate, Kota Makassar (0411) 8115934

7. Nomor Wa Bank Keliling di Malang

Masalah kesejahteraan ekonomi dan kesenjangan sosial memang hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Malang. Oleh karena itu, banyak bank keliling mingguan yang muncul di kota ini dan menjadi alternatif bagi masyarakat untuk membantu masalah finansial nya. Berikut adalah daftar nomor WA atau telepon bank keliling terdekat di kota Malang:

Nama Bank Keliling Alamat Lengkap Nomor WA / Telp
Koperasi Subur Jaya Jalan Letjen Sutoyo, No.123, Lowokwaru, Malang 085101473683
Koperasi Kredit Kosayu Jl. Candi Kalasan, No.3, Blimbing, Kota Malang 0341491567
KSP Citra Abadi Jl S. Supriyadi, No.32D, Sukun, Malang 082330228225
PT BPR Kawan Jalan Raya Jetis, No.105, Dau, Kota Malang 08125994298
Nomor WA Bank Keliling
Nomor WA Bank Keliling

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang daftar nomor WA bank keliling mingguan terdekat untuk pinjaman dan angsuran. Bank keliling mingguan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman atau angsuran dalam waktu cepat. Namun, masyarakat perlu memperhatikan risiko dan kewajiban yang mungkin timbul sebelum mengajukan pinjaman atau angsuran. Dengan mengetahui nomor WA bank keliling terdekat, masyarakat dapat lebih mudah menghubungi bank keliling dan memperoleh informasi mengenai pinjaman atau angsuran yang ditawarkan.

Baca Juga :  9 Cara Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi Di Instagram
Artikel Menarik Lainnya