6 Alasan Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada Dan Solusinya

Ada berbagai alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada yang terkadang tidak disadari pelanggan, bisa karena masalah sinyal, ponsel yang digunakan atau kuota itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, kuota menjadi kebutuhan masyarakat terlebih di era digitalisasi sekarang ini. Saat kuota tidak bisa digunakan tentu menjadi masalah bagi pelanggan khususnya saat masih ada kuota. Untuk pengguna provider XL kami hadirkan beberapa alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada dan solusinya disini.

Alasan Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada

Alasan Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada
Alasan Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada

Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada? Ada beberapa alasan kuota anda tidak terhubung ke internet. Jika saat ini anda bermasalah mengakses informasi online karena masalah kuota, maka pahami alasan kuota XL tidak bisa digunakan.

1. Kuota Belum di Aktivasi

Salah satu alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih banyak karena belum di aktivasi. Pembelian tertentu mengharuskan anda mengaktifkan kuota supaya bisa digunakan. Sebenarnya anda bisa meminta bantuan penjual jika membeli dari konter, namun jika ingin mengaktifkan kuota sendiri dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan kartu sudah masuk di ponsel anda
  • Kemudian buka menu SMS, lalu ketikkan format ACT (spasi) Kode Aktivasi
  • Periksa kembali kode aktivasi, jika sudah sesuai kirim ke 4444
  • Anda akan menerima SMS dari nomor tujuan yang menyatakan kartu sudah aktif.
Baca Juga :  13 Cara Dapat Uang 500Rb Sehari untuk Pelajar

2. Sinyal Bermasalah

Sinyal Bermasalah
Sinyal Bermasalah

Sinyal bermasalah salah satu alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada. Ya, jika sinyal tidak stabil maka koneksi internet dapat terhambat, hal ini dapat menyulitkan anda menggunakan kuota internet.

Meskipun XL termasuk perusahaan seluler yang besar, namun masalah sinyal tidak bisa terelakkan. Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan sinyal XL bermasalah termasuk cuaca buruk, pemeliharaan jaringan, dan gangguan teknis. Biasanya proses pemeliharaan tidak berlangsung lama, anda boleh menunggu sampai selesai.

3. Kuota Hanya Berlaku untuk Layanan Tertentu

Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada? Bisa jadi karena kuota hanya berlaku untuk layanan tertentu. Pada umumnya penyedia layanan seluler XL memiliki pembagian kuota untuk layanan tertentu, seperti kuota internet dapat digunakan sebagai kuota reguler, sosial media, dan kuota malam.

Apabila kuota reguler sudah habis, anda hanya bisa mengakses layanan khusus sesuai ketentuan kuota yang dibeli. Misalnya anda memiliki kuota reguler dan sosmed, ketika kuota reguler sudah terpakai habis anda hanya bisa memanfaatkan kuota sosmed yang berarti hanya tersambung untuk aplikasi tertentu seperti whatsapp dan facebook.

4. Kesalahan Pengaturan HP

Kesalahan Pengaturan HP
Kesalahan Pengaturan HP

Kesalahan pada pengaturan HP bisa menjadi alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada. Bukan hanya pengaturannya, aktivitas seluler anda bisa terganggu karena sistem operasi ponsel kadaluarsa atau masalah di perangkat lunak.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menonaktifkan atau memperbaharui sistem operasi ponsel. Jika dengan cara ini kuota XL belum bisa digunakan periksa kembali pengaturan APN dan pastikan menggunakan “internet”. Apabila  tetap tidak tersambung internet meskipun sudah mencoba menggunakan kartu berbeda, silahkan bawa ke pusat service untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga :  9 Penyebab Kenapa Komentar Kita Tidak Muncul Di Tiktok Orang Lain

5. Masa Aktif Kuota Telah Habis

Alasan lain kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada karena masa aktif terlampaui. Saat anda membeli sebuah kuota, perlu memperhatikan masa aktif untuk memaksimalkan penggunaannya. Masa aktif kuota XL sendiri terbagi atas harian, mingguan dan bulanan. Saat kuota sudah habis, anda tidak bisa terhubung ke internet meskipun masih tersisa.

6. Nomor XL Bermasalah

Nomor bermasalah salah satu alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada. Sebagai salah satu pengguna kartu XL sebaiknya anda rutin memeriksa penggunaan kartu dan masa aktifnya. Jika nomor XL anda tidak aktif lagi (sudah melewati masa tenggang) maka seluruh kuota yang tertanam tidak bisa digunakan lagi.

Jika sudah memeriksa beberapa opsi diatas namun kuota XL belum bisa digunakan, aktifkan mode pesawat atau reset pengaturan jaringan ponsel. Bacaan menarik untuk anda 9 Cara Transfer Pulsa XL Ke Telkomsel Anti Gagal

Cara Menghubungi Customer Service XL

Apabila anda memiliki masalah penggunaan jaringan XL atau ingin menelusuri lebih lanjut alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada, pusat bantuan (XL care) siap membantu anda. Berikut daftar kontak yang dapat anda hubungi.

  • Call center XL: 817
  • Twitter: @myXLCare
  • Facebook: @myXL
  • Email: [email protected]
  • Layanan live chat di xl/co.id
  • Melalui aplikasi MyXL: Pilih XL care > masukkan topik > mulai chat maya sekarang

Cara Cek Sisa Kuota XL

Selain mambahas berbagai alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada, tentu informasi cek kuota XL tidak boleh tertinggal. Untuk mengetahui sisa kuota XL anda dapat dilakukan melalui aplikasi, dial up, dan SMS.

1. Cek Sisa Pulsa Melalui Menu Telepon

Sisa pulsa atau kuota dapat anda periksa melalui telepon menggunakan kode dial yang diberlakukan provider ini. Pastikan jaringan kuat lalu cek sisa kuota Xl anda mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu telepon di ponsel anda
  • Masukkan kode cek sisa kuota XL *808# lalu tekan call
  • Pilih opsi INFO
  • Lanjutkan memilih info kartu XL-ku
  • Masukkan angka sesuai opsi lalu pilih paket yang akan dicek sisa kuotanya
  • Sisa kuota anda akan ditampilkan
Baca Juga :  3 Cara Pakai Template Capcut Di Laptop Anti Ribet

2. Cek Sisa Pulsa XL Melalui Aplikasi

Cek Sisa Pulsa XL Melalui Aplikasi
Cek Sisa Pulsa XL Melalui Aplikasi

Cara kedua menggunakan aplikasi MyXL yang dapat anda unduh di Playstore. Aplikasi ini memudahkan pelanggan XL untuk membeli kuota, memeriksa sisa pulsa dan kuota hingga menikmati layanan kepelangganan (XL Care).

  • Pastikan anda sudah mengunduh aplikasi MyXL
  • Lalu masuk menggunakan nomor XL yang ingin di cek sisa paketnya
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor XL anda
  • Klik Lanjutkan
  • Anda akan dibawa ke dashboard MyXL
  • Untuk cek kuota internet XL dapat anda lihat di halaman utama aplikasi
  • Nah, untuk mengetahui informasi paket termasuk masa aktif klik menu lihat detail.

3. Cek Sisa Pulsa XL Melalui SMS

Opsi selanjutnya cek sisa kuota XL melalui SMS. Untuk cek sisa kuota melalui menu tersebut anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah:

  • Buka menu SMS di ponsel anda
  • Lalu ketikkan KUOTA
  • Kirim pesan ke nomor 868
  • Nantinya provider akan membalas pesan dan menginformasikan sisa kuota anda.

Penutup

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada
Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Padahal Kuota Masih Ada

Dengan memahami alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan padahal kuota masih ada membantu mengidentifikasi masalah dan tindakan yang harus dilakukan. Sebagai salah satu pelanggan provider XL pastikan selalu memeriksa jumlah kuota, detail pembagian maupun masa aktifnya. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya