2 Cara Reset Headset Bluetooth Paling Cepat

Cara reset headset bluetooth ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan kondisi headset anda yang sebelumnya pernah rusak karena penggunaan yang terbilang sudah lama atau akibat penyebab lainnya.

Masalah headset bluetooth rusak atau minta di reset bukan masalah yang serius bagi para pengguna hp android yang pastinya sudah menggunakan jenis headset ini sebab ada cara reset headset bluetooth terbaik.

Yang akan kami uraikan pada sederet penjelasan pendukung topik pembahasan kita hari ini.

Manfaat Penggunaan Headset Bluetooth

model headset bluetooth android
sumber gambar : twitter@adelweisx

Apa itu headset bluetooth dan mengapa para pengguna smartphone senang menggunakan benda kecil yang bernama headset bluetooth ini?

Headset bluetooth merupakan headset atau biasa disebut dengan earphone dan mikrofon yang tidak memerlukan kabel untuk terhubung ke setiap ponsel yang kita gunakan.

Umumnya, headset bluetooth tidak ada ubah nya dengan headset biasa karena masih memiliki kegunaan atau fungsi yang sama.

Hanya saja untuk headset bluetooth sendiri tidak menggunakan kabel penghubung lagi untuk bisa terhubung ke ponsel anda seperti tampilan headset biasa yang kita ketahui.

Seperti namanya pula, headset bluetooth juga telah menggunakan teknologi nirkabel bluetooth yang dengan mudah terpasang dengan berbagai perangkat seperti dekstop, laptop dan handphone.

Sedangkan manfaat lain dari penggunaan headset bluetooth yang bisa anda temui ialah antara lain seperti:

  1. Menggunakan headset bluetooth dapat membuat anda tetap fokus saat bekerja karena penggunaannya yang praktis dan anda tidak perlu meniggalkan pekerjaan anda saat ada panggilan masuk.
  2. Penggunaannya yang lebih simple karena headset bluetooth tidak memiliki kabel sehingga anda tidak perlu menjaga kondisi kabel yang terlilit, rusak dan sebagainya.
  3. Headset bluetooth dapat menjaga keamanan anda khususnya saat sedang berkendara.
  4. Headset bluetooth juga dapat menghemat penggunaan baterai ponsel anda.
  5. Tidak bisa di pungkiri pula bahwa tampilan headset bluetooth lebih menarik dibandingkan dengan headset biasa lainnya.
  6. Lebih praktis untuk anda gunakan saat ber olahraga atau sedang dalam aktivitas berat lainnya.
  7. Baik untuk kesehatan karena headset bluetooth dapat mengurangi radiasi panas pada telinga anda saat sedang menggunakan headset sehingga anda bisa tetap sehat dan aman.

Penggunaan headset bluetooth yang baik tidak ada ubah nya dengan cara reset headset bluetooth yang pasti nya mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, mari kita lihat cara penggunaan headset bluetooth sebelum beranjak ke cara tersebut.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Cara Menggunakan Headset Bluetooth
sumber gambar : twitter@JossTips

Anda mungkin sudah mengetahui lebih dulu bahwa perangkat elektronik yang di izinkan untuk menggunakan headset bluetooth hanya beberapa perangkat seperti desktop, laptop hingga smartphone.

Baca Juga :  Kenapa Inpods 12 Tidak Mau Connect? Ketahui 7 Penyebab dan Solusinya!

Nah untuk setiap perangkat yang telah disebutkan diatas, headset bluetooth memiliki cara penggunaan yang sama.

Berikut cara menggunakan headset bluetooth untuk masing-masing perangkat:

  • Pertama sekali, hidupkan headset bluetooth milik anda dengan menekan tombol power pada headset
  • Headset dipastikan telah menyala apabila headset tersebut memberikan cahaya/lampu.
  • Kemudian anda bisa masuk ke modus pairing pada desktop maupun ponsel anda dengan menekan tombol on/off selama beberapa detik sampai perangkat anda dipastikan telah menyala.
  • Jika sudah, anda harus menyalakan fitur bluetooth pada perangkat yang ingin di hubungkan dengan headset bluetooth anda pada menu pengaturan.
  • Lakukan pencarian bluetooth pada perangkat anda agar terhubung dengan headset bluetooth yang anda miliki.
  • Hubungkan headset bluetooth dengan memberikan kode, PIN atau password apabila di butuhkan.

Itulah sekilas tentang cara menggunakan headset bluetooth termudah yang bisa anda selesaikan kapanpun anda ingin menggunakan headset bluettoth milik anda.

Cara Reset Headset Bluetooth Tercepat

Cara Reset Headset Bluetooth Paling Mudah
Cara Reset Headset Bluetooth Paling Mudah

Jika anda menemukan kondisi headset bluetooth yang tidak bisa terhubung, ada kemungkinan bahwa headset tersebut perlu untuk di reset di akibatkan oleh beberapa penyebab.

Penyebab yang paling umum terjadi bisa saja dikarenakan penggunaan headset yang sudah terlalu lama dimana perangkat yang pernah terhubung disana sudah terlalu banyak sehingga perlu di reset agar bisa digunakan kembali.

A. Cara Reset Headset Bluetooth Pada Ponsel/Smartphone

Umumnya, headset bluetooth bisa digunakan pada smartphone bahkan windows yang biasa kita temukan pada PC maupun laptop.

Berbeda dengan cara menghubungkan headset bluetooth yang hampir sama untuk semua perangkat elektronik seperti PC, smartphone, laptop dan sebagainya.

Cara reset headset bluetooth pada masing-masing perangkat yang telah disebutkan ternyata berbeda walaupun masih terbilang sangat mudah.

Mocipay telah merangkum sederet cara reset headset bluetooth sesuai dengan masing-masing perangkat yang anda miliki seperti berikut ini:

1. Pastikan Headset Bluetooth Masih Memiliki Daya

Cara reset headset bluetooth akan berjalan dengan cepat apabila anda telah memastikan bahwa headset masih memiliki daya .

Saat proses reset headset, baterai headset habis maka nantinya proses reset headset akan terganggu dan bisa saja berhenti begitu saja.

Akan tetapi jika anda telah memastikan bahwa baterai headset dalam keadaan penuh maka anda bisa melakukan cara reset headset bluetooth tanpa gangguan nantinya.

2. Pastikan Bluetooth Selalu Terhubung

Cara reset headset bluetooth sangat berpengaruh dengan kestabilan bluetooth pada perangkat anda. Untuk itu apabila anda telah menghubungkan perangkat anda dengan headset bluetooth yang anda miliki.

Maka pastikan headset tersebut selalu terhubung dan untuk menjaga hal tersebut tetap terhubung maka anda wajib menonaktifkan segala aktivitas yang sedang berjalan pada ponsel anda.

Seperti pemutaran musik, video maupun aplikasi yang sedang berjalan.

3. Coba Tekan Tombol Volume Up, Volume Down atau Multifungsi Secara Bersamaan

Cara reset headset bluetooth selanjutnya tidak jauh berbeda seperti cara me-restart ponsel pada umumnya. Cara yang dimaksudkan ialah dengan menekan tombol volume up, volume down dan tombol multifungsi.

Baca Juga :  7 Memperjelas Foto Yang Blur Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul notifikasi reset pada headset bluetooth anda. Jika sudah, anda bisa mulai proses reset dengan klik reset headset bluetooth sekarang pada perangkat anda.

4. Silahkan Matikan dan Hidupkan Kembali Ponsel Anda

Jika proses reset selesai, cara reset headset bluetooth berikutnya ialah matikan dan coba hidupkan kembali ponsel atau smartphone anda.

Mematikan lalu menghidupkan kembali ponsel anda setelah proses reset headset bluetooth selesai tidak lain,

bertujuan untuk memastikan bahwa perangkat anda masih bisa terhubung dengan headset bluetooth yang anda miliki.

5. Tambahkan Password Headset Bluetooth yang Baru

Di karenakan proses reset headset bluetooth akan menghapus seluruh data yang ada pada headset bluetooth anda maka anda perlu mengatur ulang password baru khusus untuk headset bluetooth anda.

Password tersebut nantinya akan berguna saat anda hendak menghubungkan headset bluetooth anda dengan ponsel atau perangkat yang anda miliki.

6. Hubungkan Perangkat dengan Headset Bluetooth anda

Cara reset headset bluetooth sebenarnya tidak akan membuat koneksi headset anda terputus atau tidak bisa terhubung kembali dengan perangkat atau ponsel anda.

Hal tersebut jarang terjadi karena walaupun headset bluetooth anda telah di reset sepenuhnya, ia tetap bisa terhubung dengan perangkat anda seperti sedia kala.

Anda bisa memastikan kondisi tersebut dengan cara coba hubungkan kembali perangkat anda dengan headset bluetooth apabila proses reset telah selesai dan 100% berhasil.

Kemudian lakukan pairing kembali dengan memberikan kode, PIN maupun password headset bluetooth anda seperti sebelumnya.

7. Periksa Smart Controller Pada Headset Bluetooth

Sebagai saran, cara reset headset bluetooth yang wajib anda selesaikan ialah memastikan seluruh smart controller yang ada pada headset bluetooth berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

Saat memeriksa smart controller pada headset bluetooth, anda bisa cek fungsi headset dengan mulai memutar musik, mematikan musik, mengganti lagu,

hingga mematikan headset bluetooth secara manual melalui headset tersebut.

B. Cara Reset Headset Bluetooth Pada Windows

Pada windows, cara reset headset bluetooth memiliki langkah-langkah yang sangat mudah untuk anda selesaikan.

Namun, untuk memastikan cara reset headset bluetooth akan berjalan dengan baik maka anda perlu cek kembali,

apakah sebelumnya headset bluetooth yang anda miliki pernah terhubung dengan komputer maupun laptop anda atau tidak?

Jika benar, anda bisa ikuti cara reset headset bluetooth di bawah ini:

  • Langkah awalnya, anda perlu menghapus koneksi headset bluetooth dari windows anda.
  • Terkhusus bagi pengguna windows 10, anda bisa mulai dengan masuk ke menu settings pada PC atau laptop anda.
  • Jika sudah anda bisa cari opsi device dan klik bluetooth or other device
  • Tekan nama headset bluetooth dan klik opsi remove device.
  • Setelah itu, coba matikan headset lalu hidupkan kembali.
  • Selesai itu, anda bisa coba hubungkan windows dengan ponsel atau hp anda untuk menstabilkan kembali mode bluetooth windows anda.
  • Cukup lakukan mode pairing tersebut dalam beberapa menit saja.
  • Kemudian, cobalah untuk menghidupkan kembali headset bluetooth anda.
  • Silahkan cari nama perangkat headset bluetooth anda untuk menghubungkan keduanya kembali.
  • Klik hubungkan dan anda bisa mendengarkan apa saja lewat PC atau laptop anda.
Baca Juga :  21 Link Penambah View Tiktok Gratis Tanpa Password

Saat kedua cara reset headset bluetooth diatas berhasil, maka anda tidak perlu khawatir lagi akan adanya kendala headset bluetooth tidak dapat digunakan karena perangkat yang terhubung terlalu banyak.

Atau fungsi headset bluetooth anda tidak berjalan normal bahkan terbilang sangat lah lambat.

Tips Headset Bluetooth Tidak Berfungsi

Tips Mengatasi Headset bluetooth yang Tidak Berfungsi
Tips Mengatasi Headset bluetooth yang Tidak Berfungsi

Selain cara reset headset bluetooth, ada beberapa cara atau solusi yang bisa membuat headset bluetooth anda yang sebelumnya tidak berfungsi kini bisa berfungsi kembali seperti sebelumnya.

Cara atau tips berikut juga bisa anda gunakan untuk jenis headset lain seperti earphone dan headset kabel lainnya. Penasaran, bagaimana caranya agar headset bluetooth bisa bagus kembali setelah lama sudah tidak berfungsi? Simak urutan tips nya di bawah ini.

  1. Lakukan uji coba headset dengan nyalakan headset bluetooth untuk memastikan telah terjadi kerusakan atau tidak pada headset bluetooth anda. Headset yang sudah rusak total pastinya tidak akan menyala walaupun anda mencoba menghubungkannya dengan perangkat anda secara berulang kali.
  2. Anda bisa menyelesaikan tahapan cara reset headset bluetooth yang telah ada pada penjelasan sebelumnya karena cara tersebut ternyata sering berhasil untuk mengembalikan kondisi headset bluetooth seperti baru lagi.
  3. Cobalah untuk restart perangkat anda jika terjadi error saat menghubungkan headset bluetooth dengan ponsel maupun PC anda. Biasanya akan muncul notifikasi atau pemberitahuan jika terjadi hal seperti itu.
  4. Pastikan tidak ada kendala gangguan sinyal seperti koneksi bluetooth lemah saat anda hendak menghubungkan headset bluetooth dengan perangkat anda.
  5. Jangan lupa bahwa jarak penggunaan headset bluetooth juga sangat berpengaruh terhadap fungsi benda tersebut, apabila anda berada sangat jauh saat menggunakan headset bluetooth kemungkinan headset tidak dapat berfungsi walaupun telah terhubung dengan hp atau komputer anda.
  6. Hubungkan ulang headset bluetooth selama beberapa kali karena bisa saja setelah anda mencoba untuk menghubungkan headset bluetooth dengan perangkat anda secara berulang, headset bisa berfungsi kembali.

Di mulai dari cara reset headset bluetooth hingga tips untuk mengembalikan kondisi headset bluetooth yang sebelumnya tidak berfungsi kembali, sepertinya tidak ada kesulitan pada setiap metode atau tahapan yang telah kami hadirkan.

Untuk itu, jangan tunggu hingga headset bluetooth anda tidak bisa berfungsi sama sekali dan mulailah untuk mencoba cara nya.

Kesimpulan

Cara Reset Headset Bluetooth
Cara Reset Headset Bluetooth

Dari penjelasan cara reset headset bluetooth sampai dengan tips headset bluetooth tidak berfungsi dapat kita simpulkan bahwa faktor yang sering menyebabkan headset bluetooth tidak berfungsi seperti semesti nya tidak lain dan tidak bukan di sebabkan oleh ada terlalu banyak perangkat yang pernah terhubung dengan headset bluetooth tersebut.

Nah, penyebab tersebut hanya bisa di atasi dengan mencoba untuk mulai melakukan reset perangkat hingga reset headset bluetooth yang kita miliki. Selesai sudah penjelasan seputar cara reset headset bluetooth dari kami, semoga membantu permasalahan headset bluetooth anda dan terimakasih.

 

 

 

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay