5 Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada

Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada sebenarnya adalah salah satu hal yang mudah, namun meski demikian banyak diantara pengguna yang tidak mengetahuinya. Ini sangat wajar sekali terutama bagi kamu yang mungkin merasa fitur bawaan hp kamu tidak ada fitur lokasi dan foto sudah terlanjur diambil.

Mengambil sebuah foto merupakan salah satu cara untuk mengabadikan momen-momen berharga dalam hidup kamu. Namun, terkadang kamu lupa kapan foto tersebut diambil atau ingin menunjukan tanggal dan waktu foto tersebut dan juga lokasi kepada orang lain.

Selain untuk urusan pekerjaan, memunculkan lokasi di foto juga kerap dilakukan untuk urusan pribadi. Kita pun jadi lebih mudah mengingat di mana momen foto itu di abadikan.

Menambahkan lokasi saat sedang memotret foto meskipun di tempat yang tersembunyi di gang-gang atau pengalaman menginap yang menakjubkan di pegunungan, keterangan tanggal dan lokasi di foto memungkinkan kamu untuk menghidupkan kembali semua pengalaman tersebut hanya dengan melihat sekilas foto kamu.

Manfaat Menambahkan Lokasi di Foto

Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada
Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada

Menambahkan lokasi pada foto dapat memberikan sejumlah manfaat, terutama dengan adanya teknologi geolokasi yang memungkinkan penambahan informasi tentang lokasi tempat foto diambil. Berikut beberapa manfaat menambahkan lokasi di foto:

  • Kenangan yang Lebih Kaya: Lokasi memberikan konteks tambahan pada foto, membuat kenangan yang terkait dengan suatu tempat menjadi lebih kaya dan berarti.
  • Navigasi dan Petunjuk Arah: Informasi lokasi pada foto dapat membantu dalam navigasi dan memberikan petunjuk arah, terutama ketika kamu ingin mengunjungi kembali tempat tersebut atau membagikan lokasi dengan orang lain.
  • Organisasi dan Pencarian Foto: Menambahkan informasi lokasi mempermudah organisasi dan pencarian foto. Kamu dapat dengan mudah menemukan foto berdasarkan lokasi tertentu, membuat album berdasarkan tempat, atau menggunakan fungsi pencarian berbasis lokasi.
  • Cerita Perjalanan: Jika kamu membuat cerita perjalanan atau album foto perjalanan, informasi lokasi akan menambah dimensi naratif, memungkinkan orang lain mengikuti jejak perjalanan kamu secara visual.
  • Keamanan dan Privasi: Meskipun terkadang kontroversial, menambahkan lokasi pada foto dapat meningkatkan keamanan dan privasi. Misalnya, dalam situasi darurat, informasi lokasi dapat membantu orang lain menemukan kamu.
  • Jejak Aktivitas: Menambahkan lokasi pada foto menciptakan jejak digital aktivitas kamu. Ini dapat memberikan insight tentang tempat yang pernah kamu kunjungi dan minat kamu, terutama jika kamu membagikan foto secara publik.
Baca Juga :  4 Cara Mengatasi Akun Kredivo Ditangguhkan

Namun, penting untuk diingat bahwa Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada juga dapat memiliki dampak privasi, dan perlu memperhatikan pengaturan privasi pada perangkat dan aplikasi yang kamu gunakan untuk berbagi foto.

Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada

Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada
Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menambahkan lokasi pada foto yang sudah ada. Salah satu cara yang paling mudah dan praktis adalah menggunakan aplikasi atau software yang khusus di buat untuk tujuan ini.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk menambahkan lokasi dengan menggunakan timestamp di foto yang sudah ada.

Auto Stamper

Auto Stamper merupakan aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan juga Ios. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menambahkan timestamp di foto yang sudah ad di berbagai pilihan gaya, warna, ukuran dan posisi. Aplikasi ini juga bisa menambahkan lokasi dan tanda tangan pada foto kamu.

TimeStamp Photo

Kemudian ada aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan juga Ios. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menambahkan timestamp di foto yang sudah ada dengan berbagai pilihan format tanggal dan waktu, warna, ukuran, dan posisi. Aplikasi ini juga bisa menambahkan lokasi dan teks lain pada foto kamu.

Photo Stamp Remover

Berikutnya ada aplikasi Photo Stamp Remover. Software ini tersedia untuk komputer windows. Dengan menggunakan software ini akan memungkinkan kamu untuk menambahkan timestamp di foto yang sudah ada di berbagai pilihan font, warna, ukuran, dan posisi.

Cara Menampilkan Tanggal dan Lokasi Lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Metode lain yang dapat membantu kamu mengetahui cara memberi geotag pada foto di android adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ini berguna jika kamu tidak dapat menambahkan lokasi dengan beberapa cara diatas.

Baca Juga :  3 Cara Membersihkan Nama Di OJK agar Tidak Masuk Daftar Hitam

Berikut adalah beberapa opsi untuk dipertimbangkan.

  • Geotag Photo GPS Coordinate.
  • GPS Photo. With Location & MAP
  • GPS Map Camera

Aplikasi yang berbeda memiliki langkah yang berbeda untuk menambahkan lokasi foto kamu di bawah ini kami telah telah menyebutkan langkah-langkah untuk Geotag Photo GPS Coordinate.

  • Unduh dan instal  Geotag Photo GPS Coordinate di ponsel kamu.
  • Setelah selesai menginstal buka aplikasi Foto Geotag.
  • Berikan izin atau akses yang diperlukan setelah muncul pop-up muncul di layar.
  • Ketuk ikon rana untuk mengklik gambar baru.
Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada
Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada

Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada Kamera Bawaan

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi kamera bawaan HP untuk menampilkan lokasi pada foto. Contohnya di sini saya menggunakan Hp Vivo.

  • Untuk memunculkan lokasi foto di Hp Vivo, kamu harus membuka aplikasi kamera terlebih dahulu.
  • Kemudian klik icon garis tiga di pojok kanan ata untuk membuka pengaturan kamera.
  • Klik setelan > gulir ke bawah > aktifkan toggle simpan info lokasi.
  • Untuk melihat lokasi pada foto, silahkan buka galeri.
  • Pilih salah satu foto > klik titik tiga > rincian. Di bagian lokasi akan tampil informasi lokasi lengkap di mana foto itu diambil.
    Baca juga: 2 Cara Melihat Bio WA Yang Disembunyikan Terbaru 2023

Tips Menjaga Informasi Pribadi Melalui Foto

Selain Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada di atas, kamu juga perlu memperhatikan cara-cara menghindari penyebaran informasi pribadi melalui foto. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Gunakan Fitur Blur atau Crop

Jika kamu ingin membagikan foto tetapi tidak ingin informasi tertentu terlihat, kamu bisa menggunakan fitur blur atau crop pada aplikasi edit foto. Dengan begitu, informasi yang tidak diinginkan bisa tersembunyi dan tetap menjaga  privasi kamu.

Baca Juga :  10+ Cara Mempercepat Kode Verifikasi WA Yang Lama Terbaru 2024

Periksa Informasi Meta Data Gambar

Sebelum membagikan foto kepada orang lain, pastikan untuk memeriksa informasi meta data gambar. Jika terdapat informasi pribadi seperti lokasi, waktu, atau nama pemilik kamera, sebaiknya kamu menghapus informasi tersebut terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Solusi Lupa Password Gmail Dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Jangan Bagikan Foto dengan Orang yang Tidak Dikenal

Sebaiknya kamu kamu hanya membagikan foto dengan orang yang di kenal dan bisa dipercaya. Hindari membagikan foto ke grup atau orang yang tidak di kenal karena hal ini bisa memperbesar kemungkinan penyebaran informasi pribadi.

Gunakan Aplikasi Chat yang Aman

Kemudian,Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada gunakan aplikasi chat yang aman dan terjamin privasinya seperti signal atau Telegram. Aplikasi ini menggunakan enkripsi end to end sehingga pesan dan foto yang kamu kirimkan tidak bisa dibaca orang yang tidak berwenang.

Akhir Kata

Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada
Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada

Sekian penjelasan Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada dengan mudah. Perlu diketahui bahwa Cara Menambahkan Lokasi Di Foto Yang Sudah Ada ini bersifat gratis dan tidak dikenakan biaya apapun hanya cukup mematuhi cara dan ketentuan yang berlaku.

Artikel Menarik Lainnya