3 Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data

Saat kita ingin menghindari notifikasi pesan dan panggilan whatsapp menggangu akan mencari cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data. Hal ini dilakukan mungkin karena berbagai alasan, seperti ingin mengurangi komunikasi, fokus pada hal lain, hingga menolak gangguan dari aplikasi tersebut.

Meskipun anda membatasi pesan masuk whatsapp namun tetap bisa mengoperasikan aplikasi lain yang berjalan di latar belakang atau tanpa mematikan data seluler. Oleh karena itu, langsung simak saja cara menonatikfkan WA tanpa mematikan data untuk pengguna android dan iOS.

Apa yang Dimaksud Menonaktifkan WA Sementara?

Apa yang Dimaksud Dengan Menonaktifkan WA Sementara?
Apa yang Dimaksud Dengan Menonaktifkan WA Sementara?

Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan instan yang populer di kalangan dunia. Aplikasi ini memungkinkan kita mengirim pesan teks, gambar, video, file serta melakukan panggilan melalui koneksi internet. Meskipun keberadaanya sangat berpengaruh, adakalanya kita ingin berhenti sejenak menggunakan whatsapp.

Salah satu cara paling umum yaitu menonaktifkan atau menghentikan pengguaan WA sementara. Jadi, anda tetap bisa membuka aplikasi-aplikasi lain pada ponsel, cara ini hanya membatasi whatsapp sementara sampai batas waktu yang ditentukan.

Saat whatsapp dinonaktifkan, pengguna tidak akan menerima notifikasi pesan dan panggilan masuk. Begitupun statusnya, pesan yang dikirimkan kepada anda akan ceklis satu dan tidak “berdering” saat memanggil.

Alasan Seseorang Ingin Menonaktifkan Whatsapp

Sebelum berlanjut membahas cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data, perlu dipahami seseorang akan menonaktifkan aplikasi atas kendali sendiri. Jadi, penonaktifan ini tidak dilakukan di aplikasi whatsapp melainkan pengaturan ponsel. Berikut sejumlah alasan dan manfaat menonaktifkan Whatstapp:

  • Istirahat dari Pesan dan Notifikasi yang Menggangu

Umumnya, seseorang ingin berhenti menggunakan whatsapp sementara atau jangka panjang karena ingin membatasi komunikasi dari beberapa pengguna. Hal ini bisa karena telah terjadi kesalahpaham ataupun masalah pribadi yang membuat anda menghapus notifikasi-notifikasi masuk dari mereka.

  • Fokus pada Pekerjaan

Menonaktifkan WA sementara bisa membantu seseorang fokus pada pekerjaan, dimana mereka akan lepas dari gangguan pesan dan notifikasi masuk. Bahkan tidak sedikit yang ingin menonaktifkan WA permanen karena merasa ketergantungan pada aplikasi ini.

  • Meningkatkan Quality Time Bersama Keluarga

Selain meningkatkan fokus dalam bekerja, menonaktifkan WA membantu anda lebih fokus pada kebahagian keluarga dan orang-orang tersayang. Terbebas dari tuntutan pesan dan panggilan whatsapp membuat lebih bisa menata emosional dengan anggota keluarga.

  • Menjaga Privasi

Konsumsi informasi secara publik bisa dibatasi setelah menonaktifkan whatsapp. Mungkin anda sebelumnya termasuk yang up to date dan hal ini membawa masalah privasi diri sendiri, maka tidak salah menonaktifkan whatsapp untuk mengontrol siapa saja yang dapat menghubungi dan kapan anda bersedia menerima panggilan tersebut.

  • Menghindari interaksi berlebihan melalui media sosial

Apakah anda termasuk orang yang aktif bersosisasi melalui gadget namun terlalu kaku di dunia nyata? Jika begitu, pilihan yang baik dengan menonaktifkan aplikasi whatsapp sementara lalu mulailah menjaga hubungan sosial secara langsung.

Sebaik-baiknya berkomunikasi melalui sosial media seperti whatsapp harus diimbangi dengan komunikasi langsung di lingkungan sekitar. Jika sebelumnya anda sangat ketergantungan, mungkin menonaktifkan WA sementara akan membantu.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Tiktok Tidak Bisa Follow

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data

Setelah mengetahui sejumlah alasan ingin menonaktifkan whatsapp sementara saatnya kamu memahami beberapa opsi dalam upaya tersebut. Berbicara cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data tentunya berbeda untuk setiap pengguna khususnya anda yang menggunakan android dan iOS.

Berikut Beadaily sajikan tiga cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data seluler.

1. Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data di Android

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data yang pertama untuk pengguna android. Anda bisa memanfaatkan menu “force stop” untuk menghentikan aplikasi secara paksa atau membatasinya berjalan di latar belakang. Berikut panduan lengkapnya:

  • Pertama-tama silahkan buka pengaturan di smartphone anda
  • Selanjutnya pergi ke “pengaturan”
  • Pilih notifikasi dan aplikasi, lalu kembali ketuk di opsi aplikasi
  • Akan ditampilkan daftar aplikasi yang terpasang di ponsel androidmu, cari dan temukan aplikasi whatsapp yang akan diberhentikan
  • Pada aplikasi whatsapp ketuk opsi “paksa berhenti”
  • Dengan begitu akun WA anda nonaktif sementara waktu

2. Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Melalui Menu Pengaturan

Jika diatas memanfaatkan “force stop”, maka opsi berikutnya menonaktifkan aplikasi di menu pengaturan ponsel. Tanpa harus memberhentikan aplikasi, kamu bisa membatasi notifikasi dan pesan-pesan WA yang mengganggu untuk batas waktu yang tidak ditentukan.

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Melalui Menu Pengaturan
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Melalui Menu Pengaturan

Jika ingin mengakses kembali, anda bisa menggunakan whatsapp setelah mengaktifkannya. Berikut cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di menu pengaturan:

  • Pertama pergi ke menu pengaturan di ponsel
  • Cari opsi notifikasi dan aplikasi
  • Kemudian pilih opsi aplikasi
  • Kemudian cari whatsapp dalam daftar aplikasi anda
  • Setelah memilih, klik ipsi penggunaan baterai
  • Untuk menonaktifkan WA sementara geser toggle aktif dengan begitu aktivitas latar belakang whastapp tidak aktif
  • Whatsapp berhasil dinonaktifkan meskipun anda menghidupkan data seluler.
Baca Juga :  8 Cara Jual Pulsa Dan Token Listrik, Untung Besar Modal Minim

3. Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data untuk Pengguna iOS

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data seluler untuk pengguna iOS juga bisa dilakukan. Jika sewaktu-waktu anda berencana membatasi pesan menggangu atau ingin fokus pada satu pekerjaan, menonaktifkan WA salah satu solusinya. Inilah langkah-langkah yang dapat anda lakukan:

  • Pergi ke menu pengaturan lalu cari opsi Notifikasi
  • Di daftar aplikasi tersebut cari Whatsapp lalu ketuk untuk membuka opsinya
  • Untuk menonaktifkan WA sementara geser toogle aktif menjadi nonaktif, dengan begitu pemberitahuan WA akan dinonaktifkan
  • Selesai, Whatsapp anda dinonaktifkan meskipun data seluler aktif.

Bacaan menarik tentang whatsapp Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Whatsapp Kita Tanpa Aplikasi

Force Stop Whatsapp Apakah Datanya Akan Hilang?

Setelah membahas tuntas cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan opsi force stop atau paksa berhenti, maka tidak sedikit yang mencari tau apakah opsi ini akan menghilangkan data whatsapp mereka.

Force Stop Whatsapp Apakah Datanya Akan Hilang?
Force Stop Whatsapp Apakah Datanya Akan Hilang?

Tidak sedikit pengguna yang menonaktifkan WA sementara dengana alasan kenyamanan, mereka pun berencana mengakses WA di waktu-waktu tertentu. Namun yang dikhawatirkan jika penonaktifan ini menghilangkan data-data seperti pesan, kontak dan informasi lainya.

Lantas force stop whatsapp apakah datanya akan hilang? Secara umum opsi “force stop” hanya menghentikan proses aplikasi secara paksa, tetapi tidak menghapus datanya. Hanya saja ketika anda membuka aplikasi whatsapp setelah dipaksa berhenti perlu melakukan login kembali. Dengan kata lain, pesan-pesan yang dikirim saat force stop tidak muncul.

Hal ini sedikit berbeda dengan opsi menonaktifkan aplikasi melalui pengaturan, saat anda klik stoogle untuk menonaktifkan whatsapp maka nomor anda tidak lagi menerima pesan dan panggilan masuk. Orang lain tetap bisa mengirim pesan namun tidak diterima atau bertanda ceklis 1.

Baca Juga :  Cara Mengetahui KTA Disetujui Atau Ditolak

Nah, saat ingin kembali menggunakan whatsapp dan menghidupkan tanda stoogle di pengaturan secara otomatis pesan atau pengingat panggilan masuk akan muncul atau dengan kata lainnya mematikan data seluler khusus whatsapp saja. Oleh karena itu, bagi anda yang akan rehat dari whatsapp sementara waktu lebih baik menonaktifkan aplikasi atau sesuai opsi kedua.

Penutup

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data

Itu dia cara mudah menonaktifkan WA tanpa mematikan data untuk pengguna android dan iOS. Dengan tiga langkah diatas anda bisa berhenti sejenak dari notifikasi-notifikasi menggangu, menjaga privasi dan lebih fokus ke hal-hal penting di dalam hidup anda.

Sekiranya tiga cara diatas bermanfaat untuk sobat, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya