5 Penyebab Kode WhatsApp 6 Digit Tidak Muncul Serta Cara Mengatasinya

Kode WhatsApp 6 Digit berperan penting saat ingin melakukan pendaftaran Akun baru ataupun dalam meningkatkan keamanan Aplikasi WhatsApp. WhatsApp menjadi aplikasi mengolah pesan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Bahkan masyarakat sudah jarang menggunakan aplikasi “Pesan” yang ada pada perangkat Hp untuk mengirimkan pesan.

Hal itu dikarenakan WhatsApp lebih nyaman diaskses serta dapat melakukan pengiriman berbagai bentuk pesan dengan mudah. Nah, jika kamu pengguna baru yang ingin mendaftarkan akun WhatsApp atau ingin mengubah nomor yang sudah terdaftar pada WhastApp perlu melakukan Verifikasi.

Ketentuan itu diterapkan WhatsApp untuk melindungi Akun penggunanya dari Akses pihak luar yang ingin menerobos keakun penggunanya secara ilegal. Yang menjadi masalah saat ini, beberapa pengguna WhatsApp kesulitan mendapatkan Kode WhatsApp untuk melakukan verifikasi.

Mengapa demikian ?? Simak dibawah ini.

Sekilas Tentang Kode WhatsApp 6 Digit

Kode WhatsApp (WA) merupakan kode unik terdiri dari 4-6 angka yang dikirimkan kepada pengguna melalui SMS ataupun email. Kode WhatsApp berfungsi sebagai alat untuk melakukan verifikasi nomor telepon yang terhubung ke akun WhatsApp dengan pemilik asli akun tersebut.

WhatsApp juga menggunakan kode verifikasi sebagai tindakan keamanan tambahan untuk mencegah penyalahgunaan dan memastikan bahwa hanya pemilik nomor telepon yang asli yang dapat mengakses dan menggunakan akun WhatsApp.

Kode verifikasi WhatsApp terdiri dari 6 digit angka dan biasanya memiliki batas waktu kadaluwarsa selama 1-5 menit. Setelah menerima kode verifikasi, Penggunanya harus segera memasukkan nomor kode ke dalam aplikasi WhatsApp untuk menyelesaikan proses verifikasi. Namun, jika sudah melebihi waktu tertentu kode verifikasi belum juga muncul, maka pengguna harus memastikan beberapa penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak muncul.

Penyebab Kode WhatsApp Tidak Muncul

Kode WhatsApp 6 Digit
Kode WhatsApp 6 Digit

Kode WhatsApp yang tidak muncul pasti menimbulkan rasa kesal karena Pengguna tidak bisa melanjutkan pendaftaran WhatsApp atau tidak dapat melakukan verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan WhatsApp. Namun jangan khawatir, Apapun penyebabnya pasti bisa diatasi untuk mendapatkan kode WhatsApp 6 digit.

Baca Juga :  4 Obat Anjing Berak Darah dan Muntah-Muntah

Koneksi Internet Yang Buruk

Koneksi Internet adalah hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin mengakses Aplikasi WhatsApp. Tidak hanya untuk menerima dan mengirim pesan saja, Koneksi internet juga dibutuhkan saat ingin mendapatkan kode verifikasi. Koneksi internet yang buruk akan menghambat masuknya kode verifikasi.

Kesalahan Kode Wilayah Atau Nomor Telepon

Kode wilayah juga berpengaruh pada keberhasilan pengiriman kode verifikasi. Jika kode verifikasi nomor telepon yang dimasukkan salah, maka WhatsApp juga tidak akan bisa mengirim kode pada nomor tersebut. Kode wilayah nomor telepon Indonesia adalah +62*******.

Aplikasi WhatsApp Belum Update

Aplikasi WhatsApp yang belum update juga dapat menjadi penghambat masuknya kode verifikasi WhatsApp dikarenakan operasional nya yang belum se efektif Aplikasi terbaru.

Cache Yang Sudah Menumpuk

Cache yang terlalu penuh pada perangkat tidak akan memiliki  ruang yang cukup untuk menerima kode WhatsApp 6 digit masuk. Untuk itu, bersihkan Cache yang ada untuk memberikan ruang pada kode verifikasi WhatsApp yang akan masuk.

Masalah Pada Server WhatsApp

WhatsApp masih termasuk Aplikasi yang bisa mengalami gangguan karena Masalah tertentu. Gangguan tersebut membuat pengiriman kode WhatsApp 6 digit tidak dapat diproses.

Cara Mengatasi Kode WhatsApp Tidak Muncul

Setelah mengetahui beberapa masalah yang menyebabkan kode WhatsApp 6 digit tidak muncul, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Cara ini kerap dilakukan oleh pengguna yang pernah mengalami kendala tidak mendapatkan kode verifikasi WhatsApp.

Periksa Koneksi Internet Kamu

Karena akses WhatsApp memerlukan koneksi Internet, maka ketika ingin menggunakannya jaringan internet yang dimiliki haruslah kencang. Jika tidak, akan menghambat pengoperasian WhatsApp, seperti sulitnya menerima kode verifikasi WhatsApp.

Nomor Yang di Masukkan Salah

Kode WhatsApp 6 digit berupa angka acak, dimana saat kalian memasukkan kode tersebut harus benar dan tidak boleh terbaik. Jika ada kesalahan, maka kode verifikasi tidak akan masuk walaupun sudah dicoba beberapa kali.

Baca Juga :  10 Cara Mudah Konsultasi Dokter Via Whatsapp Gratis

Selain itu, pastikan juga bahwa nomor yang sebelumnya dimasukkan saat pendaftaran WhatsApp masih aktif. karena nomor yang tidak aktif tidak akan menerima kiriman kode verifikasi dari WhatsApp.

Gangguan Sistem WhatsApp

Penyebab tidak masuknya kode WhatsApp juga bisa berasal dari sistem WhatsApp langsung. Kemungkinan terjadi gangguan pada sistem sehingga proses pengiriman kode verifikasi WhatsApp menjadi lama atau terlambat.

Silahkan tunggu beberapa saat, Namun apabila kode verifiksi tak kunjung masuk silahkan mencoba mengirim permintaan kode verifikasi kembali. Perlu di ingat, permintaan pengiriman ulang kode verifikasi sebaiknya dilakukan hanya sekali saja untuk menghindari tindakan Spam.

Hubungi Dukungan WhatsApp

Apabila beberapa cara diatas sudah dicoba namun belum mendapatkan hasil, maka solusi terakhir untuk mengatasi kode WhatsApp yang tidak masuk ialah dengan menghubungi layanan service WhatsApp. Kalian bisa menanyakan kenapa tidak bisa menerima kode WhatsApp 6 digit.

Layanan Service WhatsApp akan menjelaskan alasan kode verifikasi WhatsApp tidak terkirim, kemudian menjelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan agar bisa menerima Kode verifikasi WhatsApp.

Cara Memasukkan Kode WhatsApp 6 Digit

Kode WhatsApp 6 Digit
Cara Memasukkan Kode WhatsApp 6 Digit

Setelah mengatasi kendala yang membuat kode verifikasi tidak masuk, maka kalian sudah bisa mendapatkan kode verifikasi dari WhatsApp. Kode WhatsApp 6 digit dibutuhkan pada saat ingin melakukan verifikasi untuk pendaftaran WhatsApp baru, pergantian nomor, ataupun verifikasi keamanan dua langkah.

Agar kode yang sudah masuk tidak sia-sia, berikut ini kami sajikan panduan menggunakan kode verifikasi dengan benar :

Cara Memasukkan Kode WA 6 Digit Saat Daftar Akun Baru

Berikut ini langkah-langkah memasukkan kode WhatsApp 6 digit saat melakukan pendaftaran Akun baru :

  • Unduh Aplikasi jika belum memilikinya
  • Kemudian akan muncul tampilan welcome atau selamat datang, pada halaman tersebut pilih opsi Setuju dan Lanjutkan.
  • Lalu kalian akan diminta memasukan nomor hp, silahkan masukan nomor hp yang masih aktif
  • Klik opsi Lanjut, akan muncul notif apakah nomor sudah benar, pilih Oke
  • Maka kalian akan dibawa ke tampilan untuk masukan kode 6 digit whatsapp.
  • Whatsapp akan mengirimkan kode 6 digit tersebut dengan melalui SMS, oleh karena itu pastikan sinyal bagus dan kartu masih aktif.
  • Jika sudah masuk, silahkan masukan Kode WhatsApp 6 digit tersebut di dalam kolom yang tersedia.
  • Jika kodenya benar maka akan otomatis terverifikasi dan berhasil login.

Untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di WhasApp silahkan beri Izin terhadap notifikasi yang masuk. Seperti Izin mengakses kontak, izin mengambil, gambar, dan lainnya.

Baca Juga :  9 Cara Melacak Akun IG Dengan URL Terbaru 2024

Cara Memasukkan Kode WA 6 Digit Saat Ganti Nomor Baru

Nah, jika kali ini kalian membutuhkan kode WhatsApp 6 digit untuk melakukan pengubahan nomor yang sudah pernah terdaftar, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Masuk ke Aplikasi WhatsApp yang sudah di unduh sebelumnya
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu Setelan.
  • Pilih menu Akun.
  • Pilih Ganti nomor.
  • Masukkan nomor baru.
  • Tunggu kode WhatsApp 6 digit dikirim melalui SMS.
  • Jika sudah masuk, Ketikkan kode enam digit tersebut ke kolom tersedia di aplikasi WhatsApp.

Kode WhatsApp 6 digit juga dimanfaatkan untuk mengamankan akun pada proses verifikasi dua langkah untuk melindungi aktivitas penggunaan WhatsApp. Kalian dapat menggunakan kode WhatsApp 6 digit ini sebagai kunci sandi atau PIN untuk masuk ke aplikasi WA dengan cara memiliki verifikasi dua langkah pada menu Akun pengaturan WhatsApp.

Cara Mengatasi Lupa Kode WhatsApp 6 Digit

Cara mengamankan akun dari pihak luar yang ingin mengakses akun Wa kamu untuk kepentingan tertentu, yaitu dengan mendaftarkan Kode WhatsApp 6 digit pada fitur verifikasi dua langkah di aplikasi WhatsApp. Lantas bagaimana jika sudah lupa kode nya ?

Berikut beberapa cara mengatasi lupa kode WhatsApp 6 digit :

  • Silahkan masuk ke akun Whatsappp
  • Lalu klik ikon titik tiga pada pojok kanan atas
  • Kemudian buka opsi pengaturan atau setelan
  • Kamu akan melihat beberapa opsi pilihan
  • Pilih menu akun, lalu klik opsi verifikasi dua langkah
  • Kemudian tampil halaman untuk menyalakan fitur verifikasi dua langkah
  • Klik Ubah PIN, kemudian Pilih opsi lupa PIN
  • Maka kamu akan mendapatkan kode verifikasi WhatsApp yang baru melalui Email.

Penutup

Kode WhatsApp 6 Digit
Kode WhatsApp 6 Digit

Kode WhatsApp 6 digit yang digunakan sebagai kode verifikasi Akun WhatsApp cukup penting sehingga harus dirahasiakan. Karena penggunaan WhatsApp yang semakin Instens, tanpa disadari beberapa data pribadi mungkin telah tersimpan pada WhatsApp saat digunakan.

Untuk itu, guna menghindari kondisi yang merugikan kalian nantinya, pastikan hanya kalian sendiri yang mengetahui kode verifikasi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay