7 Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat Dengan Mudah & Praktis!

Bingung dengan cara mengatasi layar HP ngangkat? Jangan khawatir! Berikut kami akan menjelaskan sejumlah cara mengatasi layar HP ngangkat dengan mudah dan dijamin pasti akan berhasil!

Penasaran? Maka ikuti terus penjelasan kami dalam artikel ini hingga tuntas, sehingga anda dapat kembali menggunakan HP anda dengan nyaman dan aman.

Penyebab Layar HP Ngangkat

Memahami terlebih dahulu tentang penyebab layar HP ngangkat tentu dapat memudahkan anda untuk mencari solusi atau cara penanganan yang tepat.

Oleh karena itu, berikut ini kami akan menjelaskan sejumlah penyebab layar HP ngangkat:

  • Lem Kurang Kuat/ Melemah

Penyebab paling sering terjadi yang membuat layar HP ngangkat adalah karena lem kurang kuat. Kondisi ini biasanya terjadi karena tiga hal, diantaranya yaitu:

  1. Karena faktor usia, yang mana lem seiring waktu penggunaanya, lem yang menyatukan layar ke rangka ponsel mungkin mengalami degradasi.
  2. Dan yang kedua adalah kualitas lem yang mungkin tidak bagus/ original.
  3. Suhu yang ekstrem atau kelembapan yang tinggi juga dapat membuat perekat layar perlahan menjadi longgar atau melemah.
  • HP Terjatuh, Terbentur Keras atau Terkena Tekanan Kuat

Penyebab Layar HP Ngangkat
Penyebab Layar HP Ngangkat

Masalah perangkat terjatuh kerap juga menyebabkan layar HP ngangkat. Ketika ponsel anda jatuh atau terkena benturan keras, ini dapat menyebabkan penjepit atau engsel layar menjadi longgar atau rusak.

  • Kesalahan Saat Melepas Pelindung Layar

Ketika pelindung HP sudah rusak, biasanya orang-orang akan segera menggantinya dengan yang baru agar keamanan layar ponsel dapat lebih terjadi.

Namun beberapa orang ada yang asal-asalan atau ceroboh saat melepas pelindung layar. Kesalahan ini dapat menyebabkan masalah fatal, termasuk salah satunya layar HP ngangkat.

  • Penggunaan yang Kasar

Penggunaan ponsel dengan cara yang kasar, seperti sering membuat ponsel terjatuh, membanting, atau pun sering meletakkan ponsel dalam posisi dengan tekanan kuat seperti misalnya di saku yang sempit, lama kelamaan dapat merusak struktur penahan layar.

  • Baterai Mengembung

Penyebab Layar HP Ngangkat
Penyebab Layar HP Ngangkat

Bagian penyebab yang berikutnya ini terkhusus untuk perangkat dengan sistem baterai tanam. Berbeda dengan jenis ponsel yang masih menggunakan baterai buka pasang, ponsel baterai tanam ketika mengalami baterai mengembung, maka akan menyebabkan bagian-bagian dalam ponsel terdorong ke atas (muka HP) sehingga membuat layar terangkat dari rangka atau penjepitnya.

  • Perbaikan Sebelumnya

Manakala kamu belakangan ini melakukan perbaikan pada perangkat kamu, maka penyebab layar HP ngangkat bisa juga karena perbaikan sebelumnya yang mana pemasangannya mungkin kurang tepat.

Namun perlu diketahui bahwa, beberapa kasus terkait layar HP ngangkat ada juga yang disebabkan karena perakitan awal saat produksi yang kurang bagus.

  • Kerusakan pada Komponen Internal

Kerusakan pada komponen internal yang terkait dengan penjepit atau engsel layar juga bisa menjadi penyebab layar HP ngangkat. Biasanya ini terjadi karena perangkat yang mengalami kecelakaan seperti terjatuh, terbentur, atau terkena tekanan kuat.

  • Usia HP

Penyebab terakhir yang membuat layar HP ngangkat adalah karena usia HP. Jika semakin lama penggunaan HP dan semakin seringnya digunakan, maka semakin besar juga kemungkinan komponen mekanisme penjepit layar mengalami keausan atau menjadi lemah.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Token Listrik Diblokir

Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat

Setelah mengetahui sejumlah penyebab layar HP ngangkat, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan tentang bagaimana cara mengatasi layar HP ngangkat.

Ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki layar HP ngangkat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Identifikasi Pemicu Layar HP Ngangkat

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam cara mengatasi layar HP ngangkat adalah mengidentifikasi terlebih dahulu apa penyebab layar ponsel anda bisa terangkat. Anda bisa memeriksa kembali satu persatu beberapa penyebab layar HP ngangkat seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya di HP anda.

  • Tambahkan Lem Perekat

Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat
Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat

Apabila masalahnya terletak pada lem perekat HP yang kurang kuat atau sudah melemah, maka anda bisa memperbaiki layar HP anda dengan menambahkan lem perekat layar HP.

Pastikan anda menggunakan lem layar HP yang berkualitas bagus. Salah satu produk lem layar HP yang paling direkomendasikan adalah Zhanlida B7000.

  • Periksa Baterai

Cara mengatasi layar HP ngangkat yang selanjutnya adalah memeriksa baterai HP. Cobalah periksa apakah mungkin baterai HP anda sudah mengembung. Jika iya, maka anda harus segera menggantinya dengan yang baru sebelum kerusakan semakin lebih parah, karena kondisi baterai akan semakin mengembung jika dibiarkan begitu saja.

  • Ganti Layar HP

Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat
Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat

Apabila penyebab layar HP terangkat adalah karena terjatuh, terbentur atau terkena tekanan kuat sehingga menyebabkan kerusakan fisik layar, maka yang harus anda lakukan adalah mengganti layar HP dengan yang baru. Pastikan anda memilih layar HP yang original, walau lebih mahal tapi kualitas dan ketahanannya lebih terjamin.

  • Berikan Ditangani oleh Teknisi yang Terampil

Cara mengatasi layar HP ngangkat yang terakhir adalah membawa HP agar ditangani oleh teknisi yang terampil. Jika anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam membuka ponsel, maka kami sarankan agar anda sebaiknya membawa ponsel ke pusat layanan resmi service HP.

Baca Juga :  5+Cara Mendapatkan Kuota Gratis Smartfren Terbaru 2024

Mereka akan mengevaluasi masalah dengan tepat dan menangani perbaikan dengan aman. Hindari perbaikan sendiri atau mengutak-atik ponsel sendiri, jika anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup, karena dapat merusak ponsel lebih lanjut atau bahkan berpotensi membahayakan keamanan anda.

Tips Agar Layar HP Tidak Ngangkat

Selain memberikan panduan tentang cara mengatasi layar HP ngangkat, dalam artikel ini kami juga akan membagikan beberapa tips menjaga keawetan layar HP agar tidak mudah ngangkat dan umur pakai yang panjang.

Ada sejumlah tips yang dapat dilakukan agar layar HP tidak mudah ngangkat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tips Agar Layar HP Tidak Mudah Ngangkat Keterangan Singkat
Hindari HP dari benturan, tekanan dan terjatuh Upayakan untuk menjaga ponsel anda agar tidak jatuh, terbentur atau terkena tekanan kuat, yang dapat menyebabkan kerusakan pada fisik layar.
Rawat baterai HP dengan baik Perhatikan dengan baik penggunaan dan perawatan baterai HP anda. Hindari menggunakan charger yang tidak sesuai (original) serta kebiasaan overcharging (mengisi daya HP terus menerus meskipun sudah mencapai kapasitasitas maksimum/ 100%.
Pemakaian yang berhati-hati Gunakan ponsel dengan cara yang hati-hati Hindari sering membanting layar HP atau menekan dengan keras, karena bisa merusak komponen penyatu layar dengan rangka HP.
Jaga suhu dan kelembapan HP Hindari paparan suhu ekstrem atau kelembapan yang tinggi, karena dapat membuat perekat atau lem layar HP menjadi longgar atau melemah.
Lengkapi pelindung HP Gunakan pelindung layar dan casing yang sesuai untuk membantu melindungi ponsel dari benturan dan dari berbagai bahaya lainnya yang mempengaruhi keamanan layar.
Lakukan pemeriksaan secara rutin Periksa kondisi fisik ponsel anda secara berkala, untuk memastikan semua komponen terutama layar HP masih dalam keadaan baik. Segeralah lakukan perbaikan jika anda menemukan atau merasakan bahwa layar terasa longgar atau ada yang tidak biasa, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee Setiap Hari

Akhir Kata

Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat
Cara Mengatasi Layar HP Ngangkat

Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi layar HP ngangkat seperti yang telah kami jelaskan di atas, sekarang anda tidak perlu lagi merasa khawatir dan dapat dengan mudah melakukan cara penanganan yang tepat untuk layar HP yang ngangkat, sehingga ponsel dapat digunakan dengan normal kembali.

Artikel Menarik Lainnya