Ukuran Feed Instagram 12 Kotak dan Cara Membuatnya

Feed atau grid Instagram 12 kotak salah satu alternatif memperindah tampilan akun. Oleh karena itu seputar ukuran feed Instagram 12 kotak dan cara membuatnya pun semakin dicari.

Siapa sih pengguna Instagram yang tidak ingin tampil lebih menarik? Bahkan mereka bekerja keras menghasilkan foto dan video untuk di suguh kan ke khalayak ramai. Terbaru belakangan ini adalah feed Instagram 12 kotak memberikan ruang bagi kita untuk berkreasi.

Banyak yang tertarik menggunakannya namun belum paham ukuran feed Instagram 12 kotak yang sesuai, maka Beadaily akan membagikan informasi lengkap dan cara membuatnya disini!

Tentang Feed Instagram

Tentang Feed Instagram
Tentang Feed Instagram

Instagram mempunyai halaman atau tampilan awal ketika seseorang mengunjungi profil pengguna yang lain, tampilan ini disebut feed Instagram. Feed Instagram memuat foto atau video yang dibagikan pemilik akun sebelumnya.

Foto dan video yang tersusun dalam feed ini diurutkan dari yang terbaru ke yang terlama. Setiap pengguna dapat melihat feed miliknya atau feed orang lain yang diikuti. Feed Instagram dapat dikreasikan sedemikian rupa, mulai dari 1 kotak (single post), 3 kotak, 6 kotak, 9 kotak dan 12 kotak, dan 15 kotak.

Pada dasarnya setiap orang bisa membuat feed sesuai ciri khas mereka. Namun tidak bisa dipungkiri keberadaan Instagram sering dianggap lebih bergengsi mendorong setiap orang memilih satu tema atau konsep supaya terlihat rapi dan konsisten, termasuk menggunakan 12 kotak yang akan dipaparkan dihalaman ini.

Baca Juga :  5 Cara Menghapus Akun DANA Premium Dengan Mudah Dan Praktis!

Ukuran Feed Instagram 12 Kotak

Ukuran Feed Instagram 12 Kotak
Ukuran Feed Instagram 12 Kotak

Ukuran feed Instagram 12 kotak bisa diatur untuk postingan gambar dan video. Sebelum membahas lebih lanjut cara pembuatannya, anda perlu mengetahui ukuran yang tepat saat mengeditnya. Berikut dijelaskan ukuran Feed Instagram 12 kotak untuk gambar dan video:

  • Ukuran Feed Instagram 12 Kotak untuk Gambar

Untuk postingan gambar, ukuran feed 12 kotak yang pas sebagai berikut:

  1. Ukuran Landscape. Untuk ukuran yang pertama adalah lanscape (persegi panjang). Feed ukuran landscape mempunyai rasio 16.0 atau 1.91:1 dengan resolusi 1080 x 566 pixel.
  2. Ukuran Potrait. Selain landscape, ukuran feed Instagram 12 kotak adalah potrait post. Feed potrait memiliki ukuran 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 dan 480 x 600 pixel.
  3. Ukuran Square memiliki rasio 1:1 atau disebut juga post persegi karena panjang dan lebarnya berukuran sama. Adapun rasiao ukuran feed ini adalah 1080 x 1080 pixel.
  • Ukuran Feed Instagram 12 Kotak untuk Video

Hampir sama dengan ukuran feed 12 kotak untuk foto, berikut ukuran untuk postingan video.

  1. Ukuran Landscape. Ukuran feed video Instagram memiliki rasio 1.91:1 dengan resolusi 600 x 315 pixel. Durasi video di feed biasanya antara 2-60 detik.
  2. Ukuran Potrait. Ukuran potrait yang memanjang kebawah memiliki rasio 4:5 dengan resolusi 600 x 750 pixel. Ukuran yang paling banyak digunakan untuk postingan Instagram dalam bentuk video.
  3. Ukuran Square. Feed Instaram postingan video untuk ukuran square atau persegi memiliki rasio 1:1 dengan resolusi 600 x 6000 atau 1080 x 1080 pixel, durasi video juga sama yaitu 2-60 detik

Cara Membuat Feed Instagram 12 Kotak

Cara membuat grid Instagram 12 kotak
Cara membuat grid Instagram 12 kotak

Untuk membuat menghasilkan feed Instagram 12 kotak anda perlu menggunakan Canva. Jadi alat edit foto atau video kotak belum tersedia di aplikasi Instagram itu sendiri. Berikut tahapan-tahapan mengedit dan membuat postingan feed Instagram dengan 12 kotak.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

1. Download Aplikasi Canva

Pertama-tama pastikan sudah mengunduh aplikasi Canva di Play Store dan masuk menggunakan google anda. Jika tidak ingin memasang aplikasi, alternatif lain yaitu mengakses Canva melalui web https://www.canva.com/id_id/.

2. Buat Desain

Setelah berhasil masuk, buatlah desain yang anda inginkan. Klik “Create a Design” di bagian atas layar dan pilih “Custom Design” jika mengakses Canva melalui laptop atau computer. Jika membuka aplikasi Canva di ponsel, klik ikon (+) di bagian menu dan pilih “ukuran custom”.

Setelah itu aturlah dimensi foto yang akan dibuat yaitu 1320 x 420 pixel. Lanjutkan memilih “Elements” dan pilih opsi “Grids” sebanyak 12 kotak dan klik see all. Agar tampilan editing muncul silahkan klik dua kali di halaman tersebut.

3. Buat Template Puzzle dan Desain Feed

Cara membuat ukuran Feed Instagram 12 kotak yang selanjutnya membuat puzzle. Buatlah kisi pembatas untuk menentukan letak potongan dalam desain yang akan dibuat. Setelah itu klik opsi “Elements” dan pilihlah garis yang menyerupai titik-titik. Setelah itu tempatkan garis dan buatlah sesuai peletakan grid yang dibentuk. Setelah selesai, anda bisa menghapusnya.

Masukkanlah foto yang akan dibuat ke feed. Perhatikan kesesuaian warnanya agar tetap tampak serasi, sebaiknya jangan gunakan banyak font yang memberi kesan ramai.

4. Dowload Desain & Upload Hasil Desain di Instagram

Jika dirasa sudah rampung, anda bisa mengunduh template untuk mendapatkan gambar yang bagus dan jernih. Setelah itu feed Instagram 12 kotak siap di posting. Caranya sama seperti mengupload foto/video pada umumnya yakni memilih opsi tambah (+) di bagian bawah menu.

Bacaan menarik lainnya: Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Keuntungan Menggunakan 12 Kotak di Feed Instagram

Keuntungan Menggunakan 12 Kotak di Feed Instagram
Keuntungan Menggunakan 12 Kotak di Feed Instagram

Setelah membahas ukuran feed Instagram 12 kotak dan cara membuatnya, Beadaily akan menjabarkan sejumlah keuntungan menggunakan tampilan Instagram dengan kotak atau yang lebih dikenal dengan grid.

  • Estetika dan Tampilan Lebih Menarik

Pada umumnya pengguna Instagram tertarik menggunakan grid untuk menciptakan tampilan yang menarik dan estetik. Namun grid harus direncanakan dengan baik, memilih foto, warna dan tulisan yang tidak terlalu ramai. Grid yang menarik bisa diandalkan untuk membangun citra di Instagram.

  • Memberikan Kesan Berkesinambungan

Merencanakan postingan dalam grid membuat anda menghasilkan gambar dengan kesan berkesinambungan. Jadi pengguna dengan mudah mengelompokkan gambar untuk satu aktivitas atau berdasarkan warnanya. Selain rapi dan menarik, orang-orang lebih mudah memahami postingan feed dengan grid.

  • Menarik Perhatian Banyak Orang

Feed adalah jendala profil Instagram yang secara umumnya menampilkan personal penggunanya. Grid Instagram yang dibuat semenarik dan se bagus mungkin bisa menarik perhatian pengunjung yang baru. Mereka mungkin mengikuti anda sebagai sumber inspirasi.

  • Memperkuat Identitas Merk

Bukan untuk akun pribadi, mereka yang mengoperasikan Instagram sebagai ladang bisnis bisa menggunakan grid untuk memperkenalkan produk dan merk ke khalayak ramai. Grid bisa digunakan sebagai pembeda brand anda dengan pesaing, jadi penggunanya memberikan kesan pada setiap orang sehingga mudah diingat.

  • Mencerminkan Profesionalitas

Tidak seperti memposting foto/video pada umumnya, membuat feed Instagram dengan kotak harus melalui mesin editing terlebih dahulu. Tentu pengguna membutuhkan skill khusus dalam menata feed, memikirkan keselarasan konten, warna dan tulisan. Membuat postingan dengan grid mencerminkan effort dalam pembuatan konten, sehingga keahlian dan profesionalisme mudah terbaca.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Token Listrik Diblokir

Penutup

Ukuran Feed Instagram 12 Kotak
Ukuran Feed Instagram 12 Kotak

Mengetahui ukuran Feed Instagram 12 kotak membantu anda merancang tampilan feed yang lebih menarik dan terstruktur. Penggunaan grid 12 kotak juga membantu pengguna mengelompokkan konten, sebagai pembeda dari orang lain, dan juga sebagai ciri khas akun.

Semoga panduan diatas bermanfaat, selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya