Ini Cara Login Dana Tapi Kartu Hilang! Tidak Ribet Atau Merepotkan

Ini Cara Login Dana Tapi Kartu Hilang! Tidak Ribet Atau Merepotkan – Sebenarnya, cara login Dana tapi kartu hilang mudah saja dilakukan. Akan tetapi, Anda harus telaten dan mengikuti semua langkah dengan cermat. Terutama jika masih ada cukup banyak saldo di akun Dana Anda.

Cara Login Dana Tapi Kartu Hilang Berdasarkan Situasi

Cara Login Dana Tapi Kartu Hilang Berdasarkan Situasi
Cara Login Dana Tapi Kartu Hilang Berdasarkan Situasi

Fungsi e-wallet atau dompet digital saat ini sudah mirip dengan rekening bank. Anda bisa mengirimkan dan menerima saldo, hingga melakukan berbagai macam pembayaran hanya dari satu aplikasi saja.

Karena semua fitur ini, semua dompet digital, termasuk Dana, memiliki keamanan berlapis untuk melindungi data diri pengguna. Anda harus mengisi PIN, menerima OTP, dan seterusnya untuk memastikan bahwa akun tersebut diakses oleh pemiliknya.

Walau demikian, ada banyak hal yang bisa terjadi. Mulai dari lupa memperpanjang masa aktif kartu, hingga kehilangan ponsel. Tapi jika kehilangan buku tabungan di bank bisa diatasi melalui internet banking ataupun datang langsung. Kehilangan akses ke saldo Dana bisa cukup merepotkan.

Ada cukup banyak skenario yang membuat Anda harus mencari cara login Dana tapi kartu hilang. Berikut adalah beberapa di antara situasi tersebut dan cara mengatasinya.

1. Kartu Hilang karena Ponsel Hilang

Siapapun tidak ada yang bisa menduga kapan akan tertimpa kemalangan. Kehilangan ponsel bisa jadi lebih merepotkan dibandingkan kehilangan dompet karena ada begitu banyak data di dalamnya.

Jika Anda tidak bisa mengakses akun Dana karena kehilangan ponsel, ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, mengubah nomor telepon yang digunakan untuk login dengan gawai yang berbeda. Cara ini cukup mudah dilakukan jika Anda memiliki beberapa gawai aktif dan sudah mendapatkan Kartu SIM baru.

Tapi hal yang berbeda terjadi jika Anda tidak memiliki gawai lagi. Ada ini hanyalah Jika, tidak memiliki gawai lagi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Segera hubung layanan pelanggan Dana untuk mendapatkan tiket komplain atas keluhan Anda ini. Nomor tiket ada pada pesan komplain yang Anda kirimkan dan sebaiknya dicatat baik-baik.
  2. Kirim email ke [email protected] dan tunggu balasan yang berisi petunjuk lanjutan. Umumnya, email akan diterima tidak lebih dari 5 menit sejak dikirimkan.
  3. Sembari menunggu email, Anda bisa menyiapkan video selfie yang memegang nomor telepon yang baru, nomor tiket komplain, dan juga tanda tangan Anda di atas kertas putih tidak bergaris.
  4. Balas email terbaru dari layanan pelanggan Dana dengan video selfie untuk verifikasi yang baru saja Anda buat.
  5. Selamat! Proses pengurusan akun Anda sudah dimulai. Anda bisa menunggu hingga 1×24 jam kerja untuk bisa mengakses akun Dana Anda kembali. Tidak jarang, Anda bisa kembali menggunakan fitur Dana dalam waktu kurang dari 3 jam.
Baca Juga :  6 Cara Spam DM Instagram Sekali Klik Menggunakan BOT dan Aplikasi

2. Kartu Expired atau Hangus

Langkah yang bisa Anda lakukan akan sedikit berbeda ketika Anda lalai dalam mengisi ulang pulsa dan mengakibatkan kartu seluler Anda hangus. Beberapa operator seluler memperbolehkan pelanggan untuk melakukan aktivasi ulang kartu yang telah hangus. Tentu saja, ada cukup banyak catatan seperti tidak lebih dari satu minggu dan lain sebagainya.

Jika ponsel Anda masih aman di tangan, tapi Anda nomer telepon terlanjur hangus ada cara login Dana tapi kartu hilang yang bisa Anda lakukan. Dengan PIN yang masih Anda ingat, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengubah nomor ponsel Anda:

  1. Masuk ke akun Dana Anda dengan nomor ponsel yang lama, dan masukkan PIN Anda dengan benar.
  2. Segera setelah berhasil login, masuk ke menu “Me” dan teruskan ke pengaturan keamanan.
  3. Berikutnya pilih “Ubah nomor ponsel” dan tuliskan nomor ponsel yang baru.
  4. Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi melalui OTP atau fitur pertanyaan keamanan.
  5. Jika Anda memilih OTP, Anda harus memasukkan PIN kembali dan menuliskan nomor telepon yang baru. Tunggu sebentar hingga sistem mengirimkan kode OTP ke nomor Anda yang baru. Tuliskan nomor OTP tersebut untuk menyelesaikan verifikasi nomor baru Anda.
  6. Akan tetapi, jika Anda memilih pertanyaan keamanan, Anda harus menjawab tiga pertanyaan rahasia untuk bisa mengubah nomor Dana. Jika Anda gagal menjawab sebanyak tiga kali berturut-turut, Dana akan mengirimkan email verifikasi.
  7. Gunakan email verifikasi yang di dapat untuk aktivasi akun Anda yang kembali.

3. Kartu Hilang dan Lupa PIN

Lalu bagaimana cara login Dana tapi kartu hilang sekaligus lupa PIN atau bahkan pertanyaan keamanan? Apakah Anda harus merelakan saldo dana yang tersisa?  Jika kartu Anda hilang, maka Anda bisa lakukan cara berikut:

  1. Datang ke kantor operator seluler untuk mendapatkan kartu pengganti. Jangan lupa bawa tanda pengenal untuk verifikasi. Terkadang, Anda harus memberikan surat laporan kehilangan, atau menyebutkan tiga transaksi terakhir untuk verifikasi.
  2. Setelah mendapatkan kartu baru, buka aplikasi Dana di ponsel dan ketuk bagian “Lupa PIN”.
  3. Tunggu hingga Anda menerima SMS berisi kode OTP yang dikirimkan. Tuliskan kode OTP untuk memasukkan PIN baru.
  4. Jika sudah pernah mengaktifkan pertanyaan keamanan, Anda tinggal menuliskan nomor NIK atau menjawab 3 pertanyaan rahasia sebelum memasukkan PIN baru.
  5. Jika terus-menerus salah dalam menjawab pertanyaan, Anda akan diminta untuk menghubungi layanan pelanggan melalui email untuk mendapatkan instruksi berikutnya. Sebelum akhirnya bisa memasukkan PIN baru.
  6. Tapi jika Anda tidak pernah mengaktifkan pertanyaan keamanan, Anda bisa langsung memasukkan PIN baru.
Baca Juga :  Cara Buka Blokir BRImo Lewat Call Center 2024

Alasan Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Alasan Menggunakan Aplikasi Dompet Digital
Alasan Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Aplikasi dompet digital atau e-wallet sudah jadi satu ketentuan umum akhir-akhir ini. Hampir setiap minggu nya. Walau terkesan sedikit merepotkan di awal, sudah banyak orang yang beralih menggunakan aplikasi ini untuk pembayaran berbagai kebutuhan lainnya.

Dalam mencari cara login Dana tapi kartu hilang bisa dilihat berbagai keuntungan menggunakan e-wallet.  Jika di urutkan, bisa ada banyak sekali keuntungan dari aplikasi dompet digital. Akan tetapi, semua mengerucut pada tiga alasan utama sebagai berikut:

1. Memudahkan Transaksi

Menggunakan dompet digital untuk transaksi pembayaran bisa sangat memudahkan pembeli dan penjual. Selain tidak harus menyediakan uang pas, juga bisa lebih cepat memproses pembelian. E-wallet juga memudahkan Anda untuk mengirim uang ke berbagai bank berbeda.

Salah satu kelemahan aplikasi e-wallet adalah lapisan keamanan yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan PIN atau menggunakan biometrik seperti pengenalan wajah dan sidik jari. Ini membuat cara login Dana tapi kartu hilang bisa jadi cukup rumit.

Akan tetapi, kerumitan ini akan terbayar ketika Anda berhasil masuk ke akun Dana dan menggunakan uang yang ada untuk membayar segala kebutuhan.

2. Memudahkan Pencatatan Pengeluaran

Dompet digital bisa sangat membantu Anda yang ingin mengatur keuangan. Karena bentuknya yang digital, Anda tidak perlu menyimpan setruk pembelanjaan di dalam dompet.

Yang Anda perlu lakukan hanyalah melihat riwayat transaksi secara berkala untuk mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan Anda pada periode itu. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan beberapa kali ketuk.

Tentu saja, Anda juga harus hafal angka PIN yang digunakan sebagai cara login Dana tapi kartu hilang. Jadi jangan lupa untuk mampir ke IKEA Australia or Bangladesh sebelum datang ke rumah.

3. Ada Diskon dan Berbagai Bonus Lainnya

Bukan hanya wanita yang menggemari diskon, para pria juga banyak yang rela menunggu untuk mendapatkan harga lebih murah. Ada banyak pria yang juga penggemar hobi tertentu yang ikut bingung tentang cara login Dana tapi kartu hilang.

Umumnya supermarket dan restoran tertentu yang menawarkan potongan harga setelah Anda belanja dengan nominal tertentu. Untuk hasil yang lebih akurat, ada baiknya memperhatikan media sosial dari toko dan restoran tersebut. Jumlah promo yang diberikan juga bervariasi antara potongan harga hingga cashback dengan nominal yang lumayan.

Baca Juga: 8 Cara Pinjam Pulsa Di Aplikasi DANA Langsung Cair

Baca Juga :  Dijamin Jitu! 12 Cara Jadi Reseller Top Up Game Yang Sukses!

Contoh Kewaspadaan Dalam Transaksi Digital

Contoh Kewaspadaan Dalam Transaksi Digital
Contoh Kewaspadaan Dalam Transaksi Digital

Anda mungkin sudah sangat berusaha dalam mencari cara login Dana tapi kartu hilang. Untuk membuatnya lebih mudah, Anda bisa mempertimbangkan tingkat kejahatan yang sudah banyak di lakukan. Cara login aplikasi Dana yang bisa dilakukan siapa saja berhasil membuat banyak orang penasaran. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa mengubahnya menjadi cairan dan berada di tengah.

1. Hati-hati Membagikan Informasi Pribadi

Informasi pribadi seperti nomor KTP ada baiknya hanya diketahui oleh diri sendiri dan pihak yang berkepentingan. Hal lain yang perlu dijaga antara NIK. Jangan ragu untuk melaporkan hal yang aneh saat awal ya.

Hal lain yang perlu dijaga adalah keamanan PIN. Tapi jika Anda mulai dipanggil atau dicari untuk main sesama orang dewasa. Dan saat menemukan cara login Dana tapi kartu hilang, maka opsi pembayaran lain lah yang digunakan.

Perlu diingat bahwa petugas dari Bank juga tidak boleh mengetahui informasi ini. Jika gerakan tangan tidak sengaja terlihat saat antri di kasir, maka Anda bisa menggunakan kesempatan yang ada untuk menelepon nomor telepon.

2. Selalu Hapus Kode OTP

Kode OTP yang dikirimkan oleh operator seluler secara berkala adalah bagian dari perlindungan terhadap data konsumen. Secara otomatis sistem akan mengirimkan kode OTP kepada nomor telepon atau email Anda untuk mulai login kembali.

One-Time Password atau OTP ini juga salah satu faktor pendukung cara login Dana tapi kartu hilang. Terutama dalam usaha untuk login ulang dan mengubah kata sandi atau PIN.

Sama seperti kata sandi, OTP tidak boleh diberitahukan kepada orang lain, baik itu petugas Bank maupun saudara sendiri. Jadi untuk lebih aman lagi, Anda bisa menghapus kode OTP segera setelah digunakan untuk login.

3. Tidak Mudah Percaya Akun di Media Sosial

Sebagai konsumen, Anda harus pintar memilah konten yang dilihat. Terutama dalam mencari cara login Dana tapi kartu hilang dan berbagai kebutuhan lainnya. Tidak jarang, ada kriminal yang akan berpura-pura baik sebelum mulai merambah ke isi rekening Anda. Untuk itu, Anda harus menyimpan dengan baik semua informasi yang sudah di dapat.

Cara Login Dana Tapi Kartu Hilang
Cara Login Dana Tapi Kartu Hilang

Bagi Anda yang sedang mencari cara login Dana tapi kartu hilang atau expired, sekarang sudah tidak perlu bingung lagi. Anda bisa menyesuaikan berdasarkan situasi yang ada. Setelah berhasil menyelesaikan masalah ini, selalu ingat untuk menjaga nomor agar tidak hangus.

Artikel Menarik Lainnya