4 Obat Anjing Berak Darah dan Muntah-Muntah

Obat anjing berak darah dan muntah-muntah menjadi informasi yang penting ketika anabul kesayanganmu dalam masalah pencernaan yang serius. Sama seperti manusia, anjing rentan terkena masalah pencernaan yang dapat menghilangkan nyawanya.

Sebagai dog lovers yang menyayangi anabul tentu ingin mereka melalui masa sulit ini secepatnya, dan sekarang kamu sudah berada di langkah yang tepat, dengan mencari penyebab dan obat anjing berak darah dan muntah-muntah diharapkan mampu mempercepat masalah ini berakhir. Tanpa berlama-lama, berikut kami jelaskan terperinci penyebab dan langkah mudah mengatasi anjing yang muntah dan mengeluarkan kotoran darah.

Ciri-ciri Anjing dalam Masalah Pencernaan

Ketika anjing mengalami masalah baik karena makanan dan infeksi saluran pencernaan mereka tidak langsung memperlihatkan gejala muntah-muntah dan mengelurkan kotoran darah. Ada beberapa ciri-ciri anjing ketika mendapat masalah dalam kesehatan yang dapat kamu jadikan sebagai acuan sebelum mereka benar-benar mengalami masalah ini.

1.Tidak Bergairah dan Malas

Anjing yang sakit biasanya tidak berselera makan, karena itu gairah mereka akan berkurang secara bertahap. Hal ini dapat kamu jadikan sebagai pertanda dan nilai kewaspadaan sebelum benar-benar dalam kondisi yang memprihatinkan.

Ciri-ciri anjing dalam masalah kesehatan pencernaan
Tidak Bergairah dan Malas

ketika anjing mengalami masalah pencernaan dan berak darah, mereka cenderung rebahan dan tidak menyahut saat diajak bermain. Mata anjing yang megalami masalah pencernaan akan berair, hal ini karena mereka kesulitan mengeluarkan tinja seperti rasa nyeri dan dorongan muntah tinggi yang tidak mampu dielakkan.

2. Expresi Saat Pup Berbeda

Expresi saat pup merupakan penilaian ketika anjing mengalami masalah pada pencernaan. Ketika mereka mengeluarkan kotoran darah akan merasa nyeri sehingga mengejan. Berbeda ketika anjing sehat, mereka membuang tinja seperti biasanya tanpa ada masalah.

3. Frekuensi dan Tekstur Kotoran

Ketika seorang anjing dalam masalah pencernaan mereka cenderung buang air besar lebih sering dari biasanya. Diare merupakan masalah umum yang menyerang pencernaan anjing, jadi semakin sering kamu melihat dia buang air besar semakin besar kemungkinan dia mengalami masalah pada usus.

Tidak sampai disitu, tekstur kotoran anjing yang bermasalah akan berbeda ketika mereka sehat. Tinja anjing yang mengalami masalah pencernaan lebih encer, berlendir dan mengelurkan bau yang sangat amis. Waspada ketika anjing sudah mengalami hal ini, karena frekuensi anjing mengeluarkan tinja berdarah lebih mungkin terjadi.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Biskuit Gandum Terbaik untuk Diet

Lihat juga Perbedaan Wardah White Secret dan Wardah Renew You

Penyebab Anjing Berak darah dan Muntah-Muntah

Beberapa orang berasumsi hal yang wajar ketika seekor anjing muntah-muntah, apalagi ketika mereka baru saja makanan yang bisa saja tersedak bahan makanan yang diberikan. Namun, ketika tinja anjing berdarah kamu harus menanganinya dengan serius.

Penyebab Anjing Berak darah dan muntah-muntah
Penyebab Anjing Berak darah dan Muntah-Muntah

Selain makanan, ada faktor lain yang menyebabkan anjing mengelurkan kotoran darah dan diiringi muntah. Hal ini perlu kamu ketahui sebelum mengetahui alternatif dan obat anjing berak darah dan muntah-muntah:

  • Makan Sesuatu yang Tidak Seharusnya

Makanan merupakan faktor utama penyebab anjing muntah-muntah dan berak darah. Ketika kamu memberikan makanan baru yang bertolak belakang dengan kondisi pencernaan anabul, mereka mulai muntah dan mengeluarkan tinja berdarah.

Tidak hanya makanan yang baru, ketika anjing mengunyah makanan yang tidak seharusnya dimakan seperti tulang, sampah, mainan tentu berdampak buruk bagi kesehatan dan tinjanya. Karena mereka termasuk hewan yang sensitif penting menjauhkan nya dari makanan manusia dan perintilan berbahaya lain.

  • Infeksi dan Parasit yang Mempengaruhi Pencernaan

Kemungkinan lain yang mengakibatkan anjing kesayanganmu mengeluarkan kotoran darah diiringi muntah adalah kesehatan anjing yang memprihatinkan. Ketika anjing dalam masalah akan muncul banyak pertanda dan biasa dimulai dari muntah-muntah ringan, selanjutnya mereka lebih pasif dan mengeluarkan kotoran berdarah.

Penyebab anjing muntah-muntah dan berak darah
Infeksi dan Parasit yang Mempengaruhi Pencernaan

Ketika anjing dalam kondisi demikian kamu harus waspada, tidak hanya memperhatikan makanan karena harus lebih efektif pada kesehatan mereka. Infeksi dan parasit yang menggorogoti  tubuh dan mengambil alih sistem pencernaan mengakibatkan anjing muntah dan berak darah, apabila tidak di tangani segera dapat membahayakan nyawanya.

  • Faktor Cuaca

Perubahan cuaca salah satu penyebab anjing mengalami gangguan kesehatan karena akan menyerang sistem pencernaan mereka. Saat musim hujan tiba, anjing akan rentan terkena diare yang menyerang usus, kondisi ini akan ditandai feses yang cair dan berlendir.

Saat usus bermasalah, anjing rentan buang air besar sekitar 3-5 kali dalam sehari yang mengakibatkan tubuh kewalahan dan lemas. Jika tidak diobati tinja anjing akan berdarah yang diiringi muntah-muntah.

Baca Juga :  Penyebab Kenapa Keyboard Hp Lemot dan Solusi Mengatasinya

Obat Anjing Berak Darah dan Muntah-Muntah

Kondisi dimana anjing muntah-muntah dan mengeluarkan kotoran darah dinamakan gastroenteris atau flu perut, infeksi terjadi
pada saluran pencernaan terutama usus. Jangan gegabah dalam menangani anjing yang menunjukkan gejala ini, perlu untuk meniti hal yang menyebabkan masalah pada anjing dengan melihat makanan yang dikunyah sebelumnya atau perbandingan kondisi tubuh sebelum mereka mengeluarkan tinja yang berdarah.

Setelah mengetahui pasti penyebab anabul sakit, kamu dapat memberikan obat anjing berak darah dan muntah-muntah yang kami jelaskan berikut:

1. Berikan Makanan Lunak

Memberikan makanan lunak satu dari sekian banyaknya obat anjing berak darah dan muntah-muntah yang harus kamu lakukan. Karena anjing telah kehilangan banyak energi yang tersimpan dalam tubuh karena muntah dan saat mengeluarkan kotoran berdarah, perlu baginya protein dan karbohidrat sebagai energi baru didalam tubuh.

Adapun olahan karbohidrat dan protein sederhana yang dapat kamu berikan pada anjing adalah ayam tanpa lemak, nasi merah, nasi putih, daging giling dan telur yang dimasak.

2. Makanan Mengandung Prebiotik

obat anjing berak darah dan muntah-muntah
Makanan Mengandung Prebiotik

Makanan yang mengandung serat prebiotik tinggi salah satu obat anjing berak darah dan muntah-muntah, komposisi makanan ini cukup mudah kamu temukan dan mujarab. Makanan prebiotik sangat penting untuk kesehatan pencernaan anjing untuk mendukung pertumbuhan prebiotik, karena serat akan membantu bakteri usus menghasilkan nutrisi untuk sel-sel usus agar pencernaan lebih sehat.

Makanan yang mengandung serat prebiotik harus kamu olah dahulu menjadi lebih lunak dan lembut. Beberapa makanan yang mengandung serat prebiotik tinggi yang baik untuk anjing adalah:

  1. Gandum
  2. Buah Berry
  3. Kacang polong
  4. Brokoli
  5. Pisang

3. Berikan Makanan Dalam Porsi Terkecil

Makanan yang mengandung prebitotik harus kamu berikan dalam porsi kecil, hal ini dilakukan agar prebiotik sebagai obat anjing berak darah dan muntah-muntah mudah bereaksi dan pencernaan tidak sulit mengelola makanan yang dilahap.

Untuk menyeimbangi nutrisi dan karbohidrat berika makanan secara berkala. Porsi makan yang kamu berikan seperti biasanya, hanya saja mereka tidak bisa disantap sekaligus. Hal ini baik dilakukan untuk melihat efek serat prebiotik yang kamu berikan, apakah bekerja penuh atau sebaliknya.

4. Hubungi Dokter

Apabila beberapa obat anjing berak darah dan muntah-muntah diatas tidak membantu meredakan muntah dan frekuensi diare anjing, sebaiknya bawa mereka pada ahlinya agar mendapat pertolongan diluar pembahasan kita.

Baca Juga :  10 Proxy Telegram Tercepat Saat Ini Yang Wajib Kamu Coba

Karena ini masalah pencernaan, anjing harus melalui beberapa pemeriksaan untuk mengetahui sumber gejala dan obat anjing berak darah dan muntah-muntah. Opsi ini butuh biaya yang tidak sedikit yang tergantung kondisi anjing, namun jika ingin merawat sendiri kamu dapat konsultasikan di halodoc atau dokter yang menangani anjingmu biasanya.

Bagaimana Agar Anjing Tidak Rentan Terkena Masalah Pencernaan?

Setelah mengetahui apa saja obat anjing berak darah dan muntah-muntah, berikut kami lampirkan tips agar anjing kesayanganmu tidak rentan mendalami masalah pencernaan.

Tips Penjelasan
Pemberian Makanan Berkualitas Pilih makanan anjing yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan usia, ras, dan aktivitas anjing Anda. Makanan yang berkualitas biasanya memiliki bahan-bahan yang mudah dicerna.
Jadwal Makan Yang Teratur Berikan makanan kepada anjing Anda pada waktu yang sama setiap hari dan hindari pemberian makan berlebihan. Ini dapat membantu menjaga ritme pencernaan yang konsisten.
Hindari Makanan Manusia Banyak makanan manusia yang bisa berbahaya bagi anjing, seperti cokelat, bawang, dan anggur. Selalu periksa keamanan makanan sebelum memberikannya kepada anjing Anda.
Perkenalkan Perubahan Secara Bertahap Jika Anda mengganti makanan anjing, lakukan secara bertahap selama 7-10 hari. Ini akan membantu sistem pencernaan anjing menyesuaikan diri tanpa stres.
Bersihkan Tempat Makan Pastikan tempat makan dan air anjing Anda selalu bersih. Bakteri dan parasit bisa masuk melalui makanan atau air yang terkontaminasi.
Berikan Air Secara Cukup Pastikan anjing Anda selalu memiliki akses ke air bersih. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan.
Pantau Makanan Tambahan dan Camilan Hindari memberikan camilan atau makanan tambahan yang bisa mengganggu pencernaan. Berikan hanya camilan yang diperuntukkan bagi anjing.
Rutin Cek Kesehatan Rutin membawa anjing Anda ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan. Ini membantu mendeteksi dan mencegah potensi masalah pencernaan sebelum menjadi serius.

Kesimpulan

Obat Anjing Berak Darah dan Muntah-Muntah
Obat Anjing Berak Darah dan Muntah-Muntah

Kini kamu sudah mengetahui obat anjing berak darah dan muntah-muntah sebagai pertolongan pertama ketika anjing kesayangan dalam masalah pencernaan. Jika anjing menujukkan gejala diluar pembahasan kita, segera bawa pada dokter hewan dan lakukan penanganan secepat mungkin.

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan sebagai obat anjing berak darah dan muntah-muntah, nantikan artikel terbaru dan menarik dari Beadaily untuk memecahkan permasalah yang kamu hadapi, sekian.

Artikel Menarik Lainnya