10+ Cara Login WA Web Dengan Email, Akses Jadi Lebih mudah

Pernahkah kamu mencoba untuk login WA Web dengan menggunakan Email? Jika belum, maka kamu wajib tahu Cara Login WA Web Dengan Email agar mempermudah kamu untuk masuk ke WhatsApp melalui suatu link yang akan di kirimkan ke email tanpa harus menggunakan kode-kode tertentu.

Selain untuk mempermudah masuk ke WhatsApp Web, kamu juga bisa mempercepat login akun WhatsApp web di perangkat selain smartphone. Pasalnya, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memasukkan kode dan persyaratan lainnya, cukup hanya klik tautan-nya saja.

Menggunakan email melalui WhatsApp Web juga menawarkan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Karena tautan tersebut hanya dapat digunakan oleh penerima pesan yang dikirim melalui WhatsApp, maka tautan tersebut dijaga kerahasiaannya agar orang lain dapat melihatnya.

Lantas, bagaimana cara login WA Web dengan email? Pada kesempatan kali ini, Team Beadaily akan mengupas informasi dan memberikan cara agar kamu bisa login WhatsApp Web hanya dengan menggunakan email. Simak informasi dan tutorial selengkapnya di bawah ini!

Pengertian WhatsApp Web

Cara Login WA Web Dengan Email, Akses Jadi Lebih mudah
WhatsApp Web

Sebelum kita membahas cara login WA Web dengan email, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu pengertian dan sekitas mengenail WhatsApp Web, agar kita mengerti fungsi dan bagaimana cara kerjanya.

WhatsApp Web adalah fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna mengakses akun WhatsApp melalui web browser di komputer atau laptop. WhatsApp Web memungkinkan pengguna untuk mengobrol, mengirim dan menerima pesan, serta berbagi file seperti foto dan video langsung dari perangkat komputasi mereka.

Selama penggunaan, melibatkan kode QR yang akan ditampilkan di layar komputer dipindai dengan kamera ponsel pintar pengguna. Setelah pemindaian selesai, akun WhatsApp pengguna akan ditautkan ke versi web melalui browser.
Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengelola pesan dan obrolan melalui antarmuka web tanpa harus menyentuh telepon. WhatsApp Web memudahkan pengguna untuk beralih antara perangkat seluler dan komputer tanpa kehilangan riwayat obrolan dan fitur perpesanan.
Namun, penting untuk melindungi akun kamu dengan melindungi perangkat dan tidak membiarkan sesi WhatsApp Web terbuka di komputer saat ingin di tinggalkan agar tidak dibajak oleh orang lain.

Kelebihan Login WhatsApp Web Dengan Email

Sebelum kita ke pembahasan inti mengenai cara login WA Web dengan email, kita harus tahu dulu apa-apa saja kelebihan jika kita login WhatsApp Web dengan menggunakan email. Karena tanpa mengetahui hal itu, kita bisa membuat pertimbangan untuk melakukan login WhatsApp Web dengan email.

Menggunakan WhatsApp Web di laptop menawarkan banyak manfaat yang tidak disadari banyak orang. WhatsApp sendiri merupakan platform yang biasa digunakan untuk berbagi pesan kepada orang lain.

Seperti yang kita ketahui, melalui jaringan Whatsapp, pengguna internet dapat melakukan aktivitas yang sama seperti Whatsapp, seperti mengirim pesan teks, foto, video, dan dokumen. Nah, adapun beberapa kelebihan login WhatsApp Web dengan email antara lain sebagai berikut:

Cepat

Kelebihan login WhatsApp Web dengan email yang pertama yaitu yaitu prosesnya tidak memakan banyak waktu dan cukup cepat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, metode login ini memungkinkan kamu untuk login melalui link.

Baca Juga :  5 Cara Top Up Koin Tiktok Murah Via Pulsa, Codashop, DANA dan ATM

Ini pasti akan menghemat waktu kamu karena tidak perlu membuka email dan WhatsApp Web setiap saat hanya untuk memasukkan kode verifikasi. Jadi jika kamu tidak menyukai proses yang lama, kamu bisa mencoba mengakses WhatsApp Web melalui email. Selain itu, perlu untuk diketahui, itulah sebabnya banyak orang mengakses WhatsApp Web melalui email.

Mudah

Kelebihan login WhatsApp Web dengan email yang kedua adalah sebab kemudahannya. Karena mengakses WhatsApp Web melalui alamat email tidak memerlukan langkah yang sulit dan membosankan.

Faktanya, kamu hanya perlu masuk ke akun WhatsApp Web secara online melalui tautan yang dikirimkan ke alamat email kamu. Kamu tidak perlu memasukkan kode khusus apa pun untuk mengakses akun WhatsApp Web kamu.

Namun, jika kamu ingin memanfaatkannya, ingatlah untuk memastikan bahwa kamu masih memiliki akses ke akun email yang tertaut ke WhatsApp setelah mengaktifkan verifikasi dua langkah. Karena jika kamu tidak lagi memiliki akses ke email, kamu tidak akan bisa login dengan cara ini.

Maka dari itu, jika kamu tidak lagi memiliki akses ke akun email kamu, segera ubah alamat email yang terkait dengan akun WhatsApp kamu. Ini memastikan kamu dapat mengakses WhatsApp Web melalui email kapan saja.

Kemudahan Dalam Mengetik

Cara login WA Web dengan email juga memberikan kemudahan dalam mengetik. Mengetik pesan dengan keyboard komputer dapat lebih nyaman dibandingkan dengan keypad ponsel, terutama ketika pesan panjang atau memerlukan banyak input teks.

Namun penting untuk diingat, jika kamu tidak lagi memiliki akses ke akun email kamu, segera ubah alamat email yang terkait dengan akun WhatsApp kamu. Ini memastikan kamu dapat mengakses WhatsApp Web melalui email kapan saja.

Dapat Melihat Pesan Tanpa Pegang Handphone

Untuk mengetahui cara login WA Web dengan email, kelebihan login WhatsApp Web juga dapat melihat pesan melalui laptop meskipun tidak membawa ponsel, asalkan sudah login sebelumnya. Pada dasarnya, pengguna dapat memeriksa pesan dan obrolan tanpa harus terus-menerus memeriksa ponselnya. Selain itu, pengguna dapat memilih keluar kapan saja jika mereka ingin menonaktifkan fitur tersebut.

Bisa Mengirim File Besar

Cara login WA Web dengan email juga memiliki kelebihan yaitu memungkinkan pengguna mengirim file yang lebih besar dibandingkan aplikasi seluler Whatsapp. Pengguna dapat menggunakan Whathtsapp Web untuk lebih mudah mengirim dokumen, video, dan foto tanpa harus memperkecil ukuran file seperti di ponsel.

Sinkronisasi Dengan Akun Ponsel

Cara login WA Web dengan email ini memiliki kelebihan dalam mensinkronisasi dengan akun ponsel. Pasalnya, Whatsapp Web akan terhubung langsung ke aplikasi Whatsapp di ponsel pengguna sehingga semua pesan yang dikirim dalam obrolan tersinkronisasi di seluruh perangkat yang terhubung. Fitur lintas perangkat ini akan sangat berguna dan bermanfaat bagi pengguna yang menghabiskan hidupnya di depan laptop dan jarang membuka ponsel.

Penggunaan Keyboard Yang Nyaman

Cara login WA Web dengan email juga memiliki kelebihan lain yaitu penggunaan keyboard yang nyaman. Tentunya dengan menggunakan Whatsapp Web, pengguna lebih leluasa untuk menulis pesan panjang atau chatting menggunakan laptop karena dianggap efektif.

Hal ini dapat meminimalisir kesalahan ketik atau kesalahan ejaan. Keyboard laptop itu sendiri memiliki tombol fisik yang lebih besar dan lebih terlihat sehingga mengurangi risiko kesalahan.

Lebih Hemat Kuota

Dengan mengetahui cara login WA Web dengan email, itu berarti memiliki kelebihan lebih ringan dan memakan lebih sedikit ruang. Menggunakan Whatsapp Web memungkinkan akses cepat dan tidak memerlukan data dalam jumlah besar. Oleh karena itu, untuk menghemat biaya, sangat disarankan menggunakan Whatsapp Web karena kamu selalu bisa ngobrol hemat.

Baca Juga :  9 Cara Tukar Poin Tri Lewat SMS Tanpa Kuota Terbaru 2024

Cara Login WA Web Dengan Email

Nah, jika sudah mengetahui kelebihan login WhatsApp dengan menggunakan email, tentunya kamu ingin mengetahui bagaimana cara login WA Web dengan email kan? Namun, perlu diingat bahwa untuk menggunakan WhatsApp Web kamu harus masuk atau login terlebih dahulu.

Jadi, untuk bisa login ke WhatsApp Web dengan menggunakan email, simak dan ikutilah langkah-langkah Cara Login WA Web Dengan Email yang tentunya sangat mudah di bawah ini:

  • Langkah pertama untuk mengetahui cara login WA Web dengan email adalah dengan membuka browser di laptop atau komputer kamu.
  • Setelah browser terbuka, ketikkan kata kunci pencarian di kolom browser “WhatsApp Web”.
  • Setelah berhasil login ke website WA, kamu akan diminta memasukkan PIN untuk mengakses akun WhatsApp kamu.
  • Namun karena ingin mengakses WhatsApp Web melalui email, kamu perlu memilih opsi Lupa Kata Sandi. Karena segera setelah kamu mengetuk opsi ini, WhatsApp akan mengirimkan tautan ke alamat email kamu sehingga kamu dapat mengakses akun WhatsApp kamu.
  • Namun, untuk melakukan ini, kamu perlu menautkan email dan mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp ponsel milikmu seperti gambar di bawah ini:
Cara Login WA Web Dengan Email, Akses Jadi Lebih mudah
Menautkan Email dan Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp
  • Cara menautkan email. Berikut langkah-langkahnya:
    – Klik titik tiga di pojok kanan atas.
    – Pilih Setelan, lalu klik Akun.
    – Pilih Alamat Email dan masukkan alamat email yang aktif.
    – Jika sudah, masukkan kode verifikasi yang sudah di kirimkan melalui email. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

    Cara Login WA Web Dengan Email, Akses Jadi Lebih mudah
    Verifikasi WhatsApp Dengan Email
  • Jika email sudah berhasil terverifikasi, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah. Berikut langkah-langkahnya:
    – Klik titik tiga di pojok kanan atas.
    – Pilih Setelan, lalu klik Akun.
    – Pilih Verifikasi Dua Langkah.
    – Klik menu Nyalakan dan masukkan PIN 6 digit yang mudah di ingat.
    – Jika sudah, klik Lanjut.
  • Setelah mengetuk opsi kata sandi, segera buka email di perangkat kamu.
  • Periksa kotak masuk di email apakah WhatsApp mengirimkan tautan nya atau tidak. Jika kamu tidak menerima notifikasi di kotak masuk, coba buka bagian spam. Namun jika kamu belum menerima notifikasi, coba cek di menu spam dan kembali ke halaman WhatsApp dan klik lagi “Lupa Kata Sandi”.
  • Jadi setelah kamu menerima pesan dari WhatsApp yang berisi link untuk login ke akun WhatsApp kamu seperti gambar di bawah ini:
Cara Login WA Web Dengan Email, Akses Jadi Lebih mudah
Link Login WA Web Dengan Email
  • Dengan mengklik link tersebut kamu akan secara otomatis diarahkan ke akun WhatsApp kamu.
  • Setelah konfirmasi, kamu dapat mengakses akun WhatsApp Web kamu.
  • Selesai.

Cara Login WA Web Dengan Email Via Aplikasi Primo Apps

Cara login WA Web dengan email lainnya bisa dilakukan via aplikasi pihak ketiga yang bernama Primo Apps. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, unduh dan install aplikasi Primo Apps.
  • Jika sudah, buka aplikasinya.
  • Pilih menu Facebook untuk melakukan proses pendaftaran.
  • Masukkan password dan email yang sudah terhubung dengan akun Facebook.
  • Klik menu Login atau Masuk.
  • Pilih opsi Lanjutkan Sebagai.
  • Klik Skip.
  • Lakukan verifikasi email.
  • Pilih opsi Allow.
  • Klik Done dan pilih My Account.
  • Pilih bagian Your Us Phone Number.
  • Buka Aplikasi WhatsApp dan klik Agree lalu Continue.
  • Masukkan nomor yang kamu terima sebelumnya.
  • Klik Next dan OK.
  • Lakukan verifikasi pada aplikasi Primo Apps.
  • Tunggu kode verifikasi-nya masuk.
  • Pilih nama dan foto profil yang akan kamu gunakan di WhatsApp.
  • Tekan Next.
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Menghubungkan Kabel Data Printer Untuk Berbagai Sistem Operasi dengan Mudah

Cara Login WA di Komputer/PC dan Laptop Menggunakan Kode QR

Selain tahu cara login WA Web dengan email, kamu juga bisa login ke WhatsApp pada perangkat komputer/PC atau laptop milikmu menggunakan kode QR. Penasaran begaimana caranya? Berikut langkah-langkah login ke WhatsApp pada perangkat komputer/PC atau laptop, antara lain:

  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone milikmu.
  • Ketuk icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas untuk ponsel Android atau menu Pengaturan di ponsel iPhone.
  • Jika sudah, pilih Perangkat Tertaut.
  • Lalu, klik Tautkan Perangkat.
  • Selanjutnya buka WhatsApp Web atau pada link web.whatsapp.com, aplikasi WhatsApp dekstop atau pada perangkat lain.
  • Kemudian, arahkan ponsel pada layar kode QR di komputer/PC atau laptop.
  • Selesai, kini kamu bisa mengakses WhatsApp Web jadi lebih mudah.

Cara Login WA di Komputer/PC dan Laptop Melalui Nomor Telepon

Kita telah membahas cara login WA Web dengan email diatas, namun kamu juga bisa login ke WhatsApp pada perangkat komputer/PC atau laptop milikmu melalui nomor telepon. Penasaran begaimana caranya? Berikut langkah-langkah login ke WhatsApp pada perangkat komputer/PC atau laptop, antara lain:

  • Pada layar kode QR di komputer/PC atau laptop, klik Tautkan dengan nomor telepon.
  • Masukkan nomor telepon yang sudah terdaftar WhatsApp di ponsel milikmu.
  • Kemudian klik Lanjut.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp di smartphone milikmu.
  • Klik menu Perangkat Tertaut.
  • Pilih Tautkan dengan nomor telepon saja.
  • Masukkan kode yang terdapat pada komputer/PC atau laptop ke WhatsApp di ponsel milikmu.
  • Selesai, kini kamu bisa mengakses WhatsApp Web jadi lebih mudah.

Apakah WhatsApp bisa login lewat email?

Ya, fitur link email untuk akun WA yang dapat digunakan sebagai alternatif metode login ke WhatsApp Web. Fitur akses email WhatsApp ini mungkin tersedia ketika tidak ada sinyal di jaringan seluler.

Apakah WhatsApp bisa verifikasi lewat email?

Fitur email di WhatsApp memungkinkan pengguna dapat memverifikasi akun WhatsApp mereka dengan mudah dan aman. Opsi email memang dirancang khusus untuk keamanan dan membantu kamu menerima kode verifikasi melalui email, bukan SMS.

Apakah email bisa untuk membuka WA?

Ya, kita telah membahas cara login WA Web dengan email diatas. WhatsApp secara bertahap memperkenalkan fitur verifikasi email. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk login atau masuk ke akun WA melalui email tanpa harus menggunakan nomor.

Apakah bisa masuk ke WhatsApp tanpa kode verifikasi?

Ya, kamu dapat masuk ke WhatsApp dengan nomor kamu yang hilang tanpa kode verifikasi. Hal ini dapat dilakukan langsung melalui telepon rumah atau melalui nomor darurat.

Akhir Kata

Cara Login WA Web Dengan Email
Cara Login WA Web Dengan Email

Jadi, itulah tadi beberapa cara login WA Web dengan email yang bisa dilakukan untuk mengakses WhatsApp jadi lebih mudah dan cepat. Selain untuk mempermudah masuk ke WhatsApp Web, kamu juga bisa mempercepat login akun WhatsApp web di perangkat selain smartphone.

Pasalnya, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memasukkan kode dan persyaratan lainnya, cukup hanya klik tautan-nya saja. Selain itu, cara login WA Web dengan email juga menawarkan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Karena tautan tersebut hanya dapat digunakan oleh penerima pesan yang dikirim melalui WhatsApp, maka tautan tersebut dijaga kerahasiaan nya agar orang lain dapat melihatnya.

Semoga informasi dan tutorial diatas dapat bermanfaat ya sobat. Selamat mencoba!

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya