4 Cara ScreenShot WA Sekali Lihat Anti Gagal

Pada dasarnya cara screenshot WA sekali lihat tidak bisa dilakukan karena mengikuti alasan fitur ini dihadirkan yaitu untuk meningkatkan keamanan terhadap privasi pengirim. Namun, dengan memanfaatkan berbagai teknologi sebagai pihak ketiga, pengguna WhatsApp masih bisa melakukan berbagai cara secreenshot Wa sekali lihat.

Fitur sekali lihat memang cukup bermanfaat bagi pengirim pesan yang tidak ingin pesan tersebut diketahui oleh orang yang tidak diinginkan. Akan tetapi, bagi penerima mungkin cukup mengecewakan karena tidak bisa melihat ulang pesan bahkan menyimpannya. Apalagi jika pesan tersebut termasuk penting bagi sipenerima.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari-cari cara Screenshot WA sekali lihat, wajib ikuti pembahasan artikel ini sampai tuntas karena kami akan menyajikan sejumlah cara screenshot WA sekali lihat yang bisa kalian terapkan.

Sekilas Tentang Fitur Sekali Lihat

Tak bisa dipungkiri, Whatsapp masih menjadi aplikasi andalan untuk mengolah pesan. Dengan ukuran download yang cukup kecil yaitu  51Mb membuat hampir semua smartphone bisa mengunduhnya. Whatsapp terus melakukan pembaruan untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan dengan menghadirkan fitur-fitur canggih yang bisa dimanfaatkan pengguna.

Salah satunya adalah Fitur sekali lihat atau yang sering dikenal dengan View once yang sudah diluncurkan sejak Agustus 2021 lalu. Fitur sekali lihat merupakan fitur WhatsApp yang berfungsi untuk menghapus pesan yang dikirim secara otomatis setelah dilihat oleh pengguna WhatsApp. Jenis pesan yang dapat dikirim melalui fitur ini yaitu pesan suara, foto, dan juga video.

Dengan fitur ini, penerima pesan tidak bisa membuka kembali file yang yangsudah terbuka sebelumnya dikarenakan tidak semua orang mau pesan yang dikirimkan tersebut menjadi jejak digital yang permanen. Itulah yang menjadi alasan Whatsapp meluncurkan fitur view once atau sekali lihat.

Cara Menggunakan Fitur Sekali Lihat

Cara ScreenShot WA Sekali Lihat
Cara ScreenShot WA Sekali Lihat

Cara menggunakan fitur sekali lihat hakekatnya adalah hal yang mudah, karena hampir sama dengan cara mengirim pesan biasa. Hanya saja, bagi pengguna yang belum mengenal fitur ini mungkin akan kebingungan untuk mengamplikasikan nya.

Untuk itu, pada bagian ini kami akan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengirim ataupun menerima pesan sekali lihat.

Adapun cara mengirim pesan menggunakan fitur sekali lihat meliputi :

  • Silahkan masuk ke aplikasi WhatsApp, kemudian pilih kontak yang ingin dikirimkan pesan sekali lihat
  • Selanjutnya, pilih gambar ataupun video yang ingin dikirim malui Galery ataupun dokumen Smartphone
  • Sebelum mengirim file foto atau video, kamu lihat di sisi bawah kolom teks. Tepat di sebelah kiri tombol kirim, ada ikon angka “1” yang terbingkai lingkaran.
  • Klik ikon tersebut sampai muncul pop up berbunyi “Photo set to view once” (foto diatur sekali lihat).
  • Terakhir, klik Kirim untuk mengkonfirmasi pengiriman pesan sekali lihat tersebut.
Baca Juga :  Cara Beli Koin TikTok Pakai Pulsa Telkomsel dan Cek Sisa Saldonya dengan Mudah

Selain mengirim pesan, si penerima pesan juga wajib memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

  • Pesan sekali lihat akan masuk ke Wa seperti pesan biasa
  • Ketika kamu menerima pesan yang telah diatur menggunakan fitur sekali lihat, akan muncul pesan dengan logo nomor 1 dalam lingkaran garis berwarna hijau
  • Klik pesan tersebut, kemudian perhatikan dengan seksama isi pesannya. Jika kamu menutup pesan atau kembali ke halaman chat, maka pesan sekali lihat tersebut tidak akan bisa dibuka kembali.
  • Akan muncul keterangan “opened” (dibuka) yang menandakan bahwa file telah dilihat dan tidak akan bisa dibuka lagi setelah foto atau video tersebut dibuka.

Lantas, bagaimana jika pesan tidak sengaja tertutup padahal belum selesai melihatnya ? Simak solusinya dibawah ini.

Beberapa Cara Screenshot WA Sekali Lihat Anti Gagal

Cara ScreenShot WA Sekali Lihat
Cara ScreenShot WA Sekali Lihat

Cara Screenshot Wa sekali lihat dipertanyakan karena alasan ingin menyimpan file tertentu yang sebelumnya diterima dalam bentuk sekali lihat. File yang dikirim menggunakan fitur sekali lihat tidak selalu berbau negatif atau merugikan, bisa saja karena file tersebut tidak ingin diketahui orang banyak, misalnya foto wajah.

Mungkin sebagian dari pengguna pernah ingin mengirim foto hanya untukorang tertentu saja, tapi tidka ingin diketahui orang lain. Dari pada mengirim kemudian menghapusnya kembali, akan lebih mudah menggunakan fitur sekali lihat, karna file akan terhapus otomatis.

Namun kondisi ini sering kali membuat penerima kesulitan jika ingin melihat kembali foto tersebut. Disinilah kami akan memberikan solusi cara screenshot WA sekali lihat dengan mudah.

WhatsApp MOD

Whatsapp mod merupakan aplikasi WhatsApp yang telah di modifikasi yang menawarkan berbagai kelebihan dari Aplikasi WhatsApp resminya. Salah satunya adalah bisa menyimpan foto atau video yang dikirimkan dengan sekali lihat. Versi modifikasi Whatsapp ini biasanya memiliki tombol download gambar sendiri dibagian atas layar.

Berikut cara Screenshot WA sekali lihat menggunakan WhatsApp MOD :

  • Unduh dan pasang aplikasi Whatsapp mod di hp kamu.
  • Kemudian loginkan aplikasi seperti meloginkan WhatsApp yang sebelumnya
  • Setelah login, silahkan klik pengaturan pada halaman beranda
  • Lalu klik  Preference MB (tergantung nama modnya), kemudian klik Privasi dan Keamanan.
  • Selanjutnya klik tombol fitur Anti-Tampilan untuk mengaktifkannya.
  • Aplikasi WhatsApp MOD sudah bisa digunakan, jika kamu menerima pesan sekali lihat, maka sudah bisa di screenshot melalui aplikasi tersebut.
Baca Juga :  Cara Mengubah Akun Facebook Menjadi Akun Profesional

Beberapa aplikasi WhatsApp Mod yang bisa kalian download seperti GB Whatsapp, WA Aero, FM Wahtsapp beberapa aplikasi WhatsApp MOD lainnya.

Aplikasi File Manager Plus

Cara ScreenShot WA Sekali Lihat
Cara ScreenShot WA Sekali Lihat

Cara Screenshot Wa sekali lihat berikutnya ialah dengan menggunakan aplikasi file manager plus. Untuk menggunakan aplikasi ini, Smartphone yang yang berisi WhatsApp harus di Root terlebih dahulu.

Hal itu dilakukan karena pada dasarnya foto/video Sekali Lihat Whatsapp itu tersimpan di dalam folder sistem Android. Jadi, hp perlu di-root supaya kamu bisa mengakses partisi sistem.

Berikut cara untuk melihat kembali pesan WA dengan Root HP :

  • Pastikan Hp telah di Root terlebih dahulu
  • Unduh dan pasang aplikasi File Manager Plus. Aplikasi ini sama seperti File Manager bawaan hp. Hanya saja, File Manager Plus bisa membuka file sistem jika hp sudah di-root.
  • Kemudian masuk ke aplikasi, lalu buka ikon garis tiga yang terletak di kiri atas.
  • Klik menu Sistem, kemudian tap folder “data_mirror“.
  • Lalu klik folder data_ce, kemudian tap folder null.
  • Klik lagi folder 0, kemudian buka folder com.whatsapp.
  • Buka folder files, lalu gulir layar hingga menemukan folder View Once.

Setelah folder View Once atau sekali lihat terbuka, maka kalian dapat melihat seluruh file yang dikirim menggunakan fitur sekali lihat. Cara screenshot WA sekali lihat atau menyimpan file WA sekali lihat bisa dilakukan dengan memindahkan file yang diinginkan ke folder lain yang ada di memori Internal Smartphone.

Situs Resmi WhatsApp

Cara screenshot Wa sekali lihat berikutnya ialah dengan mengakses WA melalui situs WhatsApp di komputer ataupun laptop. Saat menggunakan WhatsApp Web di desktop, kamu dapat menggunakan perekam layar untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot aplikasi.

Berikut cara screenshot Wa Sekali lihat melalui situs resmi WhatsApp :

  • Silahkan masuk ke situs https://web.whatsapp.com/  pada perangkat
  • Kemudian loginkan akun WhatsApp dengan melakukan Scan barcode WhatsApp
  • Pada halaman obrolan, silahkan buka kontak yang mengirim pesan sekali lihat
  • Kemudian klik pesan sekali lihat yang dikirimkan.
  • Untuk men-screenshotnya, klik Print Screen atau PrtScn di papan keyboard.
  • Lalu silahkan tekan tombol Ctrl+C, untuk copy gambar.
  • Buka obrolan kirim pesan ke diri sendiri.
  • Tekan tombol Ctrl+V untuk menampilkan gambar yang di Screenshot.
  • Selanjutnya, Klik enter untuk mengirim pesan ke obrolan pribadi.

Setelah mengirim pesan tersebut, kamu sudah dapat melihat ulang sepuasnya file yang sebelumnya menggunakan fitur sekali lihat.

Menggunakan Bantuan Perangkat Lain

Cara screenshot Wa sekali lihat yang terakhir ialah menggunakan bantuan perangkat lain. Cara ini bisa dilakukan apabila kamu tidak dapat menerapkan cara-cara sebelum atau dalam keadaan tertentu. Maka solusi yang tepat untuk tetap memiliki pesan tersebut ialah dengan mengambil foto dari perangkat lain.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Terabox Agar Penyimpanan Tidak Penuh

Mengambil foto atau merekam ulang video yang dikirim menggunakan fitur sekali lihat termasuk alternatif yang efektif untuk memiliki file permanen sebelum file tersebut hilang. Berikut langkah-langkah menyimpan foto menggunakan perangkat lain.

  • Siapkan perangkat yang dapat melakukan pengambilan foto seperti Kamera, Hp, ataupun perangkat lainnya.
  • Buka obrolan yang berisi pesan sekali lihat, kemudian buka pesannya
  • Lakukan pengambilan gambar menggunakan perangkat yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Lalu simpan gambar, agar bisa digunakan kembali ketika diperlukan.

Pesan sekali lihat atau ViewOnce hanya berlaku selama 14 Hari. Pastikan membuka pesan tersebut dalam waktu yang ditentukan karena akan pesan akan kadaluarsa jika sudah melebihi batas 14 hari.

Keuntungan Menggunakan Fitur Sekali Lihat

Kehadiran fitur sekali lihat tentu iringi dengan sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh pengguna. Adapun keuntungan menggunakan fitur sekali lihat yang bisa dirasakan pengguna WhatsApp ialah :

Privasi Lebih terjaga

Fitur sekali lihat memungkinkan penerima hanya dapat melihat pesan sekali lihat saja. Dengan begitu, pesan yang mungkin bersifat privasi tidak dapat dilihat kembali oleh sipenerima.

Hemat Ruang Penyimpanan

Selain memberikan perlindungan privasi yang lebih, fitur ini juga membuat ruang penyimpanan ponsel jadi lebih ringan karena dokumen yang dikirim baik foto atau video tidak tersimpan di galeri. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki ruang penyimpanan terbatas.

Mengatisipasi Penyebarluasan Sepihak

Fitur ini memberikan tingkat keamanan tambahan dalam situasi-situasi tertentu, mencegah akses berulang terhadap konten sensitif. Selein itu, pesan menggunakan fitur sekali lihat juga sangat membantu menghindari penyebarluasan pesan secara sepihak.

Pesan Eksklusif

Dapat mengirim Pesna eksklusif atau rahasia yang hanya akan dilihat sekali oleh penerima. Pesan ekslusif ini biasanya seperti screenshot percakapan dengan orang lain, foto/video yang berbau sensitif, dan lainnya.

Penutup

Cara ScreenShot WA Sekali Lihat
Cara ScreenShot WA Sekali Lihat

Umumnya pesan yang dikirim menggunakan fitur sekali lihat atau ViewOne adalah pesan yang bersifat privat sehingga tidak boleh diketahui oleh orang banyak. Untuk itu, jika memang pesan tersebut tidak terlalu penting sebaiknya jangan melanggar batas privasi orang lain.

Namun jika memang file tersebut bukanlah file yang berbau sensitif seperti foto lucu untuk bersenang-senang, kamu bisa meminta sipengirim untuk mengirimkan ulang pesan tersebut agar bisa dilihat kembali.

Itulah cara screenshot WA sekali lihat yang bisa kalian coba, semoga membantu dan sampai jumpa.

Artikel Menarik Lainnya