Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mungkin sebagian besar pengguna Indosat sedang mempertanyakan kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri padahal tidak pernah digunakan. Pasalnya kendala tersebut cukup merugikan pengguna karena kehilangan pulsa yang dimiliki tanpa menggunakan layanan apapun.

Meskipun begitu, jangan khawatir lagi, karena disini kami akan menjawab pertanyaan tersebut serta memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Penyebab Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri
Pulsa Indosat Berkurang Sendiri

Saat menyadari pulsa yang baru diisi sudah habis namun belum pernah digunakan tentu hal yang sangat membingungkan. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri, berikut ulasannya.

Aktivasi Layanan Otomatis

Aktivasi layanan otomatis adalah penyebab utama kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri. Kadang kala operator mengaktifkan layanan tambahan tanpa persetujuan pengguna, dimana layanan tersebut bisa memotong pulsa tanpa sepengetahuan pemilik kartu. Untuk itu, agar pemotongan pulsa tidak berkelanjutan silahkan periksa layanan aplikasi dan juga smartphone secara berkala.

Pemakaian Data Internet

Penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri ialah habisnya data Internet yang tidak disadari. Bagi pengguna Indosat yang menggunakan kartu utama untuk membeli atau mengisi paket internet mungkin sudah pernah mengalami kondisi ini. Dimana saat penggunaan internet meningkat membuat kuota yang dimiliki lebih cepat habis sehingga agar internet tetap berjalan memotong otomatis pulsa yang tersedia. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami kendala seperti ini lagi silahkan cek kuota internetnya terlebih dahulu.

Berlangganan Layanan Berbayar

Penyebab berikutnya yang menimbulkan pertanyaan kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri ialah telah berlangganan layanan berbayar. Pulsa akan terpotong otomatis jika layanan berbayar tersebut telah diaktifkan.

Pengaktifan layanan ini biasanya tidak disadari pengguna, dan hanya terasa ketika pulsa yang di miliki perlahan habis. Misalnya menekan tombol untuk mengaktifkan nada dering saat ada panggilan.

Cara Mengatasi Pulsa Indosat Yang Berkurang Sendiri

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri
Cara Mengatasi Pulsa Indosat Yang Berkurang Sendiri

Nyatanya, banyak pengguna Indosat yang merugi akibat kendala pemotongan pulsa tanpa diketahui pengguna. Setelah mengetahui penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri, informasi berikutnya yang harus kalian ketahui ialah cara mengatasi kendlaa kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri.

Baca Juga :  Cara Menampilkan Threads Di Bio Instagram Terbaru 2024

Berikut beberapa metode yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi kendala kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri.

UMB *726#

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri
kode UMB *726#

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri ialah memanfaatkan fitur UMB. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa penyebab utama kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri ialah berlangganan layanan otomatis dari Indosat.

Maka untuk menghentikan pemotongan pulsa ayang berkelanjutan kalian harus berhenti berlangganan layanan otomatis tersebut. Berikut langkah-langkah berhenti layanan otomatis Indosat melalui fitur UMB :

  • Silahkan buka menu panggilan di HP kalian.
  • Setelah itu, ketik dial *726# lalu Panggil.
  • Pilih menu Status untuk mengecek layanan.
  • Kalian akan melihat beberapa paket yang terdaftar.
  • Silahkan berhenti berlangganan dengan memilih opsi STOP.
  • Tunggu sampai ada konfirmasi SMS bahwa proses berhenti berlangganan berhasil dilakukan.

SMS

Metode berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri melalui fitur SMS. Metode ini hampir sama dengan metode sebelumnya, hanya fitur yang digunakan berbeda. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka fitur SMS pada perangkat yang kalian gunakan
  • Ketik STOP pada kolom pesan, lalu masukkan nomor tujuan 726
  • Maka akan ada SMS balasan dari operator Indosat.
  • Pilih layanan yang ingin kalian berhentikan.
  • Selanjutnya tunggu permintaan berhenti berlangganan berhasil dilakukan.

UMB *123*44#

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri
kode UMB *123*44#

Kode UMB berikut ini bisa diakses untuk melihat konten terdaftar yang mungkin tidka disadari oleh pengguna. Jika kalian melihat ada konten tersebut, segera ambil tindakan sebelum layanan konten memotong pulsa yang kalian miliki untuk perpanjangan masa berlaku tersebut.

  • Silahkan buka menu panggilan di HP kalian.
  • Setelah itu, ketik dial *123*44# lalu Panggil.
  • Akan muncul beberapa info, silahkan pilih menu INFO, lalu CEK STATUS.
  • Selanjutnya untuk menghentikan layanan klik opsi STOP
  • Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi Indosat telah berhasil berhenti berlangganan.
Baca Juga :  6 Cara Mengetahui Nomor HP Terdaftar Di Aplikasi Apa Saja

Customer Service Indosat

Apabila beberapa cara mengatasi kendala kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri diatas belum berhasil kalian lakukan, maka solusi terakhir ialah dengan meminta bantuan dari pihak Indosat nya langsung. Berikut beberapa kontak customer service Indosat yang bisa kalian hubungi untuk mengatasi kendala seputar provider Indosat yang sedang dialami.

  • Email[email protected] atau @indosatoredoo.com
  • Twitter@Indosatcare
  • WhatsApp : 08551000185
  • Call Center185

Cara Mengembalikan Pulsa Indosat Yang Tersedot

Setelah mengetahui penyebab tersedotnya pulsa Indosat dan cara mengatasinya, mungkin kamu masih mempertanyakan apakah pulsa Indosat yang sudah tersedot sebelumnya bisa dikembalikan. Ya, tentu bisa.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan pulsa Indosat yang telah tersedot sebelumnya, diantaranya :

Melalui UMB

UMB termasuk fitur yang cukup membantu pengguna provider dalam menyelesaikan berbagai kendala penggunaan provider. Sama halnya dengan cara mengatasi agar pulsa Indosat tidak berkurang sendiri lagi, untuk mengembalikan pulsa yang terlanjur tersedot juga bisa dilakukan melalui UMB.

Berikut langkah-langkah mengembalikan pulsa Indosat yang berkurang sendiri melalui UMB :

  • Silahkan masuk ke fitur panggilan pada Handphone yang kalian gunakan
  • Ketik *185*1*2*4# lalu panggil/call.
  • Sampaikan kendala yang dialami dengan format paket#jumlah#tanggal. Misalnya Yellow/10000/30Nov2023
  • Kemudian tunggu notifikasi SMS dari Indosat.
  • Kendala yang telah disampaikan akan diproses maksimal 1×24 jam.

Pastikan informasi kendala paket yang dikirimkan benar agar saat petugas Indosat melakukan pengecekan kendala kalian bisa ditemukan dan segera  dilakukan proses pengembalian.

Konfirmasi Email

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan pulsa Indosat yang berkurang sendiri ialah dengan menghubungi Customer servis melalui Email. Sebelum mengajukan pengembalian pulsa Indosat, persiapkan beberapa yang syarat yang diperlukan terlebih dahulu yaitu bukti pemotongan pulsa atau bukti aktivasi paket pada *185#.

Jika sudah, langkah berikutnya ajukan pengembalian dengan mengirimkan pesan melalui email terkait kendala serta bukti yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk kendala tersebut akan masuk antrian peninjauan pada CS Indosat, silahkan tunggu konfirmasi berikutnya selama 1×24 jam.

Tips Agar Pulsa Indosat Tidak Tersedot Lagi

Jika kendala kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri telah selesai dan pulsa yang terlanjur tersedot sudah kembali, berikut beberapa tips yang tidak boleh kalian lewatkan agar kendala kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri tidak terjadi lagi :

Baca Juga :  4 Cara Melihat Tarif Gojek Tanpa Memesan Paling Efektif
Tips Deskripsi
Cek Kuota Perhatikan sisa kuota secara berkala, jika kalian biasanya menggunakan kartu utama untuk membeli kuota internet maka segera melakukan isi ulang apabila status kuota sudah dalam jumlah terbatas.
Atur pengaturan SIM Apabila kondisi paket dalam status darurat, sebaiknya ubah pengaturan SIM penggunaan data. Hal itu bertujuan agar saat kuota internet Habis, pulsa yang kalian miliki tidak terpotong otomatis.
Hindari akses situs ilegal pada perangkat Mengakses situs ilegal secara sengaja ataupun tidak bisa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.
Hindari panggilan atau pengiriman pesan ke nomor premium Panggilan ke nomor premium biasanya menghabiskan biaya panggilan yang lebih besar dari panggilan kenomor biasa. Hal itu dikarenakan nomor premium ialah nomor khusus yang biasanya digunakan untuk layanan tertentu.

Akhir Kata

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri
Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri

Apakah pembahasan diatas sudah menjawab pertanyaan kalian seputar kendala Pulsa Indosat yang tersedot otomatis ?

Ada beberapa cara yang bisa mengatasi kendala tersebut. Silahkan coba satu persatu, dan jangan lupa untuk menerapkan tips diatas agar pulsa yang kalian miliki tidak tersedot kembali di kemudian hari.

Artikel Menarik Lainnya