10 Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam Dan Penyebabnya

Mengetahui Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam memungkinkan kamu untuk mengatasi masalah dengan cepat dan efektif tanpa perlu panik.

Ini juga membantu dalam mempertahankan kineja dan fungsionalitas perangkat secara keseluruhan dan memastikan pengalaman pengguna yang lancar serta tidak terganggu.

Langkah umum yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan melakukan restart paksa (Forced restart). Ini akan memaksa hp untuk reboot, menghentikan semua proses yang berjalan.

Penyebab Layar Hp Hitam Tapi Nyala

Layar handphone yang hitam tapi tetap nyala baterai tanam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kerusakan pada layar (LCD/LED). Untuk mengetahui apa saja penyebab lainnya, perhatikan penjelasan dibawah ini.

Kerusakan pada Layar (LCD/LED)

Kerusakan pada Layar (LCD/LED) Hp
Kerusakan pada Layar (LCD/LED) Hp

Kerusakan pada layar LCD/LED merupakan penyebab layar hp hitam tapi tetap nyala. Kerusakan ini bisa terjadi karena jatuh, terkena air, atau tekanan berlebih.

Layar yang rusak tidak mampu menampilkan gambar meskipun komponen lain di dalam ponsel masih berfungsi dengan baik. Gejala yang biasanya terlihat termasuk layar yang tidak merespons dan terkadang hanya sebagian layar yang terlihat.

Masalah Perangkat Lunak

Saat perangkat lunak mengalami masalah serius, layar mungkin tidak dapat menampilkan kontern meskipun Hp sebenarnya masih berfungsi. Ini bisa terjadi karena crash sistem operasi, bug aplikasi tertentu, atau gangguan pada pembaruan perangkat lunak.

Selain itu, hal ini juga bisa terjadi setelah instalasi aplikasi baru, update sistem, atau jika terdapat malware pada perangkat.

Baca Juga :  5+ Cara Transfer Kuota Indosat Yang Kita Miliki Lewat Myim3 dengan Mudah dan Praktis!

Perangkat Overheating

Overheating adalah kondisi dimana perangkat Hp mengalami kenaikan suhu yang berlebih melebihi batas normal operasi. Ketika ponsel terlalu panas, sistem perlindungan internal akan mematikan layar untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen internal.

Penyebab overheating bisa beragam, termasuk penggunaan aplikasi berat, pengisian daya yang berlebihan, atau lingkungan dengan suhu tinggi.

Kabel Fleksibel Rusak atau Longgar

Kabel fleksibel menghubungkan layar dengan motherboard dan mentransfer data serta daya. Jika kabel ini rusak atau tidak terhubung dengan baik, sinyal yang dibutuhkan untuk menampilkan gambar tidak akan sampai ke layar meskipun Hp tetap menyala dan berfungsi.

  • Kerusakan atau kelonggaran bisa terjadi akibat benturan, jatuh, atau pembongkaran yang tidak hati-hati.
  • gejala yang umum termasuk layar yang tiba-tiba mati, tampilan bergaris, atau layar berkedip.

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam

Terlepas dari faktor penyebab diatas, ada beberapa cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam yang bisa kamu coba. Namun, pastikan layar LCD perangkat masih berfungsi dengan baik terlebih dahulu.

Adapun cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam, silahkan simak informasi penjelasan dibawah ini.

1. Restart Paksa (Forced Restart)

Cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam pertama yaitu dengan melakukan restart paksa saat not responding. Forced restart dilakukan untuk mengatasi masalah perangkat lunak sementara yang bisa menyebabkan layar menjadi hitam.

Pada kebanyakan perangkat handphone, restart paksa dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol power serta volume down secara bersamaan sekitar 10-15 detik atau kombinasi lainnya tergantung pada merek dan model perangkat.

Cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam ini akan memaksa hp untuk reboot, menghentikan semua proses yang berjalan, dan memulai ulang sistem operasi.

Baca Juga :  8 Cara Dapat Kuota Gratis Axis 2024

2. Factory Reset

Factory Reset
Factory Reset

Factory reset proses mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik, menghapus semua data dan aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah perangkat lunak. Berikut cara melakukan factory reset :

  • Tekan tombol powe dan tombol volume up secara bersamaan.
  • Akan muncul Recovery now / Reboot system now / wipe data / factory reset.
  • Konfirmasi dengan mengklik Ok. Gunakan tombol volume untuk melakukan navigasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset berjalan.
  • Jika reset selesai, klik restart.
  • Factory reset berhasil, ponsel akan menyala otomatis.

Metode ini sangat efektif untuk mengatasi masalah perangkat lunak yang menyebabkan layar gitam, tetapi akan menghapus semua data. Pastikan untuk mencadangkan data penting terlebih dahulu.

3. Mengaktifkan Safe Mode

Mengaktifkan Safe Mode
Mengaktifkan Safe Mode

Mengaktifkan safe mode termasuk metode efektif sebagai cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam.

Karena safe mode memugkinkan Hp berjalan hanya dengan aplikasi dan pengaturan bawan, membantu mengidentifikasi apakah aplikasi pihak ketiga menyebabkan masalah. Untuk mengaktifkan safe mode, ikuti langkah-langkah ini.

  • Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik.
  • Setelah itu, tekan power off.
  • Akan muncul peringatan “Reboot to safe mode”, pilih OK.
  • Hp akan dinyalakan ulang dalam Safe Mode.

4. Periksa Konektor Layar

Koneksi yang rusak antara layar dan motherboard bisa menyebabkan layar hp hitam tapi nyala. Untuk cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam, buka casing hp dengan hati-hati dan memastikan semua konektor terpasang dengan baik.

Setelah itu, periksa apakah ada tanda-tanda korosi atau kerusakan pada konektor atau kabel fleksibel. Jika ditemukan masalah, tekan konektor dengan lembut untuk memastikan koneksi yang baik.

Baca Juga :  6 Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual Dan Otomatis Terbaru

5. Membawa ke Service Center

Jika sudah melakukan semua cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam diatas, namun masalah masih saja berlanjut segera bawa perangkat ke service center.

Karena teknisi profesional di service center dapat melakukan negosiasi menyeluruh terhadap perangkat, baik dari segi perangkat lunak maupun hardware. Teknisi memiliki peralatan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak.

Selain itu, memperbaiki perangkat ke service center resmi memberikan jaminan bahwa perbaikan dilakukan dengan standart kualitas tertinggi.

Tips Merawat Layar Hp agar Tetap Awet

Untuk merawat layar hp agar tetap awet, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar memperpanjang masa pemakaian dan menjaga kualitas tampilan perangkat :

  • Gunakan pelindung layar kualitas baik untuk melindungi layar dari goresan dan debu.
  • Hindari tekanan berlebihan.
  • Bersihkan layar secara teratur dengan kain microfiber lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  • Jauhkan hp dari sinar matahari langsung yang dapat merusak layar.
  • Hindari kontak layar dengan cairan seperti air, minuman, atau bahan kimia lainnya.
  • Simpan Hp ditempat yang aman dan jauh dari barang-barang tajam atau benda keras lainnya.
  • Matikan layar saat tidak digunakan untuk mengurangi risiko burn-in pada layar OLED.

Postingan Menarik Lainnya : 4 Cara Membuka Hp Xiaomi Yang Lupa Kata Sandi Dengan Panggilan Darurat

Akhir Kata

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam

Cara mengatasi layar Hp hitam tapi nyala baterai tanam diatas merupakan metode umum yang sering dilakukan banyak orang untuk mengatasi masalah yang terjadi sebelum membawa ke pusat service. Dengan memahami faktor penyebabnya, akan lebih memudahkan kamu untuk mengambil tindakan. Oleh sebab itu, pastikan tidak membongkar pasang perangkat untuk menghindari kerusakan yang lebih besar pada layar.

Artikel Menarik Lainnya