6 Resiko Usaha Konter Pulsa yang Wajib Diketahui Pemula

Selama ini diketahui minim kerugian, ternyata ada resiko usaha konter pulsa yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggeluti bidang tersebut. Sebut saja seperti kebiasaan hutang konsumen yang mengakibatkan modal kerja berkurang sehingga pelaku usaha konter semakin sulit mengisi ulang stok pulsa.

Usaha konter pulsa menjadi pilihan bisnis yang cocok untuk berbagai kalangan. Berjualan pulsa tidak perlu skill khusus dan modal awal yang relatif kecil. Siapa saja bisa mencoba peruntungan dari usaha ini, hanya saja ada resiko usaha konter pulsa yang perlu dipahami khususnya seorang pemula.

Resiko Usaha Konter Pulsa

Di beberapa daerah usaha konter pulsa begitu diminati. Beberapa alasan utamanya karena kebutuhan akan pulsa dan paket data sangat tinggi dan stabil. Hampir semua orang menggunakan ponsel dan membutuhkan pulsa atau paket data.

Resiko Usaha Konter Pulsa
Resiko Usaha Konter Pulsa

Selain itu, usaha ini bisa dijalankan dengan fleksibel yang berarti bisa dilakukan dimana saja. Kamu bisa membangun di toko kecil atau berjualan di rumah. Dengan cara mudah ini kamu bisa meraih keuntungan sesuai volume transaksi per hari.

Hanya saja untuk membuka usaha konter pulsa kamu tidak boleh fokus pada keuntungannya semata. Memahami berbagai resiko yang berpotensi membuat rugi sangat perlu untuk mengantisipasi usaha ambruk dan kerugian finansial. Meskipun tidak banyak, berikut adalah resiko usaha konter pulsa yang perlu dipahami pemula.

1. Distributor yang Tidak Tepat

Resiko usaha konter pulsa yang paling umum terjadi yaitu penipuan dari distributor. Seperti yang sudah dijelaskan, usaha konter pulsa menjadi alternatif terbaik bagi mereka yang tidak memiliki keahlian khusus memasarkan produk.

Usaha yang memiliki minat tinggi terkadang dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk meraub keuntungan besar dengan cara curang. Biasanya distributor yang tidak amanah menawarkan harga yang murah dan berujung saldo tidak dikirimkan.

Lantas bagaimana menghindari resiko usaha konter pulsa saat memilih distributor? Penting diketahui untuk pemula lebih baik anda mencari ditributor yang bisa di datangi secara langsung dan membuat perjanjian. Pengiriman saldo dan pembayarannya pun dilakukan di tempat, untuk transaksi selanjutnya kamu bisa konfirmasi melalui pesan instan seperti whatsapp.

Baca Juga :  11+ Merk Vitamin Untuk Kulit Kering Dan Kusam Yang Harus Dicoba

2. Banyak Pelanggan yang Hutang

Banyak pelanggan yang hutang adalah resiko usaha konter pulsa yang cukup dikhawatirkan. Hal ini menjadi masalah pebisnis yang ingin menggaet konsumen tetap dengan memberikan hutang alhasil menimbulkan kerugian besar.

Lantas bagaimana meminimalisir resiko usaha konter pulsa pembeli yang hutang? Sebaiknya pisahkan urusan pribadi dan usaha. Tetapkan kebijakan yang jelas dan tegas, misalnya tidak memberikan pulsa dengan sistem hutang. Jika memberi hutang bisa menambah pelanggan mungkin menerapkan batasan maksimal hutang setiap pelanggan adalah pilihan tepat.

3. Persaingan Semakin Ketat

Persaingan Semakin Ketat
Persaingan Semakin Ketat

Selain kesalahan memilih distributor dan pelanggan yang banyak hutang, salah satu resiko usaha konter pulsa yang bisa kamu pertimbangkan adalah persaingan yang ketat. Jumlah konter pulsa terus meningkat bisa kita lihat melalui pertambahan gerai fisik di perkotaan dan di desa.

Persaingan yang ketat menjadi tantangan utama usaha konter pulsa. Maka dari itu, pebisnis perlu melakukan upaya supaya konter mereka lebih unggul mungkin dari segi penawaran harga promo, inovasi layanan seperti pembayaran tagihan, top-up e-money, paket internet, dan menjual aksesoris ponsel seperti casing.

Sayangnya menghadapi resiko ini membutuhkan modal tinggi namun memiliki pengaruh cukup besar. Seperti konsumen pada umumnya, kita lebih berminat belanja pada konter pulsa yang menjual peralatan yang lebih lengkap bukan?

4. Gangguan Operator

Resiko usaha konter pulsa selanjutnya adalah gangguan operator. Pada dasarnya usaha konter bergantung pada operator untuk keberhasilan transaksi, maka saat ada kendala dalam operator menyebabkan kerugian pada pemilik konter.

Sementara itu, pembeli bisa saja membatalkan transaksi karena gangguan operator. Untuk pengisian berikutnya mungkin dilakukan mandiri atau bukan di konter kamu. Inilah salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai usaha.

5.  Kesalahan Transaksi yang Tidak Bisa Dibatalkan

Kesalahan transaksi yang tidak bisa dibatalkan merupakan resiko usaha konter pulsa. Meskipun jarang terjadi namun pengusaha konter mengklaim kesalahan transaksi beresiko pada perkembangan usahanya.

Baca Juga :  Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaru 2024

Jika mengirim pulsa pada nomor yang aktif besar kemungkinan kita tidak mendapatkan pulsa kembali. Dari beberapa kasus salah isi nomor tujuan, orang yang mendapatkan pulsa tak acuh dan enggan mengembalikannya. Hal ini tentu menjadi resiko yang besar pada usahamu.

Lalu bagaimana upaya mewaspadai kesalahan transaksi pengisian pulsa? Sebaiknya catat nomor yang diberikan pelanggan, periksa ulang dan isi pulsa berdasarkan catatan tersebut. Cara ini umum dilakukan pengusaha konter untuk meminimalisir kerugian besar.

6. Keuntungan Kecil

Keuntungan Kecil
Keuntungan Kecil

Keuntungan yang kecil bisa menjadi resiko utama berjualan pulsa. Meskipun tetap untung, kamu hanya memperoleh 1-2 ribu rupiah per-transaksinya. Apalagi konter tersebut tidak ramai dan pelanggan sering hutang bisa menjadi ancaman utama.

Kamu bisa maksimalkan usaha dengan menambah item/produk seperti paket data berbagai provider, aksesoris ponsel, hingga top-up e-wallet. Keuntungan yang diperoleh tentunya lebih besar dan menjadi daya tarik sendiri bagi pembeli.

Kelebihan Usaha Konter Pulsa

Apabila dibandingkan resiko usaha konter pulsa yang telah dijabarkan, kelebihannya menggiurkan, lho. Mulai dari modal, permintaan, lokasi, dan fleksibilitas operasi inilah keunggulan yang membuat konter pulsa menarik bagi sebagian besar orang.

1. Modal Usaha Ringan

Berjualan pulsa salah satu usaha yang tidak memerlukan modal besar. Jika selama ini kamu beranggapan membuka bisnis membutuhkan modal besar, pemikiran tersebut bisa dikecualikan untuk usaha konter pulsa. Biasanya membuka konter pulsa membutuhkan deposit, HP, dan etalase sebagai peralatan dan modal awal.

Sementara untuk deposit saldo kamu bisa coba dinominal 1.000.000. Setelah usaha berjalan kamu bisa memperkirakan berapa lama nominal deposit cukup mengcover pembelian pulsa customer dan menambah saldo. Jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan modal besar memulai usaha jual pulsa.

Baca Juga :  7 Susunan Acara Ulang Tahun Anak yang Berkesan

2. Tidak Membutuhkan Tempat Khusus

Sewa tempat umumnya dilakukan pebisnis mencari lokasi strategis ketika berjualan. Sementara itu, usaha konter pulsa bisa dilakukan tanpa harus menyewa tempat fisik. Kamu bisa menjalankan usaha dari rumah atau mendirikan etalase di teras/depan rumah. Tidak perlu khawatir, selama lokasi tempat tinggal strategis kamu bisa menarik banyak pelanggan dan meraub keuntungan.

3. Pangsa Pasar yang Luas

Pangsa Pasar yang Luas
Pangsa Pasar yang Luas

Semua orang membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi. Saat kehabisan pulsa mereka mendatangi konter terdekat untuk isi ulang, jadi permintaanya tetap stabil mendukung keberlanjutan usaha kamu. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa berjualan pulsa cocok untuk semua orang, karena bisa mendatangkan pembeli tanpa promosi yang efektif.

4. Bisa Dipromosikan dengan Mudah

Tidak seperti usaha FnB, mengenalkan usaha konter ke khalayak ramai bisa dilakukan tanpa alokasi dana promosi. Manfaatkan sosial media TikTok, Instagram dan Facebook mempromosikan usaha. Pelayanan yang ramah bisa juga menarik perhatian banyak orang, jadi mereka bisa merekomendasikan konter kamu kepada orang lain.

5. Mudah Dikembangkan

Resiko usaha konter pulsa mencatat banyak pelanggan yang berhutang membuat usaha tidak berkembang. Pastikan konsumen membayar setiap transaksi untuk memastikan usaha berkesinambungan. Apabila memiliki modal yang besar, mengembangkan usaha konter pulsa bisa dilakukan dengan mudah.

Penutup

Resiko Usaha Konter Pulsa
Resiko Usaha Konter Pulsa

Dengan memahami segala resiko usaha konter pulsa membantu menyiapkan diri anda dari segi modal dan pelayanan. Meskipun resiko diatas cukup berat namun usaha ini menjanjikan apabila melakukan perluasan produk. Pertimbangkan lokasi strategis dan tambahkan beberapa item penting di kontermu seperti paket data, aksesoris HP, layanan top-up dan pembayaran tagihan.

Sekian, semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya