Kenali Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen

Mengenali ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen akan membantu kamu memulihkan pemblokiran tersebut. Kini, TikTok termasuk aplikasi populer di semua kalangan. Tak hanya sebagai aplikasi hiburan, TikTok juga digunakan sebagai aplikasi edukasi bagi sebagian orang.

Untuk melindungi keamanan dan kenyamanan penggunanya, TikTok memberikan kebijakan keras yang harus ditaati oleh pengguna. Namun, ini kadang menjadi masalah khusus bagi pengguna baru yang belum memahami kebijakan aplikasi ini.

Tindakan yang melanggar kebijakan tersebut akan diberikan poin, dimana semakin besar poin pelanggaran yang dietrima maka semakin buruk kesehatan akun tersebut. Apalagi jika sudah mencapai batas tertentu, akun kamu akan beresiko diblokir permanen.

Ciri-Ciri Akun TikTok Di blokir Permanen

Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen
Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen

Bagi pengguna baru, ciri-ciri Akun TikTok di blokir permanen mungkin menjadi pengalaman mengewakan karena harus kehilangan akun yang baru saja dibuat. Apalagi jika sedang memulai menjadi konten kreator.

Meskipun begitu, jangan khawatir karena disini kami akan menjelaskan cara mengatasi akun TikTok yang terblokir. Sebelum itu, mari kenali dahulu ciri-ciri Akun TikTok di blokir permanen berikut ini :

Tidak Bisa Login

Jika akun kamu sudah diblokir, maka ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen yang bisa kamu lihat ialah tidak bisa login ke akun tersebut. Akun yang sudah login di aplikasi sebelumya akan keluar otomatis dan saat kamu login kan ulang akan ditolak dengan memberikan pesan pemberitahuan bahwa akun tersebut telah ditangguhkan.

Tidak Bisa Menyukai Konten Orang Lain

Akun TikTok yang telah diblokir tidak bisa lagi menyukai ataupun memberikan komentar pada konten pengguna lain. Sebaliknya, pengguna lain yang mengikuti akun kamu juga tidak bisa memberikan tanggapan pada konten kamu. Ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen berikut ini juga bisa dialami pada saat kamu melihat beranda TikTok namun tidak mendaftarkan akun.

Tidak Bisa Melihat Profil dan Konten

Ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen berikutnya yang mudah dikenali ialah akun orang lain tidak dapat melihat profil Akun ataupun konten yang pernah kamu buat.

Baca Juga :  11 Merk Susu yang Mengandung Vitamin B12

Jika Kamu terus mencoba melihat profil atau konten Kamu sebelumnya, akan muncul pesan kesalahan yang menyatakan bahwa akun tidak tersedia.

Penyebab Akun TikTok Di Blokir Permanen

Setelah mengetahui ciri-ciri akun TikTok Di blokir permanen, beberapa hal yang juga harus diketahui berikutnya adalah penyebab akun TikTok  diblokir permanen. Dengan begitu, kedepannya kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama guna melindungi akun TikTok.

Pemilik Akun Masih Di Bawah Umur

TikTok memberikan beberapa syarat pendaftaran bagi penggunanya salah satunya yaitu batas usia pengguna. Usia yang diperbolehkan mengakses TikTok ialah 13 tahun keatas.

Meskipun begitu, TikTok masih memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mendapatkan pengawasan dari orang tua.

Adanya Unsur Penipuan

Aplikasi sosial media menjadi Teknologi yang banyak digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi penipuan. Oleh sebab itu, untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengguna TikTok akan memblokir langsung akun pengguna yang mengandung adanya unsur penipuan.

Adanya Spam dalam Komentar, Pesan dan Video

Hal sensitif lainnya yang mungkin jadi penyebab akun terblokir ialah adanya Spam komentar pada postingan pengguna lain. Selain Spam, komentar yang mengandung kalimat menghina atau yang terdeteksi merugikan orang lain juga akan diblokir otomatis oleh sistem.

Adanya Intimidasi atau Pelecehan dalam Konten yang Dibuat

Akun TikTok yang membuat ataupun menyebarkan konten pelecehan ataupun intimidasi akan diberi peringatan oleh TikTok. Peringatan yang telah diberikan berkali kali violation score. Semakin tinggi violation score pada akun kamu, maka semakin buruk kesehatan akun tersebut. Akun yang memiliki violation score tinggi berdampak terkena pemblokiran akun.

Adanya Tanda Peretasan

TikTok juga dapat mendeteksi apabila pengguna lain mencoba masuk ke akun kamu atau sebaliknya tanpa persetujuan pemilik akun. Tindakan ini memungkinkan akun yang telah dikelola di blokir permanen oleh TikTok.

Adanya Konten yang Mengandung Tindak Kriminal atau Provokasi

Membuat konten yang mengandung tindakan kriminal seperti kekerasan atau mengkonsumsi barang terlarang juga dapat mendorong TikTok mengambil upaya pemblokiran pada akun tersebut. Hal ini juga akan menjaga tampilan beranda TikTok pengguna dari konten negatif.

Cara Memulihkan Akun TikTok Yang Terblokir

Apabila pelanggaran yang dilakukan sangat parah, TikTok otomatis akan memblokir akun kamu. Namun, tidak semua pemblokiran berdampak permanen.

Jika akun kamu terblokir dengan alasan pelanggaran yang tidak kamu lakukan, maka tindakan yang harus kamu lakukan ialah melaporkan masalah ke pihak TikTok. Berikut beberapa cara memulihkan akun TikTok yang terblokir.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen
Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen

Apabila akun kamu terlanjur diblokir oleh TikTok, maka hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan akun ialah dengan mengajukan banding. Saat mengajukan banding, kamu perlu mengisi formulir banding yang tersedia di situs web TikTok.

Lampirkan penjelasan secara detail bahwa pemblokiran pada Akun mu merupakan kesalahan. Pada bagian ini, kamu juga bisa menyertakan bukti pendukung bahwa akun kamu tidak melanggar kebijakan TikTok.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan banding akun TikTok yang terblokir:

  • Masuk kegogle lalu buka situs Laporkan masalah TikTok
  • Pilih Topik “Pemblokiran/Penangguhan  Akun“.
  • Masukan Email kamu yang yang tertaut pada akun TikTok
  • Isi formulir Alasan Pengajuan Banding, beserta melampirkan bukti berupa gambar di bagian “Unggah”
  • Klik “Kirim”.
Baca Juga :  2 Rekomendasi BB Cream Wardah Untuk Pemula

Apabila akun TikTok masih dalam status blokir sementara, pengajuan banding akan diterima dan diselidiki oleh TikTok. Selanjutnya, TikTok akan mengembalikan akun kamu dalam waktu 14 hari kerja.

Sedangkan Jika akun TikTok yang terblokir permanen, maka akun akan dihapus secara permanen dalam 30 hari jika pengguna tidak mengajukan permohonan banding.

Mengirimkan Permohonan Pemulihan Akun Melalui Email

Cara mengembalikan akun TikTok yang terblokir permanen lainnya adalah dengan mengirimkan pesan pengaduan ke TikTok melalui Email.

Cara ini hampir sama dengan caras ebelumnya yaitu, dengan memberi penjelasan seputar pemblokiran akun TikTok dengan menyertakan bukti bahwa kamu tidak melakukan pelanggaran terhadap kebijakan TikTok seperti yang ditudukan.

Jika kamu menjelasakan secara rinci dan bukti yang mendukung, pengaduan akan diterima dan akun segera dipulihkan. Berikut langkah-langkah mengirim permohonan pemulihan akun melalui Email :

Hubungi Dukungan TikTok

Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen
Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk memulihkan akun ialah menghubungi tim dukungan TikTok melalui situs web. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs web resmi TikTok di https://support.tiktok.com/en/.
  • Pilih opsi “Mulai” atau “Get Started” di bawah bagian “I Have an Issue with My Account” atau “Saya Memiliki Masalah dengan Akun Saya”.
  • Pilih opsi “My Account Is Blocked” atau “Akun Saya Diblokir”.
  • Ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menghubungi tim dukungan TikTok.

Jika semua langkah-langkah diatas belum dpat memulihkan akun TikTok yang terblokir, untuk dapat mengakses kembali tampilan TikTok kamu harus membuat akun yang baru. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan nama pengguna, email, atau nomor telepon yang sama dengan akun yang telah kena banned.

FAQ Seputar Akun TikTok Di Blokir Permanen

1. Bagaimana kamu mengetahui ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen? 

Apabila akun sudah terblokir, maka kamu akan akan menerima notifikasi banner yang berisi tentang pemblokiran tersebut saat mencoba masuk. Kamu juga dapat memeriksa jumlah dan keterangan pelanggaran kamu di bagian status akun pada banner notifikasi.

2. Apakah teguran pada akun TikTok akan kedaluwarsa?

Baca Juga :  300+ Nama Pacar Aesthetic Cowok Tidak Alay dan Menarik

Peringatan kepada pengguna TikTok akan kedaluwarsa setelah 90 hari dan tidak akan lagi digunakan sebagai pertimbangan untuk pemblokiran permanen atas akun.

3. Kapan TikTok memblokir akun secara permanen?

TikTok akan memblokir akun kamu secara permanen jika kami mengidentifikasi pelanggaran terhadap Panduan Komunitas dan ketentuan layanan TikTok, Seperti :

  • Tidak memenuhi persyaratan usia minimum atau persyaratan lain sebagaimana tercantum dalam Ketentuan Layanan TikTok.
  • Akun yang meniru identitas orang atau entitas lain dengan cara yang menipu
  • Membuat atau menggunakan akun TikTok lain untuk dengan sengaja menghindri perbatasan ataupun pemblokiran permanen yang dikenakan pada akun lain.
  • Akun telah mencapai ambang teguran karena telah berkali-kali melanggar suatu kebijakan atau fitur.
  • Melanggar kebijakan secara berulang.
  • Akun TikTok melakukan pelanggaran berat:
  1. Memposting, mempromosikan, atau memfasilitasi materi eksploitasi remaja atau pelecehan seksual terhadap anak (CSAM)
  2. Mempromosikan atau mengancam akan melakukan tindak kekerasan
  3. Memposting atau mempromosikan konten yang menggambarkan tindakan seks non konsensual, seperti pemerkosaan atau pelecehan.
  4. Memposting konten yang memfasilitasi perdagangan manusia.
  5. Memposting konten yang menggambarkan penyiksaan di dunia nyata.

4. Bagaimana cara mengakses akun TikTok setelah diblokir ?

Jika akun TikTok diblokir, Kamu dapat masuk ke akun tersebut untuk mengajukan banding dan mengunduh data pribadi. TikTok akan menghapus data pribadi setelah jangka waktu tertentu sesuai dengan kebijakan penyimpanan data dan undang-undang yang berlaku. Setelah penghapusan, akun TikTok yang terblokir tidak akan tersedia lagi.

Penutup

Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen
Ciri-Ciri Akun TikTok Di Blokir Permanen

Ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen umumnya hampir sama dengan Akun sosial media lainnya yaitu tidak dapat login dan melakukan aktifitas biasanya pada akun tersebut. Namun, pada platform ini kamu masih bisa melakukan beberapa cara untuk memulihkan akun tersebut.

Itulah ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen yang perlu kamu tahu. Apabila kamu sedang mengalami ciri-ciri akun TikTok di blokir permanen tersebut, jangan ragu untuk mencoba beberapa cara mengatasi akun terblokir yang telah kami jelaskan diatas.

Artikel Menarik Lainnya