Cara Mengembalikan Postingan yang Diarsipkan di Instagram 2024

Jika berbicara cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah di menu arsip aplikasi itu sendiri. Ini memungkinkan pengguna dapat melihat foto dan video yang mereka atur sebelumnya.

Lalu setelah menemukan postingan, anda dapat mengembalikanya ke halaman profil. Jadi, foto atau video kembali dimuat dan sejajar dengan postingan feed yang lain.

Apa Itu Arsip Instagram?

Apa Itu Arsip Instagram?
Apa Itu Arsip Instagram?

Arsip Instagram merupakan fitur yang diluncurkan Instagram pada 2017 silam, memungkinkan pengguna dapat mengecualikan postingan tertentu dari profil tanpa menghapusnya. Jadi, saat ingin mengaksesnya anda dapat menemukan pos di fitur arsip Instagram.

Ini memudahkan siapa saja dapat memindahkan postingan jika merasa tidak layak tampil di feed Instagram namun tidak ingin membuangnya secara permanen. Lalu bagaimana cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram? Sebelum lebih jauh ketahui dahulu alasan dan cara mengarsip di aplikasi ini!

Alasan ingin Mengarsip Postingan Instagram

Alasan ingin Mengarsip Postingan Instagram
Alasan ingin Mengarsip Postingan Instagram

Meskipun terdengar sepele banyak pengguna yang mencari tau cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram. Tentu hal ini dicari oleh mereka yang sudah mengarsipkan foto dan video tertentu dari halaman profil.

Terdapat berbagai alasan kenapa seseorang ingin mengarsipkan postingan, ini diantaranya:

  1. Merasa malu/insecure, hal ini bisa saja dilakukan seseorang atas foto/video lama.
  2. Merapikan feed, banyak yang ingin mengoperasikan Instagram dengan tema tertentu sehingga menyembunyikan postingan yang dinilai tidak selaras
  3. Masalah pribadi yang membuat seseorang ingin menyembunyikan pos tentang mereka, seperti kehilangan pacar atau sahabat.
  4. Ingin menghilang sementara, kemungkinan mereka mengarsipkan pos untuk menghilang sementara dari Instagram dan tidak meninggalkan jejak dalam bentuk postingan.
Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Cara Mengarsip Postingan Instagram

Cara mengarsipkan postingan Instagram dari profil dapat dilakukan dengan mudah menggunakan ponsel saja, anda bisa memulai dengan langkah-langkah berikut.

  • Silahkan buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun yang akan diarsipkan postingannya
  • Setelah berhasil masuk, klik ikon profil dipojok kanan bawah beranda
  • Pilih salah satu pos yang ingin diarsipkan
  • Klik tiga titik pada postingan tersebut, pilih “arsipkan”
  • Selesai, postingan berhasil dipindahkan ke dalam arsip.

Cara Melihat Pos yang Diarsipkan di Instagram

Cara Melihat Pos yang Diarsipkan di Instagram
Cara Melihat Pos yang Diarsipkan di Instagram

Untuk membahas lebih lanjut cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram, tentu anda harus menemukan pos setelah diarsipkan. Jadi, dibawah ini adalah langkah-langkah menemukan fitur “arsip” Instagram yang bisa diikuti.

1. Melalui Menu Arsip

Instagram memberikan kebebasan kepada pengguna dalam mengoperasikan fitur-fitur unggul didalamnya, termasuk memindahkan, melihat, dan mengembalikan pos yang diarsipkan. Ini langkah pertama melihat pos Instagram yang bisa anda ikuti.

  • Silahkan buka aplikasi Instagram di ponsel
  • Pastikan sudah login ke akun yang akan dilihat pos arsipnya
  • Masuk ke akun IG anda dengan memilih menu profil dipojok kanan bawah
  • Lalu klik tiga garis sejajar dikanan atas halaman profil, pilih “arsip”
  • Arsip Instagram mencakup 3 hal yaitu postingan, cerita dan siaran langsung
  • Anda bisa melihat kembali foto atau video yang sudah diatur ke menu arsip sebelumnya

2. Melalui Menu Your Activity

Cara kedua melihat pos arsip pengguna melalui menu your activity Instagram, berikut caranya:

  • Setelah masuk ke Instagram, buka profil akun anda
  • Kembali klik tiga garis sejajar di bagian atas
  • Pilih menu your activity atau aktivitas anda
  • Di halaman aktivitas anda cari “diarsipkan”
  • Secara otomatis anda akan dibawa ke halaman arsip postingan, cerita dan siaran langsung
  • Selesai.
Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Terlebih Dahulu

Cara Mengembalikan Postingan yang Diarsipkan di Instagram

Cara Mengembalikan Postingan yang Diarsipkan di Instagram
Cara Mengembalikan Postingan yang Diarsipkan di Instagram

Bagaimana cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram? Seperti yang sudah dijelaskan, cara ini sebenarnya bisa dilakukan mudah dengan dukungan menu “arsip” Instagram.

Disamping itu, pengguna dapat mengembalikan postingan ke halaman utama (profil) untuk ditayangkan secara publik. Mungkin anda merasa saatnya konten tersebut tampil di profil akun, maka dari itu ini cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram.

  • Buka aplikasi Instagram anda
  • Kemudian klik profil di sudut kanan bawah beranda
  • klik tiga garis sejajar di pojok kanan atas dan temukan menu “arsip”
  • Di halaman ini akan terlihat tiga opsi arsip Instagram yaitu arsip cerita, postingan dan siaran langsung
  • Lanjutkan cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram dengan memilih opsi arsip postingan
  • Cari postingan yang ingin dikembalikan, klik tiga titik di bagian atas dari postingan tersebut
  • Pilih “tampilkan di profil”
  • konfirmasi untuk mengembalikan postingan tersebut
  • Selesai, postingan anda berhasil dipulihkan.

Itulah cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram, sangat mudah bukan? Sama seperti pos IG, pengguna bisa menayangkan arsip stories sebagai postingan dan siaran langsung dengan langkah yang sama. ketahui juga Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Reels Kita di Instagram 2024

Kenapa Postingan yang Dipulihkan Tidak Muncul di Profil?

Setelah membahas cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram, mungkin anda akan mencari topik lain seputar postingan yang dikembalikan tidak muncul. Ya, hal ini seringkali menjadi kendala pengguna Instagram saat mengotak-atik menu arsip mereka.

Meski demikian tidak perlu khawatir karena postingan tidak muncul bukan masalah serius. Jika mengalami hal yang sama, silahkan tunggu beberapa saat supaya pos muncul. Atau tutup aplikasi dan buka untuk mengatasi error saat mencoba memulihkan pos.

Fitur Tersembunyi di Instagram

Arsip salah satu fitur terbaik Instagram yang keberadaanya jarang diketahui. Karena dengan memanfaatkan arsip akan banyak kemudahan-kemudahan yang kita peroleh, seperti menyembunyikan sementara postingan dari profil untuk tujuan tertentu.

Baca Juga :  Cara Mengubah Akun Facebook Menjadi Akun Profesional

Namun tidak Arsip saja, ada fitur Instagram yang tersebunyi jadi jarang dimanfaatkan. Padahal fitur ini memberikan peran untuk akun dan kepuleran anda. Berikut ini daftar fitur IG yang jarang diketahui.

  1. Membalas komentar dengan reels dengan menekan pada komentar yang dipilih, lalu gunakan ikon kamera untuk mengambil video dan membalas komentar tersebut.
  2. Hidden tag untuk menyembunyikan akun yang ditandai di Instagram stories. Caranya cukup memberi tag pada akun tersebut lalu menggeser tag ke sebelah layar agar tidak terlihat.
  3. Mengaktifkan notifikasi postingan dari pengguna tertentu agar tidak ketinggalan update postingan, cukup tekan ikon lonceng di bagian atas profil lalu pilih mengaktifkan bagian postingan, cerita, reels, saluran siaran dan siarkan langsung.
  4. Beralih dari akun pribadi ke bisnis/kreator dengan mudah, memungkinkan semua pengguna mengoperasikan akun secara profesional sesuai kebutuhan. Instagram menambahkan fitur tertentu pada akun bisnis/kreator untuk mendukung kreativitas dan bisnis yang dibangun penggunanya.
  5. Menyembunyikan status online DM supaya keamanan dan privasi lebih terjamin. Pergi ke menu pengaturan dan privasi > pesan dan balasan cerita > tampilkan status aktivitas > klik pada stoogle tanda aktif untuk menonaktifkan status online anda.

Penutup

Cara Mengembalikan Postingan yang Diarsipkan di Instagram
Cara Mengembalikan Postingan yang Diarsipkan di Instagram

Dengan memahami cara mengembalikan postingan yang diarsipkan di Instagram anda dapat menemukan foto atau video untuk ditampilkan kembali di profil akun. Maka pengaturan privasinya pun akan berubah menjadi publik, orang lain dapat melihat pos setiap mengintip feed-mu.

Artikel Menarik Lainnya