Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA Melalui 8 Langkah Mudah

Cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA dapat menjadi solusi dikala pengguna sedang tidak dapat menerima kode OTP DANA melalui SMS.

Nah dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA sebagai alternatif yang dapat anda ikuti saat kode OTP tidak memungkinkan untuk diterima lewat pesan singkat.

Sekilas Mengenai Kode OTP DANA

Apa itu Kode OTP DANA
Apa itu Kode OTP DANA

Kode OTP (One Time Password) DANA  adalah kode empat digit yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar dalam akun DANA pengguna, biasanya digunakan saat ingin masuk ke akun DANA atau sebagai langkah keamanan tambahan saat melakukan transaksi di aplikasi DANA.

Perlu diketahui bahwa kode OTP DANA ini hanya berlaku untuk sekali pakai saja, serta memiliki jangka waktu untuk dapat digunakan. OTP DANA umumnya dikirimkan ke nomor ponsel pengguna yang terdaftar dalam akun DANA melalui pesan singkat (SMS). Melalui kode OTP ini, maka keamanan akun DANA pengguna dapat menjadi lebih kuat.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode OTP DANA?

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa, kode OTP DANA biasanya dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar dalam akun DANA pengguna melalui SMS.

Namun bagaimanakah cara mendapatkan kode OTP DANA? Untuk kamu yang masih bingung akan hal ini, silahkan perhatikan panduannya dibawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi DANA anda
  2. Lakukan login seperti biasa, masuk dengan menggunakan nomor HP yang terdaftar di akun DANA anda.
  3. Setelah mengetuk tombol Masuk, tunggulah dalam beberapa saat kode OTP akan dikirimkan ke nomor HP yang anda masukkan tadi.
  4. Masukkan kode OTP dengan benar.
  5. Lalu anda akan diminta juga untuk memasukkan PIN DANA anda.
  6. Pada langkah selanjutnya, anda akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah. Silahkan arahkan wajah anda ke kamera HP, tepat ke bingkai foto yang ditampilkan.
  7. Jika verifikasi wajah berhasil, maka tampilan beranda aplikasi DANA akan muncul di layar anda.
Baca Juga :  8 Cara Dapat Kuota Gratis Axis 2024

Apakah Bisa Masuk Akun DANA Tanpa Kode OTP?

Tak sedikit orang yang bertanya, apakah bisa login akun DANA tanpa kode OTP? Sayang sekali jawabannya adalah ‘Tidak!’ Pengguna tidak akan bisa masuk ke akun DANA tanpa kode OTP, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kode OTP diperlukan sebagai langkah keamanan untuk memverifikasi identitas anda saat melakukan.

Apakah Ada Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA?

Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA
Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA

Sebagai salah satu pengguna aplikasi DANA, mungkin anda pernah bertanya terkait apakah ada cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA? Sayangnya hingga saat ini, DANA belum ada menyediakan fitur login DANA dengan kode OTP yang dikirimkan lewat WhatsApp.

Penerimaan kode OTP lewat WhatsApp biasanya memerlukan langkah awal yakni dengan menautkan akun DANA terlebih dahulu ke akun WhatsApp. Sementara, perlu anda ketahui bahwa di aplikasi DANA tidak ada fitur untuk menautkan akun dengan akun lain seperti WhatsApp. Jadi sekali lagi kami sampaikan bahwa cara mendapatkan kode OTP lewat WhatsApp itu tidak ada ya sobat Beadaily!

Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Melalui Email

Dikarenakan tidak ada cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA, bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan kembali akses ke akun DANA anda.

Berikut kami tunjukkan cara mendapatkan kode OTP DANA melalui email jika anda tidak bisa menerima kode OTP DANA lewat SMS.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Gmail anda.
  • Kliklah ikon ‘tulis/ pensil’ untuk membuat pesan baru.
  • Masukkan alamat penerima pesan email yaitu ‘[email protected]
  • Pada bagian isi pesan, ketiklah bahwa anda ingin mengajukan permohonan untuk login DANA dengan email.
  • Jangan lupa untuk menyertakan nama pengguna / akun DANA dan nomor ponsel sesuai dengan yang terdaftar di akun DANA kamu, serta alasan kenapa anda tidak bisa menerima kode OTP melalui cara utama.
  • Setelah itu, lampirkan foto KTP sebagai bukti identitas pemilik akun DANA.
  • Terakhir ketuk tombol ‘Kirim Pesan’ dan tunggu balasan dari DANA dalam waktu 1×24 jam.
Baca Juga :  7 Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Cara Mengatasi Kode OTP DANA Tidak Bisa Diterima Karena Nomor HP Hilang

Kode OTP DANA tidak bisa diterima karena nomor hilang merupakan salah satu masalah terbanyak yang dialami oleh pengguna DANA. Adakah cara mengatasi untuk permasalahan seperti ini? Tentu ada! Berikut kami tunjukkan 2 cara mengatasi kode OTP DANA tidak bisa diterima karena nomor HP hilang.

1. Ganti Nomor HP yang Terdaftar di Akun DANA

Cara mengganti nomor HP yang terdaftar di DANA
Cara mengganti nomor HP yang terdaftar di DANA

Solusi yang pertama Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA adalah dengan mengganti nomor HP yang tertaut ke akun DANA pengguna.

Nah, langsung saja perhatikan berikut cara mengganti nomor HP yang terdaftar di Akun DANA melalui beberapa langkah-langkah diantaranya adalah:

  • Login akun DANA seperti biasa, masukkan nomor HP anda yang terdaftar di akun DANA anda.
  • Kode OTP akan dikirimkan ke nomor yang anda masukkan. Namun karena nomor anda sudah hilang, maka pilihlah opsi ‘Nomor Hilang’ yang berada di bawah kolom untuk memasukkan kode OTP.
  • Lalu klik opsi ‘Ganti Nomor’
  • Pada pilihan metode verifikasi, kliklah opsi ‘saya sudah tidak pakai nomor HP yang lama’
  • Maka akan muncul permintaan untuk memasukkan PIN DANA. Pastikan anda memasukkan PIN DANA dengan benar.
  • Selanjutnya, anda akan diminta untuk verifikasi pertanyaan keamanan. Pastikan kamu menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan baik dan benar.
  • Jika anda berhasil melewati verifikasi pertanyaan keamanan, maka langkah selanjutnya anda akann diminta untuk memasukkan nomor HP yang baru.
  • Periksa kode OTP akan dikirimkan ke nomor HP baru yang tadi kamu masukkan.
  • Masukkanlah kode OTP yang anda terima tersebut, maka dalam beberapa saat akan muncul notif bahwa pengalihan nomor HP DANA telah berhasil dilakukan.
  • Sekarang anda sudah bisa login kembali ke akun DANA dengan menggunakan nomor HP yang baru saja kamu ganti.
  • Masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS ke nomor baru tersebut, lalu masukkan juga PIN DANA anda.
  • Tampilan aplikasi DANA akan tampil dilayar perangkat anda.
Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam Dan Penyebabnya

2. Aktifkan kembali Nomor HP

Jika alternatif yang pertama tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba cara terakhir untuk mengatasi masalah Kode OTP DANA Tidak Bisa Diterima Karena Nomor HP Hilang, yaitu dengan mengaktifkan kembali nomor HP yang terdaftar di akun DANA.

Cara mengaktifkan kembali nomor HP, baik karena hilang atau pun mati dapat berbeda-beda tergantung dari jenis kartu provider yang digunakan.

Misalnya jika anda menggunakan kartu Telkomsel, maka anda bisa mengaktifkannya kembali dengan mengunjungi GraPARI, kartu Indosat diaktfkan melalui gerai Indosat, dan cara mengaktifkan kartu lainnya, mungkin bisa anda cari tau melalui pencarian online.

Akhir Kata

Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA
Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA

Dengan memahami cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA, sekarang anda menemukan solusi untuk menghadapi situasi dimana kode OTP DANA tidak dapat diterima lewat SMS.

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan, semoga artikel Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA sehingga dapat digunakan dengan efektif.

Artikel Menarik Lainnya